7 Wisata Gunung Dekat Jakarta

Jakarta memang bukan merupakan dataran tinggi sehingga tidak banyak bahkan tidak ada yang namanya bukit apalagi gunung, buat para pendaki atau yang hobi dengan mendaki yang tinggal di Jakarta atau merantau di Jakarta terkadang harus ke jawa barat untuk mendaki gunung, seperti yang kalian tahu di jawa barat dan jawa tengah memang surganya para pendaki karena terdapat banyak gunung gunung yang tinggi dan indah disana.
Namun buat kalian yang sekarang di Jakarta tidak usah sedih karena sebenernya ada beberapa gunung yang bisa kalian daki yang menurut saya sangat dekat dengan jakarta yang antara lain :

1.    Gunung Gede Pangrango ( Bogor )
Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) menjadi urutan pertama buat saya soal salah satu wisata gunung yang dekat dengan Jakarta yang sudah sangat terkenal dikalangan pendaki dan Masyarakat Jakarta Khususnya, Gunung Gede Pangrango adalah salah satu taman nasional yang terletak di Jawa Barat.
Gunung Gede Pangrango adalah nama dari dua gunung kembar yaitu gunung gede dan gunung pangrango namun orang orang lebih sering menyebut gunung gede pangrango karna memang letak gunung tersebut sangat berdekatan. Gunung gede memiliki ketinggian 2. 958 mdpl dan Gunung Pangrango memiliki ketinggian 2. 400 mdpl.

2.    Gunung Batu Jonggol (Bogor)
Gunung Batu atau yang terkenal dengan sebutan gunung batu jonggol terletak di kampung gunung batu 01 Desa Sukaharja Kecamatan Sukamakmur Kabupaten Bogor. Gunung batu jonggol mempunyai ketinggian 875 mdpl yang terletak di tengah hutan sangat jauh dari perkotaan jadi kalau mau kesitu harus banyak banyak nanya sama warga sekitar.
Gunung Batu Jonggol

Gunung batu jonggol menurut saya lokasi wisata gunung yang sangat cocok untuk pendaki pemula dan mudah di akses dari jakarta dan sekitarnya, jarak tempuh untuk mencapai puncak gunung batu juga tidak lebih dari dua jam, jadi untuk yang hanya mempunyai waktu sedikit tidak memakan waktu banyak untuk menikmati pemandangan alam berupa gunung, beda halnya dengan gunung yang mepunyai ketinggian sangat tinggi dimana kita harus persiapan camp untuk satu malam sebelum summit.

3.    Bukit Munara (Bogor)
Gunung Munara terletak di Kampung Sawah Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor, Gunung Munara memiliki ketinggian 1119 Mdpl sehingga sebenernya sangat cocok untuk disebut bukit namun warga sekita lebih sering menyebutnya gunung munara.
Dulu Gunung Munara sangat terkenal dengan para peziarahnya karena disana terdapat beberapa petilasan dan Goa Goa yang bernama goa sukarno, yang konon katanya bung Karno pernah bersemedi disitu, tapi sekarang bukan hanya para peziarah yang berkenjung kesitu tapi para penikmat alam juga setiap hari banyak yang berdatangan kesitu

4.    Gunung Sanggabuana (Karawang)
Selanjutnya adalah Gunung Sanggabuna, Gunung Sanggabuana terletak di Kabupaten Karawang. Desa Mekarbuana, Tegalwaru, Kabupaten Karawang. Gunung sanggabuana mempunya ketinggian 1.291 mdpl yang merupakan gunung tertinggi dan satu satunya di Karawang. Jalur pendakian gunung sanggabuana terbilang cukup terjal dengan membutuhkan waktu sekitar 6 sapai 7 jam untuk sampai di puncak.
Gunung Sanggabuana memeliki ketertarikan tersendiri dimana masih memiliki hutan yang masih rimbun  dan pepohonan yang masih bisa tumbuh liar hingga mencapai ketinggian puluhan meter.
Gunung sanggabuana juga merupakan gunung dengan aroma yang sangat mistis karena di gunung sanggabuana terdapat beberapa makam yang sering dikunjungi oleh para peziarah dan perlu sangat hati hati sekali kalau mau kesana, jangan lupa izin setempat dan jangan sembarang bicara karena masih sakral.

5.    Gunung Bongkok (Purwakarta)
Gunung Bongkok terletak di Desa Cikandang Purwakarta Jawa Barat, gunung bongkok ini merupakan salah satu wisata gunung tracking yang dekat dengan Jakarta setelah Bogor, gunung bongkok ini juga sangat cocok untuk pendaki pemula dan recomended banget dengan ketinggian 975Mdpl dengan treck hampir 90 derajat vertikal.
Dan waktu tempuh untuk kepuncak gunung bongkok juga kurang dari 2 Jam, untuk mendaki kesana dari Jakarta disarankan berangkat pagi dikarenakan agkot dari plered ke Cikadang kalau sore jarang ditemui.

Baca : Wisata Tracking Gunung Bongkok Purwakarta Jawa Barat

6.    Gunung salak (Bogor)
Gunung Salak merupakan gunung berapi yang terletak di bagian selatan Jakarta, yang secara administratif berada di wilayah Kabupaten Bogor dan Kabupaten Sukabumi. Gunung Salak memiliki dua puncak yaitu puncak Salak I dan II dengan ketinggian pada puncak satu adalah 2.211 m dpl dan puncak Salak II 2.180 mdpl.
Gunung salak merupakan Gunung yang mengandung banyak misteri seperti hilangnya Sukhoi dan kejadian kejadian lainya yang banyak diceritakan di blog blog.


7. Gunung Kapur Bogor 


Gunung Kapur terletak di Desa Cibadak, Ciampea Bogor Jawa Barat, Gunung kapur sebenernya adalah sebuah bukit bebatuan kapur, namun masyarakat sekitar terbiasa menyebutnya sebagai gunung, Gunung kapur memiliki ketinggian kurang dari 500Mdpl.
Di area wilayah gunung kapur terdapat sebuah gua, yang dinamakan gua AC, untuk menuju ke Gua AC diperlukan waktu kurang lebih setengah jam perjalanan.
Baca : Gunung Kapur dan Misteri Gua AC Ciampea Bogor Jawa Barat
 
Itu dia 7 Wisata Gunung yang dekat dengan Jakarta, Semoga bisa menjadi referensi planing mendaki temen temen semua.

Sumber : 
Wikipedia
Google
dan Perjalanan Sendiri

5 komentar