Menelusuri Obyek Wisata Gua Lawa Purbalingga Jawa Tengah

Gua lawa Atau Goa Lawa, saya tidak tahu yang bener yang mana gua atau goa Hiks. hehe tapi yang jelas gua lawa terletak di desa Siwarak, Kecamatan Karangreja, Kabupaten Purbalingga, kalau kalian pernah mendaki gunung slamet via jalur bambangan pasti tahu karna jalan untuk menuju pos bambangan melewati obyek wisata gua lawa.

Untuk menuju gua lawa sangat mudah, kalau kalian dari arah Pemalang atau Tegal tinggal ikuti saja jalan menuju purbalingga sampai ketemu kecamatan karangreja yang lokasinya tidak jauh dari perbatasan Pemalang, dan tidak jauh dari situ ada pertigaan dengan patung kelelawar yang besar dan ambil kanan tidak jauh dari situ, dan sebaliknya kalau kamu datang dari arah Purbalingga atau Purwokerto tinggal mengikuti saja jalur menuju Pemalang.

Sebelum saya tahu soal sejarah gua lawa saya dulunya mengira kalau gua lawa itu selain menjadi tempat bersemayamnya para kelelawar tapi juga menjadi tempat semedinya para keluarga vampire dan saya berharap disitu bisa ketemu sama artis artis ggs hiks :D …hihihi..

Gabruuk….!!!

Menurut saya gua lawa merupakan sebuah keajaiban Alam, dimana gua lawa ini tidak seperti gua gua pada umumnya, yang biasanya terletak di bawah perbukitan atau pegunungan, atau tebing tebing, tetapi gua lawa ini terletak di dasaran tanah, gua lawa ini memiliki panjang sekitar 1,5 Km dengan ketinggian lokasi kurang lebih 900Mdpl yang membuat suasana di wilayah gua lawa menjadi sangat adem dan sejuk.
Pintu Masuk Gua Lawa
Menurut sejarahnya gua lawa termasuk gua vulkanik yang konon katanya terbentuk akibat dari semburan lava pegunungan yang kemudian meleleh dan mengalami pendinginan selama beribu ribu tahun lamanya bahkan mungkin lebih, karena pendinginan tersebut akhirnya lava tersebut menguat dan menjadi sebuah bebatuan dan jadilah sebuah gua, yang sekarang disebut dengan gua lawa, mungkin karena di dalam gua tersebut menjadi persebunyian para kelelawar dan kalong kalong besar sehingga gua tersebut dinamakan gua lawa.

Sebelum saya memasuki gua lawa, saya merasa biasa biasa saja, saya merasa tidak ada yang unik dan seperti tidak ada hal penting yang harus saya tahu, selain kalau gua lawa itu banyak kelelewaranya…. Hmmm
Pintu Utama Memasuki Gua Lawa
Tapi setelah saya mencoba masuk dan menelusurinya, saya merasa sedikit merinding dan mencium aroma mistik yang begitu kental, sunyi, sepi hanya terdengar tetesan air yang terus menetes mendengungkan irama tetesanya, saya sebentar merenungi betapa hebat maha besar Allah SWT mencipatakan sebuah bebatuan yang kokoh di dalam tanah, saya langsung sadar akan kebesaran Allah SWT, dan saat itu juga saya langsung terpaku pada kesombongan kesombanganku selama ini. . .

Saya terus berjalan mengikuti petunjuk arah yang ada, sambil sesekali memperhatikan lorong lorong gua dan genangan genangan air dalam gua yang terus melantunkan irama tetesanya, selama berjalan saya juga mendapati beberapa segrombolan kelelawar yang berterbangan kesana kemari di sepanjang lorong gua, namun kelelawar tersebut sama sekali tidak menabrak saya yang sedang berjalan, gua lawa memang istananya para kelelawar maka dari itu disebut gua lawa.
Istana Lawa
Di dalam gua lawa  juga terdapat beberapa tempat yang katanya dulu menjadi tempat persemedian, dan sampai sekarangpun di hari hari tertentu juga sering dijadikan untuk pertapaan.

Di dalam gua lawa ternyata masih terdapat banyak gua gua lainya yang menjadi bagian dari gua lawa, ada beberapa nama nama dan sejarahnya dalam bagian gua lawa yang antara lain :

1.    Gua Batu Semar
Batu Semar sebuah batu yang berwujud seperti Semar, batu ini katanya sudah alami mirip dengan gambar tokoh Semar. Dan katanya batu ini masih kerap memunculkan sosok asli tokoh Semar.
   
2.    Gua Waringin Seto
Waringin Seto adalah sebuah dinding batu yang berwujud seperti pohon beringin putih, disebut Waringin Seto karena bentuknya yang memang sangat mirip dengan pohon beringin dari batang sampai ke daun daunya

3.    Gua Dada Lawa
Gua dada Lawa adalah merupakan sebuah relief di dalam gua lawa yang berbentuk seperti dada kelelawar  terbang atau lawa yang sangat besar

4. Gua Batu keris
Batu keris adalah sebuah batu yang mirip dengan keris, namun keberadaan batu keris sekarang sudah tidak untuh seperti dulu lagi karena kejahilan tangan manusia.
Gua Batu Keris
4.    Gua Ratu ayu.
Gua Ratu ceritanya gua tersebut dihuni oleh dua putri kerajaan Pajajaran yang bernama ending Murdaningrum dan Endang Murdaningsih yang melakukan persemedian sampai akhir hayatnya.

Namanya Cantik ya… 

5.    Pancuran Slamet / Sendang Drajat
Pancuran Slamet adalah sebuah genangan air, saya kurang tau ceritanya seperti apa tapi saat melewati Pancuran Slamet saya di sarankan untuk mencuci muka disitu, dan dengan senang hati sambil berharap siapa tahu bisa jadi ganteng saya langsung membasuh muka saya di Pancuran Slamet, namun setelah selesai membasuh saya dimintai retribusi kebersihan seikhlasnya hehehe…

6.    Goa Langgar
Goa Langgar konon katanya adalah tempat untuk melakukan beribadatan, jelas seperti namanya Langgar / Mushola

7.    Balai Pertemuan Agung
Goa balai pertemuan konon dulunya dijadikan tempat untuk berunding atau bertemu 

8.    Goa Angin 
Dinamakan Goa Angin karena katanya sering keluar hembusan angin dari goa tersebut

9.      Gua Musium Batu
10.    Gua Rahayu
11.    Gua Cepet
12.    Gua Pos
13.    Gua Danau
14.    Gua Lorong Penembahan
15.    Gua Naga
Daftar Nama Nama Gua
Gaess saya tidak semua tahu tentang sejarah gua gua yang ada di dalam gua lawa, soalnya saya tidak menggunakan pemandu atau guide, kalau kalian ingin tahu lebih dalam tentang gua lawa dan sejarahnya saat datang kesana kamu bisa menggunakan guide, dengan begitu kamu akan tahu banyak soal gua lawa

Kawasan gua lawa mempunyai pemandangan dan udara yang sejuk, selain gua lawa yang menjadi objek utama wisata, di sekitaran gua lawa juga terdapat taman bermain, seperti outbond dan padang rumput yang luas, serta beberapa patung patung relief yang merupakan simbol dari sejarah desa siwarak, seperti dua badak yang dulu katanya adalah dua orang bangas dan bagis yang terkena kutukan oleh ucapanya ki Sutaraga.
Saat pertama melihat kawasan gua lawa saya berfikir ini seperti surga yang tersembunyi karena emang luas, hijau dan bagus dan bikin nyaman untuk berlama lama disitu,

Relief Bangas dan Bagis

Kawasan Wisata Gua Lawa
Itu dia sekilas tentang penelusuran saya dan teman teman Maszal Pemalang Adventure di Obyek Wisata Gua Lawa, Desa Siwarak, Kecamatan, Karangreja, Kabupaten Purbalingga, saya beharap catatan perjalanan saya yang berantakan ini bisa mengenalkan obyek wisata yang ada di indonesia dan bermanfaat buat para pembaca dan bisa menjadi bahan referensi untuk perjalanan wisata anda. Terima Kasih

Salam #MaszalAdventure #WisataPurbalingga #GuaLawa

6 komentar

  1. saya kira mau bertapa...hehe
    mantab catatan perjalanannya mas! salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha... bertapa emang mau ngipri mas :p

      Delete
  2. Mantap, keren, kata yang tepat untuk gowa lawa, pernah ke sana tapi dulu banget waktu masih hihi

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan jejajak dengan berkomentar
- Jangan lupa Check Notif Me.

Jangan Lupa Share, Follow Tweet dan IG : @mas_adventure

For business inquiries
zainalmutakin.pml@gmail.com