Menikmati 5 Wisata Alam Di Sukabumi Dalam Sehari

Ini merupakan trip keduaku bareng Backpaker Jakarta, setelah sebelumnya mengikuti trip ke Gunung Lembu, dan ini juga pertama kalinya saya menginjakan kaki di Sekretariat Backpaker Jakarta selama menjadi warganya hehehe...maafkan akuu.
5 Wisata Alam Sukabumi

Trip kali ini kita bakalan city tour menikmati keindahan alam Sukabumi dalam sehari.

Menurut infografis, Sukabumi adalah sebuah kabupaten di Tatar Pasundan, Provinsi Jawa Barat, dengan Ibu kotanya Palabuhan ratu. 

Kabupaten Sukabumi merupakan kabupaten terluas kedua di Pulau Jawa setelah Kabupaten Banyuwangi di Provinsi Jawa Timur. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Bogor di utara, Kabupaten Cianjur di timur, Samudra Hindia di selatan, serta Kabupaten Lebak di barat.

Letak georafis Sukabumi merupakan salah satu lokasi strategis yang menawarkan banyak keindahan, mulai dataran rendahnya seperti pantai juga dataran tungginya seperti Gunung Gede, banyak sekali wisata-wisata yang bisa di nikmati disana, seperti yang paling terkenal adalah Pantai pelabuhan ratu dan pantai-pantai cantik lainya.
Namun dalam edisi trip city tour perdana kali ini, saya akan mengajak kalian menikmati 3 keindahan alam sekaligus yang bisa kalian nikmati dalam sehari. Berikut ulasan trip Perjalanan kami.

Start awal perjalan kami dimulai dari sekretariat Backpaker Jakarta yang beralamat di Cawang Jakarta Timur, berangkat Sabtu pagi pukul 01:00 WIB waktu dimana enak² nya molor hehe...
Perjalanan malam dari Jakarta - Sukabumi Alhamdulillah lancar sehingga sampailah kami lebih cepat dari jadwal yang sudah di rencanakan.

Kami sampai pukul 04:00 WIB dan menunggu Azan shubuh untuk sholat sebelum mulai tracking ke Gunung Sunda yang menjadi destinasi wisata pertama kami.

1. Gunung Sunda
Gunung Sunda Sukabumi

Gunung Sunda terletak di Jl. Siliwangi, KM 03, Padaasih, Cisaat, Sukabumi, Jawa Barat 43152

Pukul 05:00 WIB kami mulai tracking ke Gunung Sunda, Gunung Sunda memiliki ketinggian sekitar 700mdpl dan memiki track yang sangat landai karena warga sekitar sudah memberikan tanjakan-tanjakan untuk menuju ke atas, namun kalau menurut saya jadi kaya berasa lagi ziarah ke pemakaman dengan adanya tanjakan-tanjakan yang sudah di buat itu hehe apalagi sebelum puncak ada beberapa pemakaman yang katanya pemakaman umum, hanya bedanya setiap perjalanan kalian akan di suguhi curhatan - curhatan lucu.

2. Karang Numpang
Karang Numpang Sukabumi

Karang numpang terletak di Kampung Legoknyenang, Desa Cikujang, Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, tidak jauh dari gunung Sunda, karena meskipun saya tak tahu arah melajunya mobil kami, tak sampai satu jam tibalah kami di karang numpang, sekitar pukul 07:40 WIB.

Kalau menurut saya track dan pemandangan di karang numpang lebih indah dari gunung sunda meski dua-duanya sama sama menawarkan keindahan gagahnya gunung gede pangrango, di karang numpang lebih natural dengn track perjalanan yang tidak di buat-buat, dan keindahan batu-batuan yang mirip karang itupun hampir mirip serada di stone garden. 
Setelah puas tidak puas menikmati keindahan karang Numpang, mau tidak mau kami harus bergegas ke lokasi trip berikutnya.

3. Karang Para
Karang Para Sukabumi

Karang Para terletak Di Desa Kebonmanggu, Gunungguruh, Sukabumi, West Java 43156 
Hanya menempuh perjalanan sekitar satu jam dari karang numpang, 
Kurang lebih sekitar pukuk 09:30 kami sampai, wisata karang kara juga masih di dominasi dengan batu - batuan  karang yang menyerupai berbagai bentuk, seperti karang masjid, karang hiu, karang atap, dan lain lain,
Selain itu spot foto kekinian juga banyak di sajikan di sana, seperti , seperti jembatan hati yang menjadi favorit anak muda jaman now.

Lama kami menikmati semilirnya angin di bebatuan karang kara dengan alunan dangdut yang terus berputar silih berganti dari si pemilik warung jajanan yang kami singgahi, kami menghabiskan waktu sampai jam 12:00 dengan makan siang, untuk harga makanan di sini masih relatif standar, so gak bikin saya nyinyir setelah pulang dari sini.

Jam 12:00 Teng, kami beranjak turun dan menuju ke destinasi selanjutnya.

4. Selabintana
Selabintana Sukabumi

Selabintana adalah sebuah taman rekreasi keluarga yang terletak di Jalan Selabintana KM 7, Sundajaya Girang, Kec. Sukabumi,Sukabumi, Jawa Barat atau berada di bawah kaki Gunung Gede Pangrango

Di sana juga terdapat kolam renang, hasrat hati pengin berenang, namun hujan turun mengurunkan niat tersebut dan membuat gue berlari menuju warung untuk makan.

Di selabintana kami hanya menghabiskan waktu untuk sholat dan makan, namun saya kecewa ketika habis makan bayarnya lumayan mahal ampe kaget, saya pikir itu mba-mba salah ngitung wkwkwk tapi yasudahlah mungkin beliau pengin cepat-cepat naik haji.

Selabintana sebenernya alternatif city tour kami, yang sebelumnya ingin kami kunjungi setelah 3 destinasi wisata di atas adalah :

5. Curug Sawer
6. Danau Situ Gunung

Namun karena mendadak terjadi drama kalau jalan menuju tempat tersebut sedang di cor atau dalam perbaikankan jadi terpaksa kita batalkan, menjadi ke SalabintanĂ , Alun-Alun Sukabumi, dan mampir ke mochi kaswari untuk beli oleh-oleh, namun karena drama kembali terjadi kamipun membatalkan perjalanan untuk menuju ke alun-alun Sukabumi, sangat di sayangkan sebenernya tapi apa mau di kata demi lancarnya perjalanan Sukabumi - Jakarta kami harus bergegas pulang jam 15:40 dari Selabintana menuju Jakarta.

Dari setiap jarak perjalanan di atas bisa di simpulkan kalau ke 5 (lima) destinasi wisata tersebut (kecuali Selabintana) bisa dijangkau dalam satu hari, kalian bisa estimasikan lagi jarak dan waktunya

Sekian dari saya, terima kasih buat semuanya, salam kangen Trip Perdana City Tour Sukabumi

4 komentar

  1. "tapi yasudahlah mungkin beliau pengin cepat-cepat naik haji." diaminkan saja ya, mas..
    btw ini alamnya rata2 gunung dan bukit2 gitu yha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebetulan iya mba, tapi landai landai semua....

      Delete
  2. wah dalam sehari sebanyak 5 tempat
    pasti kecapekan

    ReplyDelete
  3. Staminanya pasti kuat smeua yaa, dalma sehari rata-rata bukit dan gunung gitu

    ReplyDelete

Hi... terima kasih sudah berkomentar
- Jangan lupa Check Notif Me.


For business inquiries
zainalmutakin.pml@gmail.com