Pesona Curug Duwur Bantarbolang Pemalang

Curug Duwur merupakan wisata alam yang terletak di Dusun Karang Pucung, Desa Wanarata Kecamatan Bantarbolang Kabupaten Pemalang, atau ± 30KM dari Kota Pemalang. Duwur dalam bahasa jawa artinya tinggi, dan dinamakan curug duwur karena curug tersebut lumayan tinggi dan terletak di hutan di antara perbukitan.

Curug Duwur Pemalang

Akses menuju ke curug duwur Kalau kalian dari arah Pemalang Kota, kalian bisa mengambil arah ke selatan sampai menemukan perbatasan masuk Kec Pegiringan, kurang lebih 10M nanti ada pertigaan (pasar pegiringan) dan ambil kiri, dan sebaliknya kalau kalian dari arah selatan, kalian bisa ambil kanan setelah menemukan pertigaan pasar Pegiringan.

Lurus terus mengikuti jalan tersebut yang nantinya akan melewati persawahan dan akan menemukan dua jembatan yang cukup besar, lurus terus sampai ketemu dengan jalan beraspal yang lumayan rusak, nanti sampilah di Dusun Karang Pucung, dan kalian akan menemukan petunjuk arah ke Curug Duwur. 
Saat ini akses ke Curug Duwur hanya efisien kalau kalian menggunakan kendaraan pribadi karena lokasinya yang jarang sekali dilewati oleh angkutan umum.


Jalan menuju curug duwur dr pegiringan


Melewati Jembatan

Curug Duwur mempunyai pesona yang sangat memikat dimana masih sangat alaminya lokasi tersebut karena lokasinya yang jauh dari perkampungan warga, sepanjang perjalanan dari pasar pegiringan saja kalian sudah disambut oleh semilirnya angin dan pemandangan persawahan yang luas, serta bukit bukit yang memanjang.

Selain itu setelah kalian ketemu dengan tempat penitipan motor (Parkir) kalian harus berjalan kaki yang kurang lebih memakan waktu sekitar 30menit, melewati sebuah persawahan yang luas dan indah, serta bukit dengan pohon pinusnya yang menjulang tinggi tinggi, sepanjang jalan kalian akan ditemani dengan semilirnya angin yang sejuk yang akan melupakan rasa lelah kalian.


Jalan kaki menuju curug duwur


Melewati persawahan ke curug duwur

Melewati hutan pinus saat ke curug duwur

Dan setelah melewati hutan pinus, nanti sampilah kalian di Curug Duwur, namun kalian harus turun, karena lokasi curug yang terletak di bawah diantara perbukitan.

Curug duwur saat ini menjadi salah satu wisata curug yang lagi hits di Pemalang, seperti bukit samoan dan lembah impian, dimana terbukti saat Maszal Adventure kesana Curug Duwur banyak sekali pengunjungnya yang datang silih berganti.

Berkunjung ke curug duwur rasanya gak sempurna kalau gak mandi, nah disinilah enaknya kalau main ke curug duwur, curugnya sangat aman buat mandi, nah kalau sudah mandi rasanya belum cukup juga kalau gak terjun dari atas, seperti yang kami dan temen temen lakukan, namun kami tidak menyarankan buat kalian yang takut ketinggian, hanya saja kemaren pas kami kesitu, kami menjumpai banyak temen temen yang sepertinya warga sekitar sedang melakaukan aktivitas lompat lompat dari atas, jadi sepertinya tidak seru kalau kami tidak nyobain buat terjun juga, dengan tinggi sekitar 10meteran, itung itung buat memacu adrenalin hehehe


Sampai di Curug Duwur


Keindahan curug duwur Pemalang


Pesona Curug Duwur Bantarbolang Pemalang


Pesona Curug Duwur Bantarbolang Pemalang

Pesona Curug Duwur Bantarbolang Pemalang


Lompat dari curug duwur

Lompat dari curug duwur

Namun kami sedikit menyayangkan karena pengunjung pengunjung yang datang masih banyak yang tidak peduli dengan lingkungan di sekitar Curug Duwur dengan membuang sampah sembarangan, padahal sudah ada larangan untuk tidak membuang sampah sembarangan yang terpampang di warung yang terletak dilokasi sekitar curug.


Dilarang buang sampah di curug duwur Pemalang

Dan sedikit masukan juga buat yang punya warung di Curug Duwur untuk bisa saling menjaga kebersihanya, untuk sama sama menjaga keindahan di lokasi tersebut, karena keberadaan warung tersebut juga yang memicu banyaknya sampah, jadi alangkah bijaknya kalau lokasi yang dijadikan tempat untuk mencari rezeki bersih dari sampah.


So masih ragu buat berkunjung ke Curug Duwur???

15 komentar

  1. Lihat foto pemandangan alam selama perjalanannya saja saya sudah sangat takjub, Sob. Rasa hati jadi ingin sekali ke sana. Tapi sayangnya lokasi tersebut sangat jauh dari daerah tempat tinggal saya, yaitu Jawa Timur.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha... Jawa timur malah banyak yang lebih keren dari ini, saya juga pengen main ke Jawa Timur

      Delete
  2. Keren mas air terjunnya, besok kok pas mudik mampir boleh mas

    ReplyDelete
  3. asikk, air terjun memberikan sensasi yang begitu menyegarkan apalagi aman untuk mandi dan cebur cebur.. kita sama2 hoby ngebolang nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha iya gan... kalau aman jadi bener bener bisa menikmati tu curug, beda kalau curug yang serem

      Delete
  4. daerah mana ini, kyanya adem banget ya

    ReplyDelete
  5. jadi pengen ikutan mandi...hiks... lama gak maen di kali... kangen masa kecil...

    ReplyDelete
  6. Wah kayaknya butuh perjuangan banget buat sampai ke curug itu :3
    Tapi kayaknya seru juga tuh lompat dari tebingnya, jadi pengen ke sana saya hehe

    ReplyDelete
  7. Replies
    1. Bisa gan, cuman kalau saran saya si enakan pakai motor, melihat kondisi jalan yang belum bagus dan sempit.

      Delete
  8. Pesona Curug Duwur Bantarbolang Pemalang emang mempesona gang... kapan yang saya bisa kesana ckckc

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan jejajak dengan berkomentar
- Jangan lupa Check Notif Me.

Jangan Lupa Share, Follow Tweet dan IG : @mas_adventure

For business inquiries
zainalmutakin.pml@gmail.com