Tips Kece Mendaki di Musim Hujan

Setelah kemaren ngetrip ke Gunung Kapur yang terletak di Desa Cibadak Ciampea Bogor Jawa Barat pas liburan imlek rasanya masih kurang kalau saya belum membagikan tips dan triknya saat kamu mendaki pas hari imlek yang sudah dengan pasti bakalan kehujanan. Grrr...
Tapi buat seorang pendaki hujan memang bukan alasan untuk mundur, tapi memang apa sih asiknya mendaki di musim hujan? Kalau menurut saya memang  ada asiknya ada enggaknya, tapi lebih banyak enggaknya hiks...
Asiknya kalau menurut saya kamu tidak merasa lelah, tidak kepanasan dan kalau kamu orangnya romantis kamu bakalan merasakan sesuatu yang awesome banget dalam diri kamu pas hujan mengguyur tubuhmu, tapi kalau kamu tipe orang yang suka galau pas hujan mengguyur tubuhmu pasti kamu bakal langsung keinget pas kamu diputusin sama mantan... hii..

Dan Gak enaknya kamu bisa bayangin sendiri, bawa carriel gede yang tidak usah pake mantel saja sudah bikin hidup kamu susah terus ditambah kamu harus pake mantel betmen, saya rasa kamu bakalan merasakan lebih susah dan beribet banget, sepatu basah, becek dan jalanan menjadi licin awas hati hati dan selain itu  kamu bisa bisa terindeksi meriang di gunung. 

Mendaki gunung merupakan kegiatan yang ekstrem bukan han hanya dimusim hujan saja, maka dari itu persiapan yang matang wajib kamun penuhi, hanya bedanya dimusim hujan cuaca akan lebih ektrem lagi, karena akan banyak kemungkinan yang terjadi disana yang berhubungan dengan kondisi tubuhmu atau dengan kondisi alam.

Jadi bagaimana teteup mau ngotot nanjak gunung di musim hujan??? Baiklah kalau begitu tapi ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan ketika teteup kekeuh mendaki gunung pas musim hujan agar kamu teteup terlihat keceh dan baik baik saja yang pertama.
A. Persiapan
  • Persiapkan mantel, kalau tidak punya bisa belilah, dan perlu diperhatikan jangan beli sembarang mantel seperti mantel plastik yang dijual gocengan di pinggir jalan, karena kamu bakalan sia sia saja, kamu tahu sendiri gunung itu rimba banyak runcing bergelantungan, saran saya belilah mantel ponco waterprof, ponco mempunyai sela dengan tubuh ketika dipakai jadi kemungkinan kamu untuk kedinginan bisa terkurangi, lain dengan jacket hujan yang langsung menempel di tubuh, pengalaman pribadi menggunakan ponco plastik murahan malah tetep kebasyahan, karena ponco plastik tidak mempunyai lebar yang panjang sehingga mudah sobek  ketika untuk menutupi carrier.
  • Jangan lupa bawa sandal, ketika sepatu yang kamu pakai basah kamu tidak mungkinkan akan memakaianya semalaman so inilah gunanya sandal, selain itu sendal juga berfungsi ketika kamu mendirikan tenda, syukur syukur kalau kamu bisa ngusahain pakai sepatu anti air, kamu bisa tanpa ragu dan bangga menginjak becekan.
  • Membawa pakaian ganti, seperti baju clana, clana dalam dan lain lain dan jangan lupa juga bungkus pakaian gantimu dengan plastik.
  • Jangan lupa bawa handuk untuk mengeringkan badan atau bisa juga kanebo, asal jangan kanebo bekas ngelap motor yang dibawa bisa bisa badanmu pada gatel gatel.
  • Kalau memungkinkan kamu juga bisa bawa toples plastik buat naruh peralatan gadget kamu, beberapa pengalaman gadget temen saya kemasukan air yang berakibat layar menjadi bercak bercak.
  • Buat kamu para cewe bawa payung juga bisa menambah kekecean kamu.

B. Saat Pendakian
Mendaki dimusim hujan memang berbeda, kamu harus punya straegi husus, memang mendaki dimusim hujan tidak mudah membuatmu lelah, tapi badai petir, longsor, kemungkinan kedinginan bisa saja terjadi maka dari itu ketika hujan datang saat perjalanan mendakimu jangan lupa untuk:
  • Berdoa menurut kepercayaan masing-masing, ini berlaku bukan saat mendaki dimusim hujan saja
  • Makan dulu sebelum mulai naik karena saat kamu kehujanan perut akan cepat lapar dan saat perut kamu dalam keadaan kosong kamu akan gemeteran.
  • Persiapkan permen atau vitamin C untuk menjaga daya tahan tubuh 
  • Jangan berhenti atau beristirahat terlalu lama.
  • Kalau kamu tahu daun pakis, petiklah dan ikatkan pada carrier kamu, ini berfungsi untk menangkal petir (kata orang tua jaman dulu)
  •  Ketika perjalanan menurut kamu sangat berbahaya karena adanya petir, lebih baik berhenti, berteduh dibawah pohon yang rindang, ingat jangan berhenti di daerah yang lapang takut petir menyambar.Ingat pulang adalah tujuan utama. 
  • Segeralah ganti baju dan  istrihat ketika sudah sampai lokasi dan minumlah yang hangat hangat supaya badan kamu tidak drop.
 
Itulah dia beberapa tips dan trikdari saya yang bisa kamu terapkan saat mendaki dimusim hujan, tips dan trik ini terinspirasi dari pengalaman pribadi kami setelah beberapa kali kami mendaki yang berujung kehujanan baik saat di perjalanan naik maupun turun, perlu diperhatikan saat kamu kehujanan dan tidak mengenakan mantel badan akan terasa menggigil sekali, pengalaman merasakan dingin yang begitu dingin saat kehujanan saat kami mendaki di gunung papandayaan, hujan turun saat kami turun, kami tidak mengenakan mantel, dan alhasil badan menggigil sekali, karena memang suhu di gunung papandayan mencapai 10 Derajat Celsius. Semoga Bermanfaat.

5 komentar

  1. sayang banget... kemarin waktu muncak ke gunung pulosari di daerah pandeglang, Hujan deras dan tidak bawa jas hujan sama payung. alhasil smpe rumah kebesokannya demam. wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. wow.. saya juga dulu gitu gan, tapi sekarang kalau mau mendaki lebih prepare lagi biar mendakinya jadi asik, apalagi kalau kehujanan pas lagi naik itu bikin kesal dan bingung apalagi kalau gak bawa jas hujan, mau bikin tenda juga harus cari lapak dulu.

      Delete
  2. Semua orang yg hobi mendaki gunung, wajib baca nich...

    ReplyDelete
  3. KEPENAK DI ACA EBSITE MAS :D waarai harah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Meneo dolan... ngko tek warai... gkgkgkgk

      Delete

Hi... terima kasih sudah berkomentar
- Jangan lupa Check Notif Me.


For business inquiries
zainalmutakin.pml@gmail.com