Jalur Pendakian Gunung Papandayan Garut Jawa Barat

Gunung Papandayan Terletak di Kabupaten Garut Jawa Barat, tepatnya di Kecamatan Cisurupan, Gunung Papandayan merupakan gunung api strato dengin ketinggian 2665 MDPL.
Gunung Papandayan terkenal dengan kawahnya yang masih aktif, yang selalu mengeluarkan asap dari sisi dalamnya, selain kawah gunung papandayan juga terkenal dengan hutan mati dan padang edelweisnya, so masih mikir buat ke Gunung Papandayan.

Jakarta, 14 Mei 2015, Kami memulai meunju perjalanan ke Gunung Papandayan Garut Jawa Barat dari Cilandak Jakarta Selatan dengan menuju ke terminal Kampung Rambutan sekitar pukul 08:00 WIB. (Rp. 5000/Orang)

08:20 WIB Kami sampai di terminal kampung rambutan, kami langsung naik bus jurusan Terminal Guntur Garut, dan Bus mulai berangkat Pukul 09:00 WIB, Rp. 60.000, (Sebenernya cuman Rp.52.000 cuman karna mungkin waktu itu kami sedang sial kami kena calo dengan tarif 60.000/ Orang) hiks hiks :(



14.00 WIB Kami sampai di terminal Guntur Garut Jawa Barat, kami istirahat sejenak dan mencari angkot untuk menuju ke Desa Cisurupan, kami menunggu hampir satu jam karna angkot mau jalan kalau kuota sudah penuh heuuu, 
Sambil menunggu angkot berangkat kita beli beberapa cemilan untuk makan disana.


15.00 WIB Angkot menuju Cisurupan baru berangkat setelah kuota penuh sekitar 15 Orang, Rp. 20.000/Orang.

16:00 WIB kami sampai di desa Cisurupan, kami Istirahat sebentar untuk membasuh muka yang mulai lusuh :D yang dilanjut dengan Sholat Ashar di salah satu Masjid dan menghabiskan sebatang rokok.

Seseorang yang sepertinya tukang ojek menghampiri kami yang sedang istirahat dan tanpa basa basi mengajak kami untuk berbincang bincang, banyak hal yang diceritakan dari mas tukang ojek, mulai dari pengunjung yang datang ke papandayan hingga kisah kisah yang pernah terjadi di papandayan, seperti pernah terjadi kecelakan seorang pendaki asing yang terpelosok ke kawah dll.

16:30 WIB Kami melanjutkan perjalanan menuju Basecamp Papandayan dengan menggunakan Ojek Rp.30.000/Orang, atau bisa juga menggunakan mobil Pick Up dengan tarif Rp.20.000/Orang namun harus menunggu sampai ada 13 Orang baru mobil mau berangkat, jadi kami memutuskan memakai ojek karna waktu sudah sangat sore, dan karna kita sedikit tidak enak juga karna dari tadi ngobrol banyak sama mas tukang ojek... :D


17:20 WIB
Kami sampai di Gerbang/Pintu Masuk Papandayan dan tak lupa tukang ojek memberhentikan kami untuk kita beli tiket masuk Rp. 7.500/Orang (HariLibur)


Selang beberapa menit setelah Pintu masuk Papandayan sampailah kami di Basecamp Pendakian Gunung Papandayan, salah satu seorang menyuruh saya untuk melaporkan ke basecamp, ada beberapa peraturan yang harus kita patuhi yang yang tidak lepas dari kebersihan. 

Retribusi kebersihan Rp.4000/4 Orang.

17:30 WIB kami langsung saja bergegas naik setelah semua administrasi terselesaikan karna waktu sudah hampir gelap.

18:00 WIB Di perjalanan Kami istirahat, Sholat dan Makan tak Lupa untuk ngopi juga :D , dan kami  melanjutkan perjalanan menuju Pondok Saladah (Tempat Camp) Sekitar Pukul 18:30 WIB) karna malam kami tidak bisa menikmati pemandangan sekitar hanya hembusan suara kawah yang kami dengar dengan aroma yang sangat menyengat (Jangan Lupa Bawa Masker)

Baca : Penting Saat Mendaki Gunung Papandayan Garut Jawa Barat

21:15 WIB kami sampai di post pertama, seorang memamnggil kami untuk melaporkan perjalanan kami.


21:30 WIB Kami sampai di Pondok Saladah, Kami langsung mencari tempat yang nyaman dan langsung mendirikan tenda untuk beristirahat dan melanjutkan perjalanan ke puncak besok pagi.

Hari Ke II
06:00 WIB Pagi menyambut dengan dinginya, kami kurang begitu nyenyak tidur karna dingin yang amat dingin padahal tidak hujan, kami sarankan yang mau ke papandayan bawa SB yang tebal :D .
Kami berempat kumpul menyusun rencana pendakian kepuncak sembari menikmati segelas kopi favorit masing-masing, yang menurut kami sebagai sumber energi pemicu semangat mendaki, tak lupa juga dengan sedikit sarapan nasi putih di barengi stick kentang goreng sisa semalem :D , ya pendakian kali ini kita memang membawa banyak sekali makanan hehehe :D, setelah energi terisi kita langsung membereeskan semuanya dan bergegas menuju puncak papandayan  Pukul 08:00 WIB.


Baca : Sensasi Dinginnya Sungai Cisaladah Gunung Papandayan


08:00 WIB kami mulai melangkahkan kaki bersama para pendaki pendaki lainya, yang juga baru mulai naik.
Sepanjang parjalanan kami banyak disuguhi pemandangan pemandangan Alam yang begitu indah yang sama sekali belum pernah kami lihat sebelumnya, sungguh betapa indah Alam semesta ciptaan Tuhan kita ini, kami begitu sangat bersyukur bisa menikmatinya dan kami merasa bangga bisa berdiri disini di tanah air Indonesia. Kamipun tidak menyia-nyikan moment itu dengan berselfie selfie ria =)) sambil saling tegur sapa kepada sesama pendaki yang lewat.





Ada satu pendaki yang menarik perhatian kami, seorang pendaki yang kelihatanya sudah berumur, beliau adalah seorang bapak yang sedang mendaki seorang diri, dengan daypack kecil dan dibantu dengan sebuah tracking pool yang setia mengikuti alur semangat langkah mendakinya, kitapun sempet ngobrol dan berbincang bincang melontarkan banyak pertanyaan kepada beliau karna pengalaman mendaki gunung si bapak ini sudah lumayan banyak. Sayangnya kami tidak sempat menanyakan siapa namanya, rencananya dia akan ke Nepal kalau sudah pensiun nanti. Good luck pak… wkwkwkwk
12:30 WIB kami akhirnya sampai di puncak Papandayan, karna kabut yang tebal dan rindangnya pepohonan kami tidak bisa menikmati pemandangan puncak. . . .heuu heuu :(

Catatan :
Terminal Kampung Rambutan – Terminal Guntur garut : Rp. 52.000
Terminal garut – Cisurupan Rp. 20.000
Cisurupan – basecamp Rp. 30.000 Via Ojek dan Rp. 20.000 Via Pick Up
Tiket Masuk : Rp. 7.500


Tonton Juga Videonya 

Kurang lebih seperti itu kira-kira cerita perjalanan kami ke gunung papandayan Garut Jawa barat, Semoga bisa menjadi referensi dan bermanfaat untuk kita semua #Salam lestari #MaszalPemalangAdventure.

18 komentar

  1. wah, sama sama baclpecker nih :) bagus banget

    ReplyDelete
  2. wahh, saya pengen ke gunung papandayan gak pernah jadi2 -_-
    kapan2 kalo mau hiking ajak saya dong mas hehe

    ReplyDelete
  3. wow ...mantap gan infonya bisa di share ni bagi traveler pemula untuk menyiapkan klo ke papandayan

    ReplyDelete
  4. Wah asik juga tuh mantap Top Adventure

    ReplyDelete
  5. wah wah jadi pengen euy nyoba kesana!

    ReplyDelete
  6. pengen nyoba tapi nggak berani gan :3 gimana nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngajak temen gan.. di sana juga banyak temen temen kok... hehehe :D

      Delete
  7. hahaha keren juga tu, pengen dicoba
    jangan lupa kunjungi blog saya yang membahas keunikan keunikan di sekeliling kita
    hanya di: unik-ituindah.blogspot.com

    ReplyDelete
  8. keren perjalanannya mas,, pengen kesana tapi jauhhh n masih tutup,, :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih gan.... masa takut sih sama jauh, semakin jauh semakin keren gan... :)

      Delete
  9. gak takut jauhnya, takut waktunya dari ujung ke ujung itu mas,, :D

    ReplyDelete
  10. Kawan,saya sigit dari jkt rencana mau ke papandayan tgl 5-7 februari, tpi blum ada temen. Klo boleh ada tebengan WA 081284945130

    ReplyDelete
  11. Gunung Papandayan memag sangat bagus, aku rasa semua lengkap,dari hutan mati dan ladangedelwis yang lebat banget.. tgl 24 yukkkk

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan jejajak dengan berkomentar
- Jangan lupa Check Notif Me.

Jangan Lupa Share, Follow Tweet dan IG : @mas_adventure

For business inquiries
zainalmutakin.pml@gmail.com