Penting Saat Mendaki Gunung Papandayan Garut Jawa Barat

Gunung Papandayan adalah gunung api strato yang terletak di Kabupaten Garut, Jawa Barat. Di Gunung Papandayan, terdapat beberapa kawah yang terkenal, yang di antaranya Kawah Mas, Kawah Baru, Kawah Nangklak, dan Kawah Manuk. Kawah-kawah tersebut mengeluarkan uap dari sisi dalamnya.

Topografi di dalam kawasan curam, berbukit dan bergunung serta terdapat tebing yang terjal. Menurut kalisifikasi Schmidt dan Ferguson termasuk type iklim B, dengan curah hujan rata-rata 3.000 mm/thn, kelembaban udara 70 – 80 % dan temperatur 10 º C.

Hal tersebut sangat penting untuk diperhatikan untuk para pendaki yang mau mendaki ke papandayaan untuk menyiapkan beberapa perlengkapan yang penting digunakan saat berada disana yang antara lain :

1. Masker
Masker ini sangat penting sekali untuk dibawa mengingat bau asap kawah yang sangat menyengat di beberapa titik, apalagi kalau pendakian dilakukan pada malam hari.

2. Minyak wangi
Menurut saya pribadi kegunaan minyak wangi ini untuk mengharumkan masker yang kita bawa, berdasarkan pengalaman meskipun sudah pake masker bau akan tetap menyengat dan malah membuat tidak nyaman :D

3. Sleeping Bag tebal
Melihat kelembaban udara dengan temperature 10 ºC udara disana sangat begitu dingin, berdasarkan pengalaman udara terasa sangat dingin sekali pas sekitar jam 00:00 WIB padahal waktu itu tidak hujan, kami yang tidak membawa sleeping bagpun hanya berselimut seadanya sangat menggigil kedinginan sampai sampai tidak bisa tidur nyenyak, dan takut terjadi sesuatu karena sangkin dinginya.

Pada intinya peralatan peralatan yang perlu diperhatikan ketika hendak mendaki gunung papandayan adalah yang berhubungan dengan keamanan ketika kamu harus menghadapi bau asap kawah dan dinginya cuaca di gunung papandayan, selain hal hal di atas sebenernya masih ada lagi seperti sarung tangan atau kaos kaki yang bisa menghangatkanmu di kala dingin.

Karena ini berdasarkan pengalaman awam kami ketika mendaki gunung papandayan yang dengan membawa peralatan yang kurang memadai karena kurangnya kami dalam mencari informasi, semoga bisa menjadi pelajaran buat kami ketika kelak akan mendaki gunung lagi.

Mungkin seperti itu beberapa point penting perlengkapan yang sangat perlu di bawa saat mau mendaki gunung papandayaan atau gunung lainya semoga bisa bermanfaat.

2 komentar

  1. pengalamannya seru ya... jangan lupa kunjungi blogku ya www.ikutinasihatbaik.blogspot.com

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan jejajak dengan berkomentar
- Jangan lupa Check Notif Me.

Jangan Lupa Share, Follow Tweet dan IG : @mas_adventure

For business inquiries
zainalmutakin.pml@gmail.com