17 Wisata Alam Kota Pemalang Yang Bisa Dikunjungi

Pemalang, Pemalang adalah tempat dimana saya tinggal hehehe… kota Pemalanag memang jarang sekali dikenal oleh kalangan luar termasuk wisata wisatanya mungkin karna kota Pemalang belum bisa menjadi kota yang maju, maka dari itu sebagai wujud rasa cinta saya terhadap kota Pemalang berikut saya akan share 12 Wisata Pemalang yang bisa dikunjungi.

1. Pantai Widuri Pemalang
Pantai Widuri terletak ± 3Km dari utara kota Pemalang. Pantai Widuri merupakan obyek Wisata Pantai berhawa sejuk, meskipun air di pantai widuri tidak sebiru dan sebening dan sejernih pantai pantai lain namun pantai widuri menjadi pantai terfavorit di kota pemalang untuk bersantai dan menikmati panorama sun set yang indah. Dan Pantai Widuri juga merupakan obyek wisata yang pertama kali saya kunjungi pas perpisahan SD :D Beberapa fasilitas yang ditawarkan di obyek wisata pantai widuri ini adalah track racing, water park dan lain lain.

2. Gunung Mendelem
Gunung Mendelem atau yang dikenal dengan nama Gunung Jimat terletak di Desa Mendelem, Kec.Belik, Kab.Pemalang dengan ketinggian 1.454 Mdpl. Gunung ini sangat cocok untukpara pendaki gunung awam, di bukit gunung mendelem terdapat sebuah pemakaman jadi sangat mistis sekali jika bermalam di situ seperti yang pernah Maszal Pemalang Adventure Alami. Baca Selengkapnya

3. Curug Bengkawah
Curug Bengkawah terletak di Desa Sikasur Kecamatan Randudongkal Kabupaten Pemalang bagian selatan, Curug Bengkawah mempunyai ketinggian ± 20M. Akses menuju ke Curug Bengkawah dari pertigaan Randudongkal Ambil arah Kiri ke Arah Purbalingga ± 200M ada papan nama dan ambil kiri mengikuti arah… kemudian ada papan nama lagi belok kanan menuju persawahan dan ikuti saja jalan setapak yang biasa dilalui oleh para petani atau misalkan bingung bias bertanya sama para petani disitu. Baca Selengkapnya

4. Curug Duwur
Curug Duwur terletak di Dusun Karangpucung, Desa Wanarata, Kecamatan Bantarbolang. curug duwur juga merupakan curug yang lagi ngehits sejak tahun 2016, dimana terbukti saat kami berkujung ke sana banyak sekali yang datang silih berganti untuk melihat dan menikmati keindahan curug duwur.
Aksesnya kalau kalian dari Pemalang kota ikuti saja Jalur yang ke Arah Randudongkal (Selatan) sampai ketemu pasar Pegiringan dan ambil kiri dan sebaliknya kalau kalian dari arah selatan. Baca Selengkapnya

5. Bukit Samoan
Bukit Samoan juga merupakan Bukit yang lagi ngehits di kalangan para pecinta alam, dengan lokasi di Desa Siremeng Kecamatan Pulosari yang merupakan kaki gunung Slamet, Bukit Samoan Memiliki Ketinggian 1622 Mdpl yang merupakan Wisata Tracking yang sangat cocok sekali buat para pemula. Baca Selengkapnya

6. Lembah Impian Desa Cikendung
Setelah di bukanya jalur bukit samoan sebagai salah satu destinasi wisata baru di Pemalang, kini lembah Impian Desa Cikendung menjadi incaran para penikmat alam.
Lembah Impian Terletak di bukit Besek desa Cikendung kec Pulosari kabupaten Pemalang.
Lembah Impian Desa Cikendung
Sumber : http://pulosari.pemalangkab.go.id/
7. Pantai Blendung
Pantai Blendung terletak di Desa  Blendung Kecamatan Ulujami, Pemalang, Jawa Tengah, Pantai Blendung terletak 27 km di arah timur laut dari  kota Kabupaten Pemalang.

Pantai Blendung masih dikelola secara konvensional, di mana orang-orang yang menjadi petugas adalah kepanjang tangan kepala desa, sehingga tata kelola terkesan tidak professional, namun suasana pantai blendung  sangat tenang dan nyaman untuk bersantai dengan pemandangan pemandangan yang indah terutama pada sore hari.
Di pantai blendung temen-temen bisa menikmati makanan khas Pemalang yang disajikan di warung warung deket pantai sambil menikmati indahnya pantai.

Selain itu pantai blendung juga dipercayai oleh warga sekitar sebagai tempat untuk mempererat tali kasih, makanya tak heran kalau di hari hari terntentu, seperti hari jum'at banyak pengunjung muda mudi berpasangan yang datang. Baca Selengkapnya.

8. Pantai Raden Joko Tingkir
Obyek Wisata Pantai R. Joko Tingkir terletak di Desa Nyamplungsari Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang atau sekitar 12KM arah timur laut dari Kota Pemalang. Untuk bisa menikmati keindahan dan keasrian Pantai R. Joko Tingkir yang masih alami dapat ditempuh dari pertigaan Pasar Petarukan Jalan Raya Pantai Utara (Pantura) ke arah utara sekitar 7 Kilometer.
Di Pantai R. Joko Tingkir ini masih sangat dibutuhkan pengelolaan yang bagus dan kesadaran pengunjung untuk tidak membuang sampah sembarangan.

9. Gunung gajah
Gunung Gajah Terletak ±35 km dari Kota Pemalang ke barat daya. Gunung Gajah memiliki ketinggian sekitar 1.100 mdpl, dinamakan Gunung Gajah karena bentuknya yang mirip seperti seekor Gajah. Disekitar Gunung Gajah masih banyak terlihat jenis monyet yang bergelantungan di pohon-pohon, jika hari menjelang sore bahkan mereka akan turun ke tanah mencari sisa makanan dari pengunjung yang datang.

10. Curug Lawang
Curug Lawang merupakan salah satu tempat Wisata di Pemalang berupa curug setinggi ± 12M yang berada di Desa Mendelem, Kecamatan Belik. Lokasi curug lawang terapit diantara bukit-bukit batu yang dikitari oleh panorama alam pegunungan.
Untuk sampai di lokasi curug lawang harus berjalan kaki ± 10KM dari pemukiman warga dengan melewati jalan setapak. Bila kondisi tidak hujan, jalan setapak ini dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda dua namun harus berhati-hati karena medan jalan cukup terjal dan berkelok kelok.

11. Curug Barong
Curug Barong air terjun dengan ketinggian 25 meter dan terletak di desa Gunung Jaya, Kecamatan Belik.Obyek wisata ini memiliki pemandangan alam yang masih asri dan lingkungan alam yang sejuk. Lokasi 51 Km ke arah tenggara Kecamatan Pemalang.

12. Curug Sejajar
Curug Sejajar masih terletak di Desa Badak, Kec.Belik, Kab.Pemalang, ketinggian curug sejajar ini ± 50 M. Perjalanan  ke curug sejajar bisa ditempuh kurang lebih  2,5 Jam saja dengan menggunakan motor. Setelah sampai di Desa Badak temen-temen bias menitipkan Motor kepada Warga setempat dan Mulailah Melakukan Perjalanan kaki yg memakan waktu ±20 Menit untuk Sampai Lokasi Curug Sejajar.
Keberadaan curug sejajar belum banyak diketahui oleh masyarakat Pemalang bahkan warga belikpun belum banyak yang mengetahui. Kenapa dinamakan Curug Sejajar karena Curugnya ada 2 dan sejajar tingginya.

13. Telaga Silating
Telaga silating terletak di Desa  Sikasur Kec. Randudongkal Akses menuju ke Telaga silating searah seperti menuju ke Curug Bengkawah, namun lokasi Telaga Silating lebih dekat dan gampang dijangkau. Pernah sekali Maszal Adventure bermalam disitu karna kemalaman hehehe.

14. Telaga Rengganis
Telaga Rengganis terletak di Kecamatan Watukumpul atau sekitar 60 kilometer dari arah tenggara Kota Pemalang dengan luas sekitar 1hek. Telaga Rengganis akan nampak anggun dengan kondisi air yang masih segar jernih. Pesona Telaga rengganis selain airnya yang jernih juga dihiasi dengan pepohonan pinus dan bukit bukit sehingga membuat suasana sejuk dan pengunjung betah berlama lama disitu. telaga Rengganis sangat cocok buat para pecinta hacking dan camping.

15. Curug Sibedil
Curug Sibedil terletak di Desa Sima, Kecamatan Moga, 46 Km dari Kota Pemalang, Curug Sibedil mempunyai ketinggian sekitar 20M,  di dekat curug sibedil terdapat batu dengan bentuk menyerupai bedil mungkin ini sejarah kenapa dinamakan curug sibedil.
Curug Sibedil ini merupakan curug yang boleh dikatakan tersembunyi dan tidak mendapat perhatian dari pemerintah sekitar. Baca Selengkapnya

16. Argo Wisata Kebun Teh Semugih
Perkebunan Teh Semugih terletak di lereng kaki gunung slamet, desa sidamulya  Kecamatan Moga, sekitar 47 kilometer Selatan Kota Pemalang Perkebunan teh ini menyajikan pemandangan yang indah serta berbagai fasilitas seperti jalan, pondok peristirahatan.

17. Wisata Air Alami Pemandian Moga
Wisata Pemandian, atau Kolam Renang Moga, Terletak di Kecamatan Moga, atau Pemalang Bagian Selatan, wisata renang pemandian moga ini merupakan pemandian air alami, namun karena kurangnya perawatan, wisata renang air alamai pemandian moga ini menjadi sepi pengunjung, namun buat kalian yang penasaran bisa tetap mengunjunginya. Baca Selengkapnya.

18. Bukit Tangkeban Nyalembeng
Bukit Tangkeban terletak di Desa Nyalembeng Kecamatan Pulosari Kabupaten Pemalang, atau sebelah utara gunung slamet.

Bukit Tangkeban mempunyai ketinggian sekitar 1.250 Mdpl, namun perjalanan menuju bukit tangkeban hanya memakan waktu sekitar 10-15 menit saja dari lokasi parkir, karena untuk mencapai lokasi parkir sudah bisa di tempuh dengan kendaraan bermotor, yang kemudian dilanjut dengan berjalan kaki dengan jalur tracking yang sangat mudah.
Bukit nyalembeng  mempunyai pemandangan yang indah, sangat cocok buat kalian yang suka menikmati keindahan alam dan ingin bermalam di sana karena bukit tangkeban mempunyai dataran yang luas yang cukup untuk bercamping. Baca Selengkapnya.

Itulah  beberapa wisata Pemalang yang bisa dikunjungi sebagai bahan referensi, sebagian Maszal Pemalang Adventure pernah mengunjungi tempat tempat tersebut namun tidak bisa mendokumentasikanya dan sebagian foto foto saya ambil dari beberapa sumber. sebenarnya masih banyak wisata wisata alami yang terdapat di pemalang namun karna kurangnya perhatian dari masyarakat wisata wisata tersebut tidak terawat.

23 komentar

  1. berendam di curug sibedil kayanknya enak ya. .
    Catatan Online Ku

    ReplyDelete
  2. Baru 1-3 yang pernah saya kunjungi meskipun sempat 3 tahun tinggal di pemalang

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha saya juga gan.. meskipun orang pemalang tp blm bisa kesana semua. merantau terus soalnya.. hehehe

      Delete
  3. Wahh Kapan ane bisa kesana :'( #Ngarep

    ReplyDelete
  4. suatu saat gue pasti kesana. amiin... :D

    ReplyDelete
  5. lumayan jadi referensi buat wisata nanti

    ReplyDelete
  6. Artikel yg sangat bagus gan...
    Persiapan liburan saat libur panjang.
    Dari http://norafila.blogspot.com?

    ReplyDelete
  7. ijin copas pak dari http://loverentcarpemalang.blogspot.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan gan, jangan lupa sumurnya yang penting :p

      Delete
  8. Wah kapan ya kira-kira bisa berkunjung ke tempat itu,,, hemmm

    ReplyDelete
  9. bagus seklai info yang sangat bermanfaat terimakasih

    ReplyDelete
  10. terlihat sangat asri dan indah pemandangannya...tp blm prnah ke sana..diJawa Tengah byk bngt kota2 yg pny tmpt wisata yg menarik,kereen

    ReplyDelete
  11. Om kalo ngecamp di gunung gajah bisa gak tuch ??

    ReplyDelete
  12. Mas. Agrowisata comal baru udah gak di pake? yang banyak bangunan tuanya. Kemarin saya lewat kesitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya malah belum tahu gan, soalnya kurang ngehits juga sih... hehehehe

      Delete

Hi... terima kasih sudah berkomentar
- Jangan lupa Check Notif Me.


For business inquiries
zainalmutakin.pml@gmail.com