Danau Kembar Alahan Panjang : Dua Danau Indah Yang Berdampingan

Danau Kembar (Danau Diateh / Danau Diatas & Danau Dibawah) adalah dua buah danau yang letaknya berdekatan, kedua danau ini terletak di daerah Bungo Tanjung, Kenagarian Alahan Panjang, Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok, Sumatera Barat, jarak kedua danau ini sekitar 65 kilometer dari Kota Padang.
Danau DI Atas
Sumber : kabupatensolok.blogspot.co.id/
Indonesia sebagai negara kepulauan yang terdiri dari beribu-ribu pulau ini tidak pernah henti-hentinya menyajikan pemandangan alamnya yang indah dan mempesona. Danau Kembar yang terletak di Kabupaten Solok, Sumatera Barat, adalah satu lagi dari sekian banyak keindahan alam yang ada di Indonesia.

Danau Diatas dan Danau Dibawah ini disebut Danau Kembar karena memang luasnya yang hampir sama, (Danau Diatas Lebih Luas sedikit dari Danau Dibawah), letaknya yang berdekatanpun (berjarak 300 Meter) menjadi satu lagi alasan kenapa kedua danau ini disebut Danau Kembar.

Meskipun bernama Danau Diatas dan Danau Dibawah, namun pada kenyataanya letak sebenarnya dari kedua danau ini justru merupakan kebalikan dari namanya. Pada keadaan sebanarnya Danau Dibawah justru lebih tinggi posisinya dari Danau Diatas.

Apabila kedua Danau tersebut dilihat dari atas dengan menggunakan Drone atau Helikopter, maka benar-benar akan terlihat dua buah danau yang mirip dengan ukuran yang hampir sama dengan warna khas airnya yang biru, semakin membuat kesan seolah-olah berpasangan.
Danau di eteh dan danau di bawah
Sumber : http://www.imgrum.net/
Kedalaman dari kedua danau ini berbeda cukup jauh, Danau Diatas memiliki kedalaman sekitar 44 Meter Saja dengan luas 12,3 km, sedangkan danau di bawah kedalamannya sekitar 309 Meter dengan Luas 11,2 km, jauh lebih dalam dari Danau Diatas Meski luasnya hampir sama.

Danau Kembar ini berada di Area Dataran Tinggi Bukit Barisan, sehingga udara di kawasan ini tentu begitu sejuk, makin asri dengan hamparan pepohonan yang banyak tumbuh di sekeliling keduanya. 

Jika dilihat dari kejauhan, maka pemandangan dari Danau Kembar ini akan semakin mengagumkan, area disekitar danau terlihat hijau dan asri karena area disekitar Danau Kembar memang dimanfaatkan oleh penduduk setempat untuk perkebunan.

Jika Anda berkunjung ke area Danau Kembar maka setibanya diarea sekitar Danau Anda akan langsung disuguhi pemandangan Indah yang Asri dan Asli dari alam, anda juga dapat menemukan Perkebunan Teh dan Perkebunan Markisa.
Kebun Teh
Sumber : Tweet @SolokNation

Banyak sekali aktivitas yang dapat Anda lakukan ketika berkenjung ke Danau Kembar, Selain Wisata Alam, Disana Anda juga disediakan fasilitas khas seperti beberapa tempat wisata lainnya seperti outbond, tracking, olah raga air, dan banyak kegiatan wisata lainnya yan bisa Anda nikmati. Anda juga dapat menikmati tur Keliling Danau dengan menyewa perahu masyarakat setempat yang memang disediakan Khusus bagi para wisatawan.

Di sekitar Danau Kembar terdapat banyak warung-warung dan Tempat Makan yang bisa Anda jadikan tempat istirahat setelah lelah berwisata di Danau Kembar ini. Bagi Anda yang menyukai bunga, maka Anda juga dapat membelinya disekitar tempat wisata Danau Kembar. 

Bunga yang dijual di sini sangatlah indah, umumnya berwarna Merah Marun, penduduk setempat menyebutnya dengan Bunga Sarai Gunuang. Menurut penduduk setempat, bunga ini bisa bertahan lama dan tidak mudah layu.

Transportasi Menuju Danau Kembar
Bagi Anda yang berdomisili di Sumatera barat Saya rasa Anda tidak butuh Guide lagi, Anda bisa menggunakan kendaraan Pribadi, naik Bus atau Mini Bus dengan tujuan Alahan Panjang untuk menuju ke Area Danau Kembar, disana Anda bisa Menyewa Ojek untuk pergi ke spot-spot yang baisa didatangi oleh Wisatawan.

Namun Jika Anda berasal dari luar Sumatera dan datang dengan Pesawat Terbang Tujuan Padang, dan juga tidak memiliki kerabat di Sumatera Barat, sebaiknya Anda mencari dan menyewa travel secara Online / via Telepon terlebih dahulu sebelum berangkat dari daerah Asal Anda.

Setelah Anda turun dari Bandara Internasional Minangkabau (BIM) Anda bisa segera naik travel menuju Kabupaten Solok, jika kondisi jalan baik dan tidak terhambat kemacetan, maka sekitar 2 Jam saja dari Padang Anda sudah sampai di area Danau Kembar, Anda bisa minta diantar oleh Sopir travel ke spot-spot utama yang baisa dikunjungi oleh wisatawan.

Oh ya, jangan lupa untuk mempersiapkan Jaket atau Mantel Hangat karena suhu di Danau Kembar cukup dingin. Pada Siang Hari berkisar antara 20-24 Derajat Celcius, Akan lebih dingin di Pagi dan Malam Hari. Berita bagusnya lagi Bagi Anda yang belum puas menikmati keindahan Danau Kembar, Anda bisa menyewa Penginapan Seperti Bougenville, yang tersedia disekitar Area Danau Kembar Ini. 

Disclaimer :
Artikel Kiriman dari Auliya Fikri

8 komentar

  1. Enaknya klo jadi blogger adventure itu, bisa jalan-jalan terus ya Mas Zal.. :D
    Beda sama saya yang Nyambi ngeblog, ngeblognya sambil ngantuk malem2 pulang kerja... Tapi tetap semangat demi mendapatkan smile pegawai kantor pos di tanggal 22 tiap bulannya. Hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha.... enak kalau ada duitnya gan.... :( kalau lagi bokek ya kaya gini nih... gak update blognya

      Delete
  2. seru ya sambil jalan-jalan sambil ngeblog , keren dech .

    ReplyDelete
  3. Yang tulisan danau kembar tu dimana lokasi tepatnya ya min?

    ReplyDelete
  4. mas, ga ada kontak homestay yg recommended di sekitar danau diateh ?

    ReplyDelete
  5. Contact person untuk homestay di sekitar danau di ateh nya ada mas? Terima kasih😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf tidak punya, atau mba bisa coba kontak yang bikin tulisan ini, link FBnya ada ahir tulisan ini. Semoga membantu :)

      Delete

Hi... terima kasih sudah berkomentar
- Jangan lupa Check Notif Me.


For business inquiries
zainalmutakin.pml@gmail.com