Curug Sibedil Pemalang yang katanya Indah

Sebagai wong asli Pemalang, rasanya gak puas kalau belum mengunjungi dan mengupas tuntas wisata wisata yang ada di pemalang, dan hari ini kembali saya akan memperkenalkan salah satu wisata curug yang berada di Pemalang bagian selatan, yaitu curug Sibedil

Curug Cibedil Terletak di Jl. Kyai Abdurrosyid Rt.01 / Rw.03, Dusun Karangbulu, Desa Sima, Kecamatan Moga, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah atau sekitar 35 KM dari Kota Pemalang.

Curug sibedil merupakan curug di Pemalang bagian selatan yang sering dikunjungi setelah curug Bengkawah, dan menurut cerita, kenapa dimanakan curug sibedil, karena di kawasan curug sibedil terdapat dua batu yang mirip dengan bedil atau meriam atau tembakan dalam bahasa jawanya, sehingga warga sekitar menamakan curug tersebut menjadi curug si bedil.

Selain itu mitos yang terjadi di Masyarakat sekitar  katanya pada jaman dulu pada saat saat tertentu, seperti setiap malam jum'at kliwon tepat pada jam 12 malam dan 12 siang batu yang menyerupai bedil atau meriam tersebut sering mengeluarkan suara dentuman seperti tembakan, namun sampai sekarang masih menjadi misteri mengenai kebenaran suara tersebut.
Bedil
Sumber : http://curugsibedilpemalang.blogspot.co.id/
Seperti curug curug yang lain, curug sibedil juga sering dikunjungi oleh para penyuka keindahan alam, sekedar untuk mencari kesegaran yang alami, menikmati keindahanya dengan duduk duduk dan bersantai sambil mendengarkan gemercik kucuran air tercun sibedil.

Pengalaman saya waktu main ke curug sibedil sama sekali tidak mendapatkan pemandangan air yang indah, seperti yang banyak temen temen share di facebook, karena pada waktu itu debit air sedang berkurang karena musim kemarau, jadi buat kamu yang mau ke curug sibedil supaya dapat pemandangan yang indah bisa diperhitungkan waktunya, karena keindahan aliran sebuah curug tergantung dari debit air dan jernihnya air tersebut.

Dan menurut saya waktu yang tepat untuk berkunjung ke sebuah curug adalah saat musim hujan, namun jangan main ke curug setelah hujan, karena selain airnya keruh juga demi keselamatan, karena dimungkinkan terjadinya banjir atau longsor.
misalnya semalem habis hujan, nah besoknya, atau besoknya lagi.

Akses Ke Curug Sibedil
Untuk akses ke Curug Sibedil kalau dari  Arah Tegal, pemalang, pekalongan, Purbalingga

- Dari terminal Pemalang naik bus jurusan Randudongkal – dari Randudongkal naik bus atau angkudes jurusan Moga – dan dari moga naik angkot jurusan Mandiraja dan mintalah untuk turun di dukuh Bulu Sima atau tepatnya di SD Negri 5 Sima, tepat di depan SD Negri 5 Sima ada gang masuk yang mengarah ke Curug Sibedil, tinggal jalan kaki sekitar 300M sampailah di curug Sibedil.
Kalau dari arah Purbalingga kalian bisa langsung ke Randudongkal dst

- Sedangkan kalau menggunakan kendaraan pribadi dari arah Randudongkal kalian bisa lurus terus ke arah Moga dan ambil kanan pas ketemu dengan pertigaan Moga (Ke arah Guci) dan kurang lebih berjarak sekitar 1KMan kalian bisa mengambil kembali arah ke kanan, kearah Sima, setelah sampai di Desa Sima kalian bisa tanyakan kepada warga sekitar gang untuk menuju ke Obyek Wisata Curug Si Bedil, karena untuk menuju ke curug sibedil kalian harus berjalan kaki melewati perkebunan.

Dari Arah Guci
Buat temen temen yang kebetulan tempat tinggalnya di daerah guci, langsung bisa mengambil angkot jurusan moga dan mintalah turun di pertigaan yang mengarah ke desa Sima (Pertigaan ngelo), tepatnya pertigaan tersebut berada setelah tikungan.



Disclaimer : 
Dikarenakan dokumentasi perjalanan kami yang hilang terpaksa kami mengambil beberapa gambar yang sudah kami cantumkan sumbernya.

1 komentar

  1. waw ... pemandangan di curug sibedil ini mengingatkan saya dengan curug sibiru - biru ditempat saya Sumatera Utara

    ReplyDelete

Hi... terima kasih sudah berkomentar
- Jangan lupa Check Notif Me.


For business inquiries
zainalmutakin.pml@gmail.com