Monday, July 16, 2018

Menemukan Sroto dan Sop Durian Khas Purbalingga di Ujung Bekasi

Siapa sangka di ujung Bekasi tepatnya di Desa Segarajaya Kecamatan Tarumajaya yang merupakan Bekasi paling ujung perbatasan dengan Jakarta Utara, ada salah satu kuliner legendaris yang populer di daerah saya, ya Sroto dan Sop Durian Purbalingga, pasalnya ketika hampir dua tahun di Jakartapun saya tidak menemukannya, kecuali Sroto Sokaraja yang terletak di Jalan Dewi Sartika, itupun saya belum sempet mencicipinya pas saya cari lagi tidak ketemu. Jadi betapa kagetnya saya ketika melihat papan besar bertuliskan “Sroto dan Sop Durian Purbalingga” spontan sayapun langsung menghentikan laju kendaraan saya, balik arah dan memastikan kebenaranya, dan ternyata betul. Tanpa pikir panjang sayapun langsung mampir dan mencicipinya.


“Mas Srotone siji ya..?” sengaja pakai bahasa ngapak men olih murah hehehe….
“minume apa mas..?”
“hmmm es jeruk baen mas….

Satu porsi Sroto dan Segelas Es Jeruk berhasil saya pesan

sambil menunggu pesanannya datang, sayapun memperhatikan beberapa hiasan yang tertempel di dinding yang menurut saya jawa banget, yaitu terdapat sepasang wayang kulit yang ditempel di dindingnya, selain itu ada juga beberapa simbol free wiffi hehehe dan ternyata gaes rumah makan ini adalah merupakan salah satu dari UMKM Mitra Paguyuban Perantau Purbalingga, wahhh keren ya… sebelumnya saya juga sudah mendengar sedikit cerita tentang Paguyuban Purbalingga.

Satu porsi Sroto dan Segelas Es Jeruh siap di santap

Rada kaget karena porsinya menurut saya gede bangeet, biasanya kalau makan di purbalingga cuman pakai mangkok kecil cap jago lah di sini…. dan kalau biasanya pakai lontong atau ketupat sedangkan disini kita pakai nasi, ayamnya banyak dan kuah kacangnyapun kental, dan rasanyapun langsung membawa saya ke Purbalingga, asli ini serius, saya bener-bener jadi merasa seperti lagi di Purbalingga, cocok buat mengobati kangen pengin pulang.

Sroto Purbalingga di Bekasi

Satu porsi Sroto dan segelas es jeruk hanya 18.000 merupakan harga yang relatif murah, tapi lain kali kayaknya saya mau minta pakai mangkok kecil saja hehehe
Selain ada Sroto dan Sop Durian, ada juga Bakso Bom atau Bakso Putri Solo, Mie Ayam dan berbagai macam aneka jus yang bisa kalian pesan, tempatnya juga enak karena luas dan bersih.

***
Karena tidak puas hanya mencicipi Srotonya saja satu minggu kemudian sayapun kembali lagi ke tempat ini, dan memesan satu porsi Sop Durian :D 
Mmmmm aromanya saja langsung membangkitkan jiwa-jiwa yang rapuh ckckck buat yang sudah pernah ngrasain Sop Durian Purbalingga pasti sudah pada tahulah ya, Sop yang terkenal kental dengan buah duriannya di tambah campuran susu coklat yang membuat rasanya bisa membuat melupakan mantan, dan fix ini seriusan.

Sop Durian Purbalingga di Bekasi


Karena enak sayapun menduga duga soal harga satu porsi Sop Durian ini, “Pasti Mahal, sekitar 25.000an” tapi berani bayar mahal sihh seandainya memang mahal karena memang rasanya yang enak, tapi taunya setelah saya tanya harganya cuman 20.000 dan ini Worth it banget untuk satu porsi Sop Durian.

Peta dan Lokasi

Bakso Putri Solo 1
Segarajaya, Tarumajaya, Bekasi, Jawa Barat 17216

Saturday, July 14, 2018

Pendakian MT Sumbing 3371 Mdpl Via Klendung Garung

Penulis : Muhamad Nizam

Tak ada niatan pada saat itu untuk mendaki Gunung Sumbing. Awalnya hanya celetukan kosong yang keluar dari goa, saat itu saya dan teman teman (Agus, Nofal,  Iman,  Wawan) memang baru saja turun dari Gunung Slamet, Gunung yang tidak jauh dari tempat kami tinggal hanya sekitar 40 menit. FYI tempat saya tinggal di Kelurahan Pakembaran, Kecamatan Warungpring.

Pada saat perjalanan turun dari Gunung Slamet,  tiba-tiba di tengah jalur, saya terpikirkan dengan Gunung Sumbing,  dan seketika itu pula saya berkata.

“Ayo besok kita naik ke Sumbing sekalian”.

“Ah yang benar saja..! Emang dikira kita robot nggak cape (haha)….

Percakapan itupun berlalu sampai kita pulang kerumah masing-masing, tapi dalam hati dan fikiran saya Gunung Sumbing masih melekat kuat sampai terbayang-bayang terus, bikin tidur gak nyeyak, nafsu makan berkurang, dan hidupun jadi kurang bergairah hihihi...
Dalam hati berfikir (apa saya wujudkan saja)  

Keesokan harinya saya iseng membahas tentang Gunung Sumbing lagi dan teman-teman pun menyambut perkataanku itu dengan candaan lagi dari mereka, tapi pada saat itu saya juga menegaskan dalam hati terutama saya sendiri bahwa ini rencana mesti terwujud dengan siapapun dan kapanpun. 

Teman-temanpun menanyakan keseriusan tentang itu dan saat itu juga kami memutuskan untuk mendaki ke Gunung Sumbing  pada Rabu, 4 Juli 2018.

Pendakian Gunung Sumbing

Gunung Sumbing secara administrative merupakan Gunung berapi yang terletak di tiga wilayah Kabupaten, yaitu Magelang, Temanggung dan Wonosobo dan memiliki ketinggian 3.371 Mdpl yang merupakan gunung tertinggi ke dua di Jawa Tengah, Gunung Sumbing memiliki banyak sekali cerita, mulai dari legenda, mitos dan cerita mistis. Tapi anehnya semua itu malah menjadi daya tarik tersendiri bagi para pendaki.

Sedikit cerita rakyat  mengenai kenapa dinamakan Gunung Sumbing, jadi pada jaman dahuluuu… ada sebuah keluarga yang mempunyai dua anak kembar, mereka berdua selalu bertengkar, anak yang kedua selalu banyak tingkah, sangat berbeda dengan kakaknya yang sopan dan santun, karena sangkin kesalnya kemudian sang Ayah memukul anak tersebut hingga mulutnya sumbing. Kemudian kisah inipun diabadikan oleh warga sekitar melaui nama Gunung Si-Ndoro dan Si-Sumbing.

Jalur Pendakian Gunung Sumbing

Ada sekitar lima jalur untuk mendaki Gunung Sumbing, yaitu :
- Jalur pendakian Gunung Sumbing Via Kledung Garung
- Jalur pendakian Gunung Sumbing Via Parakan
- Jalur pendakian Gunung Sumbing Via Kaliangkrik
- Jalur pendakian Gunung Sumbing Via Boeongso
- Jalur pendakian Gunung Sumbing Via Sipetung

Perjalanan Pendakian MT Sumbing Via garung

3 Juli 2018 tepatnya hari selasa kami berkumpul untuk memastikan siapa saja yang akan ikut, dan saat itu yang dari rencana awal akan berangkat 7 orang ahirnya hanya tersisa 4 orang saja yang memutuskan untuk berangkat. (saya,  Agus,  Wawan, Dan Untung)

Esok harinya perjalananpun dimulai,  berangkat dari rumah jam 10 pagi dengan tujuan Garung-Wonosobo menggunakan motor, kami berempat sama sekali tidak ada yang tahu jalan menuju Basecamp Gunung Sumbing, yang saya tahu Base Camp Sumbing terletak di daerah Kledung Garung Wonosobo, hanya itu yang menjadi patokan kami, selebihnya nanya-nanya di jalan. Hahaha…

Target kita sampai ke Basecamp adalah 3 jam, setengah perjalanan waktu menunjukan jam 12an lewat,  kita memutuskan untuk berhenti sejenak di Masjid dan beristirahat, waktu itu baru sampai ke daerah Banjarnegara tepatnya di Purwareja Klampok. 

Dalam hati saya berfikir "Sepertinya waktu bakalan molor".  Ohhh nooo 🤦♂😱🤣🤣. 

Selesai istirahat dan sholat kami melanjutkan perjalanan,  dan saat itu matahari sedang terik terik nya,,  ☀🌤🌤☀💥

Pada saat sudah menunjukan jam 2 siang kita sudah mulai memasuki daerah Wonosobo, dan saat itu kita mulai memperlambat laju kendaraan sambil melihat papan penunjuk arah menuju daerah Garung.

Diatas motor sambil jalan, teman saya "Untung" bilang,  "gimana kalo kita istirahat sebentar sambil belanja logistik" karna memang pada saat kami berangkat belum membeli bekal apapun,  tas pun masih banyak yang kosong,  pikir kami berempat bener juga.  Ahirnya kita berhenti di salah satu minimarket ambil beristirahat. (Posisi sudah berada di wonosobo) 

Sangat beruntung saat kami berhenti di Minimarket karena pemandangan didepan minimarket itu adalah Gunung Sindoro yang berdampingan dengan Gunung  Sumbing. 

Dalam hati kita sangat senang karna sudah dekat. 
Saat itu ada kejadian lucu sekaligus menyebalkan,  waktu itu saya bertanya kepada pegawai minimarket yang kebetulan cewek?,  tentang Basecamp Gunung Sumbing yang berada di daerah Kledung Garung,  dan si mbaknya ngasih tau.

"Mas tinggal lurus aja terus ngikutin jalur ini sampai mentok,  nanti ada pintu masuknya disitu mas”.

Seketika itupun sayapun langsung percaya dan mengajak teman teman saya untuk melanjutkan perjalanan kami. Sekitar 1 jam stengah kami lanjut perjalanan kok ngga sampe sampe,,,  🤔🤔🤔
Perasaan pun mulai kacau karna saat itu sudah jam 4 soree,  pikir kami apa kami nyasar🤔❓⁉❓

Kita masih lanjutkan perjalanan, dan pada saat itu kami bertanya sama pada pemilik warung yang ada di pinggir jalan, dan pemilik warung tersebut pun bilang, "waduh mas udah kelewat jauhh, memang ini benar daerah Garung,  tapi disini Garung yang menuju ke DIENG.

Ohhh gusstiii dan ternyata nyasar gara gara mba mba minimarket 🤣🤣🤣 . 
2 jam waktu terbuang sia-sia cuma buat nyasar.  Oh noo🤦♂
Hampir putus asa dan tidak mau melanjutkan perjalanan,  tapi apa boleh buat sudah sampai sejauh ini, dan kita berputar arah,  sembari bertanya kepada penduduk setempat, dan untuk berbalik arahpun memakan waktu yang cukup lama.

Dan ahirnya kita sampai ke Basecamp Gunung Sumbing Kledung Garung jam 16:37 saat itu.  Dan ternyata sekitar 100meter lagi sudah perbatasan antara Wonosobo  dan Temanggung. 

Basecamp Gunung Sumbing

Kita beristirahat di Basecamp dan membeli makan karna kebetulan disamping Basecamp ada warung makan 🤣🤣
Selesai beres makan kamipun bersiap-siap dan melakukan  registrasi, 15.000/Orang dan parkir 2 motor 10.000.  

Pos I – MALIM (1,5 jam)
Jam 17:10 kami melakukan pendakian. Saat itu kami ditawari sama penjaga Basecamp untuk menaiki ojeg sampai dengan pos 1, karna katanya kalo ditempuh perjalanan kaki memakan waktu 2,5jam. 

Cukup lama juga yaaa….

Sempat terfikir apa kita mau naik ojeg aja karena saat itu banyak pendaki dan hampir seluruh pendaki pada naik ojeg sampai pos 1. Namun saat itu Agus bersih kukuh tidak mau naik ojeg,  dan akhirnya semuanya  tidak ada yang naik. 

Perjalanan mulai gelap dan Adzan magribpun berkumandang, kami belum sampai di pos 1, tapi tidak lama kemudian sekitar setengah jam jalan terlihat pos 1 dan kita sampai di pos 1 tepat jam 18.35 yaitu Pos Malim, kita berempat berfikir tentang masalah tawaran jasa ojeg tadi yang katanya memakan waktu 2,5 jam, namun kenyataanya kita hanya menempuh 1,5 jam. 

Jalur dari Basecamp ke pos 1 sudah rapi dengan batu namun tidak diaspal, karna itu jalur perkebunan warga setempat. Tidak lama beristirahat di pos 1, kamipun melanjutkan perjalanan menuju pos 2.

Pos II ( 35 Menit )
Perjalanan dari pos 1 ke pos 2 tidak butuh waktu lama  cuma sekitar 35menit kita sampai di pos 2,  saya lupa nama posnya karena  pada saat itu sudah malam tidak sempat melihat papan pos hanya terlihat ada tulisan pos 2, jalur dari pos 1 sampai pos 2 pun tidak sulit dan cukup lebar.

Lanjut perjalanan menuju pos 3, banyak juga saat itu kita berpapasan dengan pendaki yg turun dari puncak.

Pos III (1 Jam)
Saat menuju pos 3 kami melihat peta rute pendakian,  ada jalur yang dinamakan “engkol-engkolan” saya pikir jalannya berkelak kelok,  dan ternyata saat kami menemui jalur tersebut ternyata jalurnya lumayan ekstrim kemiringan hampir mau 90 derajat, yang bikin susah lagi karna jalurnya didominasi oleh tanah namun sangat gersang dan sangat-sangat berdebu,  itu membuat kita berempat sangat berhati-hati terlebih saat menginjakan kaki,  jika salah bisa mengakibatkan kita jatuh dan menggelinding ke bawah,  pegangan pun saat itu hanya ada rumput-rumput kecil yang sesekali jika di pegang rontok. Saat saya mengunakan kaki pun sepatu saya sampai terendam tak terlihat oleh debu karna saking tebalnya.

Jika jalurnya tidak berdebu mungkin tidak akan memakan waktu yang cukup lama mungkin sekitar 40 menit.  Tapi pada saat itu kita hampir memakan waktu 1jam. 

Post III (1,5 Jam)
Tidak lama setelah melewati jalur engkol-engkolan kita sampai di pos 3 yaitu GENIUS kalo tidak salah dan waktu itu jam 9 lewat, hampir jam 10. Di pos 3 ada tempat cukup luas untuk camping yang bisa menampung sekitar 4-5 tenda,  namun medanya lumayan miring, dan kamipun sepakat mendirikan tenda disitu karna badan juga sudah mulai lelah dan lapar, setelah kita istirahat,  makan,  dan sedikit bergurau,  kita tidur, dan melanjutkan perjalanan esok harinya. 

Pagi harinya jam setengah 5 pagi,  saya bangun dan bikin kopi sedikit menghangatkan tubuh sembari menunggu fajar. 

POS III Gunung Sumbing

Sunrice Camp Sumbing

Jam 6 pagi kita mulai menuju puncak dengan target jam 8 sudah di puncak, suhu pada saat itu masih normal seperti pada umumnya dan tidak juga terlalu dingin, jalur masih didominasi dengan tanah namun sedikit mulai berbatu kecil. 
Kita mulai menemui bunga edelweiss yang tumbuh dan jalur semakin berbatu semakin ke atas jalur semuanya didominasi batu-batu besar, disepanjang perjalanan kita disuguhi pemandangan sabana yang cukup luas dan disamping kita Gunung Sindoro yang amat cantiknya,  dan juga puncak Gunung Slamet yang ikut terlihat pula meskipun terlihat kecil. 

Track Menuju Puncak Sumbing

Kurang lebih sekitar jam 7:40 sampailah kita di pasar Watu, di Pasar Watu kita sudah merasa seperti di puncak karna dari pos 3 saja kita sudah berada di atas samudra awan. Di Pasar Watu ada dua jalur kekanan dan kiri tetapi ambilah jalur yang kekanan sesuai petunjuk yang ada di peta karena itu jalur menuju puncak,  sedangkan ke kiri adalah jalur puncak buntu.

Dan Alhamdulillah puji syukur atas nikmat Tuhan, kami bisa menapakan kaki diketinggian 3371 Mdpl Puncak tertinggi ketiga Sindoro Sumbing, dengan pemandangan yang begitu indah, Maha Besar Allah.
Puncak Gunung Sumbing

Semedi di Gunung Sumbing

Setelah merasa puas berada di atas kita mulai turun sekitar jam stengah 10, sesampainya di pos 3 tempat kita camp,  kita memasak dan makan untuk bekal, dan segera bergegas turun.  

Waktu untuk turun kita lebih cepat dibandingkan dengan saat naik, saat itu jam 11 lebih kita turun dan sampai di Basecamp jam 2 tepat. 
Sedikit beristirahat,  makan dan bersih bersih, dan ahirnya kitapun pulang dan sampai rumah jam stengah 7 malam. 
Lebih cepat dari berangkat karna ngga pake nyasar 🤣🤣🤣🤣

God Bye MT Sumbing, I Will Miss U....



Sunday, June 24, 2018

Nyobain Bakso dan Mie Ayam Glempang Cab. Warungpring

Mie Ayam Glempang

Dari sekian banyak pedagang dadakan menjelang lebaran mulai dari ponakan-ponakan saya juga yang ikut-ikutan jualan seblak cuman satu yang menarik perhatian saya, tapi ini bukan merupakan pedagang dadakan, ini bener-bener niat jualan, terlihat dari bangunannya yang permanen, dan lokasi yang strategis.
Bakso dan Mie Ayam Glempang namanya, yang terletak di perempatan Warungpring, kalau saya analisis dari namanya mie ayam ini sepertinya sudah terkenal, Glempang sendiri diambil dari nama suatu desa di Gendowang, dari situ sayapun merasa penasaran dengan rasanya, sepulang dari service motor di Randudongkal sayapun langsung mengeksekusinya.

Mie Ayam Warungpring

Kesan pertama, lspontan idah saya berbisik, "rasa yang pas" mienya agak besar tapi kenyal kuahnya gak terlalu kental dan gak terlalu bening, kalau menurut saya rasanya pas, harganyapun juga pas sesuai dengan rasanya "worth it lah" kalau anak sekarang bilang, 
Satu porsi mie ayam cuman 8.000, Bakso 11.000, mie ayam+Bakso 11.000 es the manis 3.000  cuman sambalnya kurang pedas kalau menurut saya (mungkin waktu itu cabe lagi mahal ckckck)

Dikarenakan saya baru nyobainnya mie ayamnya jadi untuk baksonya belum tau rasanya bagaimana, dalam waktu dekat ini mungkin bakalan nyicipin, ayooo silahkan yang pengin traktir bakso mumpung ada kesempatan ckckckck

Buat kalian yang penasaran juga, langsung saja eksekusi, tempatnya luas dan bersih bisa menampung sekitar 20 orang, so jangan ragu kalau mau bawa temen-temen setongkrongan, misalnya mau traktir ulang tahun gitu hehe
Untuk aneka minuman sepertinya baru ada the dan jeruk saja, belum ada jus.

#KulinerPemalang #ExplorePemalang

Sunday, June 17, 2018

Eksotisme Air Terjun Situmurun yang Turun Langsung ke Danau Toba

Air Terjun Situmurun
sumber:cometoliketoba.com
Sudah pernah merasakan perjalanan darat menuju Sumatera Utara? Buat yang belum pernah, mungkin perlu dipertimbangkan suatu saat nanti, berbekal tiket bus dan memulai petualangan menyusuri jalanan dari ibukota menuju ‘Jakarta van Sumatera’ ini.

Sumatera Utara memang sangat lengkap. Mulai dari kota metropolis, sampai danau yang tercipta dari mega-letusan gunung purba pun ada. Iya, nama Danau Toba pasti nggak asing buat kamu, meski mungkin masih belum menyempatkan diri untuk datang ke sana. Nggak hanya mistis dengan kebudayaan masyarakat Batak Toba, keindahan alam di sekitarnya juga sangat eksotis. Bakal membuatmu betah berlama-lama di sana.
Sambil cari tiket bus menuju ke Sumatera Utara, ketahui sedikit tentang Air Terjun Situmurun.

Eksotisme Situmurun

Salah satu eksotisme alam di Danau Toba adalah Air Terjun Situmurun. Dari sekian banyak air terjun yang ada di Sumatera Utara, Situmurun menjadi satu yang punya keunikan. Air terjun ini sering disebut Air Terjun Binangalom, yang artinya dalam bahasa Batak, kurang lebih, adalah sungai yang sejuk.
Rute ke Air Terjun Situmurun
sumber:digitaloceanspaces.com
Sesuai dengan namanya, Air Terjun Situmurung memang sejuk karena airnya berasal dari pegunungan. Selain itu, kondisi alam di sekitarnya juga sangat indah. Bayangkan, menikmati sungai yang airnya terjun ke Danau Toba. Di mana lagi bisa menikmati pemandangan seperti ini kalau nggak di Danau Toba?

Tips Saat Menikmati Air Terjun Situmurun

Di Air Terjun Situmurun, kamu bisa menikmati kesegaran airnya dengan cara unik, melompat dari dinding batu, atau berenang sambil merasakan hempasan air yang terjun dari ketinggian 70 meter. Tapi sebaiknya hati-hati karena kedalaman danau yang ada di sekitar air terjun ini mencapai 500 meter, lho. Waduh, lebih dalam dari perairan Laut Jawa yang rata-rata ‘hanya’ sekitar 50 meteran. Sebaiknya memiliki skill berenang yang mumpuni sebelum terjun untuk menikmati kesegaran Air Terjun Situmurun ini.

Pesona Air Terjun Situmurun
sumber:cumacuma.org
Buat yang nggak bisa berenang? Jangan nekat. Sebaiknya resapi keindahan Situmurun dengan kegiatan lain, seperti mencari sudut terbaik untuk diabadikan, memanfaatkan suara-suara alam untuk bersemedi, atau menenangkan diri sambil mencari inspirasi. Bakalan bikin kamu puas, merasa nggak rugi sudah meluangkan waktu demi berburu tiket bus menuju Sumatera Utara dan melihat pemandangan seindah itu.

Cara Menuju Air Terjun Situmurun

Untuk mencapai Air Terjun Situmurun, dari Medan, kamu harus membeli tiket bus menuju ke Balige terlebih dahulu. Sampai sana, lanjutkan perjalanan sejauh 70 kilometer menuju Desa Binangalom, Kecamatan Lumban Julu, Kabupaten Tobasa. Kalau kesulitan menemukannya, bisa bertanya kepada petugas hotel mengenai cara atau jasa traveling apa yang bisa membawamu ke sana.
Sudah siap untuk menempuh perjalanan jauh, berbekal tiket bus menuju Sumatera Utara demi Air Terjun Situmurun?

Saturday, May 19, 2018

Pengalaman Pertama Jadi Driver Ojol

“Saaalam satu aspal....Saaalam satu aspal... Saaalam satu aspal...” Ayooo nyanyi bareng dong biar semangat....

“Jangan di cancel... Jangan di cancel...”

“Semoga lelah ini menjadi berkahh....”

Gaiss setelah kemaren saya share soal pengalaman daftar jadi driver ojol di Cikarang, hari ini saya mau kembali bercerita soal pengalaman pertama saya menjadi driver ojek online dan pendapatan yang didapat selama 2 Hari :D. Meskipun cuman dua hari tapi mudah-mudahan bisa menjadi analisa temen- temen ojol dalam menjemput rezeki.

Saya daftar driver ojol pada tanggal 15 Mei 2018 dan mulai ngebid pada tanggal 17 Mei 2018, jujur sebagai pemula saya masih merasa takut dan malu, apalagi ketika teman-teman seperti pada shock mendengar pekerjaan saya yang sekarang.
Takut karena di daerah Cikarang ojek sebagian besar masih dikuasai oleh ojek-ojek pengkolan. Tapi karena setiap hari dikejar-kejar terus sama kebutuhan ahirnya mau tak mau saya harus melawan itu semua.


Pelanggan Pertama

Pelanggan pertama dimulai dari seorang gadis yang sedang terburu-buru mau berangkat kerja, usai nganterin sampai lokasi entah kenapa hati ini merasakan kebahagiaan yang HQQ bisa nganterin embaknya berangkat kerja, tapi mungkin ini efek kelamaan menjomblo :( ok abaikan…!

Habis nganterin mbaknya saya cobo nongkrong seperti driver-driver ojol yang lainya, tepatnya di Jababeka dekat dengan PT. Matel Indonesia.  Pada saat sedang nongkrong, satu persatu temen ojol mendatangi saya dan akhirnya kita ngobrol ngalor ngidul tentang perojolan, saling cerita dan berbagi pengalaman. Senang bisa dapat teman seperjuangan.

Orderanpun kembali masuk dan saya harus meninggalkan mereka. Tujuan kali ini dekat dengan tempat saya tinggal, akhirnya saya memutuskan untuk stay nungguin orderan lain di kosan, dan sekitar pukul 10:00 dapat lagi satu orderan masuk, namun setelah itu sudah tak adalagi. Jadi dalam sehari saya cuman dapat 3 orderan saja dengan tarif semuanya 7.000

Setelah saya coba cari info terkait pendapatan, teman-teman yang lain juga ternyata sama, dan katanya kebanyakan pada ngebidnya di Jakarta, katanya nyari 100.000/Hari juga enteng banget kalau di Jakarta.
Karena target 100.000/hari itu tidak tercapai di Cikarang, sayapun memberanikan diri ke Jakarta. Berangkat pukul 05:00 dari Cikarang.

Sepanjang jalan Cikarang-Jakarta sempat pesimis karena belum ada yang nyangkut satupun, sementara baris bahan bakar menunjukan baris ke satu yang artinya akan habis, supaya tidak kerepotan nantinya sayapun melipir ke SPBU terdekat, disitulah Alhamdulillah dapat orderan masuk menuju ke Stasiun Bekasi. Pelanggan kali ini menggunakan promonya, saya jadi bisa merasakan rasanya dibayar pakai promo hihihi sedihhh tapi bagaimanapun rezeki yang kita dapat harus kita syukuri malah kita harusnya bahagia karena bisa memberikan jasa yang murah kepada yang membutuhkan, kebalikanya ketika kita mendapat tips dari customer, kita akan merasa senang dan senantiasa mendoakan orang tersebut.

Sampainya di Stasiun Bekasi ribuan Ojol pada mangkal disitu, senang karena jadi tidak takut lagi sama ojek pengkolan, meskipun masih tetap dapat teguran karena berenti di area ojek pengkolan. Nunggu hampir setengah jam akhirnya masuk juga orderan yang kedua, masih dengan tarif promo yang digunakan sedih tapi inget lagi dibalik promo masih banyak orang-orang baik yang suka kasih tips.

Sebenarnya setiap habis nganterin customer penginya mangkal dulu nungguin order lagi, tapi lagi-lagi gak bisa asal mangkal sembarangan di wilayah orang, jadi mau tak mau harus melipir kelokasi yang agak ramai banyak ojolnya, pas lagi jalan Alhamdulillah dapat lagi order kali ini dari Grab Express harganya cukup lumayan 52.000 dan dikasih tips 6.000 meskipun jaraknya lumayan jauh.

Pengalaman jadi Ojol

Jadi gaes buat kalian kalau mau dapat order banyak coba deh lari ke daerah Jakarta Insa Allah orderan melimpah asal kuat aja, saya aja sehari dapat 125.000/hari mungkin kalau handphone saya gak lowbet bakalan dapat deh sampai 200.000an. dari situ Power Bank sangat dibutuhin sekali dan supaya bisa order terus saya modalin beli power bank untuk hari berikutnya, doainya mudah-mudahan gacoorrr….

Thursday, May 17, 2018

Pengalaman Daftar Grab di Cikarang

Hal pertama kebodohan yang saya lakukan adalah menginginkan satu hal yang instan, berawal dari sekian banyak rumor antrian pendaftaran ojek online yang panjangnya minta ampun, saya memilih menggunakan jasa pihak ketiga. Saya mendapatkan info tersebut dari salah satu driver ojol yang beberapa minggu lalu saya tumpangi, dia bercerita kalau dia juga daftar via pihak ketiga dengan membayar sekian rupiah. Dari obrolan singkat tersebut saya menyimpulkan kalau kita hanya terima beres saja tanpa mengikuti proses recrutmen dari pihak ojol. Tapi ternyata tidak, alias sama aja seperti ngurus sendiri ckckck

Tempat Pendaftaran Grab Cikarang

Oke buat kalian yang lagi cari info seputar pendaftaran Grab kalian sudah datang ke blog yang tepat ckckck langsung saja sebelum kalian ketempat pendaftaran grab lengkapi dulu berkas-berkas seperti di bawah ini :

Persyaratan Daftar Ojol Grab

1. FC KTP yang masih berlaku dan bawa Aslinya
2. FC SIM yang masih berlaku dan bawa Aslinya
3. FC STNK yang masih berlaku dan bawa Aslinya 
4. FC SKCK yang masih berlaku dan bawa Aslinya (Minimal Aktiv 2 Minggu kedepan)
5. Surat Domisili jika menggunakan KTP luar Jabodetabek

Setelah semuanya lengkap langkah selanjutnya kalian bisa melakukan registrasi sendiri agar proses ketika dilokasi pendaftaran petugas hanya tinggal ceklist saja.

Cara Registrasi Grab Driver

- Downloads Aplikasi Grab Driver
- Klik Sign Up/ Daftar
- Memasukan email dan no HP kalau tidak salah :D
- Masukan kode otentikasi yang dikirim via SMS dan klik OK
- Buka Email, klik link petunjuk yang dikirim yang menuju ke formulir pendaftaran, dan isi semua yang wajib di isi.
- Untuk link domisili kalian bisa masukan di kolom Kartu Keluarga /kesehatan
- Untuk foto profil kalian bisa menyusul di lokasi karena harus menggunakan seragam Grab, atau kalian bisa pinjem punya teman sebentar.
- Untuk STNK diusahan harus jelas, keduanya disejajarkan dilepas dulu dari plastiknya (ingat harus jelas, jangan asal)


Setelah pendaftaran selesai langkah selanjutnya adalah datang kelokasi pendaftaran atau Safety Riding untuk wilayah Cikarang sendiri teletak di RM Suryakencana Cikarang, setelah sampai disana, saya bertemu dengan ratusan banyak manusia yang sedang melakukan pendaftaran ojek online, dan saya bingung harus kemana dulu :D

"Mas maaf mau tanya?"
"Permisi mas, maaf mau tanya, saya sudah daftar via online terus bagaimana ya mas?"
"Ohh… kesana aja dulu mas"

Saya disuruh mengarah ke area segrombolan banyak orang, sampai disana saya bingung lagi harus kebagian mana, disana terdapat banyak orang yang sedang training, dan orang-orang yang sedang melakukan pendaftaran seperti saya yang barusan, cuman bedanya saya melakukan pendaftaran sendiri sedangkan orang-orang itu melakukan pendaftaran dilokasi yang dibantu sama petugas pendaftaran.

Antrian Pendaftaran Grab

"Mas maaf saya sudah daftar lewat online?"
Karena petugasnya sibuk mengurusi orang banyak jadi dia tidak langsung merespon pertanyaan saya, dan saya memaklumi hal tersebut.

"Mas saya sudah daftar lewat online terus bagaimana ya mas?"
"Berkasnya sudah di uploads semua belum mas?"
"Fotonya sudah pakai jaket Grab belum mas?"

"Sudah mas."
"Sebentar nanti saya cek dulu ya..!"

Petugas yang satu ini terlihat sabar membantu beberapa client yang ingin melakukan pendaftaran, ditambah koneksi internet yang kurang bersahabat.

Mas petugasnya kemudian mengecek kelengkapan dokument yang sudah saya uploads ke formulir pendaftaran, setelah semuanya ok kemudian saya dikasih formulir untuk diisi. Teman-teman yang lain yang melakukan pendaftaran on the spot alias tidak melakukan pendaftaran online di rumah, tidak dikenakan biaya sepeserpun padahal info sebelumnya katanya kalau daftar di tempat kena biaya sekian, makanya saya lebih memilih daftar via pihak ketiga supaya dapat harga lebih murah.

Setelah cek dokument dan pengisian formulir sudah selesai, tahap selanjutnya adalah cek fisik kendaraan. Kami semua berbaris dan menaiki motor masing-masing, kemudian petugas memerintahkan kami satu persatu untuk menyalakan motor, sen kanan kiri, sambil memperhatikan masa pajak motor kami. Setelah cek fisik kendaraan selesai tahap selanjutnya adalah safety riding.

Jujur ini menjadi hal pertama buat saua karena dulu pas bikin SIM C entahlah saya tidak tahu kenapa tidak ada safety ridingnya, mungkin karena dulu sankin banyaknya yang mau bikin SIM kali jadi biar cepet langsung aja gak perlu tes-tesan ckckck :D 
Pada tahap safety riding ini petugas mempraktekanya terlebih dahulu, dengan menggunakan motor byson sambil boncengan, terlihat sangat mahir bahkan ketika saya meminta untuk mengulanginya lagi dia masih berhasil mengitari beberapa titik yang menjadi tes kami.

Safety Riding Pendafran Grab

Tesnya yang pertama kalian jalan dan berhenti, ketika berhenti kaki yang harus turun adalah kaki kiri, bukan kaki kanan, setelah itu memasuki area lingkaran, setelah lingkaran adalah area zig zag dan disusul dengan membentuk angka delapan, terlihat sangat mudah tapi pas dipraktekan ternyata susah hahaha tapi Alhamdulillah saya berhasil dan bisa mengikuti tahap selanjutnya, yaitu training.

Training disini adalah penjelasan mengenain profil perusahaan, bagi hasil, dan beberapa peraturan yang harus kami patuhi ketika sudah bergabung dengan Grab, di sesi training ini kita harus betul-betul mendengarkan karena diakhir training akan ada post tes yang harus diisi dan yang akan menentukan seberapa besar pengetahuan kalian mengenai Grab dan penggunaanya yang sudah diterangkan sebelumnya. Dan kalau semisal kalian sudah merasa bisa seenggaknya bisa bersikap menghargai pembicara dan teman-teman yang lainya. Disela training saat petugas sedang menjelaskan beberapa materi ada salah satu dari kami yang sibuk mainan hape dan sedang mengisi post test terlebih dahulu sebelum disuruh dan hal ini membuat petugas sedikit kesal.

Dari post tes seputar pengetahuan tentang Grab tadi jika score kalian dibawah 80 makan kalian tidak bisa melanjutkan ke proses selanjutnya, yaitu aktivasi, tapi sepertinya hari ini petugas sedang baik dimana nilai dengan score 65pun masih bisa melanjutkan ke proses aktivasi.

Proses aktivasi ini saya harus menunjukan semua dokumen asli yang saya bawa, seperti KTP, SIM, SKCK, dan DOMISILI. Dokumen tidak diserahkan, cuman ditunjukan keaslianya saja, setelah proses aktivasi selesai tahap selanjutnya adalah pengambilan helm dan jaket. 

Kalau sebelumnya katanya kita mendapatkan 2 helm dan 2 jaket tapi harus bayar dan mencicilnya setiap hari 10.000. Tapi kali ini saya hanya mendaptakan 1 helm dan 1 jacket beserta saldo 100.000 secara gratis. Saya sangat bersyukur sekali dan terima kasih banyak, mungkin jika saya mau bersabar saya tidak akan mengalami kebodohan seperti di atas,  tapi saya tidak menyesalinya karena semua orang berhak mengambil kesempatan atas apa yang dia punya dan orang lain butuhkan dengan yakin dan percaya diri. Karena itu merupakan satu peluang usaha.

Proses Pendaftaran Grabbike


Mungkin banyak yang bertanya kok gratis??
Jadi karena beberapa hari lagi menjelang ramadhan dan maraknya jual beli online Grab sedang memprioritaskan untuk penggunaan Grab Express, jadi layanan Grab Driver saya adalah lebih banyak di Grab Express untuk jam-jam operasional ( 09:00 – 18:00 ) dijam tersebut saya tidak bisa mengambil penumpang Grab Bike. 


Wednesday, May 9, 2018

Alfatrex Solusi Cepat Pengiriman Barang dengan Memaksimalkan 13.500 Cabang Alfamart di Indonesia

alfatrex

Di Jaman sekarang yang semuanya serba online, terutama dalam hal beli-beli, jasa pengiriman logistik menjadi salah satu dari masalah utama yang ada, dimana sering terjadinya masalah telat pengiriman, barang cacat atau kurir yang tidak menemukan alamat tujuan, dan berbagai macam masalah lainya. Hal itu menjadi wajar ketika pertumbuhan e-commerce di Indonesia semakin banyak tetapi minimnya jasa pengiriman di Indonesia, membuat kurir kualahan dalam menerima permintaan konsumen setiap harinya.

Dari masalah tersebut tentunya kebutuhan akan tenaga kerja yang besar sangatlah dibutuhkan agar dapat mengejar target yang dijanjikan.

Alfamart sebagai Leading Retailer Indonesia yang sudah memiliki cabang sekitar 13.500 di Indonesia tidak mau tinggal diam, melihat banyaknya permasalahan yang ada akibat pertumbuhan e-commerce yang pesat di Indonesia, dengan inovasi barunya untuk menjawab permasalahan tersebut Alfamart menghadirkan Alfatrex sebagai jasa pengirman logistik yang akan mengandalkan 13.500 cabangnya di Indonesia.

Alfamart yakin dan percaya dengan produk dan pelayanan yang dimilki, Alfatrex akan menjawab berbagai macam masalah seiring berkembangnya e-commerce di Indonesia, nah tentunya kalian penasarankan apa saja dan bagaimana system pengiriman dengan Alfatrex.

Grand Launching Alfatrex di SCBD De Pallas

Senin 7 Mei 2018, berkesempatan bisa menghadiri Grand Launchingya di SCBD De Pallas Sudirman Jakarta Pusat, dari serangkaian acara Alfamart menggandeng beberapa narasumber untuk ngobrolin Digital Bussinesnya Alfamart yaitu : 
- Dony Maya Wardhana ( E-Commerce and Logistic Practitioner )
- M. feriadi ( Chief of Asperindo )
- Mira Sahid ( Blog & Digital Practitioner )
- Lisa Widodo ( SPV Operations & Product Management of Blibli.com)

Acara yang super keren ini dibuka oleh Bpk Bambang Setyawan Djojo selaku Direktur Alfamart, dan dilanjut dengan Talkshow bareng empat narasumber di atas, dan di Akhiri dengan Launching Produk barunya yaitu Alfatrex.

Grand launching Alfatrex

Grand launching Alfatrex

Produk dan Layanan Alfatrex

Alfatrek memiliki 4 keunggulan produk yaitu :
1. Same day Service (SDS) yaitu layanan pengiriman barang atau paket cepat ke seluruh wilayah Indonesia dengan waktu pengiriman DIHARI YANG SAMA sampai tujuan.
2. Next Day Service (NDS) yaitu layanan pengiriman barang atau paket cepat ke seluruh wilayah Indonesia dengan waktu pengiriman KEESOKAN HARINYA (1HARI)
3. Reguler Service (RGS) yaitu layanan pengiriman barang atau paket cepat ke seluruh wilayah Indonesia dengan estimasi waktu 1 SAMPAI 7 HARI berdasarkan zona daerah tujuan pengiriman
4. Economy Service (ECS) yaitu penegiriman paket dalam jumlah besar.


Layanan Alfatrex

Layanan Alfatrex ada 2, yaitu DOOR to DOOR dan DOOR to STORE, yang menarik dari layanan tersebut adalah dimana kita tidak perlu lagi mendatangi Store Alfamartnya langsung, melainkan dijemput langsung oleh pihak Alfamart, ini kalau menurut saya solusi banget buat para E-commerce yang tidak sempat keluar karena terlalu banyak pesanan.

Produk dan layanan Alfatrex


Nyobain Kirim Barang via Alfatrex

Selasa, 8 Mei 2018. Saya yang suka dengan hal barupun sekaligus ingin menjadi orang pertama yang menikmati layanan barunya Alfamart langsung nyobain kirim barang via Alfatrex, nah untuk caranya sangat simple dan bisa dilakukan sendiri terlebih dulu supaya transaksi bisa lebih cepat.
1. Downloads Aplikasi Alfatrex di Plyastore atau akses langsung alfatrex.id
2. Register
3. Kirim Sekarang
4. Isi data kamu dan data penerima
5. Isi ukuran barang yang akan dikirim 
6. Jangan lupa masukan kode diskon ALFATREXLAUNCHING untuk mendapatkan free 3x ongkir untuk 1Kg pertama.
7. Selesai

Setelah berhasil kalian akan menerima kode booking yang berlaku selama tiga hari, kode booking ini juga akan dikirim ke email, karena saya mau kirimnya sekarang, saya langsung saja pergi ke Alfamart terdekat, dan menanyakan perihal Alfatrex, saya bilang saya sudah input via web, dan mas mas kasirnya langsung meminta kode booking yang saya dapatkan, dan tidak sampai 5 menit transaksi pengiriman barangpun selesai, selain dapat diskon saya juga dapat 1 botol teh Caaya. 

Selain Alfamart juga bisa melalui Alfamidi, dan DAN DAN.

Cara Kirim Barang Via Alfatrex


Kelebihan Kirim Barang Via Alfatrex

1. Bisa Door To Door
2. Buka 24 Jam
3. Proses Cepat
4. Bisa kirim barang besar
5. Cabang dimana-mana.

Nyobain Kirim Barang Via Alfatrex

Note : Periode voucher berlaku sampai dengan 15 Juli 2018, So Kirim Sekarang 
#KirimSekarang #Alfatrex

Friday, May 4, 2018

Ayam Bakar Panik Jababeka

Setelah kemaren saya bahas soal Nasi Padang yang menurut lidah saya recommended buat di cobain, kali ini saya beralih mencoba mencicipi makanan selanjutnya yang masih disekitaran Jababeka, mungkin bisa juga kalian coba buat yang doyan dengan ayam bakar.

Kalau menurut saya membuat ayam bakat bukan persoalan yang mudah, diperlukan beberapa tips supaya ayam menjadi empuk dan enak, kebanyakan sebelum di bakar ayam sudah dimatangkan setengah matang dulu, kemudian di bakar. Mungkin terlihat gampang, tapi buat yang tidak berpengalaman kebanyakan hasilnya tidak memuaskan, jarang sekali saya menemukan ayam bakar yang enak, sehingga ketika saya menemukan satu masakan ayam bakar yang enak, saya cepat mengingatnya.

Menurut Saya pribadi, ayam bakar yang enak adalah, ayam yang di bakar dengan bumbu yang meresap ke dalam dagingnya, biasanya sambal kecap yang di oles-oleskan saat proses pembakaran ayam tersebut, tidak hanya itu, tempat pembakaranyapun menjadi peran penting dalam mengenakan ayam bakar tersebut, dan naturalanya pembakaran haruslah menggunakan arang, namun seiring perkembangan teknologi, sekarang sudah ada pembakaran ayam dengan gas, dan itu yang menurut saya membuat rasa pada ayam bakar jadi kurang enak.


Dan ayam bakar yang menurut lidah saya rekomended di Jababeka adalah salah satunya di Ayam Panik, whatever saya tidak peduli dengan namanya, terletak di Jl. Raya Pasirgombong Jababeka, sebelum rumah sakit Mitra Keluarga Cikarang, ayam bakar disana bumbunya mersap ke daging-dagingnya, Dan juga tersedia dua macam sambal yang bisa kalian coba, sambel merah yang rasanya biasa-biasa aja dan sambel merah yang rasanya pedas, untuk mengetahui rasanya saya pilih dua-duanya, dan dua-duanya euenaaakk.

Kuliner Jababeka

Kuliner Cikarang


Lokasinya juga cukup luas, tersedia juga aneka macam minuman dan jus yang bisa kalian pesan, untuk menu lain saya belum pernah mencobanya, namun beberapa kali pesan ayam bakar disitu saya tidak menyesal meskipun satu porsi ayam bakar plus esteh dihargai 21.000 tapi menurut saya worth it.
Selain itu masih ada lagi ni Ayam Bakar yang rasanya lebih enak lagi, dengan Ayam Bakar Kampung asli, Penasaran??? Pantau terus aja blog ini ckckckck


Disclaimer : Lidah setiap orang mempunyai rasa enak yang berbeda beda.


Tuesday, May 1, 2018

Nyobain Lagi Nasi Padang Beringin Jababeka

Meskipun sudah pernah dikecewain dengan pelayananya tapi tidak tahu kenapa masih ingin mencoba kembali sekali lagi, berharap masih bisa merasakan rasa yang dulu pernah ada sebelum kecewa itu datang, dan sore ini saya mencoba datang kembali ke rumah makan di Nasi Padang Beringin yang lokasinya terletak di Ruko Commercial Center Jl. Jababeka Raya Pasir Gombong, Cikarang Utara, tepatnya di depan Hotel Holiday Inn.

Berharap banget sore ini tidak lagi mendapat pelayanan seperti waktu itu karena pengin menjadikan salah satu list warung padang favorit di Cikarang versi saya wkwkwk, dan Alhamdulillah sore itu saya mendapat pelayanan yang bagus dan bisa menikmati nasi padangnya dengan sangat lahap, entah karena sedang lapar, banyak masalah karena habis kena PHK, tapi yang jelas Nasi Padang yang disajikan sangat enak, meskipun ayam balado kesukaanku sudah habis.

Yang lain dari Nasi Padang Beringin Jababeka ini adalah tidak ada sayur nangkanya, tetapi diganti dengan Sayur kobis atau kol dan kacang panjang, setengah matang yang dicampur dengan sambal hijau. Itu yang membuat saya suka makan di nasi padang ini.

RM Beringin Jababeka

Tidak banyak yang akan saya ceritakan disini selain makananya yang menurut lidah saya enak, tempatnya yang rapih dan bersih dan ada bebrapa macam aneka jus yang bisa kalian pesan, setiap harinya juga ramai pengunjung, apalagi kalau pas jam makan siang, pernah satu kali pas ngajak tamu kantor makan siang disitu sampai mendapat waiting list hehehe tempat parkirnya juga luas dan aman, karena memang di dalam ruko, tapi biaya parkirnya lumayan mahal sihhh 3000/motor. 

Nasi Padang Jababeka

Selain ada Rumah Makan Padang yang menurut saya rekomended dan bisa kalian coba, disitu juga terdapat ATM Mandiri, BCA, Permata dan Indomaret, so buat kalian yang mungkin lagi bosen atau lagi bingung mau makan apa, bisa cobain Nasi Padang Beringin ini.
Saya pikir Nasi Padang Beringin ini hanya sebuah nama yang tak ada artinya, namun setelah saya kaji dan coba search di gugel, ternyata ada sejarahnya.


Sejarah RM. Beringin

Rumah Makan Beringin didirikan oleh H.Zainal DJamil (Alm)  pada tahun 1958-9. Yang merantau ke Jakarta dari Kampungnya di Solok Sumatra Barat. H.Zainal DJamil (Alm)  yang pada waktu itu berumur 20an datang ke Jakarta dengan modal keberanian sebagai pemuda dari ranah minang untuk mencoba nasib di Jakarta. 

Beberapa pekerjaan beliau coba, seperti kerja sebagai karyawan toko garmen, dan lain lain, namun tidak ada yang cocok.

Kemudian H.Zainal DJamil (Alm) menikahi Hj.Asmanidar yang juga berasal dari Solok Sumbar.

Awalnya hanya tinggal mengontrak di daerah Pisangan Lama, H.Zainal DJamil (Alm) dan Hj.Asmanidar mencoba bertahan dengan kehidupan di Ibukota. Pada sewaktu waktu, H.Zainal DJamil (Alm) bersahabat dengan Bapak Masri Djamil dan ditawarinya bantuan untuk membuka sendiri warung padang (waktu itu sempat bekerja sebagai karyawan warung padang namun tidak cocok) dan dengan kebaikan Sahabatnya, H.Zainal DJamil (Alm) kami mencoba untuk membuka sendiri warung padang di daerah Pintu Air Pasar Baru dengan hanya modal pas-pasan dan dengan warung tenda dibukalah pertama kali di tahun 1959.

Setelah itu usaha H.Zainal DJamil (Alm)  kami berkembang baik sampai sekarang dan pada tahun 1999 ayahanda kami berpulang ke Rahmatullah dan sekarang dilanjutkan oleh anak-anaknya.

Nahhh kurang lebih seperti itu sejarahnya, semoga bisa menginspirasi buat kita semua, dan semoga RM Beringin semakin berkah dan tetap menjaga pelayanan dan kualitasnya.

Sumber : http://rmberingin.blogspot.co.id/2009/08/sejarah-rmberingin.html

Thursday, April 26, 2018

Mau Liburan Hemat di Jakarta? Baca Ini Dulu!

Liburan murah di Jakarta

Bagi penduduk Jakarta, kota ini adalah sumber dari tekanan dan stres. Kepadatan penduduk, kemacetan kota, dan kesibukkan aktivitas membuat kota ini penuh dengan sesak. Namun, bagi penduduk luar Jakarta, kota metropolitan ini adalah salah satu tempat yang wajib didatangi sebagai tujuan wisata. Sebagai ibukota Indonesia, Jakarta mempunyai banyak tempat yang bisa dikunjungi. Misalnya museum sejarah, festival seni, bahkan sampai restoran terkenal pun ada di sini. Tetapi, kesan mahal tentunya juga sangat melekat, karena memang tidak bis dipungkiri bahwa Jakarta menjadi salah satu kota di Indonesia yang mempunyai biaya hidup yang paling tinggi. Nah, jika kamu adalah orang yang sangat ingin berkunjung ke Jakarta, kamu bisa mengikuti tips ini agar bisa tetap hemat selama liburan.

1. Cari tempat penginapan murah
Jika kamu ingin liburan hemat di Jakarta, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah kamu bisa mulai dengan mencari tempat tinggal yang murah. Sekarang sudah banyak, lho, penduduk yang menyewakan kamar di dalam rumah pribadi atau bahkan rumahnya dengan harga yang sangat bersahabat dengan fasilitas yang terbilang cukup memadai. Tetapi, jika kamu memang ingin lebih berhemat lagi, kamu bisa menumpang di rumah saudara atau teman dekat. Pastikan kamu tidak terlalu lama menginap sehingga tidak membuat mereka merasa disusahkan.

2. Makan hemat di restoran
Seiring dengan perkembangan teknologi, orang-orang sudah mulai menemukan inovasi yang bisa lebih memudahkan kehidupan kita sehari-hari. Dalam hal membeli makanan, kamu bisa menggunakan aplikasi yang bisa memberikan kamu uang kembali atau dengan kata lainnya yaitu cashback. Saat ini ada aplikasi bernama Cashback, yaitu aplikasi yang bisa memberikan kamu cashback secara instan, yang akan dikumpulkan di aplikasi tersebut. Setelah kamu mengumpulkan nominal di dalamnya, kamu bisa menggunakan uang yang terkumpul untuk membeli makanan. Bisa lebih berhemat, dong!

3. Naik Angkutan Umum? Kenapa Tidak?
Di Jakarta, kamu bisa pergi ke mana saja dengan angkutan umum. Mulai dari angkutan kota, bus, sampai commuter line bisa kamu manfaatkan di sini. Harganya juga tidak membuat kamu mengeluarkan biaya yang banyak. Jika kamu menggunakan setiap hari saat kamu berada di Jakarta, kamu akan menghemat sangat banyak. Terlebih jika kamu menggunakan commuter line, yaitu kereta dalam kota yang beroprasi khusus di wilayah Jabodetabek. Pastinya kamu berhemat dan terhindar dari kemacetan ibukota yang bisa menguras waktumu.

4. Pergi ke tempat wisata gratis
Jika kamu adalah orang yang suka berkunjung ke tempat wisata, Jakarta menyuguhkan banyak tujuan untukmu secara gratis! Kamu bisa pergi ke Kota Tua, Monumen Nasional, dan masih banyak lagi. Dengan fasilitas bebas biaya ini, kamu sudah bisa menikmati tempat bersejarah dan penuh cerita yang juga indah untuk diabadikan dengan berfoto. Contohnya seperti di Kota Tua, di mana setiap sudut lokasi ini membuat kita seakan-akan kembali ke jaman dahulu dengan berlalu-lalangnya sepeda ontel. Selain itu, Monumen Nasional juga tidak kalah menarik untuk diabadikan. Sudah gratis, kamu bisa mendapat kenang-kenangan juga!

Nah itu lah beberapa tips yang bisa kamu terapkan jika kamu ingin berkunjung ke Jakarta secara hemat. Memang Jakarta dikenal sebagai kota yang mahal karena biaya hidup yang tinggi. Namun, jika kita pintar mensiasatinya, Jakarta akan menjadi sebuah kota yang sangat ramah kepada turis. Selamat berlibur!

Penulis : Annisa Zahrina

Friday, April 20, 2018

Mendadak ke Negara Bekasi Bagian Babelan

Hi Gaes…hari ini saya mau cerita lagi soal jalan-jalan, semoga kalian tidak bosan ya…

Berawal dari malam minggu yang gabut, saya nekat pergi ke Jakarta pukul 20:00 WIB, rencananya mau numpang nginap di rumah teman, setelah sampai di Jakarta, saya coba hubungi teman saya, ternyata dia masih kerja (Ngojol) saya samperin kepangkalanya tapi tidak ada, katanya lagi narik penumpang. Saya tanya sampai jam berapa? katanya sampai jam 01:00 Dini hari.

Ebuseeeettttt (dalam hati)

Temen saya yang satu ini memang kadang suka rada-rada dan jarang sekali bisa dipercaya. Sebenernya kesal, karena dari awal saya sudah kasih kabar mau datang, saya pikir dia lagi free.. tapi taunyaaaaaa……..

Keberadaanku di Jakarta menjadi tidak jelas, padahal mata sudah hampir 5 wat pengin istirahat, sambil bingung mikir mau kemana, duduklah saya di pangkalan ojek sambil coba-coba menghubungi teman lain yang ada di Jakarta, kali aja boleh numpang nginap hahahaha

“Lagi di BKT”

Whatsapp Story temen kerja di Karawang.

"Ngapain lu di BKT, bukanya rumah lu di Bekasi?"

"Iya habis dari Jakarta terus mampir ngopi."

"Owalaaahhh..."

"Tek batiri gelem pa ora?"

"Dengan senang hati."

Nyamperinlah saya ke BKT.
Kebetulan saya memang lagi kangen ngopi-ngopi di BKT, karena hampir setahun sudah tak pernah lagi nongkrong disitu semenjak pindah kerja ke Cikarang.

5 Hal yang bisa kamu lakukan di BKT Jakarta Timur

Ngobrol kesana kemari sambil menikmati kopi dipinggiran Banjir Kanal Timur, kami memang sama-sama wong jawa, dan yang saya salut dari teman saya ini, meskipun dia sudah berdomisili di Bekasi selama 10 tahun, tapi dia masih suka ngomong Jawa, apalagi kalau ketemu teman sesama jawa.

Karena dia tau saya tinggalnya di Cikarang, akhirnya dia nawarin saya buat main ke rumahnya saja.
Saya sih dengan senang hati dan sangat kebetulan sekali dan saya pikir jadi lebih dekat pulangnya… meskipun saya tidak tahu dirumahnya bakalan nyaman atau tidak.

Meskipun suka nginep-nginep kadang tidak semua tempat saya suka dan betah, dan kalau tidak betah saya tidak bisa tidur, dan jam berapapun biasanya saya memilih pulang.

"Emang umahe sampean Bekasine ngendi mas?"

"Babelan"

"Oughhh"

Pukul 23:00 WIB meluncurlah kita ke Negara Bekasi bagian Babelan.
Sebenarnya saya memang sudah lama penasaran dengan Bekasi bagian Babelan, dari yang di ceritakan sama temenku waktu kondangan kesana, lokasinya sangat jauuuh sekali, jalananya rusak, apalagi kalau hujan, pokoknya dari pengalaman yang temenku ceritakan dia sepertinya kapok main ke Babelan, dan kalau bukan karena kondangan Ogaaahh banget katanya wkwkwkwk


Babelan Bekasi

Saya juga dulu pernah ke daerah marunda, yang dekat dengan Tanjung Priok pas jenguk pnakan yang sedang dikarantina sebelum berlayar, lokasinya memang jauh dan pinggiran bangeett hahaha pinggiranya Jakarta, apalagi pas di tanjung prioknya, banyak spot-spot yang menurut saya menyeramkan, pernah satu kali hampir kesasar disana.

Tapi kalau Babelan karena masih masuk Bekasi saya pikir bakalan lebih dekat dengan Cikarang, karena dari Cikarang ke Bekasi kota saja cuman sekitar 45 menit.
Namun ternyata ini lebih jauuuhhh…kita sampai di rumah saja sekitar pukul 00:15 WIB, satu jam lebih perjalanan, dan benar ternyata ada beberapa jalan yang memang belum mendapat sentuhan aspal, jadi Babelan yang saya datengin ini sebuah perumahan yang letaknya di tengah persawahan, dan sebelum sampai kesitu masih banyak perumahan-perumahan baru yang sedang di bangun, so untuk menuju rumah temen saya, saya harus melewati persawahan, malam hari, sepi dengan jalanan yang rusak, sesaat terlintas seperti sedang masuk kesebuah pedalaman, saya sama sekali tidak mencium aroma Bekasi apalagi Jakarta hehehe

Dan karena berada di tengah sawah pemandanganya jadi bagus, bisa melihat bintang dan lampu-lampu perkotaan, yaaakan di Jakarta mana bisa, orang kanan kiri tertutup gedung-gedung.

Sampai di rumah saya langsung tidur karena capek, satu yang saya sesalin yaitu bangun paginya kesiangan, padahaal dalam hati ingin menikmati pagi di sana yang suasananya mirip sekali di pedalaman, habisnya jauh dari jalan raya, dan hanya dikelilingi oleh persawahan, di sana juga banyak danau-danau buatan yang dijadikan tempat untuk mancing.
Desa babebalan


Pemancingan babelan

Sayapun menghampiri salah satu warga yang sedang mancing untuk sedikit berbincang-bincang.

Karena lokasinya ditengah sawah, jadi belum banyak pepohonan yang tinggi-tinggi, dan kalau kalian ngambil rumah disana sepertinya wajib pakai AC deh hahaha



Hari minggu itu saya menghabiskan waktu di Babelan, karena nuansanya yang damai meskipun panas, saya enggan untuk buru-buru pulang,  sampai ketemu malam lagi, dan malah sempat ada rencana mau pulang pagi, tapi karena besok hari senin dan jarak tempuh yang lumayan jauh akhirnya saya memutuskan untuk pulang jam 22:00 WIB Saja.

Pukul 18:00 WIB saya pengin sholat di Musholanya, banyak anak-anak kecil yang ikut berjamaah di Mushola tersebut, ahhh jadi teringat masa kecil, pas mau ambil wudhu ternyata airnya mati :'( jadi gaes PAM di daerah babelan ini boleh dibilang kadang sulit, airnya kecil, Ibunya temen saya aja ngomel mulu.

Pukul 19:00 WIB motor saya masih terparkir di halaman rumah, temen saya terus memperhatikan motor saya dari balik jendela, sepertinya dia was-was takut terjadi apa-apa dengan motor saya. Jadi tidak enak sihhhh, dan daripada nyusahin yang punya rumah saya putuskan untuk pamit pulang saja pada pukul 20:00 WIB.

Dan tanpa babibu temen saya langsung terlihat cerah mukanya, sepertinya bahagia mendengar saya mau pulang, hahaha... ya aku memang tamu tak tahu diri, main dirumah orang seharian penuhhh... xixixixi...

Meskipun sebenarnya saya tidak tau arah jalan pulang, tapi untungnya sekarang sudah ada GPS dan saya sudah beli bricket hape yang bisa di tempelin di stang motor, meskipun sekarang sudah ada undang-undangnya tapi yang penting tidak ketahuan polisi aja.
Sekarang daripada saya nyasar, ahhh pokoknya saya tidak setuju dengan undang-undang ini.

Saya beruntung karena tidak jadi pulang jam 22:00 WIB karena ternyata gaes, jam 20:00 WIB saja jalanan sudah sepi bangett hahaha… mana bensin tinggal satu baris.
Saya terus melaju mengikuti petunjuk dari GPS, sambil cari-cari keberadaan POM bensin, sudah hampir setengah jam belum nemu juga POM bensiiiinn daaannnnn :’(