Pesona Air Terjun Tansi Ampek Sumatra Barat

Created By. Auliya Fikri 

Air Terjun Tansi Ampek terletak di Kabupaten Solok Selatan yang merupakan salah satu kabupaten yang berada di Provinsi Sumatera Barat. Solok Selatan adalah Kabupaten baru yang merupakan pengembangan dari Kabupaten Solok, Solok Selatan dikenal dengan alamnya yang asri dan indah, yang antara lain adalah Air Terjun Tansi Ampek.

Air Terjun tansi tepatnya terletak di daerah Sungai Lambai di area perkebunan Mitra Kerinci yang berjarak sekitar 20 KM dari Muara Labuh (Bahasa Daerah: Muaro Labuah) atau 5 Km dari ibukota Kabupaten Padang Aro. Tepatnya di Kenagarian Lubuk Gadang Selatan, Sangir, Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat.
Curug Tansi Ampek Sumatra Barat
By. Bajoy http://fotografersolsel.blogspot.co.id/
Air terjun Tansi ini memiliki 4 tingkatan, yaitu Tansi satu, Tansi dua (duo), Tansi tiga (tigo) dan Tansi empat (ampek). Tansi tiga dan empat letaknya berdekatan dan menyajikan pemandangan alam yang sungguh sangat indah. 

Pemandangan di tansi tiga dan empat ini sungguh memanjakan mata, Selain pesona dari air terjun dengan air yang jernih dan dingin, keindahan alam yang ada di sekitar spot tersebut juga sangat memukau, sungguh mahakarya Yang Maha Kuasa tiada duanya, apalagi ditambah dengan sejuknya udara disekitar air terjun tentu akan membuat siapapun yang berkunjung kesana merasa jatuh cinta dengan objek wisata yang satu ini.

Air Terjun Tansi ini sebenarnya sangat dikenal oleh masyarakat sekitar sejak dahulu, bahkan masyarakat yang ada disekitar Solok Selatan sudah familiar bila mendengan nama Air Terjun Tansi Ampek, namun promosi wisata yang masih kurang oleh masyarakat dan pemerintah daerah membuat Air Terjun nan indah ini masih sedikit dikunjungi oleh wisatawan nasional, umumnya yang berkunjung ke Air Terjun Tansi hanyalah masyarakat sekitar Solok Selatan saja.

Walaupun pada awalnya terkesan kurang terkenal, namun keindahan Air Terjun ini mampu mengundang niat Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno untuk datang dan bepetualang ke Air Terjun Tansi ini. 

Dalam usaha mempromosikan Air Terjun Tansi, pada bulan Agustus tahun 2015 lalu, Komunitas Fotografi Solok Selatan mencoba untuk mengabadikan keindahan objek Air Terjun ini, dan melalui beberapa foto air terjun ini dipromosikan melalui sosial media.

Kondisi Air yang jernih dan didukung udaranya yang sejuk serta pemandangan yang masih asri dan indah, membuat Air Terjun Tansi Ampek sangat direkomendasikan dan layak untuk dikunjungi.
Tansi Ampek
Sumber : https://fotografersolsel.blogspot.co.id
Rute Menuju Lokasi Wisata Air Terjun Tansi
Jika Anda adalah wisatawan yang berasal dari luar Sumatera Barat atau dari luar Pulau Sumatera, Anda bisa menyewa travel yang beralamat di Padang sebelum berangkat dari daearah asal Anda, nanti setelah turun bus antar Provinsi / Turun Pesawat, Anda bisa segera minta dijemput oleh travel Pesanan Anda dan segera menuju ke Solok Selatan dengan menempuh perjalanan yang cukup panjang, sekitar 158 km dari Padang, Sumatera Barat.


Untuk Menuju kelokasi Air Terjun Tansi Ampek pertama-tama kita harus melewati perkebunan teh milik Mitra Kerinci, setelah itu ada Jalan setapak yang terbuat dari bebatuan yang bisa dilalui, jalan ini adalah jalan yang biasa digunakan oleh para pekerja di Mitra Kerinci.

Setelah sekitar Lima belas Menit perjalanan, dari kejauhan kita bisa mendengar gemercik suara air dan dinginnya udara, hal ini tentu akan membuat kita semakin tidak sabar untuk segera sampai kelokasi Air Terjun Tansi Ampek.

Perjuangan menuju Air Terjun Tansi memang sedikit menguras tenaga, hal ini karena kondisi jalan yang cukup terjal, namun hal ini akan terbayarkan ketika kita sampai dilokasi Air Terjun.

Sesampainya dilokasi Air Terjun kita akan langsung disuguhi dengan pemandahan yang indah dan terlihat sangat alami, udara disana akan benar-benar terasa sangat sejuk.

Gemercik air akan mengundang kita untuk segera mendekatinya, rasa penat dan usaha menuju kelokasi Air Terjun Tansi ini akan segera terasa begitu kita menyentuh Air Jernih nan Dingin yang Ada di Air Terjun Tansi, sekali lagi kita Bersyukur Sungguh Indah Mahakarya Sang Maha Pencipta.

7 komentar

  1. Bagus mas air terjunnya. Duh kapan yah kesana.

    ReplyDelete
  2. keren banget air terjunnya, tapi sayangnya jauh dari tempat saya mas, saya di kalimantan utara, semoga kapan kapan bisa kesana hehe.

    Kunjungi juga :
    Yuk sekali - kali ke ruang BK, ini dia manfaatnya

    ReplyDelete
  3. Yg ini keren mas, bs bikin cuz kesana

    ReplyDelete
  4. wuiiih sumatra keren pengen kesana blm ada dana hehe

    ReplyDelete
  5. cs..saya baca melalui daftar menu, "kirim ceritamu" saya pengin posting cerita humor boleh. Judulnya (Cerita lucu antara sepasang suami istri), dijamin pasti ngakak. Aslinya cerita dengan bahasa sunda, tapi untuk disini saya artikan menjadi bhs ind, bagaimana s..setuju?

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf gan, Kalau cuman cerita humor gak bisa gan, harus sesuai nice blog ini,...
      misalnya cerita naik gunung yang di bumbui dengan humor, seperti itu...

      Delete

Silahkan tinggalkan jejajak dengan berkomentar
- Jangan lupa Check Notif Me.

Jangan Lupa Share, Follow Tweet dan IG : @mas_adventure

For business inquiries
zainalmutakin.pml@gmail.com