Museum Kereta Jogja : Koleksi Kereta Kraton Jogja

Met Pagi Gaess.... hehe diartikel sebelumnya tentang Wisata Keraton Ngayogyakarta  saya sudah pernah menyebutkan alasan kami akhirnya berkunjung ke museum kereta ini, yaitu karena kami belum bisa diperbolehkan untuk berkunjung ke kraton jogja yang katanya dikarenakan sedang ada rapat mendadak, sehingga sambil kami menunggu rapatnya selesai sang pemandu wisata kami menyarankan untuk sejenak berkunjung ke museum kereta dulu, dari pada panas katanya... hehe

Lokasi museum kereta tidak jauh dari kraton  sekitar ± 100 meter sebelah barat dari pintu masuk keraton   lebih tepatnya di Jl. Rotowijayan Yogyakarta   yang merupakan bagian dari keraton, hanya saja letaknya yang diluar keraton,

Museum kereta adalah museum tempat kereta kereta jaman dahulu yang pernah dipakai oleh sultan sultan, yang didirikan sejak bertahtanya Sri Sultan Hamengkubuwono ke VI,
Pertama memasuki museum kereta saya langsung dikejutkan oleh salah satu nama yang kemudian membuat bulu kuduku merinding, yaitu nama kereta yang diberinama dengan sebutan kyai yang tergantung dalam sebuah kereta, yang menandakan bahwa kereta tersebut adalah miliknya, dan menurut saya ini penuh sejarah banget yang sangat berharga buat indonesia sehingga diabadikan.

saya terus berjalan mengelilingi museum dan melihat beberapa kereta kereta unik yang pernah menjadi sejarah kota jogja,

Dan katanya sebagian dari kereta kereta tersebut yang masih kuat juga masih suka digunakan untuk acara acara tertentu seperti untuk upacara tradisi keraton, dan katanya berdasarkan informasi yang saya dapat  setiap 1 suro kereta kereta tersebut yang termasuk kereta pusaka dimandikan, dan setiap menjelang memandikan kereta kereta tersebut banyak orang yang ingin menyaksikan dan berharap mendapat berkah dari bekas pemandianya.

Berikut nama nama kereta berdasarkan umur dan pembuatanya yang berhasil saya rangkum :

1.    Kereta Garuda Yeksa
Adalah kereta produksi Belanda pada Tahun 1861 yang digunakan saat penobatan sultan, kereta ini disebut kereta kencana yang ditarik dengan 8 ekor kuda yg warna dan jenis kelaminya harus sama, kereta ini terdapat lambang garuda yang terbuat dari emas 18 karat dengan berat 20 kg yang merupakan desain dari Sri Sultan Hamengkubuwono I

2.    Kereta Kanjeng Nyai Jimat
Hadiah dari Gubernur Jendral Jacob dari Spanyol  yang merupakan produksi dari Belanda pada tahun 1750 dan merupakan kereta yang setiap tahun dimandikan.

3.    Kereta Mondro Juwolo

Adalah kereta keraton jogja produksi Belanda Tahun 1800, merupakan kereta pangeran diponegoro yang ditarik dengan 6 ekor kuda, dan termasuk kereta yang dijadikan untuk keperluan festival

4.     Kereta Kyai Manik Retno

Adalah Kereta Produksi Belanda yang ditarik dengan 4 ekor kuda dan dibeli pada tahun 1815 pada masa pemerintahan Sri Sultan Hamengkubuwono IV

5.    Kereta Kyai Jolorodo
Adalah Kereta Produksi Belanda pada tahun 1815 yang merupakan peninggalan Sri Sultan Hamengkubuwono IV

6.    Kereta Kyai Wimorotomo
Adalah koleksi kereta yang dibeli pada tahun 1860 pada masa pemerintahan Sri Sultan Hamengkubuwono VI

7.    Kereta Kyai Harsanuba

Kereta Keraton Jogja yang dibeli  pada tahun 1870 yang dijadikan untuk transportasi sehari hari oleh Sri Sultan Hamengkubuwono VI- VIII yang ditarik dengan 4 ekor kuda.

8.    Kereta Kyai Jogwiyat
Kereta keraton produksi Deen Haag Belanda tahun 1880 yang merupakan peninggalan Sri Sultan Hamengkubuwono VII

9.    Kereta Roro Biru
Kereta Produksi Blanda tahun 1901 ditarik Dengan 4 ekor kuda

10.    Kereta Kus Sepuluh
Kereta Produksi Belanda tahun 1901 ditarik dengan 4 ekor kuda

11.    Kereta Kus Gading
Kereta Produksi Belanda tahun 1901 ditarik dengan 4 ekor kuda yang dibeli pada masa Sri Sultan Hamengkubuwono VIII

12.    Kereta Kyai  Rejo Pakowo

Produksi tahun 1901 pada masa Sultan HB VIII

13.    Kereta Landower Wisman
Produksi tahu  1901 yangg direnovasi pada tahun  2003

14.    Kereta Landower
Produksi Tahun 1901

15.    Kereta Premili
Kereta yang dikirim dari Belanda yang dirakit di Semarang pada tahu  1925 yang digunakan untuk menjemput penari penari keraton

16.    Kereta Kyai Kutha Raharjo
Produksi Berlin yang dibeli pada tahun 1927 pada masa Sultan HB IX

17.    Kereta Roto Praloyo

Kereta yang dibeli pada tahun 1938 pada masa Sultan HB VIII yang ditarik dengan 8 ekor kuda

18.    Kereta Kyai Jetayu
Kereta Yang dibeli pada tahun 1931 yang dibeli khusus untuk puteri puteri sultan yang masih remaja.

19.    Kereta Kapulitin

Kereta pacuan yang dibeli pada masa Sultan HB VII  ditarik dengan 1 ekor kuda.

20.    Kereta Kyai Pustoko Manik

Kereta yang diproduksi di Amsterdam belanda yang digunakan untuk mengiringi acara acara keraton termasuk acara pengantin

21.    Kereta Landower Surabaya
Kereta yang diprosuksi di Swiss yang digunakan untuk penyuluhan pertanian di Surabaya

22.    Kereta Kyai Noto Puro

Kereta Produksi Belanda pada masa HB VII yang digunakan untuk aktivitas perang.
Bukti saya pernah kesini hihihi

Sumber Referensi : 
http://www.wisatajogja.co.id/museum-kereta-keraton-jogja/
http://mochfauzyrachman.blogspot.co.id/2011_09_01_archive.html
http://jogjakini.com/jamasan-kereta-kraton-yogyakarta/

4 komentar

  1. tiap ke jogja pasti selalu ke sini, trus ke keraton. trus jalan sampe malioboro... sekeluarga emang pada hobi jalan kaki. tapi tiap ke sini, nggak boleh foto keretanya :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh kok kak, tapi izin dulu nanti di kasih tanda yang di pake buat gelangan, cuman 2000 kalau tidak salah

      Delete
  2. wah emang keren keren nih kereta keretanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan, merinding saya pas kesitu... hehe

      Delete

Silahkan tinggalkan jejajak dengan berkomentar
- Jangan lupa Check Notif Me.

Jangan Lupa Share, Follow Tweet dan IG : @mas_adventure

For business inquiries
zainalmutakin.pml@gmail.com