8 Skills Kece Yang Harus Dikuasai Travelers

Hai.. hai.. hai.. kamu seorang travelers yang hobinya jalan jalan, pergi pergi ketempat yang belun kamu ketahui, kalau iya kamu harus kuasai beberapa skills di bawah ini yang bakalan gue jabarin satu persatu buat kalian berdasarkan pengalaman yang gue alami, tapi sebelumnya gue mau ngasih tau, kalau gua ini travelers yang masih awam yang belum pernah ke Papua apalagi Nepal, ya gue adalah traveler yang awamnya masih banget, karena beberapa penyebab yang membuat gue sampai sekarang masih awam. Hehehe… #ngelesterus
 Oke kalau kalian sudah tau bagaimana awamnya gue, skrg saatnya gue akan menjabarkan beberapa skills yang harus kamu kuasai berdasarkan pengalaman mbolang gue.

1. Bisa Menggunakan GPS
GPS (Global Position System) Bagi sebagian orang memang merupakan hal yang gampang dan mudah di pahami, namun bagi sebagian orang ada juga yang merasa masih kebingungan, mungkin karena tidak terbiasa dengan digital, berdasarkan pengalaman gue waktu merantau di Jakarta yang sama sekali gue belum tau apa apa waktu itu,  arah gak tau, kanan kiri gedung, jadi bingung mau jalan ke arah mana,  takut tambah nyasar, takut di palak preman dan lain sebagainya.
Tapi berkat skills gue yang sudah terbiasa dengan internet akhirnya gue bisa sesuka hati jalan jalan di Jakarta meskipun gue yang masih baru mengenal Jakarta, kuncinya adalah pede dan jangan terlihat seperti orang baru.
Terus Gimana kalau baterai hanphone kamu habis??  ya paling cari cari colokan, biasanya si mampir di warung alasan ngopi padahal mau mata celingukan cari cari colokan... hihi atau kalau kamu tidak mau ribet kamu bisa persiapan power bank.

2. Bisa Membaca Peta
Kalau di Jakarta mungkin tidak perlu menggunakan Peta, Karena notabenya masih banyak jaringan internet dimana mana, membaca Peta tidak ada bedanya sebenernya dengan GPS hanya saja GPS lebih canggih dengan bantuan perangkat digital, sedangkan peta masih manual dan kamu harus bisa mengerti sendiri karena tidak ada notification kalau kamu salah jalan,
Pengalaman kenapa belajar membaca Peta itu penting yaitu pas pertama Kali saat gue mendaki ke gunung Slamet, gue tidak begitu jeli memperhatikan Peta yang akhirnya gue kesasar dan gagal menggapai puncak, dan ini sedih banget.

3. Bisa Membaca Kompas
Tidak jauh berbeda dengan point 1 dan 2, kompas merupakan alat bantu penunjuk arah yang biasanya di gunakan untuk kegiatan survival, teknik membaca kompas berbeda dengan GPS dan Peta, kompas mempunyai rumus sendiri, untuk menggunakan kompas dalam kegiatan travelling baik di Gunung atau di hutan, kamu harus membacanya dari awal titik kamu berjalan dengan membidik target target yang bakalan menjadi tanda buat kamu, siapkan catatan untuk mencatat daily perjalanan kamu.
gue juga belum bisa membaca kompas, tapi gue pernah dapet materi kompas pas ikutan nenda bareng jalan Pendaki hehehe…

4. Ramah Tamah
Bersikap ramah menurut gue penting, apalagi buat kamu yang sering pergi pergi ke daerah asing, kalau kamu pemalau, mulai sekarang buang rasa malu itu, dan mulailah menyapa atau menegur orang yang bisa kamu tegur, tujuan kamu traveling selain berkunjung tentunya kamu butuh informasi informasi yang selengkap lengkapnya, rumah tamah akan membuatmu dapet teman baru, dan tentunya akan menghasilkan cerita baru juga.
5. Keahlian Fotografer
Fotografher, traveling satu hal yang menurut gue tidak bisa dipisahkan, antara jalan jalan dan mengabadikanya dalam sebuah foto, kamu tidak perlu minder dengan model kameramu yang mungkin masih pake kamera hanphone, tidak perlu sungkan sungkan mengambil foto sebanyak banyaknya, karena semakin kamu sering menggunakanya lama lama kamu pasti bakalan bisa menjadi fotografer yang keren untuk dirimu sendiri, selain itu kamu tidak akan merasa nyesel setelah pulang ke rumah karena kamu cuman mengambil sedikit pemandangan.
Gue sering mengalamin penyesalan saat ternyata gue hanya mengambil beberapa dokumentasi saat traveling padahal sudah datang jauh jauh, so manfaatkan moment moment travelingmu.

6. Keahlian Menulis
Menulis, Jalan Jalan, menurut gue ini penting, malah di jaman sekarang sepertinya malah sudah menjadi trand untuk seorang traveler buat membagikan ceritanya di blog, karena banyak sekali manfaatnya gengs, selain menambah jaringan pertemananmu di sosial media, kamu juga bisa bermanfaat buat para traveler lain yang sedang membutuhkan informasi, selain itu bisa menjadi bentuk untuk memperkenalkan wisata indonesia kepada dunia.. hehe
Kalau sekarang kalian belum terbiasa menulis, cobalah menulis, menulis pengalaman soal jalan jalan adalah sesuatu yang menyenangkan, dan bisa membuat bangga ketika ada yang membacanya, apalagi berkomentar.

7. Bikin Video
Haii… Pernah lihat tayangan MTMA di Trans TV, pengen dong tentunya jadi seperti mereka, nahh… buat kamu para traveler bisa mencobanya dari sekarang dengan membuat video video amatiran soal perjalanan traveling kamu, mengasikan lho… tak usah malu dengan orang sekitar karena sebenernya mereka ingin seperti kamu.
Pengalaman gue saat bikin video perjalanan yang amatiran banget juga cuman menggunakan kamera hape, gue yang masih kaku ngomong di kamera, bahasa yang belepotan, konsep yang amburadul, tidak konsisten dan lain lain, tapi itulah gue yang masih belajar, gue tidak peduli meskipun sampai sekarang video dan tulisan gue masih amburadul, masih jadi sampah di internet, tapi yang penting gue bahagia, dan yang paling membuat gue bahagia adalah ketika temen gue juga menyukainya dan mereka merasa bahagia dengan karya gue. So mulailah dari sekarang sebagai dokumentasi perjalananmu yang mungkin nantinya bisa kamu pertontonkan ke anak cucumu. Ini Lohh nak.. Ayah waktu masih kecil…ckckck

8. Memahami Bahasa Asing
Memahami bahasa asing atau bahkan mungkin bisa berbahasa asing ini penting sekali buat di kuasai oleh kamu yang hobbi traveller s, apalagi kalau kamu travelingnya sudah lintas negara, seperti ke paris, nepal dan lain sebagainya, tapi meskipun masih di wilayah indonesia skill memahami bahasa daerah setempat juga penting loh, tau sendirikan di indonesia juga terdapat banyak sekali macam bahasa, seperti bahasa jawa, sunda, madura, dan lain sebagainya, menurut gue ini lucu dan keren ketika kamu bisa berbicara dengan bahasa lokal. . . .
#nyong pan mlaku mlaku meng jogja, mbok ana sing pan melu ya hayuhh… hehehe
Contoh bahasa banyumasan… ckckck

Nah itu dia geng beberapa skill skill kece yang harus kamu bisa kalau kamu seorang travelers. hehe.. semoga bermanfaat ya.
salam #Maszal Pemalang Adventure

0 komentar

Silahkan tinggalkan jejajak dengan berkomentar
- Jangan lupa Check Notif Me.

Jangan Lupa Share, Follow Tweet dan IG : @mas_adventure

For business inquiries
zainalmutakin.pml@gmail.com