14 Wisata Alam Kekinian di Purbalingga Yang Bisa Di Kunjungi

Purbalingga, hampir lima tahun bolak balik kota Purbalingga, tinggal di Purbalingga, bahkan sampai punya gebetan di Purbalingga, tapi baru sekarang aku sadar akan keindahan wisata alam di kabupaten Purbalingga, kemana saja akuh... selama ini... :( sepertinya kesibukan dan cinta telah membutakan mata batinku untuk berwisata waktu itu.... Ciyaahhhh...

Okehlah buat kalian yang belum tahu, kota Purbalingga merupakan sebah kota kabupaten di Provinsi Jawa Tengah, yang di apit oleh kota Pemalang, Banjarnegara dan Banyumas.

Kota purbalingga sangat terkenal dengan industri kerajiannya seperti kenalpot, bulumata, dan wig, selain terkenal dengan kota industri knalpot, purbalingga juga terkenal dengan wisatanya yang menjadi landmarknya kota Purbalingga, yaitu Wisata Air Owabong, tapi disini saya tidak akan memperkenalkan Owabong ke kalian, karena kalian pasti wis pada ngerti mbok....

Tapi pada postingan kali ini saya akan memperkenalkan beberapa wisata wisata alam di kota Purbalingga yang bisa kalian kunjungi yang mungkin belum kalian tahu, buat kalian para traveller mungkin sudah tidak asing lagi kalau belakangan ini purbalingga mendadak ngehits dengan adanya beberapa wisata wisata yang kekinian yang antara lain seperti ada di bawah ini :


1. Puncak Sendaren Purbalingga
Puncak sanderan terletak di  Dusun Karang Gedang, Desa Panusupan, Kecamatan Rembang, Kabupaten Purbalingga, puncak senderan merupakan sebuah jembatan di atas awan yang di buat untuk menikmati keindahan alam.

Rute :  dari arah Purbalingga menuju ke Desa Rajawana, Kecamatan Karangmoncol , Kemudian ke Dukuh Karang Gedang, Desa Panusupan, sampai ketemu dengan post utama,  Sesampainya di pos utama, perjalanan diteruskan dengan berjalan kaki menyusuri jalan tanah. 
Orang purbalingga bilang, belum kekinian kalau belum selfie di Puncak Senderan Purbalingga.
HTM : 5000 + Parkir 2000

2. Igir Wringin Purbalingga
Igir Wringin merupakan wisata alam berupa rumah pohon yang lagi  ngehits di purbalingga, igir wringin, terletak di desa Panusupan yaitu  perbatasan Karang Moncol dan Rembang, Purbalingga. 
Jarak tempuh untuk menuju puncak igir wringin hanya  memakan waktu sekitar 1,5 jam, jadi buat kamu yang belum pernah naik bukit harap mempersiapkan fisik terlebih dahulu.
HTM : 5.000 + Parkir 2.000
Sumber : www.imaniawan.id
Igir Wringin
Igir Wringin Pic By. Lokal Backpaker
3. Jembatan Cinta Purbalingga
Purbalingga sepertinya lagi meningkatkan potensi wisatanya, setelah ngehitsnya Puncak senderan, sekarang purbalingga juga punya Jembatan cinta, ya jembatan yang di susun dari sebuah bambu wulung sepanjang 280 meter, dan di bentuk menyerupai hati.

Jembatan ini terletak di tengah tengah sawah, sehingga tempatnya cukup sejuk dan sangat menarik untuk di kunjungi, dan menurut saya tempat ini cukup romantis untuk berfoto bersama pasangan.
Jembatan Cinta Terletak di di Dusun Tipar Desa Panusupan Kecamatan Rembang. Kurang lebih 40KM dari kota purbalingga.
HTM : 5000 + parkir 2000.
Jembatan Cinta Purbalingga
Pic By http://www.kompasiana.com/primata
4. Bukit Watu Geong Purbalingga
Bukit Watu geong terletak di selatan di dusun pasedahan, karangbawang, losari, Rembang Purbalingga,. Puncak ini memiliki ketinggian sekitar 580 mdpl, 
Rute : Bancar – Rembang (museum Jen sud) – Losari – sampai ketemu pertigaan yang ada alfamart dan BRI kalian belok kanan, dan ikuti saja terus jalan tersebut, sampai ketemu dengan lokasi parkir (bingung tanya warga )
HTM : 5000 + Parkir 2000

5. Jalur Pendakian Gunung Slamet
Selain bukit bukit kekinian di atas yang sekarang lagi ngehits ngehitsnya di kalangan traveller, Purbalingga juga mempunyai jalur pendakian ke gunung slamet yang sudah sangat terkenal sekali, yaitu jalur pendakian gunung slamet via bambangan, jalur pendakian ini sangat favorit, karena selain sebagai jalur resmi, jalur pendakian gunung slamet via bambangan juga termasuk jalur yang paling mudah.

6. Curug Nini Purbalingga
Curug Nini terletak di Desa Cipaku, Kecamatan Mrebet, Kabupaten Purbalingga, curug nini mempunyai ketinggian sekitar 10M, memang tidak terlalu tinggi, tapi derasnya air curug nini ini bisa membuat sebuah kolam alami yang bisa di pakai untuk mandi.
Rute : 
Pertigaan Owabong ke utara  sampai perempatan -  belok kiri ke arah barat, ikuti jalan utama sampai perempatan Desa Cipaku kemudian belok kiri. Lurus sampai  ketemu Balai Desa Cipaku, belok kanan masuk ke  jalan setapak.(50 meter barat balai desa). Setelah itu motor bisa diparkirkan di lahan kosong sebelah Mushola dan perjalanan selanjutnya bisa dilanjutkan dengan berjalan kaki menyusuri jalan setapak sampai ketemu dengan sebuah sungai, dan nanti akan nampak terlihat curug nini yang mempesona.
Sumber : tegeanblog.com

7. Curug Tempuran Purbalingga
Curug Tempuran terletak di  Desa Binangun, Kecamatan Mrebet, Kabupaten Purbalingga.
Akses untuk menuju curug tempuran dapat ditempuh sekitar 30 menit dari pusat kota, dengan menuju ke desa binangun, kecamatan mrebet, aksesnya sangat mudah karena terndapat banyak papan penunjuk jalan, di curug tempuran purbalingga juga belum dikenakan biaya tiket masuk, jadi kalian cukup membayar uang parkir seikhlasnya saja kepada warga.
8. Curug Ciputut Purbalingga
Curug Ciputut terletak di Desa Serayu Larangan, Kecamatan Mrebet, Kabupaten Purbalingga
Rute : dari arah Purbalingga ke arah Bobotsari sampai pertigaan dekat Balai Desa Tlagayasa - belok kiri  sampai ketemu dengan  SMP 3 Bobotsari, Selanajutnya kalian bisa tanya ke warga. 
9. Curug Sumba Purbalingga
 Curug Sumba terletak di  Desa Tlahab, Kecamatan Karangreja, Kabupaten Purbalingga
Rute : kalau dari Alun-alun Purbalingga ya 30 menit lah naik motor , terus dilanjut jalan kaki melewati sawah dan  ladang kira-kira 3 menit aja, kalau menggunakan kendaraan umum kalian bisa naik bus jurusan Pemalang.

10. Curug Silintang Purbalingga
Curug silintang terletak di Desa Tlahab, Kec. Karangreja, Kab. Purbalingga atau sekitar satu jam berjalan kaki dari Obyek Wisata Gualawa, Curug silintang memiliki ketinggian sekitar 40M.
Akses :
Dari Purbalingga kalian bisa menuju ke ara karangreja, sampai ketemu dengan pertigaan ke arah gua lawa, dan sebaliknya, lebih detailnya setelah sampai di wisata gua lawa kalian bisa tanyakan ke warga.
11. Curug Kali Karang
Curug Kali Karang Terletak di Desa Tanalum, Rembang, Purbalingga, Jawa Tengah
Curug kalikarang memiliki ketinggian sekitar 40M, curug kalikarang memiliki karakteristik bertingkat, yaitu memiliki tiga tingkatan air terjun, dan dalam setiap tingkatan curug tersebut membentuk sebuah cekungan genangan air.
HTM. 5000 + Parkir 2000
Sumber : sumampir.penadesa.or.id
Curug Karang
Pic By Carditahu.com
12. Goa Lawa Purbalingga
Kenapa dinamakan gua lawa, katanya sih karena di dalam gua tersebut terdapat banyak sekali temennya drakula alias kelelawar, selain itu memang di gua lawa juga terdapat gua yang namanya gua dada lawa, yang didalamnya terdapat keajaiban sebuah relief menyerupai dada kelelawar besar yang sedang terbang, penasaran...??? datang saja :D
Gua lawa terletak di Desa Siwarak, Kec Karangreja, Kab Purbalingga.

HTM :  Rp. 7.000
Akhir Pekan | Rp. 8.000
Hari Natal dan Tahun Baru | Rp. 15.000

13. Sungai Watu Mujur Purbalingga
Sungai watu mujur terletak di Desa Panusupan, Kecamatan Rembang, Kabupaten Purbalingga Sungai watu mujur Merupakan wisata alam di Purbalingga yang boleh di bilang mempesona, dengan daya tarik sebuah kerimbunan pohon dan dinding dinding batu, yang menjadi ciri khas sungai muju luhur. 
Banyak hal yang bisa kalian lakukan di sungai watu mujur, yaitu berenang, rafting, susur sungai dan lain lain, so buat kalian yang mau ke sungai muju luhur harap jangan sendirian, tapi bersama team jalan jalan kalian.

14. Sungai Klawing Purbalingga
Sungai Klawing adalah sungai yang berhulu di Gunung Slamet dan mengalir di sepanjang kabupaten Purbalingga hingga menyatu menjadi Kali Serayu di Kabupaten Banyumas.
Sungai Klawing termasuk sungai favorit di Jawa Tengah untuk kegiatan arung jeram /rafting, so buat kalian yang mau seru seruan dan menguji adrenalin bisa cobain rafting di sungai Klawing Purbalingga, 
Info Lebih lanjut klik disini

By. Kaskus
Itulah beberapa tempat wisata di kota Purbalingga yang menurut saya kekinian banget buat di kunjungi, so banyak yang bilang belum kekinian kalau belum ke salah satu wisata di atas... hehehe

Disclaimer :
Kumpulan wisata wisata di atas semuanya saya ambil dari beberapa referensi yang sudah saya cantumkan sumbernya, yang akan menjadi the next perjalanan saya kalau main ke Purbalingga, karena sekarang saya di Jakarta :'(, apabila ada kelalaian dalam mencantumkan sumber silahkan bisa kontak saya melalui email zainalmutakin.pml@gmai.com

4 komentar

  1. Wah, boleh dicoba tuh, kalo dr perkotaan ke tempat kyk gtu jauh gak gan?

    ReplyDelete
  2. Wih ngeri kali itu Puncak Sendaren Purbalingga, pengen sklai kesana jadinya...
    bagus pisan pemandangannya..

    ReplyDelete

Hi... terima kasih sudah berkomentar
- Jangan lupa Check Notif Me.


For business inquiries
zainalmutakin.pml@gmail.com