Wisata Tracking Gunung Bongkok Purwakarta Jawa Barat

 Penulis : Amunx, Asep, Zaenal

Assalamualaikum. Wr.Wb.
Halloo.. sobat travelers semua ketemu lagi dengan kami travelers awam yang sedang mencari gelar sejati :D kali ini kami akan mengajak kalian jalan-jalan kesalah satu wisata tracking yang dekat dengan Jakarta, jadi buat kalian yang sedang merantau di Jakarta bisa coba jalan-jalan ke sini, nama wisatanya adalah Gunung Bongkok yang terletak di Desa Cikandang Purwakarta Jawa Barat.

Jadi gunung bongkok ini merupakan salah satu wisata gunung yang dekat dengan Jakarta setelah Bogor, gunung bongkok ini sangat cocok untuk pendaki pemula dengan ketinggian 975Mdpl, meskipun dengan ketinggian yang segitu jalur menuju puncak bongkok lumayan extreme untuk dilalui karna hampir 90 derajat vertikal apalagi kalau musim hujan, siap siap saja bermandi mandian dengan lumpur hehehehe


Rute perjalanan ke gunung bongkok dari Jakarta sangat mudah dan ada beberapa alternatif pilihan yang bisa dicoba :

1. Naik kereta via stasiun kota Jakarta jurusan Purwakarta, via ekonomi Rp. 3000/Orang (21 Maret 2015) kelebihan naik kereta ekonomi ini adalah biayanya yang sangat terjangkau, namun jadwal perjalanan kereta ini siang jam 9:45 WIB jadi menurut kami sangat membuang waktu perjalanan, dan kurang nyaman karna sesaknya penumpang serta disamping itu laju kereta yang lambat kurang lebih 2,5  jam perjalanan menuju Purwakarta
2. Naik bus jurusan purwakarta dari terminal Jakarta, buat yang mau berangkat pagi kami sarankan untuk naik bus karena bisa berangkat pagi dan nyaman di perjalanan (Rp.20.000/Orang)
setelah sampai di Stasiun Purwakarta dilanjutkan menuju ke Plered (pasar) dan ke Cikandang

12;42 WIB : sampailah kami kami di stasiun purwakarta dan langsung di sambut oleh calo-calo angkot yang dengan semangat empat limanya menawarkan jasanya, tanpa pikir panjang kami langsung naik angkot menuju Plered (angkot warna pink), Angkot menuju Plered sebenarnya harus ditempuh dengan menggunakan dua angkot (1x ganti) namun karna kami lagi beruntung si supir angkot langsung mengantarkan kami ke pasar plered.

13:30 WIB : Kami sampai di pasar plered, dengan kondisi yang lumayan lelah karna tidak terbiasa dengan naik angkot, akhirnya kami sepakat memutuskan untuk beristirahat dan makan sebentar karna dari rumah juga belum sarapan.. heuu.. heuu dan dilanjut dengan sholat dluhur di Masjid Baeturrahim dekat pasar.

14:20 WIB : Kami melanjutkan perjalanan menuju cikandang dari pasar plered, di sini jangan sampai salah naik angkot karena ada dua nama desa yang hampir sama (warung kandang dan cikandang) jadi tujuan anda adalah ke cikandang gunung bongkok dengan menggunakan angkudes (toyota kijang) .

Perjalanan menuju cikadang lumayan lama karna jalan yang dilalui sudah lumayan rusak dan nanjak akibat truk truk pembawa batu yang bolak balik lewat, sepanjang perjalanan akan disuguhi suasana desa dan persawahan yang hijau dan penduduk di sana sangat ramah ramah mereka menganggap kita (pendatang) sebagai tamu mereka yang harus dihormati.

16:00 WIB : Kami sampai di desa cikandang dan langsung disambut sama A A yang merupakan bagian dari kepengurusan wisata gunung bongkok, kami istirahat sebentar sambil ngobrol ngobrol dan menikmati secangkir kopi panas yang kami pesan karna gerimis yang belum juga reda. 

16:30 WIB : Dalam kondisi yang masih gerimis kami melanjutkan perjalanan ke masjid untuk sholat ashar yang kemudian kami lanjutkan menuju ke pos munclu.


17:20 WIB : Kami sampai di pos munclu, disana sudah banyak temen temen pendaki yang sudah mendirikan tendanya. tanpa lama kami langsung meregistrasikan diri sama A A yang jaga di sana. (Rp. 5000/Orang) dan kami langsung di kasih lapak untuk istirahat dan mendirikan tenda, karna perjalanan ke puncak gunung bongkok harus dilanjutkan besok pagi karna cuaca yang tidak mendukung.

kondisi lingkungan yang sangat becek abis karena hujan membuat kami enggan keluar dari tenda dan tanpa disadari kita tertidur karna lelah dan memang harus persiapan energi buat melanjutkan perjalanan besok. . . . Zzz.. Zzz..

Hari ke II,
Purwakarta, 22 Maret 2015 

04:10 WIB : Kami terbangun dari nyenyaknya tidur, terdengar suara teman teman yang sudah bangun dan mulai melakukan pendakian ke puncak gunung bongkok, waktu masih lumayan gelap karna kabut yang masih menyelimuti, tanpa lama kami nyalakan kompor untuk membuat secangkir kopi untuk penghangat dan sedikit mengisi energi... 

05:00 WIB : kami mulai mendaki dengan semangat, rute menuju puncak menurut kami sangat mudah dan seru untuk dilalaui namun karna faktor hujan jalanan menjadi sangat becek dan licin yang hal ini seringkali membuat para pendaki terpeleset dan jatuh, tapi untung tidak terjadi pada kami yang hanya memakai sendal, karna kami sangat hati hati sekali karna kalau sampai jatuh kami tidak punya pakaian pengganti lagi... hihihihi

Sampai di puncak kurang lebih pukul 07:30 WIB waktu yang lumayan cukup lama padahal bisa ditempuh hanya dengan 1,5 jam saja, namun karna banyaknya pendaki kita harus sabar mengantri, ada dua tempat yang bisa dinikmati setelah dipuncak nanti yaitu puncak batu tumpuk dan puncak batu datar, di pucak batu tumpuk terdapat sebuah tapak kaki besar katanya namun kami tidak sempat melihatnya karna kami baru mengetahui info tersebut waktu sudah turun ke bawah sangat disayangkan sekali




11:30 WIB : Kami sudah harus pulang ke Jakarta lagi karna libur telah selesai, kami pamit pulang dengan ucapan terima kasih yang sebanyak banyaknya, dan menunggu angkot menuju ke plered, dari plered kami meuju ke terminal Purwakarta karna kita akan pulang dengan menggunakan bus jurusan kampung rambutan.
Nahh jadi seperti itulah sedikit cerita tentang perjalanan kami ke Wisata Tracking Gunung Bongkok Purwakarta, semoga bisa bermanfaat, menjadi bahan referensi perjalanan untuk kalian. Jangan lupa like, share dan komentarnya ya  and see u next trip Insa Allah Gunung Prau Dieng / Papandayan Garut







Rekomendasi : buat yang mau berangkat pagi kami sarankan pake bus dari Jakarta
Note :
-    Per 1 April 2015 Tiket kereta mengalami kenaikan.
-    Angkudes yang digunakan dari plered ke cikandang menggunakan mobil toyota kijang bukan angkot yang biasa.

11 komentar

  1. Kayaknya seru nih.. kapan-kapan ke sana ah :) hehe

    ReplyDelete
  2. wuih seru euy.. pengen kesana euy... si agan ini bikin ngilerr aja euy..

    ReplyDelete
  3. Keren mas, ada timeline travelingnya segala. Good Job lah. Semoga kapan2 bisa join traveling.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mas Yudha, tapi ada yang aneh ama tulisan ini, iklan adsensnya tidak mau muncul... padahal sebelumnya muncul

      Delete

Silahkan tinggalkan jejajak dengan berkomentar
- Jangan lupa Check Notif Me.

Jangan Lupa Share, Follow Tweet dan IG : @mas_adventure

For business inquiries
zainalmutakin.pml@gmail.com