BALE RAOS Mencicipi Makanan Kesukaan Sultan Mataram

Setelah capek keliling musem muter muter di kawasan kraton Ngayogyakarta Hadiningrat, tidak mungkin kalau perut tidak merasa lapar, maka dari itu selain kamu bisa merasakan suasana kraton tidak lengkap rasanya kalau kamu juga tidak mampir ke bale raos untuk mencicipi berbagai makanan yang katanya kesukaan para sultan sultan kraton pada jaman dahulu, wah jadi penasaran ni.

Mendenger makanan kesukaan para sultan kraton perut saya saya langsung keroncongan penasaran, Rasanya pengen langsung buru buru melihat dan mencicipinya, hehehe
Untuk lokasinya, Bale Raos terletak dilingkungan kraton, tepatnya diarea kagungan dalem kemagangan yang merupkan akses paling dekat untuk memasuki induk kraton atau area kedaton.

Ada banyak tawaran menarik untuk mencicipi makanan makanan khas kesultanan yang pada waktu itu yang kami pesan adalah makanan kesukaan dari Sultan Hamengkubuwono ke X yaitu Bebek Suwar Sawir dengan menu sajian sebagai berikut :


1. Wedang Secang
Perama tama untuk minuman pembuka  saya disuguhi segelas air putih dan secangkir wedang secang, kalau menurut saya rasanya hampir mirip seperti wedang ronde. hehehe

2. Soup Timlo
Hidangan yang kedua yang disajikan setelah menikmati wedang secang adalah soup timblo sebagai hidangan pembuka, sop timlo adalah sop jawa dengan kombinasi rasa jahe dan kecap, saya tidak bisa menceritakan rasanya seperti apa.. hihihi yang jelas enak banget aromanya.
Soup Timlo
3. Nasi bakar
Hidangan yang ketiga yang disajikan adalah nasi bakar beserta lauk lauknya yang merupakan hidangan utama yang kami pesan yang terdiri dari
- Bebek Suwar Sawir ( Sultan HB X )
- Udang Boyo Bakar
- Papri Nanas Paprika
- Tumis Rumput Laut 
Nasi Bakar, Bebek Suwar Sawir, Udang Goreng, Tumis Rumput laut dan Papri Nanas Paprika
4. Ponekook Ice Puter
Setelah kenyang menikmati ke empat suguhan di atas ternyata kita masih disuguhi makanan lagi yaitu ice puter hihihi 
Ice Puter
5. Tea / Coffe After Lunch
Setelah menikmati ice puter sebagai penyegar mulut, kita disajikan lagi minuman untuk penutup berupa tea atau coffe, nanti pelayan bale raos akan menanyakan untuk pilih tea atau coffe

Coffe
Nah itu dia gan sajian sajian yang disajikan secara bergantian saat menikmati makanan khas kesultanan mataram, selain menu di atas masih banyak lagi makanan kesukaan dari Sultan Hamengkubuwono Seperti :
1. Semur Piyik (HB IX )
Yaitu hidangan dari burung dara yang masih muda.

2. Urip Urip Gulung ( Sultan HB VII )
yaitu ikan lele fillet yang di gulung gulung kemudian di panggang dan disajikan dengan saos mangut.

3. Sanggar ( Sultan HB VIII - X )
Yaitu menu asli kraton yang dibuat dari irisan daging sapi dengan bumbu rempah kemudian dijepit dengan bilah bambu dan di panggang dengan saputan santan klapa.

4. Beer Jawa ( Sultan HB VIII )
Yaitu munuman Non Alkohol yang terbuat dari berbagai macam ramuan, seperti jahe, kayu secang, cengkih, jeruk limau dan lain lain.

Setiap hari sabtu bale raos juga katanya menyajikan musik keroncong live perfomance dan lain lain.

Bagaimana gan? sangat menarik bukan untuk mencicipi dan menikmati makanan khas kraton yang menjadi kesukaan para sultan mataram, jadi silahkan tidak usah ragu ragu kalau datang kejogja untuk menikmatinya.

Bale Raos memiliki kapasitas indor 100 Set yang terbagi menjadi dua Joglo dengan kapasitas sampai 200 seat dalam bentuk kombinasi In Door dan Out Door menuru saya yangat cocok sekali ntuk acara acara gathering dan lain sebagainya.
Dan untuk informasi dan  reservasi lebih lanjut bisa hubungi (0274) 415 550

Pengalaman saya makan di Bale Raos saya bingung mau pake sendok yang mana dulu wkwkwkwk.. semoga bermanfaat :)

3 komentar

  1. Mantap gan, artikelnya sangat berguna sekali bagi saya dan semoga bisa bermanfaat bagi saya dan teman teman yang lainnya :)

    ReplyDelete
  2. Wah mantap tuh kang, bikin lidah saya bergoyang terus kang :D

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan jejajak dengan berkomentar
- Jangan lupa Check Notif Me.

Jangan Lupa Share, Follow Tweet dan IG : @mas_adventure

For business inquiries
zainalmutakin.pml@gmail.com