Gunung Pancar : Rute, Tiket, dan Reservasi Camping

Melewatkan hari libur dengan di rumah saja itu rasanya gimanaaaa gitu..?? namun bagaimana jika hari libur yang biasanya di isi dengan jalan jalan bertepatan dengan tanggal tua..?? 

Inilah yang menimpa gue sabtu minggu kemaren, dan karena hobbi gue yang suka camping akhirnya gue berfikir kalau hari minggu ini gue isi saja dengan camping ala ala yang tidak terlalu memakan banyak biaya.


Dan yang menjadi penasaran gue selama ini adalah Gunung Pancar yang terletak di Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, yang merupakan salah satu tempat Camping yang katanya kekinian di Bogor.

Tanpa menggali informasi lebih dalam soal Wisata di Gunung Pancar sabtu pagi gue dan temen temen langsung saja meluncur ke Gunung Pancar dengan membawa perlengkapan Camp ala kadarnya.⛅

Rute Menuju Gunung Pancar dari Jakarta
Akses untuk menuju ke Gunung Pancar saya mulai dari Cilandak Jakarta Timur dengan menggunakan kendaraan bermotor, dengan mengambil arah ke Pasar Rebo belok kanan ke arah Depok – Cibinong Luruuuus terus sampai ketemu lampu merah PEMKAB Bogor, masih lurus terus sedikit lagi nanti kalian akan menemukan sebuah perempatan gede dan kalian bisa ambil kiri, kalau kalian bingung sebagai patokan perempatanya ada Pos Satlantas Polres Bogor No 11 B Pokoknya kalian harus jeli melihat rambu rambu jalan, atau kalian bisa juga menggunakan GPS.

Setelah belok kiri lurus terus saja mengikuti Jalan Alternatif  Sentul, kurang lebih sekitar 4KM nanti akan melewati terowongan dan ada sebuah pertigaan kemudian ambil kanan ke Arah Jalan Sentul Raya.

Masih lurus lagi ke arah Jalan Babakan Madang sampai menemukan pertigaan, disini kalian bisa lurus lewat jalan MH Tamrin atau belok kiri, kalau saya sih pilih belok kiri karena kalau lewat jalan MH Tamrin katanya lebih jauh, masih lurus terus sampai melewati pintu masuk Wista Jungeland kurang lebih sekitar 2KM ada pertigaan dan belok kanan.

Di pertigaan tersebut ada penunjuk ke arah Wisata Gunung Pancar namun tidak begitu terlihat 
Setelah perjalan kurang lebih sekitar 2 jaman  sampailah kami di Pintu masuk  Gunung Pancar
Untuk harga tiket masuk ke gunung pancar kami di kenakan tarif  20.000/Motor

Gunung pancar menawarkan pemandangan hutan pinus yang begitu rindang yang memang menjadi iconnya Gunung Pancar, dan dengan ketinggian sekitar 800Mdpl Gunung Pancar memberikan udara yang sangat sejuk, sehingga tak jarang orang yang ingin berkunjung ke Gunung Pancar termasuk saya.

Sesampainya di gunung pancar kami langsung mencari spot untuk mendirikan tenda, namun setelah berjalan sampai atas kami tak juga menemukan spot yang menurut kami enak untuk mendirikan tenda karena banyaknya pengunjung.

Kami terus mencari sampai ke titik atas sampai kami menemukan pintu masuk ke Pemandian Air Panas Gunung Pancar dan Pemakaman, yang artinya kami sudah tidak bisa kemana mana lagi, karena untuk masuk ke kawasan tersebut harus bayar tiket masuk lagi.

Karena bingung dengan lokasi camp yang belum juga kami temukan, kami turun lagi dan mencoba bertanya ke pos jaga dan menanyakan lokasi camp?

“Permisi Pak mau tanya, kalau mau ngecamp dimana ya Pak?...”
“Untuk berapa orang ya mas?”
“Untuk empat orang pak, satu tenda.”
“Jadi begini mas kalau mau ngecamp disini harus reservasi dulu mas dan kalau untuk individu di kenakan biaya perorangnya 80.000/Malam.
“Terus bagaimana kalau kami datangnya dadakan Pak?”
“Bisa saja mas, kalau memang masih ada lokasi, silahkan datang saja ke tempat pendaftaran di bawah.”
“Ohh begitu ya Pak?”
“Iya”
“Baiklah, Terima Kasih Pak.
Kami kembali turun sambil geleng geleng kepala karena tarif camp yang gak pas dengan isi dompet kami hahaha...
Karena kurang percaya kami coba nanya lagi sama mas mas tukang parkir, yang jawabanya malah lebih gila lagi, yaitu 150.000/Orang   *kami hampir pingsan*
Mau camping saja kok kaya mau nginep di Hotel ya...?? Nyinyir gue dalam hati.
Pas lagi nanya tiba tiba pak satpam yang tadi lewat ...

" Mas di Kantor Saja...."
***
Karena penasaran dengan harga yang gak pas dengan isi kantong kami, akhirnya kami coba datang ke kantor untuk menanyakan hal tersebut dan berharap dapet murah karena rencana kami memang pengin camp di Gunung Pancar, namun ternyata benar harganya 80.000/Orang.
Berikut daftar harga camping ground di Wisata Gunung Pancar.

Harga dan reservasi Camping Gunung Pancar







Karena niat kami penginya camp dengan biaya yang murah akhirnya dengan sedikit kecewa kami pergi meninggalkan Gunung Pancar, dan sambil mikir lagi mau kemana kami mampir di masjid dan mendirikan sholat duhur dan berharap dapat pencerahan.
Kami tidak mungkin pulang begitu saja tanpa membawa apa apa, dan untuk mengobati kekecewaan kami mencoba menuju ke Bukit Alisano Cijeruk Bogor
Baca Juga : Bukit Alisano : Bukit Gemes dan Kekininan Di Bogor (Cooming Soon)

4 komentar

  1. Unik Juga mas, camping berbayar. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Begitulah kalau sudah di Kelola sama PT gan, mungkin Lahannya sudah di beli sama PT Tersebut jadi Mahal.

      Delete
  2. Iya aku pernah kesitu bawa Bule juga... biayanya sampai seratusribu...
    dan itu juga cuma numoang lewat doang... padahal tujuannya ke curug...hahah
    *Pengalaman sadis...

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan jejajak dengan berkomentar
- Jangan lupa Check Notif Me.

Jangan Lupa Share, Follow Tweet dan IG : @mas_adventure

For business inquiries
zainalmutakin.pml@gmail.com