Curug Penganten : Perjalanan Panjang Menuju Keindahan

Curug Pengantin terletak di Desa Kalipagu, Ketenger, Baturraden Banyumas, untuk saat ini Curug Pengantin menjadi salah satu curug yang lagi ngehits di Baturraden, selain curugnya yang bagus  juga medannya yang menantang, seperti naik gunung gituu...
Kenapa dinamakan curug pengantin, karena terdapat sepasang curug yang berdampingan, yang di asumsikan sebagai sepasang kekasih yang sedang menjadi pengantin.

Curug Penganten

Akses atau rute untuk menuju ke Curug Pengantin bisa di tempuh dengan melalui dua jalur, yaitu lewat jalur kalipagu dan lewat jalur Obyek Wisata Baturraden. Dari kedua jalur tersebut menurut saya jaraknya sama saja, yaitu sama sama jauuhh dimana kalian harus berjalan kaki melewati sebuah aliran air PAM.

Buat kalian yang mau kesana bisa dimulai dari jalan raya Baturraden sekitar 4KM dari Gerbang menuju ke wisata baturraden, di sebah kiri jalan kalian akan menemukan pertigaan dengan gerbang Desa Wisata Ketengger, Kalau tidak salah pertigaanya deket stikes kemenkes, luruuuuusss terus mengkuti jalan yang menuju ke Curug Gede atau curug bayan, setelah sampai di curug gede, kalian bisa mengambil arah kanan dan ikuti terus jalan tersebut sampai menemukan pintu masuk ke curug pengantin (Rp. 3000)

Baca : Curug Bayan : Curug terpendek di Kawasan Curug Gede (Explore Curug Baturraden)

Setelah melewati pintu masuk nanti kamu akan bertemu sebuah tempat parkir motor, dari tempat parkir motor ini nanti kalian diharuskan untuk berjalan kaki yang sangaaaaaat jauuuhh, kurang lebih sekitar 1,5 jamanlah dan dengan medan yang nanjak, ehh tapi jangan takut meskipun jaraknya jauhh kalian tidak akan merasa lelah karena kalian akan disuguhi dengan pemandangan pemandangan yang indah.
Sedangkan kalau lewat baturraden dari jalan raya baturraden kalian bisa lurus terus sampai ketemu dengan wisata baturraden, kemudian masuk ke wisata baturradenya, dan kalian bisa lewat pancuran 7 untuk menuju ke curug pengantin, 

Peta Lokasi


Karena waktu sampai di parkiran sekitar jam 12 akhirnya kami memutuskan untuk mampir ke warung dulu menikmati secangkir kopi dan mendoan... woooowww... mendoan disini enak enak bangeeet.... kalian harus cobaaa...

Setelah kenyang kami putuskan untuk mencari Masjid dulu untuk sholat Dhuhur, mengingat Perjalanan ke Curug Pengantin yang lumayan Jauh, dan seusai Sholat barulah kita melanjutkan perjalanan ke Curug Pengantin.

Berikut foto foto perjalanan kami .
Rute ke Curug Penganten

Rute ke Curug Penganten

Pemandanganya indah kan, kalian akan melewati persawahan yang hijau, bendungan, dan PLTA, pokoknya asik deh perjalanan menuju Curug Pengantin.

Setelah melewati itu semua nanti kalian akan menemukan pertigaan dengan papan nama ke Curug pengantin dan kekanan ke Pancuran Pitu dan terdapat sebuah warung warung terakhir sepanjang perjalan ke Curug Pengantin, disini kalian bisa persiapan beli bekal dulu hehe... tapi kalau kehabisan air di jalan kalian juga bisa minum air sungai hahaha pas saya kehabisan air juga saya ngambil air sungai, tapi percayalah airnya mirip banget sama air aqua malah lebih enakan dikit kaya ada mineralnya gituu... hehehe

Dari warung tersebut kalian masih luruuusss terus saja mengikut arah yang menuju ke Curug Pengantin, kalian akan melewati beberapa sungai dan jembatan, disetiap sungai saya perhatikan pasti ada papan peringatan seperti ini :

“Awas Hati hati bahaya banjir sungai, lebih berbahaya dari putus cinta”

Waduuhhh... wkwkwk kok bawa bawa cinta sihhh kan jadi galau :(

Sebelum sampai ke Curug Pengantin nanti kalian akan menemukan satu curug lagi, tapi saya juga tidak tau itu namanya curug apa, dan tidak ada akses untuk menuju ke curug tersebut, kalian hanya bisa melihatnya dari jalan.
Jalan teruusss lagiiiiii

Jalan menuju ke Curug Pengantin terawat dengan baik, terbukti seperti bisa dilihat pada foto di atas, dengan sudah di kasih tangga tangga untuk nanjak meskipun hanya menggunakan kayu, karena kan jaraknya jauh dan mungkin juga perhatian pemerintah belum sampai kesitu untuk membuat jalan ke Curug Pengantin dengan beraspal hehehe dan tapi kayaknya gak seru juga kalau mau ke Curug yang indah seperti Curug Pengantin ini harus di akses dengan mudah hehehe
jembatan menuju curug penganten


meleati sungai ke curug penganten

Tracknya baguskaaan.. seperti yang sudah saya jelaskan di atas meskipun jaraknya jauh kalian tidak akan lelah hehehe apalagi kalau kalian mau nyobain air sungainya hihihihihi... (sakit perut di tanggung sendiri ) dan setelah melewati jalan yang panjang tersebut kini terbayarlah sudah dengan pemandangan Curug Pengantin yang mempesona, berikut penampakanya :


Curug Penganten


Curug Penganten


Curug Penganten


Curug Penganten

Pesona keindahan curug pengantin

Itu dia cerita perjalanan kami ke Curug Pengantin, seru gak... seru aja yah... hahaha buat kalian yang mau ke Curug Pengantin pesan saya Jaga kebersihanya ya, jangan buang sampah sembarangan meskipun di hutan sampahnya di bawa pulang lagiiii apalagi kalau sampahnya sampah plastik, jujur aja paling benci tu sama alay yang buang botol aqua di hutan.

Sama hati hati kalau mau turun ke Curug Pengantin, karena sebelum ke turun sampingnya adalah jurang, dan jalannya licin, jadi pesan saya tetep hati hati jaga keselamatan, jangan karena terpesona dengan keindahanya kalian jadi lupa diri hahahaha. . . . kalau tidak puas dengan foto fotonya bisa lihat videonya dibawah ini :

Setelah puas menikmati semburan air Curug Pengantin akhirnya kami sudahi saja karena memang badan kami juga sudah menggigil hehehe... kami kembali pulang dan melanjutkan mandi di sungai yang sebelum ke Curug Pengantin hehehe. . . .

Sepanjang pejalanan ulang tiba tiba salah satu dari kami ada yang perutnya bunyi yang bertanda lapeeeeerrrrr..... hahahaha langsung saja kami mampir di warung yang tadi, memesan segelas teh anget dan mendoan lagiiii... yuhuuuuu... dingin dingin mangan mendoan mantaaappp mbok wkwkwk

Tentang Curug Pengantin
Saat kami sedang makan mendoan tak lupa kami kepoin si tukang mendoanya mengenai Curug Pengantin, dan ternyata gaess curug pengantin itu adalah sepasang kekasih laki laki dan perempuan, bisa dilihat lagi foto di atas kalau Curug Pengantin itu Jejer dua.

Mitos Curug Pengantin
Dan katanya lagi mitosnya kalau Ke Curug Pengantin nanti bakalan mendapatkan keberkahan, kalau misalkan orang tersebut lagi usaha nanti jadi suksesnya  Wooooww dan katanya banyak juga orang orang dari luar sana yang berdatangan kesitu hanya untuk meminta sesuatu. . . . wow wow
Selain itu kalau mandi di Curug Pengantin juga bisa awet muda muda wow untung kemaren saya sempet mandi semoga saja beneran bisa menjadikan awet muda wkwkwkwk

Tak lupa saya tanya juga kalau yang datang jomblo gimana bu ...?? eh malah si ibu jawabnya kalau jomblo ma itu tandanya gak bisa cari cewek.... Sialan... fyuhhh kirain langsung jadi pengantin... sueee ni si ibu wkwkwk

To Be Continued

6 komentar