Candi Prambanan Kisah Cinta Bandung Bondowoso dan Rara Jonggrang

Setelah kenyang mencicipi makanan kesukaan Sultan Mataram di Bale Raos kami melanjutkan perjalanan selanjutnya ke Candi Prambanan, meskipun sebelum ini saya sudah bolak baik ke jogja tapi jujur ini baru pertama kalinya saya berkunjung ke candi prambanan.

Lokasi candi prambanan dari kraton ngayogyakarta juga tidak begitu jauh tidak lebih dari satu jam kami sudah sampai di candi brambanan yang lebih tepatnya beralamat di Jl. Jogja-Solo Km. 16 Prambanan, Yogyakarta INDONESIA 55282

Candi Prambanan ini juga masuk dalam perlindungan Situs Warisan Dunia UNESCO seperti candi borobudur, dan untuk harga tiket masuk candi prambanan dibagi menjadi dua yaitu untuk lokal dan turis
-    Lokal atau pemegang KITAS Rp . 15.000 untuk hari senins s/d Jumat dan 17.500 untuk hari sabtu dan minggu.
-    Turis atau warga negara asing US $ 13 dan nntuk Mahasiswa turis asing US 3$

Setelah sampai memasuki wilayah candi prambanan jujur saya sangat terkagum kagum melihat keajaiban Candi Prambanan, meskipun sebelumnya saya sudah sering melihatnya baik di televisi maupun di medsos, namun melihat secara langsung dengan mata telanjang itu ternyata berbeda.
Ada hal dan perasaan unik yang bisa saya rasakan ketikan melihat pemandangan yang merupakan sebuah keajaiban apalagi kalau ditambuh tau dengan sejarahnya. Hehehe saya sangat bersyukur sekali dan ini membuat saya semakin cinta dengan Indonesia :)

Sejarah Candi Prambanan

Pada Jaman dahulu katanya  di Jawa Tengah terdapat dua kerajaan yang bertetangga, yaitu Kerajaan Pengging dan Kerajaan Baka. Pengging adalah kerajaan yang subur dan makmur, yang  dipimpin oleh Prabu Damar Maya yang mempunyai putra  Raden Bandung Bondowoso  yang gagah perkasa dan sakti.

Sedangkan kerajaan Baka dipimpin oleh raksasa pemakan manusia bernama Prabu Baka. Ia dibantu oleh seorang patih bernama Gupala. Meskipun berasal dari bangsa raksasa, Prabu Baka memiliki putri cantik bernama Rara Jonggrang.


singkat cerita Raden Bandung Bondowoso jatuh cinta pada Rara Jonggrang dan ingin meminangnya, setelah mengutarakan keinginannya namun Rara Jonggrang menolaknya karena bandung Bondowosalah yang telah membunuh ayahnya, tetapi karena Raden Bandung Bondowoso terus memaksanya akhirnya Rara Jonggrongpun mau disuntingnya asalkan dengan sebuah syarat mustahil yang harus dia penuhi.

Syarat yang pertama adalah Bandung Bondowoso disuruh untuk membuat sumur yang dinamai dengan  sumur Jalatunda, dan syarat yang kedua adalah untuk membuat seribu candi dan hanya dalam waktu satu malam sampai ayam jantan berkokok.

Bandung Bondowosopun menyetujui syarat tersebut.
Bandung Bondowoso berhasil memenuhi syarat pertama berkat kesaktianya yaitu membuat sumur Jalatunda namun Rara Jonggrang kemudian mencoba mempertipu dayanya dengan menyuruh Bandung Bondowoso untuk turun mengeceknya, lalu setelah bandung Bondowoso turun kemudian Rara Jonggrang menyuruh anak buahnya untuk menutup sumur tersebut dan menimbun Bandung Bondowoso dengan Batu namun berkat kesaktianya Bandung Bondowoso Bisa mendobrak timbunan batu tersebut.

Kemudian Bandung Bondowoso mengerjakan syarat yang kedua yaitu membuat seribu candi, namun kali ini Bandung Bondowoso meminta bantuan para jin, ibis dan makhluk halus lainya yang berasal dari perut bumi, berkat bantuanya Bandung Bondowoso berhasil membuat 999 Candi, namun ketika Roro Jonggrang mendengar hal tersebut, Roror jonggrang berniat untuk menggagalkanya dengan menyuruh dayang dayangnya untuk menumbuk padi, ia juga menyuruh untuk membakar jerami padi sisi timur supaya dikira bahwa fajar telah tiba, berkat usahanya lalu para iblis ketakutan dan bersembunyi kedalam perut bumi, dan oleh karenanya Bandung Bondowoso hanya berhasil membuat 999 Candi.

Setelah mengetahui bahwa itu adalah tipu muslihat dari Roro Jonggrang, Bandung Bondowoso amatlah marah kemudian mengutuk Roro Jonggrang menjadi sebuah batu, kemdian Roro Jonggrang berubah menjadi sebuah batu arca terindah  untuk melengkapi 1000 candi Tersebut.

Nah kurang lebih seperti itu anak anak cerita dari Bandung Bondowoso dan Rara Jonggrang yang menjadi sejarah Candi Prambanan... hehehe semoga sukak yahhh... ckckck :)

1 komentar

  1. wow keren ya! Indonesia memang penuh dengan keanekaragaman, cek disini Beautiful Indonesia untuk lihat keanekaragaman Indonesia lainnya ya

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan jejajak dengan berkomentar
- Jangan lupa Check Notif Me.

Jangan Lupa Share, Follow Tweet dan IG : @mas_adventure

For business inquiries
zainalmutakin.pml@gmail.com