Gunung Lembu Purwakarta 792 Mdpl

Gunung Lembu terletak di kampung Panunggal RT 006 RW 003, Desa Panyindangan, Kecamatan Sukatani, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.
Gunung lembu merupakan bongkahan  batu raksasa yang jika dilihat dari arah timur bentuk batu tersebut mirip seperti seekor Lembu yang sedang duduk, dan dari situlah kenapa di namakan Gunung Lembu.
Gunung Lembu mempunyai ketinggian sekitar 792 Mdpl, meskipun sebenernya belum pantas disebut gunung, namun Bukit Lembu familiar disebut sebagai gunung oleh masyarakat Purwakarta dan kalangan pendaki.

Gunung Lembu Via Drone

Gunung Lembu Purwakarta

Berdasarkan infografis yang saya dapat, Gunung Lembu dulunya merupakan gunung berapi yang meletus, dan dibawah gunung lembu juga terdapat sumbat lava yang menancap ke bawah, yang semula berupa magma yang membeku di pipa gunung api.

Gunung lembu juga merupakan gunung yang hanya menjadi wacana saya selama berbulan – bulan hehehe…. hingga pada ahirnya bertemulah dengan jadwal trip BPJ ke Lembu part #8
Dan untuk basecampnya sendiri berada di depan Kantor Kepala Desa Panyindangan Sukatani, sehingga pas kami kesanapun bermalamnya di aula Desa Sukatani, karena kami tiba sekitar pukul 23.30

Akses dan Transportasi
Akses untuk menuju ke Gunung Lembu sangat mudah asal kalian memang benar – benar ada niat untuk mengunjunginya, kalau saya sendiri berangkat dari Jakarta dengan menggunakan Kereta Api lokal Jakarta – Purwakarta (Rp. 6000) selanjutnya dilanjut dengan carter atau sewa mobil ( 250.000 – 300.000)  untuk menuju ke basecamp, dikarenakan belum adanya transportasi umum yang menuju ke sana, maka dari itu disarankan untuk membawa rombongan ya hehe atau jika kalian pergi seorang diri atau hanya berdua atau bertiga, kalian bisa tunggu barangkali ada pedaki lain yang mau berkunjung kesana dengan catatan dihari libur.

Meskipun masih dikawasan Jawa Barat harga tiket masuk Gunung Lembu masih relative murah yaitu hanya 10.000/Orang. Dan untuk harga makananpun masih tergolong standart, dan sedikit informasi bahwa disetiap pos pendakian Gunung Lembu terdapat sebuah warung, jadi buat kalian yang mau ke sana tidak perlu repot-repot bawa air dari bawah, cukup bawa uang saja yang banyak hehehe

Track untuk untuk menuju puncak Gunung Lembu kalau menurut saya tergolong landai dan sangat cocok untuk pemula, memang di awal mendaki ada beberapa tanjakan yang lumayan kemiringanya, tapi itu hanya sebentar dan mudah dilalui karena terdapat pijakan – pijakan yang sudah dibuat oleh pengelola Gunung Lembu.

Di Sepanjang perjalanan nanti kalian akan melewati dua petilasan, yaitu petilasan Mbah Jongrang Kalapitung, dan Mbah Raden Suryakencana.

Untuk kalian yang mau camp juga terdapat banyak lokasi camp di Gunung Lembu.

Oke mungkin cukup segitu dulu sedikit ulasan tentang Gunung Lembu, sekarang saya mau sambil cerita perjalanan gue kesana bareng Trip BPJ Lembu Part #8

Meskipun sudah lumayan cukup lama jadi warga BPJ tapi baru kali ini saya ngikutin tripnya, lahh terus selama ini ngapain aja jadi warga BPJ?.....

Oke lupakan…!!

Seperti yang sudah menjadi kesepakatan CP atau panitia Trip, Mepo Gunung Lembu di mulai dari Stasiun Tanjung Priok, tapi karena saya tinggalnya di Cikarang  jadi saya males untuk datang ke mepo dan memilih untuk menunggu kretanya dari Cikarang, karena sesungguhnya Cikarang – Purwakarta hanya 1,5 Jam saja… 

Kereta Jakarta _ Purwakarta

Kami berangkat dari Jakarta tepat pukul 15:30 sesuai dengan jadwal pemberangkatan kreta, dan sampai di Purwakarta pukul 19:00 WIB, kami breafing sebentar dan dilanjut dengan Sholat Jamak Takhir Maghrib dan Isa berjamaah,

Selesai itu kami sengaja tidak langsung ke Basecamp tapi kami Wisata Kulineran dulu di Festival kuliner Purwakarta yang selalu ramai setiap malam minggu, 

Dan yang menjadi makanan khas Purwakarta adalah sate Maranggi, kalian bisa cobain kalau kesana.

Selain wisata kuliner pertunjukan yang lagi hits di Purwakarta adalah Air Mancur yang katanya bisa joget –joget, dan dengan sedikit penasaran saya coba ingin melihatnya, tapi ternyata terlambat karena pertujukan air mancur dilaksanakan sekitar jam 8 sampai 9 malam, tapi gak papa nanti bisa lihat di youtube hahaha....

Pukul 21:30 WIB kami berkumpul kembali dan langsung menuju ke BaseCamp Gunung Lembu dengan menggunakan truck pasir, dan disinilah keseruan terjadi sepanjang perjalanan menuju ke Base Camp.
Sampai di Basecamp sekitar pukul 23:30 WIB, ada beberapa yang langsung tidur, mandi, dan duduk – duduk, tapi 10 menit berselang para CP kembali mengumpulkan kami semua dalam satu lingkaran untuk breafing sejenak.

Basecamp Gunung Lembu

Tidak banyak yang dibahas hanya  perkenalan dan rencana esok pagi saja serta pembagian kelompok dan tugas mengarang indah tentang kesan pesan yang di dapat selama trip Lembu, dan informasi kalau kita bakalan tracking mulai jam 04:00 WIB.

Zzzz.....

Kamipun dibangunkan sekitar jam 4 kurang, dan tapa cuci muka terdahulu sayapun langsung bergegas keluar,…. Arghhh rasanya masih capek dan ngantuuuuukkk... 

Untungnya di Basecamp ada warung yang buka 24 jam, kamipun langsung menyegarkan mata dengan teh hangat yang hanya tinggal pesan saja… hehehe

Tracking Gunung Lembu
Kami memulai perjalanan sekitar pukul 03.30 WIB, karena tidak mau repot dengan barang bawaan, sayapun melepas jacket besar saya, dan hanya membawa daypack yang berisikan sarung dan dua botol Aqua, udara pagi yang dingin tak begitu terasa karena kami terus berjalan dengan track yang sedikit nanjak, namun karena gelap kami hanya terus berjalan dengan perlahan.

Namun ada juga yang kelelahan bahkan sampai muntah - muntah, kata CP sih kemungkinan besar karena semalam pas baru nyampe basecamp dia mandi, sedangkan waktu sudah larut malam, tapi ini menjadi pelajaran sekali buat kita atau kamu mungkin yang hendak mendaki agar benar – benar menjaga stamina saat perjalanan, karena sakit dalam perjalanan itu tidak enak banget dan pastinya bikin hawatir teman - temanmu. Dan bukan hanya itu, menjaga etika dan niat baikpun harus kita jaga, agar jangan sampai keluar kata - kata sombong dari diri kita.

Tak terasa Adzan Subuh mulai terdengar, kamipun sampai di pos III, dan sesuai arahan CP kamipun beristirahat di Post 3 sekalian mendirikan sholat subuh berjamah.
Kami merasa perjalanan kami terlalu cepat sehingga kami memutuskan untuk lama beristirahat di pos III sambil menunggu yang masih tertinggal di bawah.

Gunung Lembu

Udara pagi mulai berasa menusuk sampai ketulang belulang membuat saya menyesal meninggalkan jacket di basecamp, karena tak kuat dengan dinginnya pagi yang sedingin dia, sayapun mengajak untuk memulai kembali perjalanan.

Pemandangan subuh dari atas Gunung lembu terlihat sangat indah, banyak lampu – lampu yang menyala.
Sepanjang perjalanan naik kami melewati dua  petilasan dimana sesuai arahan CP kami tidak boleh berenti ketika melewati petilasan tersebut.

Tak lama berjalan dari pos III sampailah kami di Puncak Lembu 792 Mdpl.
Puncak Lembu tidak menjadi tempat favorit setiap pendaki Gunung Lembu karena lokasinya yang rimbun dengan pohon, melainkan batu lembunya yang menjadi spot foto fotonya, yang bisa menyajikan pemandangan indah Gunung Parang dan Waduk Jatiluhur.

Untuk menuju Batu Lembu, dari puncak kami harus kembali turun sekitar 10 menitan.
Beruntunglah kami bersama CP yang punya drone sehingga bisa mengambil pemandangan terindah dari atas dengan menggunakan drone, mungkin saya nggak bakalan tau kalau sebenernya Geografis Gunung Lembu adalah seperti foto di bawah ini.

Gunung Lembu Purwakarta

Gunung Lembu Purwakarta , Backpaker Jakarta

Dan finaly ritual wajib setelah sampai puncak adalah bersyukur atas nikmat yang diberikan tuhan, dan tak lupa foto keluarga.

Bukit Lembu

Tracking Gunung Lembu





Gunung Lembu Purwakarta

Backpacker Jakarta, Purwakarta

Trip Lembu Part 8
Namun sayang pagi itu sunset di Gunung Lembu tak mau menampakan keindahanya, karena tertutup awan.
Sekitar dua jam kami menghabiskan waktu di batu lembu sampai matahari mengusir kami untuk kembali turun.
Sepanjang perjalanan turun rasanya masih ingin berlama lama berada di sini, pohon yang masih rindang dan udara yang begitu sejuk... Ahh mana ada di Cikarang.

Turun dari Gunung lembu

Di Gunung Lembu juga masih terdapat satwa liar seperti monyet, meski dilarang memberi makan, namun ada saja pengunjung yang memberi mereka makan, selain monyet juga ada seekor anjing yang friendly banget yang selalu ingin ikut berfoto... Hahaha coba saya bisa pegang anjing...

Satwa Gunung Lembu

Kesan saya selama ikut trip bpj cuman satu, saya salut dan kagum sama bpj yang masih menjaga kewajibanya sebagai orang muslim selama perjalanan. 
Dan pesan saya buat alumni Lembu part #8 Jangan lupa follbek IG gue dan semoga bisa ketemu di trip selanjutnya...


Sumber Foto dan Video : Shoim Asyhar dan teman - teman Trip Lembu Part #8


27 komentar

  1. Uwoww.. cepehnya ka retno ya bang?

    ReplyDelete
  2. Bisa jadi tempat refreshing di kala weekend nih, perjalanan yang seru ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya karena sebenernya Purwakarta itu dekat

      Delete
  3. Foto-foto dari dronenya keren-keren bang zen, btw untuk pengulangan kata jangan pake spasi bang zen

    ReplyDelete
  4. ahh bikin pengen ke lembu ihhh... semoga segera bisaaa kesana

    ReplyDelete
  5. Jadi kepingin naik gunung lagi...

    ReplyDelete
  6. Keren banget tempatnya difoto dari atas ya kak.. alternatif baru naik-naik ketinggian.

    ReplyDelete
  7. zen foto lo mana? kenapa pas yg terakhir aja sh??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sengaja dul, biar ada penyegaraan... takutnya pada bosen lihat muka gue mulu.... wkwkwkwk

      Delete
  8. tulisannya bagus bang Zen, foto2nya juga keren apalagi yang pakai drone. masukan aja, untuk reduplikasi (kata ulang) penulisan tanda hubung (-) antar kata ga pakai spasi. cheer up and keep writing

    ReplyDelete
  9. Liat fotonya di kereta, cewek-ceweknya cantik-cantik. Setidaknya saat itu lupa sama gersangnya Cikarang hahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha sialan... tapi bener juga ... ampe males pulang gue...

      Delete
  10. Seruuu kayaknya, cocok buat gw yang gak suka capek2 treking :D

    ReplyDelete
  11. Keren juga gunung Lembu. Itu ada yang bawa drone y?

    ReplyDelete
  12. alternatif 'mendaki' gunung yang ga jauh dr Jakarta.. keren..

    ReplyDelete
  13. Fotonya kece-kece banget.. 😃😃😃

    ReplyDelete
  14. belum pernah ke gunung lembu padahal kakek nenek asli sana

    ReplyDelete
  15. Cieee... Bang Zen dikelilingi cewek2 kece, gak berasa pasti capek pasti nih, haha

    Tempatnya keren ya, dan baru kali ini tau gunung lembu, thanks bang zen!

    ReplyDelete
  16. Cuss ah ke lembu, udah lama ga naik gunung nih kangen sama yg dingin dingin

    ReplyDelete
  17. wah seru banget tuh adventurnya, berada di ketinggian pake selve selvi segala ya....hemmm mantap

    ReplyDelete
  18. Sewa mobilnya itu lo ,tidak nguatin bisa kantong jebol hehehee
    Photonya dari atas itu lo, sungguh luar biasa. Ancung jempol deh.
    Saya sering ke Purwakarta, lain waktu harus bisa ke gunung lembu ,tiketnya murah.

    ReplyDelete
  19. Mayan deh yah, kalau mau bagus emang harus modal dikit, yah macam foto pakai drone hahah.. oh yah tempatnya emang keren, itu foto berdua dah macam kayak di film FTV gitu,
    request aja sih, kalau triv kayak gini kali2 dibikin film pendeknya, kayaknya bakal bagus hahah... :D

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan jejajak dengan berkomentar
- Jangan lupa Check Notif Me.

Jangan Lupa Share, Follow Tweet dan IG : @mas_adventure

For business inquiries
zainalmutakin.pml@gmail.com