Friday, January 29, 2016

Tips dan Cara Mesenin Go-jek Buat Teman

Semangat pagi gan sis, buat kamu yang berada di wilayah Jabodetabek, Jogja, dan Surabaya tentunya sudah tidak asing lagi dengan jasa Ojek Online yang satu ini, dan mungkin sudah menjadi alat transportasi langganan anda untuk kemana mana, selain murah, drivernya yang sopan dan keamanan yang tejamin.

Meskipun tarif gojek sekarang mengalami perubahan menjadi 12.000 flat untuk jarak  1-10KM dan 15.000 10-15 KM dan 2000 untuk jarak per KM setelah 15KM namun gojek tetap menjadi favorit transportasi perjalanan di tengah macetnya Ibu kota Jakarta.
Namun sayangnya aplikasi gojek tidak suport disemua perangkat hanya suport di perangkat android dan windows phone saja sehingga untuk pengguna blackberry (non BB 10) tidak bisa mamanfaatkan aplikasi gojek di smartphonenya, hal ini dikarenakan aplikasi gojek memuat sistem yang sangat berat untuk mendeteksi lokasi. alhasil buat yang tidak punya smartphone android harus minta bantuan temanya yang menggunakan android untuk memesan gojek, seperti yang temen saya alami.

Lalu bagaimana bisa? sedangkan akun gojek di smartphone kita adalah milik kita yang sudah teregistrasi dengan nomer hape kita? ya betul sekali, namun kita masih bisa merubahnya melalui pengaturan profil, begini caranya :

masuk ke aplikasi go-jek – pilihan – pengaturan dan edit profil- ganti nama kamu dengan nama temen kamu berikut nomer hape kamu rubah juga dengan nomer hape temen kamu, dengan begitu  ketika kamu memesankan gojek buat temen kamu maka driver gojek akan langsung menghubungi nomer temen kamu yang tertera di aplikasi gojek,  mudah bukan untuk berbagi kebaikan.

Tips sebelum memesankan Gojek buat temen
1. Ubah profil nama dan nomer telfon kamu dengan no temen kamu.
2. Pastikan lokasi temen kamu dan lokasi tujuan
3. Pesan Gojeknya
3. Informasikan tarif harga yang tertera dan nama drivernya
4. Selesai

Selain mesenin gojek buat transportasi perjalanan, gojek juga berguna buat nganterin makanan ke pacar kamu yang lagi sakit mungkin, namun kamu tidak sempet untuk menengoknya kamu tinggal pesan saja melaui layanan go food, namun kalau kamu menggunakan  layanan ini kamu harus bayar pakai kredit, karna bisa bisa kalau tidak kamu bayar dengan menggunakan kredit gojekmu maka gojek akan meminta pembayaran kepada orang yang kamu kirimi makanan. hehe..



Demikiam tips dan cara mesenin gojek buat temen kamu, Tips ini juga berlaku untuk pengguna grabbike, dan perlu diketahui artikel ini tidak bertujuan untuk promosi dan lain sebagainya, melainkan hanya untuk berbagi kebaikan seperti yang sudah penulois alami ketika seorang teman tidak bisa memesan Gojek. Semoga bermanfaat dan mohon tidak disalah gunakan.

Thursday, January 28, 2016

Trip To Istiqlal Mencari Hidayahku

Assalamualikum. Wr. Wb.

Akhir akhir ini saya boleh dibilang lagi suka pergi pergi untuk travelling, mendaki gunung dan mendatangi tempat tempat indah lainya yang sebagian kecil sudah saya ceritakan dalam blog ini, dalam misi bepergianku ke tempat tempat tersebut saya membawa niat untuk lebih bisa mengenal dan menyatu dengan alam, agar bisa lebih sadar lagi akan kebesaran Allah SWT dan lain sebagainya, namun terkadang pada prakteknya di dalam perjalanan saya selalu gagal dalam menuju misi tersebut, termasuk meninggalkan sholat dan lain sebagainya yang membuat saya malah semakin menjauh.

Disini saya merasakan kejanggalan pada diri saya sendiri, dimana dengan niat saya ingin lebih mendekatkan diri pada sang pencipta Allah SWT tapi disisi lain saya malah meninggalkan kewajiban yang Dia (Allah ) berikan. 

Selama kurang lebih delapan bulan saya di Jakarta ada beberapa tempat wisata yang dekat dengan jakarta yang berhasil saya kunjungi, dengan modal nekat demi menyalurkan sebuah kepuasan, sebentar saya merasa bangga dengan beberapa predikat yang saya gapai, namun semakin kesini saya merasa malu dengan diri saya sendiri, ketika wisata yang jauh disana bisa saya kunjungi namun rumah Allah yang begitu dekat malah saya lupakan, saya merasa malu sekali pada diri saya sendiri.

Dan hari ini, minggu 24 januari 2016 saya mewajibkan diri untuk datang ke Rumah Allah Masjid Istiqlal Jl Taman Wijaya Jakarta dalam rangka pingin sekali ikut ngaji dan menjadi bagian dari Jamaah dan berharap Allah SWT memberikan saya HidayahNya.

Sabtu, 23 Januari saya mencoba menghubungi sodara saya yang sama sekali belum pernah ketemu, berharap bisa nemenin, namun ternyata tidak seperti yang saya harapkan karena Dia katanya ada acara di sekolahnya dan sebagai murid baru dia tidak bisa meninggalkanya.

Tanpa siapapun saya akan tetap kesana. *dalam hati saya bicara*

Minggu Pagi 24 Januari Pukul 04:30 WIB sahabat saya membangunkanku yang masih tertidur, semenjak di Jakarta jujur saya memang sering telat sholat Subuh.. Ya Allah saya malu sekali padaMu, ketika dengan apa yang telah saya dapatkan sekarang.
Di Jakarta memang saya harus memulainya dari diri sendiri lain seperti di rumah yang selalu ada ibuku yang tak pernah lelah membangnkanku untuk mendirikan Sholat.

I Miss U Mom

Tepat jam 05:30 Sadara saya tiba tiba BBM menanyakan kepastianku datang atau tidak, dan saya jawab Insa Allah ini sudah siap siap.
Oh  nanti ketemu disana mas? saya tidak jadi ikut acara di sekolah karena katanya acaranya gak penting penting amat.

deg....

saya langsung seneng banget mendengarnya,  energi positif mengalir deras untuk saya datang ke Masjid Istiqlal tanpa harus ragu ragu lagi, karena bakal ada sodata saya yang membimbingnya.

06:30 Seperti biasa saya memesan ojek online sebagai alat transportasiku, tidak lebih dari 2 menit saya segera di jemput sama ojek online tersebut, namun tiba tiba langit gelap dan hujanpun mulai turun, dan ojek yang saya pesenpun tak jadi menjemput, saya coba menggunakan driver yang lain, namun tak juga ada yang mau mengambil pesenan ojekku. menunggu hujan yang tak kunjung reda saya kembali ke kamar, rasa malas kembali mulai berdatangan, setan setan mulai berbisik ditelingaku

"Udahlah tidak usah datang mending tidur lagi"
"Ujan ujan gini enaknya buat malas malasan di kamar sambil nonton tv"

semakin lama hujan tak kunjung reda, aku mulai terbuai dengan bisikan bisikan itu, kulepaskan celana dan baju yang sudah rapi melekat ditubuhku, kubaringkan tubuhku dikasur yang kurasakan begitu membuatku nyaman sekali waktu itu, tubuh yang lelah setelah beraktivitas rasanya tak mau pergi di hari libur ini.

08:30 Hujan mulai reda, Mas jadi gak, saya sudah di Istiqlal ini, seru banget acaranya masuk di TV ONE juga, BBM dari Aris membangunkan lamunanku.
Energi positif kembali merasuki tubuhku, ku kenakan kembali baju yang sudah kulepas sebelumnya, ku ambil hanphone dan kembali memesan ojek.

09:00 Saya meluncur ke Masjid Istiqlal Jakarta, sampai di sana kulihat sangat ramai pengunjung yang sama sama mau ikut ngaji, banyak dari mereka yang membawa keluarganya, saya merasa senang dengan pemandangan ini, saya terus berjalaan mengikuti arah masuk Masjid Istiqlal, sesampainya dipintu masuk saya langsung disambut oleh ibu ibu yang menjual kantong plastik kresek untuk membungkus sendal, karena sangat ribet pas keluar kalau sendal dilepas di pintu masuk.

Berapaan bu? Tanyaku
Seikhlasnya aja mas..

Beberapa langkah memasuki Masjid Istiqlal saya langsung disapa Aris Sodara saya, saya merasa senang sekali meskipun kita sebelumnya belum pernah berjumpa namun dia mengenali wajah saya, saya langsung disuruh mengambil air wudhu dan bergegas segera menuju lokasi pengajian. Thx bro
Jamaah kajian Bulanan Ust. Yusuf Mansyur
Acara pengajian berjalan begitu sangat mengharukan, diiringi beberapa pengunjung yang sadar dengan dosa dosanya, begitu juga dengan saya yang tak hentinya mengeluarkan air mata, ya saya datang kesini dengan membawa segala dosa dosa yang selalu kuperbuat, dan disini juga saya berharap HidayahMu ya Allah..

Disela sela pengajian Pak Ustadz membaca sebuah Ayat Al-Qur’an yang kemudian kita disuruh untuk membacanya bersama sama, semua pengnjung langsung membuka hanphone mereka dan mulai mencari ayat Al-Qur’an yang harus di baca, dan saya hanya celingukan karena menyesal dan merasa berdosa karena tidak memanfaatkan fasilitas yang ada untuk hal hal yang positif... #saya malu ya Allah
Saya dan Sodara Aris
Acara pengajian berakhir jam 12 : 00 WIB dilanjut dengan sholat Dzuhur berjamaah dan beberapa kajian lagi yang waktu itu dengan tema sabar, di akhir kajian sang moderator mempersilahkan audiennya untuk bertanya, bertanyalah satu orang perempuan dan satu laki laki, seorang laki laki bertanya?

“Ustadz saya seorang Nasrani dan saya baru masuk Islam sekitar 5 Tahun, selama saya masuk Islam banyak sekali cobaan yang Allah berikan pada saya, ada beberapa ayat Al-Qur’an yang menjadi sumber referensi saya untuk selalu bersabar yang saya dapatkan dari beberapa Kyai, sekiranya Pak Ustadz ada referensi Ayat Al-Qu’an lainya yang menerangkan tentang sabar agar bisa lebih bersabar lagi dalam menghadapi cobaan cobaan yang Allah SWT berikan pada saya?”

Sang Ustadz tidak langsung menjawab pertanyaan tersebut di dalam forum, melainkan mengajaknya makan siang dan tentunya akan memberi penjelasan lebih banyak.

Saya yang juga ikut mendengarkan waktu itu merasa kaget dan juga malu, karena dia yang baru masuk Islam saja tahu dan mau belajar Al-Qur’an yang berkaitan dengan hidup di dunia, sementara saya yang Islam dari lahir membacapun jarang.

Waktu menunjukan Jam 14:00 acara selesai kamipun keluar dari ruang utama Masjid, namun diluar masih banyak pengunjung yang sedang berkumpul bersama komunitas sosialnya, dan ada juga yang sedang melakukan sedekah untuk para penghafal Al-Qur,an di stand galery yang sudah disediakan.

Sodaqoh Yukk....buat para penghafal Al-Qur’an
Stand Galery Sedekah Penghafal Al-Qur'an
Saya juga bertemu dengan sodara sekampung yang juga sebelumnya belum pernah bertemu dan hanya lewat media sosial kita bersua, dia juga sebenernya sudah lama ngajakin saya ngaji namun saya terlalu sibuk dengan duniaku, saya salut sama dia, dia merupakan perempuan yang aktiv dan solikhah dan mau belajar, kami sempet ngobrol sebentar dan beberapa tawaran organisasi dia berikan kepada saya, terima kasih mba sudah membawa saya dalam kebaikan... 

Kemudian dia pamit pulang, dan sebelum saya dan aris juga meninggalkan Masjid Istiqlal, Aris mengajak saya untuk mengelilingi bangunan Masjid Istiqlal dulu yang merupakan masjid terbesar di Asia Tenggara, Thx banget sobat.
Lantai II
Lorong Bangunan Masjid Istiqlal
Sisi Masjid Istiqlal
Halaman tengah Masjid Istiqlal
Halaman Depan Masjid Istiqlal
Setelah muter muter saya berfikir saya bakalan dibiarkan begitu saja untuk pulang oleh Aris, tapi ternyata tidak, dia sudah mempersiapkan motor dan dua helm dan sudah berniat untuk mengajak saya jalan jalan lagi... wow... sebentar saya merasa kagum sama sodara aris, dia yang baru ketemu saya tapi sudah baik banget..

Karena perut saya mulai laper saya berniat ngajakin aris makan dan berniat untuk mentlaktirnya karna kebaikanya, tapi apa yang terjadi malah saya yang di tlaktir... huhuhu...
15:00 Adzan Ashar berkumandang dan saya berinisiatif untuk ngajakin aris sholat di Mall saja, tapi aris malahan ngajakin saya Sholat di Masjid Kampus Universitas Al-Azhar tempat dia belajar, kata dia si biar berasa kaya di Kairo gitu...
Universitas Al-Azhar Indonesia
Wow... saya langsug excited banget denger mau ke kampus, karena jujur saya juga merindukan suasana akademik, dan memang betul berkunjung ke Al-Azhar berasa kaya di Kairo ketika melihat cara berbusana para mahasiswinya. This is Awesome
Pintu Masuk Masjid Al-Azhar
Masjid Al-Azhar Universitas Indonesia
Setelah selesai sholat Ashar sebentar aris membaca Al-Qur,an yang sudah tersedia di masjid Al-Azhar, dan saya langsung mengikuti dibelakangnya, lantunan setiap ayat Al-Qur’an yang keluar dari mulutku dan sepoi angin kurasakan membuat suasana hati ini menjadi sangat tentram sekali. Terima kasih sobat telah mengajaku kesini semoga apa yang kamu cita citakan di kabulkan Oleh Allah SWT. “Amien”

Monday, January 25, 2016

Nyobain Es Kuburan di BKT Jakarta Timur


Hallo Selamat Malam Gan Sis, Selamat datang di spesial postingan saya yang mungkin akan bikin kalian penasaran melihat judulnya dan mungkin ingin mencoba mencicipinya...hehe

Yupzz hari ini saya mau bagi bagi kisah mistis bagaimana penasaranya saya pingin nyobain sensasinya makan Es Kuburan yang berlokasi di BKT Duren Sawit Jakarta Timur, Jadi begini ceritanya?....
Stand Es Kuburan
Hampir sudah beberapa kali saya kadang kalau lagi bete selalu ngajak temen saya buat nongkrong di BKT, sekedar ngopi atau kadang cari cari pakaian murah wkwkwk sepanjang jalan melewati kawasan BKT saya melhat papan nama dengan tulisan ES Kuburan, spontan saya langsung heran dan tumbuh rasa penasaran, namun sudah beberapa kali saya membuang rasa penasaran itu karna saya pikir pasti itu cuman sekedar nama saja untuk menarik perhatian pembeli....

Semakin sering saya main ke BKT jadi semakin besar rasa penasaranku terhadap si ES kuburan itu, selain namanya yang menurut saya unik dan juga serem, karena lokasinya juga yang sepi tidak banyak pembeli gak rame kaya jajanan disebelahnya, saya jadi semakin penasaran.

Dan akhirnya hari ini hati saya  luluh juga untuk nyobain makan ea kuburan.... huft....

Dengan tanpa malu saya datengi  stand es kuburan, sesampainya di depan dengan perasaan sedikit takut karena lokasinya yang sepi dan penjualnya juga gak kelihatan saya menjadi semakin sedikit takut...hehehe dan akhirnya tiba tiba nongol dari bawah seseorang dengan memakai topi biru.

Saya      : Es Kuburanya masih ada mas?
Penjual  : Masih ada mas? sambil nyengir dengan gigi kawatnya
Saya     : *dalamhati*  Gila ternyata cewek cantik yang jualan... xixixi

Sebentar kita saling pandang dan tersenyum karna saya salah panggil dia mas... hikz...

Penjual : Es nya berapa mas? *memecahkanlamunanku*
Saya     : Hmm 2 Aja mba... *gugup*
Penjual : Mau rasa kuburan kenangan atau kuburan mantan mas...

Hahaha... saya pengen ketawa denger mbaknya ngomong kayak gitu...wkwkw
dengan spontan saya jawab.... 

Saya : Rasa Kuburan kenangan saja mba, kenangan bersama mantan.... *sambilnangis*
Play : Adele_Hello.Mp3
Mungkin ini tgl putus si penjual he
Tidak sampai 5 menit dia berhasil menyajikan menu es kuburan kenangan bersama mantan pesanan saya yang dikemas dalam bungkus yang unik ala ala peti mati haha dengan batu nisan sebagai sendoknya....waduhhh... ckckck gokil gokil....

Penasaran pengen nyobain sensasinya makan es kuburan?? Ni ada tiga jenis Es Kuburan  yang antara lain :
1.    Es Kuburan Kekasih
2.    Es Kuburan Mantan
3.    Es Kuburan Kenangan
Kemasan Es Kuburan
Hehe sekian dari saya, maaf saya lagi tidak sedang promosi atau jualan, tapi saya sedang curcol, dan kalau mau beli silahkan cari sendiri saja di BKT Duren Sawit Jakarta Timur, Kalau tidak tau bisa tanya orang atau bisa pake GPS, Plisss... Jangan manja, hape sudah pake Smartphone... Pliss... Plisss....

#Gabrukk...@$%^&

Friday, January 22, 2016

Museum De Arca Solusi Pengen Ketemu Tokoh Idaman

Persis bersebelahan dengan lokasi De Mata Trik Eye Museum 3D adalah wisata De Arca Museum
Sebenernya Museum De Mata dan De Arca Masih Mengusung konsep yang sama yaitu media untuk  berfoto, cuman bedanya Wisata De Arca Museum bukan lagi gambar 3 Dimensi yang menjadi objek atau background untuk berfoto, melainkan bentuk patung replika  yang menyerupai manusia. 

yang menarik dari Museum De Arca adalah beberapa objek objek atau replika  yang di buat adalah menyerupai tokoh tokoh terkenal Indonesia, seperti tokoh dalam Pahlawan Refolusi, Presiden Soekarno, B.J habibi, Ki hajar Dewantara,  SBY, Jokowi , Gusdur, Ibu Kartini dan Tokoh Keren Lainya yang terkenang jasanya untuk Indonesia dan tentunya yang sangat di idolakan oleh masyarakat.
Replika WR. Supratman
Selain itu ada juga tokoh terkenal lainya, seperti tokoh bola Cristiano Ronaldo, Messi Moto GP, dan bintang bintang film terkenal yang menjadi idola kamu, pokoknya kalau kalian berkunjung ke museum De Arca kamu bakalan berasa kaya ketemu Artis hihihi

Pertama masuk ke Museum De Arca saya langsung di suguhi dengan sederetan replika pahlawan revolusi yang membuat saya kaget dan gatel ingin berfoto bersama mereka hehehe, di tempat ini juga banyak sekali pengunjungnya apalagi di musim liburan sehingga kamu juga harus sabar ya untuk bergantian berfoto dengan tokoh idola kamu...hihihi
Gandalf Lord Of The Rings
Di Museum De Arca kamu bisa foto bareng aris idola kamu tanpa harus ketemu mereka, menyenangkan bukan hehehe, saya juga tidak menyia nyiakan untuk mengambil moment itu sebanyak banyaknya namun sayang Than tdak berpihak kepadaku seminggu setelahnya hapeku mengalami kecelakaan yang mengakibatkan semua kenangan itu hilang :( dan hanya sebagian yang terselamatkan, padahal waktu itu saya sudah seneng banget udah bisa foto bareng Gusdur Tokoh Idola saya *nangis*
Susilo Bambang Yudoyono

Berminat untuk berkunjung ke Museum De Arca? Siapin aja bekal kamera yang bagus hehe..
untuk harga tiket masuknya juga sama seperti di Museum De Mata Trik Eye 3D yaitu 50.000/Orang “2 Januari 2016” , atau kalian bisa beli tiket dua sekaligus untuk masuk ke De Mata Trik Eye 3D dan De Arca, karena dua lokasi tersebut letaknya bersebelahan.
HTM De Mata & De Arca
Oke sekian dulu gan semoga bisa menjadi referensi buat perjalanan anda salam #MaszalAdventure #WisataJogja

Thursday, January 21, 2016

De Mata Trik Eye 3D : Wisata Yang Garing Buat Saya

Setelah selesai makan siang di Kampung Labasan Tropica Resort rute wisata selanjutnya adalah ke museum De Mata Trik Eye 3D yang merupakan wisata baru di Jogjakarta, dan katanya merupakan museum tipuan mata 3 Dimensi terbesar di Dunia karena memliki lukisan sebanyak 120 buah dan sebagian dari lukisan tersebut adalah hasil karya Mahasiswa Jogja, keren kan dan patut di banggakan, selain itu agar pengunjung tidak merasa bosan De mata Trik Eye 3D selalu mengganti lukisanya, jadi bat kamu yang pernah kesana jangan sungkan sungkan untuk kesana lagi karena kamu bakal menemukan lukisan yang baru.

Buat yang belum tahu De Mata Trik Eye 3D adalah sebuah museum berupa gambar atau lukisan tiga dimensi yang akan menipu mata anda? menipu maksudnya ketika kamu foto disalah satu foto tiga dimensi tersebut kamu bakalan terlihat seperti nyata.

seperti contoh kalau kamu foto di gambar jembatan dengan gaya berjalan, maka kamu akan terlihat seperti nyata berkat gambar tiga dimensi yang menjadi background kamu, selain itu masih banyak berbagai jenis background foto yang sangat menarik di museum De Mata Trik Eye 3D
Sumber : dematamuseum.com
De Mata Trik Eye 3D Beralamat di Jl Veteran, Umbul Harjo, Yogyakarta. Tepatnya di Basemen Gedung Umar Kayam XT. Square.

Buat kamu yang mau  berkunjung ke Wisata De Mata Trik Eye 3D ada beberapa hal yang harus kamu persiapkan supaya kamu tidak menyesal dikemudian hari :D yang antara lain :
1. Kamera yang bagus dengan batrai yang masih full
2. Bawa teman yang peahlian memotret
3. Keahlian bergaya
4. Kesabaran mengantri

Point point di atas perlu diperhatikan sebelum kamu masuk ke museum De mata Trik Eye eD, sebab kalau kamu tidak mempunyai keahlian tersebut dan hanya berkunjung sendirian tentunya kamu akan sedikit menyesal hehehe
Berdasarkan pengalaman saya saat berkunjubg ke De Mata Trik Eye 3D yang tidak berbekal apa apa saya hanya mendapat penyesalan dan kekesalan, karena waktu itu saya tidak ada temen yang jago motret, karena untuk berfoto di De Mata Trik Eye  harus mempunyai keahlian khusus supaya mendapatkan hasil yang bagus, seperti harus mengambil dari atas dengan tangga yang sudah di sediakan, dan harus sabar mengantri untuk bergantian karena akhir akhir ini banyak sekali yang herkunjng ke situ, dan untuk mendapatkan hasilyang bagus kadang seseorang harus mengambil foto secara berulang ulang dari berbagai sudut maka dari itu dibutuhkan kesabaran untuk mengantri... wkwkwk
Sumber : dematamuseum.com
Selain itu keahlian dalam bergaya juga sangat diperlukan demi menyesuaikan dengan lukisan tiga dimensi yang ada  sedangkan saya pada wakt itu hanya mempunyai sat gaya  dalam berfoto, yaitu gaya KTP wkwkwk dan akhirnya saya hanya melihat lihat saja para pengunjung yang sedang sibuk  berfoto foto hiks sambil sesekali terus memperhatikan gambar 3 Dimensi yang menurut saya keren abis...

Tapi buat kalian yang tidak punya keahlian seperti saya tapi ingin sekali berkunjung ke De Mata Trik Eye 3D tidak usah kawatir karena disitu juga menyediakan jasa photographer yang siap membuat foto kamu menjadi sempurna hehehe....

Untuk tiket masuk ke De Mata Trik Eye Adalah Rp. 50.000/Orang namun perubahan tiket sewaktu waktu akan mengalami perubahan.
HTM De Mata & De Arca
Oke Gaes seperti itulah kira kira pengalaman saya saat berkunjung ke De Mata Trik Eye 3D yang tidak akan saya lupakan meskipun gak bisa foto foto disitu.... ckckck :(

Wednesday, January 20, 2016

Mampir ke Sam Poo Kong, Gedung Batu Semarang

Setelah selesai mengunjungi beberpa wisata dan kuliner di Jogja, kami kembali pulang ke Jakarta melalui Jalur Selatan yaitu lewat semarang, dan yang memang sudah dirutekan sama panaita Family gathering, kami akan menyempatkan diri untuk berwisata lagi di klenteng Saam Po Kong Semarang yang beralamatkan di daerah Simongan, sebelah barat daya Kota Semarang

Saya merasa sangat senang sekali, karena tempat yang akan kami kunjungi di Semarang adalah tempat yang merupakan sejarah kebudayaan yang dibawa Oleh seorang Laksamana pembawa kedamaian yang juga menyebarkan agama Islam.

Patung Zheng He
Klenteng Sam Poo Kong adalah sebuah petilasan, yaitu bekas tempat persinggahan dan pendaratan pertama seorang Laksamana Tiongkok beragama Islam yang bernama Zheng He / Ceng Ho, tanda tanda yang menunjukan bekas petilasan yang mencirikan agama Islam adalah dengan ditemukanya tulisan yang berbunyi 

“Marilah Kita mengheningkan Cipta sebentar untuk mendengarkan Al-Qur’an”.

Sedangkan Gedung Batu merupakan sebuah gua batu besar yang terletak di bukit batu, keturunan Cina menganggap ini adalah sebuah klenteng karna bentuk arsitekturnya yang memang mirip dengan sebuah klenteng, dan tempat tersebut sekarang dijadikan sebagai tempat sembahyang atau pemujaan padahal Laksamanan Ceng Ho adalah seorang yang muslim, namun mereka yang melakukan pemujaan menganggapnya sebagai dewa, hal ini karena agama Kong Hu Cu menganggap bahwa orang yang sudah meninggal dapat memberikan pertolongan kepadanya.

Sebenarnya ini sangat disayangkan sekali karena Laksamana  Zheng He adalah seorang muslim yang membawa perdamaian yang menybarkan agama Islam.

Bangunan inti dari klenteng Sam Poo Kong adalah sebuah gua yang dulunya tempat pertama kalinya Laksamana Ceng Ho mendarat dipulai Jawa pada tahun 1400an, dan goa aslinya tertutup longsor  pada tahun 1700an, namun sbagai wujud penghormatan kepada Cheng Ho penduduk setepat membangunya kembali.

Buat kalian kalau pengen melihat bangunan seperti china tidak perlu jauh jauh pergi ke china karena bangunan Klenteng Ceng Ho Saam Po Kong hampir keseluruhan berwarna merah dengan hiasan hiasan lampu lampion yang khas dengan bangunan China

Legenda Laksamana Ceng Ho
Menurut cerita Laksamana Cheng Ho sedang berlayar melewati pulau jawa, namun saat itu banyak awak kapalnya yang mengalami sakit, oleh karena itu kemudian beliau memerintahkan untuk membuang sauh dan merapat ke pantai sisi utara untuk berlindung dalam sebuah gua, dalam gua tersebut Laksamana membuat sebuah masjid di tepi pantai, namun keberadaan masjid tersebut sekarang sudah beralih fungsi menjadi sebuah klenteng.

Setelah lakasamana Ceng Ho / Zheng He meninggalkan tempat tersebut, laksamanan banyak meninggalkan awak kapalnya, yang kemudian mereka menikah dengan  dan tinggal di desa simongon, mereka bersawah dan berladang dengan pelajaran yang sudah diberikan oleh Laksamana Zheng He, Laksamanan Zheng He Juga Menyebarkan agama Islam di tempat tersebut.
Tulisan Sejarah Zheng He
Klenteng Ceng Ho sekarang menjadi tempat wisata budaya yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan, dan untuk kalian yang ingin foto dengan menggunakan kostum pakaian china disitu juga terdapat jasa sewa kostum dan foto dengan menggnakan kostum china.
Foto Kostum China & Korea
Area Parkir Depan Pintu Masuk
 

Sumber Referensi : 
https://id.wikipedia.org/wiki/Klenteng_Sam_Po_Kong
http://seputarsemarang.com/klenteng-sam-po-kong-1356/

Museum Kereta Jogja : Koleksi Kereta Kraton Jogja

Met Pagi Gaess.... hehe diartikel sebelumnya tentang Wisata Keraton Ngayogyakarta  saya sudah pernah menyebutkan alasan kami akhirnya berkunjung ke museum kereta ini, yaitu karena kami belum bisa diperbolehkan untuk berkunjung ke kraton jogja yang katanya dikarenakan sedang ada rapat mendadak, sehingga sambil kami menunggu rapatnya selesai sang pemandu wisata kami menyarankan untuk sejenak berkunjung ke museum kereta dulu, dari pada panas katanya... hehe

Lokasi museum kereta tidak jauh dari kraton  sekitar ± 100 meter sebelah barat dari pintu masuk keraton   lebih tepatnya di Jl. Rotowijayan Yogyakarta   yang merupakan bagian dari keraton, hanya saja letaknya yang diluar keraton,

Museum kereta adalah museum tempat kereta kereta jaman dahulu yang pernah dipakai oleh sultan sultan, yang didirikan sejak bertahtanya Sri Sultan Hamengkubuwono ke VI,
Pertama memasuki museum kereta saya langsung dikejutkan oleh salah satu nama yang kemudian membuat bulu kuduku merinding, yaitu nama kereta yang diberinama dengan sebutan kyai yang tergantung dalam sebuah kereta, yang menandakan bahwa kereta tersebut adalah miliknya, dan menurut saya ini penuh sejarah banget yang sangat berharga buat indonesia sehingga diabadikan.

saya terus berjalan mengelilingi museum dan melihat beberapa kereta kereta unik yang pernah menjadi sejarah kota jogja,

Dan katanya sebagian dari kereta kereta tersebut yang masih kuat juga masih suka digunakan untuk acara acara tertentu seperti untuk upacara tradisi keraton, dan katanya berdasarkan informasi yang saya dapat  setiap 1 suro kereta kereta tersebut yang termasuk kereta pusaka dimandikan, dan setiap menjelang memandikan kereta kereta tersebut banyak orang yang ingin menyaksikan dan berharap mendapat berkah dari bekas pemandianya.

Berikut nama nama kereta berdasarkan umur dan pembuatanya yang berhasil saya rangkum :

1.    Kereta Garuda Yeksa
Adalah kereta produksi Belanda pada Tahun 1861 yang digunakan saat penobatan sultan, kereta ini disebut kereta kencana yang ditarik dengan 8 ekor kuda yg warna dan jenis kelaminya harus sama, kereta ini terdapat lambang garuda yang terbuat dari emas 18 karat dengan berat 20 kg yang merupakan desain dari Sri Sultan Hamengkubuwono I

2.    Kereta Kanjeng Nyai Jimat
Hadiah dari Gubernur Jendral Jacob dari Spanyol  yang merupakan produksi dari Belanda pada tahun 1750 dan merupakan kereta yang setiap tahun dimandikan.

3.    Kereta Mondro Juwolo

Adalah kereta keraton jogja produksi Belanda Tahun 1800, merupakan kereta pangeran diponegoro yang ditarik dengan 6 ekor kuda, dan termasuk kereta yang dijadikan untuk keperluan festival

4.     Kereta Kyai Manik Retno

Adalah Kereta Produksi Belanda yang ditarik dengan 4 ekor kuda dan dibeli pada tahun 1815 pada masa pemerintahan Sri Sultan Hamengkubuwono IV

5.    Kereta Kyai Jolorodo
Adalah Kereta Produksi Belanda pada tahun 1815 yang merupakan peninggalan Sri Sultan Hamengkubuwono IV

6.    Kereta Kyai Wimorotomo
Adalah koleksi kereta yang dibeli pada tahun 1860 pada masa pemerintahan Sri Sultan Hamengkubuwono VI

7.    Kereta Kyai Harsanuba

Kereta Keraton Jogja yang dibeli  pada tahun 1870 yang dijadikan untuk transportasi sehari hari oleh Sri Sultan Hamengkubuwono VI- VIII yang ditarik dengan 4 ekor kuda.

8.    Kereta Kyai Jogwiyat
Kereta keraton produksi Deen Haag Belanda tahun 1880 yang merupakan peninggalan Sri Sultan Hamengkubuwono VII

9.    Kereta Roro Biru
Kereta Produksi Blanda tahun 1901 ditarik Dengan 4 ekor kuda

10.    Kereta Kus Sepuluh
Kereta Produksi Belanda tahun 1901 ditarik dengan 4 ekor kuda

11.    Kereta Kus Gading
Kereta Produksi Belanda tahun 1901 ditarik dengan 4 ekor kuda yang dibeli pada masa Sri Sultan Hamengkubuwono VIII

12.    Kereta Kyai  Rejo Pakowo

Produksi tahun 1901 pada masa Sultan HB VIII

13.    Kereta Landower Wisman
Produksi tahu  1901 yangg direnovasi pada tahun  2003

14.    Kereta Landower
Produksi Tahun 1901

15.    Kereta Premili
Kereta yang dikirim dari Belanda yang dirakit di Semarang pada tahu  1925 yang digunakan untuk menjemput penari penari keraton

16.    Kereta Kyai Kutha Raharjo
Produksi Berlin yang dibeli pada tahun 1927 pada masa Sultan HB IX

17.    Kereta Roto Praloyo

Kereta yang dibeli pada tahun 1938 pada masa Sultan HB VIII yang ditarik dengan 8 ekor kuda

18.    Kereta Kyai Jetayu
Kereta Yang dibeli pada tahun 1931 yang dibeli khusus untuk puteri puteri sultan yang masih remaja.

19.    Kereta Kapulitin

Kereta pacuan yang dibeli pada masa Sultan HB VII  ditarik dengan 1 ekor kuda.

20.    Kereta Kyai Pustoko Manik

Kereta yang diproduksi di Amsterdam belanda yang digunakan untuk mengiringi acara acara keraton termasuk acara pengantin

21.    Kereta Landower Surabaya
Kereta yang diprosuksi di Swiss yang digunakan untuk penyuluhan pertanian di Surabaya

22.    Kereta Kyai Noto Puro

Kereta Produksi Belanda pada masa HB VII yang digunakan untuk aktivitas perang.
Bukti saya pernah kesini hihihi

Sumber Referensi : 
http://www.wisatajogja.co.id/museum-kereta-keraton-jogja/
http://mochfauzyrachman.blogspot.co.id/2011_09_01_archive.html
http://jogjakini.com/jamasan-kereta-kraton-yogyakarta/

Friday, January 15, 2016

Candi Prambanan Kisah Cinta Bandung Bondowoso dan Rara Jonggrang

Setelah kenyang mencicipi makanan kesukaan Sultan Mataram di Bale Raos kami melanjutkan perjalanan selanjutnya ke Candi Prambanan, meskipun sebelum ini saya sudah bolak baik ke jogja tapi jujur ini baru pertama kalinya saya berkunjung ke candi prambanan.

Lokasi candi prambanan dari kraton ngayogyakarta juga tidak begitu jauh tidak lebih dari satu jam kami sudah sampai di candi brambanan yang lebih tepatnya beralamat di Jl. Jogja-Solo Km. 16 Prambanan, Yogyakarta INDONESIA 55282

Candi Prambanan ini juga masuk dalam perlindungan Situs Warisan Dunia UNESCO seperti candi borobudur, dan untuk harga tiket masuk candi prambanan dibagi menjadi dua yaitu untuk lokal dan turis
-    Lokal atau pemegang KITAS Rp . 15.000 untuk hari senins s/d Jumat dan 17.500 untuk hari sabtu dan minggu.
-    Turis atau warga negara asing US $ 13 dan nntuk Mahasiswa turis asing US 3$

Setelah sampai memasuki wilayah candi prambanan jujur saya sangat terkagum kagum melihat keajaiban Candi Prambanan, meskipun sebelumnya saya sudah sering melihatnya baik di televisi maupun di medsos, namun melihat secara langsung dengan mata telanjang itu ternyata berbeda.
Ada hal dan perasaan unik yang bisa saya rasakan ketikan melihat pemandangan yang merupakan sebuah keajaiban apalagi kalau ditambuh tau dengan sejarahnya. Hehehe saya sangat bersyukur sekali dan ini membuat saya semakin cinta dengan Indonesia :)

Sejarah Candi Prambanan

Pada Jaman dahulu katanya  di Jawa Tengah terdapat dua kerajaan yang bertetangga, yaitu Kerajaan Pengging dan Kerajaan Baka. Pengging adalah kerajaan yang subur dan makmur, yang  dipimpin oleh Prabu Damar Maya yang mempunyai putra  Raden Bandung Bondowoso  yang gagah perkasa dan sakti.

Sedangkan kerajaan Baka dipimpin oleh raksasa pemakan manusia bernama Prabu Baka. Ia dibantu oleh seorang patih bernama Gupala. Meskipun berasal dari bangsa raksasa, Prabu Baka memiliki putri cantik bernama Rara Jonggrang.


singkat cerita Raden Bandung Bondowoso jatuh cinta pada Rara Jonggrang dan ingin meminangnya, setelah mengutarakan keinginannya namun Rara Jonggrang menolaknya karena bandung Bondowosalah yang telah membunuh ayahnya, tetapi karena Raden Bandung Bondowoso terus memaksanya akhirnya Rara Jonggrongpun mau disuntingnya asalkan dengan sebuah syarat mustahil yang harus dia penuhi.

Syarat yang pertama adalah Bandung Bondowoso disuruh untuk membuat sumur yang dinamai dengan  sumur Jalatunda, dan syarat yang kedua adalah untuk membuat seribu candi dan hanya dalam waktu satu malam sampai ayam jantan berkokok.

Bandung Bondowosopun menyetujui syarat tersebut.
Bandung Bondowoso berhasil memenuhi syarat pertama berkat kesaktianya yaitu membuat sumur Jalatunda namun Rara Jonggrang kemudian mencoba mempertipu dayanya dengan menyuruh Bandung Bondowoso untuk turun mengeceknya, lalu setelah bandung Bondowoso turun kemudian Rara Jonggrang menyuruh anak buahnya untuk menutup sumur tersebut dan menimbun Bandung Bondowoso dengan Batu namun berkat kesaktianya Bandung Bondowoso Bisa mendobrak timbunan batu tersebut.

Kemudian Bandung Bondowoso mengerjakan syarat yang kedua yaitu membuat seribu candi, namun kali ini Bandung Bondowoso meminta bantuan para jin, ibis dan makhluk halus lainya yang berasal dari perut bumi, berkat bantuanya Bandung Bondowoso berhasil membuat 999 Candi, namun ketika Roro Jonggrang mendengar hal tersebut, Roror jonggrang berniat untuk menggagalkanya dengan menyuruh dayang dayangnya untuk menumbuk padi, ia juga menyuruh untuk membakar jerami padi sisi timur supaya dikira bahwa fajar telah tiba, berkat usahanya lalu para iblis ketakutan dan bersembunyi kedalam perut bumi, dan oleh karenanya Bandung Bondowoso hanya berhasil membuat 999 Candi.

Setelah mengetahui bahwa itu adalah tipu muslihat dari Roro Jonggrang, Bandung Bondowoso amatlah marah kemudian mengutuk Roro Jonggrang menjadi sebuah batu, kemdian Roro Jonggrang berubah menjadi sebuah batu arca terindah  untuk melengkapi 1000 candi Tersebut.

Nah kurang lebih seperti itu anak anak cerita dari Bandung Bondowoso dan Rara Jonggrang yang menjadi sejarah Candi Prambanan... hehehe semoga sukak yahhh... ckckck :)

Thursday, January 14, 2016

Makan Siang Di Kampung Labasan @KulinerJogja

Jumat pagi tanggal 1 januari  2016 planing selanjutnya adalah ke Museum Ullen Sentalu yang terletak di daerah Pakem, Kaliurang, Kab. Sleman, Museum Ullen Sentalu sendiri  merupakan museum yang  menampilkan Budaya dan Kehidpan para bangsawan dinasti Mataram, Kasunanan Surakarta, Kesultanan Yogyakarta, Praja Mangkunegaran, dan Kadipaten Pakualaman) beserta koleksi bermacam-macam batik, Yogyakarta maupun Surakarta.

Namun karena satu hal yaitu Bapak Wakil Presiden Kita M. Jusuf kalla juga sedang berkunjung kesitu akhirnya kami tidak diperkenankan masuk atau harus menunggu beliu selesai terlebih dahulu.
Berhubung waktu sudah siang sekitar pukul 11: 00 akhirnya kami memutuskan untuk membatalkan kunjungan kami ke Ullen Sentalu dan  beristirahat di Taman Wisata Kaliurang sembari mencari keberadaan masjid buat tempat kami para cowo menunaikan sholat Jum’at.

Namun berhubung di taman kaliurang kami tidak menemukan masjid akhirnya kami terpaksa harus keluar dan mencari masjid, dan Alhamdulilah dipintu keluar menuju taman wisata kami menemukan sebuah Masjid.

Kami semua merasa senang :) hehe

Setelah selesai sholat jum,at kami langsung menuju ke Rumah Makan Kampung Labasan, kurang dari satu jam kami tiba disebuah desa, waktu itu saya merasa senang ketika bus kami parkir di samping persawahan, melihat sawah yang sedang di bajak serta dedaunan yang hijau tumbuh dengan suburnya serta udara yang sejuk menjadi pemandangan indah buat saya.

Kampung Labasan berlokasi di sebelah utara kota Jogja ± 17 KM, Kampung Labasan berada  di perlintasan wisata Candi Borobudur – Kawasan Wisata kaliurang – Lava Tour dan Candi Prambanan, 300 M sebelah Pasar Pakem, Sleman Yogyakarta.
Saya terus berjalan mengikuti rombongan memasuki jalan tanah sedikit berbatu dengan sebelah kanan dan kiri persawahan, lokasi Kampung Labasan Memang tidak persis di pinggir jalan dan itulah yang menjadi daya tarik tersendri, meskipun saya  berasal dari kampung namun saya selalu rindu dengan nuansa seperti ini, dan menurut saya kalau di tempat dengan suasana seperti ini paling enak makan ayam bakar sama sambalnya yang  pedas :D hehehehe
kami langsung disambut sama mas mas dan dipersilahkan untuk masuk, tapi waktu itu saya malah sibuk berkeliling keliling sekitaran lokasi... hihihi soalnya suasananya kaya di pegunungan banget banyak tumbuhan sayur dan buah buahanya.
Kampung Labasan Resort memang mengusung konsep go green dan back to village, seperti yang sudah saya utarakan di atas kalau suasana seperti ini itu paling enak makan ayam bakar dan sambelnya yang pedas, tanpa mikir lama lama saya langsung saja mengambil makanan yang sudah disediakan secara prasmanan...hehehe
Selain itu masih banyak sekali sajian atau menu menu dari kampung labasan yang bisa kamu nikmati, kalian bisa cek di kampunglabasan.com, setelah mengambil satu porsi makan, saya langsung mengambil posisi duduk paling ujung di bawah ranting hijaunya pepohonan hehehe...

kampng labasan juga menyediakan tempat untk beristirahat yang tentunya dengan nuasa perkampungan atau pedesaan, saya tidak bisa bercerita banyak soal kampung labasan namun untuk informasi selanjutnya kalian bisa kunjungi kampunglabasan.com

Terima Kasih
Semoga bermanfaat

Monday, January 11, 2016

4 Wisata dan 3 Kuliner Jogja ( Edisi Family Gathering )

Hari ini saya mau ngajak kalian jalan jalan menikmati wisata dan kuliner jogja, sebenernya saya tidak menyangka bakalan di ajak jalan jalan ke jogja sama kantor tempat saya bekerja karena status saya sebagai karyawan baru 6 bulan berjalan, tapi karena beberapa karyawan tidak bisa ikut akhirnya dengan terpaksa saya disuruh untuk ikut, untuk bantu bantu bawa koper, nyuci bus, dan lain sebagainya hiks hiks.... *yangpentingjalanjalan*

Jadi jomblo di Indonesia itu sangat menyedihkan, saya bener bener merasa ngenes jadi jomblo dimana saat hari H mau jalan jalan, dimana temen temen yang lain pada sibuk jemputin istrinya saya tidak ada yang bisa di jemput karena memang saya masih singgle dan Jomblo dan paling muda di kantor .. :( saat itu saya bener bener merasa seperti tidak punya siapa siapa, *nangisdipojokan*

Dan bukan hanya sampai disini penderitaanku sebagai single, tapi saat awal mau mulai berangkatpun saya masih ngenes melihat mereka mereka semua yang sudah berkeluarga, pada kumpul saling bercengkrama dan sibuk dengan anaknya masing masinh yang nakal tapi bikin gemes, sedangkan saya...cuman sendirian dan cuman bisa ngomong sama tembok... hikz tidak mungkinkan saya gabung di tengah tengah mereka.... wkwkwkwk


Tapi Its Ok.. Saya udah biasa diginiin hahaha...  maaf kalau mendadak curhat... wkwkwk dan untuk rencana wisata dan kuliner dalam acara family gathering yang di rapatkan oleh panitia adalah sebagai berikut :

1. The WestLake Restoran Bernansa Danau
5. Ulen Sentanu Gagal

Nah itu dia gan planing wisata dan kulinernya, namun ada satu yang tidak bisa kami kunjungi yaitu ulen sentanu karena pada waktu itu sedang ada kunjungan dari Bapak Wakil Presiden sehingga kami tidak diperbolehkan untuk masuk. Grrr... 
Silahkan dibaca satu persatu untuk bahan referensi perjalan agan, dan buat bapak Owner serta Panitia Family Gathering saya ucapkan terima kasih yang sebanyak banyaknya, dan semoga dengan adanya family gathering yang sangat meriah ini kinerja karyawan semakin bagus dan perusahaan semakin berkembang dan tambah pendapatnaya "amien"

The WestLake Resto : Menikmati Makan Dengan Suasana Danau

Setelah sampai di Jogja wisata kuliner pertama yang menjadi jajakan utama panitia gathering kami adalah bukan lagi soal gudeg, tapi melainkan sebuah rumah makan yang katanya bernuansa danau.

wow..

Saya sih dengernya  biasa aja, dan berfikir pasti gitu gitu saja, saya ini orang kampung dan hal hal seperti itu sudah sering saya jumpai, namun karena sangkin banyaknya saya melihat status temen temen baik di BBM atau di Facebook yang katanya lagi makan di WestLake Jogja saya jadi semakin penasaran, sebenernya kayak apa sih The WestLake itu, sebegitu Indahkah sampai sampai dibikin status segala,,, dan pada kesempatan kali ini Alhamdulilah sekali sekali saya diberi kesempatan bisa berkunjung dan bisa menikmati suasana makan di The WestLake Resto Jogja dengan nuansa danau hehehe… *Sujud Sykur*
Jadi The WestLake Jogja adalah salah satu kuliner di Jogja  yang menawarkan  konsep danau yang beralamatkan di sisi barat kota Jogja Jl. Ring Road Barat, Bedhog, Trihanggo, Sleman, Yogyakarta, bisa kebayangkan makan di restoran sambil menikmati pemandangan danau, pasti di jamin asik dan menambah suasana makan kamu menjadi lebih santai.
Awalnya saya biasa saja tapi setelah sampai disana memang pemandangan pertama yang saya lihat adalah aquarium dan ikan raksasa yang berada di teras resto, lalu saya terus berjalan keaarah kanan, nah disitu saya baru bisa melihat danau yang besar yang sebenernya sudah ada atau sengaja di buat (saya tidak tahu) yang jelas itu menurut saya itu awesome banget, dengan tepian yang di tumbuhi oleh beberapa pohon pohon kelapa kecil, serta gemericik air yang terus mengalir.
Untuk menu makanan yang disajikan ada gurame, cumi, nila besar dan kepiting soka dan menu khas lainya, untuk info selanjutnya bisa lihat di the-westlake.com.
Selain restoran yang menawarkan konsep danau, the west lake resto juga dilengkapi dengan beberapa fasilitas seperti :

1.    Fishing
Di west lake  kamu juga bisa memancing dulu sebelum makan, kamu bisa membawa pacing sendiri atau sewa di tempat dengan tariff sewa 15.000/Pancing ( baca sayarat dan ketentuan memancing )

2.    Wedding dan Prewed

Kamu juga bisa ngrayain pesta pernikahan atau foto prewedding di Westlake resto :D

3.    Birthday

Kamu bisa tlaktir temen temenmu di west lake, memancing, bermain dan seru seruan bareng.

4.    Meeting
The west lake resto mempunyai lokasi yang sangat strategis dan sangat mendukung dalam hal hal seperti pelaksanaan meeting atau gathering, dengan fasilitas ruangan meeting hall dengan kapasitas sampai 30 s/d 150 orang dan outdoor berkapasitas sampai 600 orang, free wifi, sound, dan beberapa fasilitas pendukung lainya.

Itu dia gan sekilas tentang The West Lake Resto, semoga bisa menjadi referensi perjalanan dan kuliner agan, untuk informasi lebih lengkap dan jelasnya bisa kunjungi the-westlake.com.

Friday, January 8, 2016

Mengenal Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat : Istana dan Budaya Keindahan Jawa

Kraton Ngayogyakarta, adalah tujuan pertama wisata dalam acara family gathering kami di akhir tahun 2016, sebelumnya saya memang belum pernah berkunjung ke kraton dan tidak tahu banyak soal kraton dan ini adalah kesempatan besar saya untuk belajar langsung tentang sejarah kesultanan Sultan Hamengkubuwono dan budaya Kraton Yogyakarta.

Kami dari Hotel Sri Wedari menuju keraton berangkat kurang lebih sekitar  09 : 30 WIB Karena memang pagi itu Jogja di Guyur hujan.
Perjalanan dari hotel sri wedari meuju keraton sangat dekat tidak lebih dari satu jam kami sampai di tujuan, namun karena katanya pemandu wisata kami, yang kami bawa dari hotel sriwedari bus kami tidak bisa parkir di area kraton akhirnya kami harus berjalan kaki dengan jarak yang lumayan jauh untuk menuju kraton, kalau saya si asik aja meskipun banyak yang mengeluh kepanasan,  kalau saya merasa sangat senang bisa menikmati panasnya Jogja dengan jalan kaki... hehehe

Tidak lama kami berjalan sampailah kami di gerbang keraton, kami langsung di sambut oleh para fotografer fotografer yang menjual jasanya, sebentara saya berasa jadi artis... heuuu  kamu bakalan di foto yang langsung jadi dan nanti terserah mau di ambil atau tidak, kalau kamu pernah wisuda pasti tahu... hihihihi jadi kangen di wisuda *nangis*


Setelah kami mau memasuki kraton tiba tiba kami diberhentikan oleh salah satu penjaga keraton, yang katanya dia bilang dengan sopanya kalau di kraton sedang ada rapat dan kunjungan untuk sementara di tutup. Hmmm
Susasana di depan Pintu Kraton
Kurang lebih nanti sekitar jam 11:00 WIB selesai dan para wisatawan boleh dipersilahkan berkunjung kembali. ( beliau melanjutkan pembicaraanya )

Dan ketua Family Gathering kamipun Lega... hihihihi

Karena kita harus menunggu kurang lebih satu jam, akhirnya pemandu wisata kami menyarankan kami untuk melihat lihat musem kreta dulu yang letaknya tidak jauh dari keraton 200 M.

Baca : Musem Kreta Kraton Yogyakarta

Setelah puas berkunjung ke musem kreta yang bikin saya haru dan merinding kami melanjutkan perjalanan ke kraton, untuk tiket masuk ke kraton saya tidak tahu karena semua sudah di handle oleh panitia, tapi untuk izin berfoto foto buat yang bawa kamera dalah 1.000 tetapi terkadang masih banyak orang yang bawa kamera tidak memiliki izin.

Pertama kali saya memasuki kraton melewati pintu gerbang dan bangunan yang besar saya disambut ramah oleh penjaga penjaga kraton yogyakarta dengan pakian khas kraton dan tanpa memakai alas kaki, sumpah jujur saya sedikit merinding dan haru dengan budaya kraton, apalagi ketika saya mulai mendengar alunan musik klasik jawa khas keraton yang mulai dimainkan untuk menyambut datangnya para wisatawan.
Gamelan Kraton menyambut datangnya Wisatawan
Saya bingung antara sedih, haru dan seneng saya bisa berkunjung ke keraton jogja.
Saya sedih dan haru karena membayangkan zaman dahulu pas jaman kesultanan saat mempertahankan indonesia, dan saya senang karena saya bisa merasakan aroma kesultanan yang berarti saya berkunjung bukan hanya sekedar melihat atau foto foto saja, kejadian ini jujur membuat saya menjadi semakin cinta sama indonesia dan ingin belajar tentang sejarah, begitu juga dengan sejarah kraton jogjakarta.

Saya terus berjalan melewati beberapa gamelan gamelan yang sedang dimainkan, ada beberapa wisatawan yang menyaksikanya sambil duduk duduk santai, saya juga sebenernya ingin tapi lagi lagi waktu kita yang terbatas, lalu saya langsung mengikuti pemandu wisata kami yang masuk pada sebuah ruangan, saya yang belum tahu apa apa soal kraton sedikit kaget betapa bodohnya saya memikirkan hal hal lain di wisata keraton.
Jadi di dalam kraton jogja itu hanya terdapat sejarah, sejarah kesultan Sri Sultan Hamengkbuwona dari yang pertama sampai sekarang, ruangan pertama yang kami masuki adalah museum yang berupa lukisan dan foto foto dari keluarga sultan, disini juga saya merinding saat melihat salah satu foto beliau dan sejarah sejarah yang membuktikan perjuangan beliau.
Saya perhatikan dan saya coba baca satu persatu keterangan dan silsilah dari sultan hamengkubuwono sampai capek, tapi tetep saja saya gak kenal juga padahal sesekali para nyai nyai di kraton memperkenalkanya pada wisatawan termasuk saya... hiks.. saya menyesal dulu tidak suka pelajaran sejarah... :(

Lanjut setelah melihat museum lukisan kita dibawa lagi untuk melihat meja tempat beliau bekerja, kalau kalian penasaran seperti apa meja beliu bekerja ni di bawah bisa dilihat gambarnya, tidak ada yang keren atau apalah, tapi bukan dari kerenya kita harus menilai, melainkan dari sejarahnya.
Meja Kerja Sri Sultan Hamengkubuono IX
Di Kraton Yogyakarta banyak sekali sejarah yang menyadarkanku bahwa kita harus bisa lebih menghargai jasa jasa para pahlawan kita yang terdahulu, pengorbanan merekalah yang sekarang kita rasakan saat ini, dan kita patut mencintai Indonesia, dan lagi lagi saya diharukan ketika saya melihat dan membaca amanat Sultan Hamengkubuwono IX yang tertulis di batu yang bunyinya seperti ini :

AMANAT SERIPADUKA INGKANG SINUWUN KANGDJENG SULTAN JOGJAKARTA

"Kai Hamengkubuono IX Sultan Negeri Ngajogjokarto Hadiningrat, Menjatakan :
  1. Bahwa Negri Ngajogjokarto hadinngrat Bersifat Keradjaan Adalah daerah Istimewa dari Negara Republik Indonesia.
  2. Bahwa kami sebagai kepala daerah memegang segala kekuasaan dalam negri ngajogjokarto Hadinngrat, dan oleh karena itu berhbung dengan keadaan pada dewasa ini segala urusan pemerintahan dalam Negri Ngajogjokarto Hadiningrat mulai saat ini  berada di tangan kami dan  kekuasaan kekuasaan lainya kami pegang seluruhnya
  3. Bahwa perhubungan antara Negri Ngajogjokarto Hadiningrat, Dengan Pemerintah Pusat Negara Republik Indonesia bersifat langsung dan Kami bertanggungdjawab atas negri Kami langsung kepada Presiden Republik Indonesia.
kami memerintahkan supaja segenap penduduk Dalam negri Ngajogjokaro Hadingrat mengindahkan amanat amanat Kami.
NgajogjokartoHadiningrat, 28 Puasa, Ehe 1876 ( 5 September 1945 )

Selain itu disebelahnya juga terdapat piagam penetapan dari Persiden Republik Indonesia Bp. Soekarno dan juga wasiat dari Sri Sultan Hamengkubuwono IX yang katanya beliau dulu pernah belajar di belanja dan sangat menguasai bahasa Belanda, namun beliau tetap mencintai Indonesia dan tetepa sebagai orang Jawa, kalau menurut saya ini membuat saya merinding, berikut bacaan yang beliau ucapkan :

AL HEB IK EEN UITGESPROKEN WESTERSE OPVOEDING  GEHAD,  TOCH BE EN BLIJF JK IN DE ALLERERSTE PLAATS JAVAAN.
Yang Artinya : "Walaupun Saya telah mengenyam pendidikan barat yang sebenarnya,  namun pertama tama saya adalah dan tetap adalah orang Jawa"
18 Maret 1940  
Piagam Penetapan, Wasiat HB IX

Banyak banget manfaat dan pelajaran yang bisa saya ambil dari kunjungan saya ke kraton yogyakarta, saya bersykur dikasih kesempatan bisa berkunjung ke kraton yogyakarta, buat kalian yang belum kesitu, saya sarankan mampirlah kalau main main ke Jogja biar tahu, biar tidak cuman beli beli kaosnya aja... hihihi...


Setelah lelah muter muter kraton tidak berasa cacing cacing diperut sudah pada demo minta makan.. wkwkwk... nah supaya kamu juga bisa menikmati dan merasakan kaya apa sih makanan kesukaan sultan dan makan dengan suasana keraton, kalian bisa makan di balai raos, penasaran seperti apa menu yang disajikan saat makan di Balai Raos baca kelanjutan cerita saya yang selanjutnya . :)

BALE RAOS Mencicipi Makanan Kesukaan Sultan Mataram

Setelah capek keliling musem muter muter di kawasan kraton Ngayogyakarta Hadiningrat, tidak mungkin kalau perut tidak merasa lapar, maka dari itu selain kamu bisa merasakan suasana kraton tidak lengkap rasanya kalau kamu juga tidak mampir ke bale raos untuk mencicipi berbagai makanan yang katanya kesukaan para sultan sultan kraton pada jaman dahulu, wah jadi penasaran ni.

Mendenger makanan kesukaan para sultan kraton perut saya saya langsung keroncongan penasaran, Rasanya pengen langsung buru buru melihat dan mencicipinya, hehehe
Untuk lokasinya, Bale Raos terletak dilingkungan kraton, tepatnya diarea kagungan dalem kemagangan yang merupkan akses paling dekat untuk memasuki induk kraton atau area kedaton.

Ada banyak tawaran menarik untuk mencicipi makanan makanan khas kesultanan yang pada waktu itu yang kami pesan adalah makanan kesukaan dari Sultan Hamengkubuwono ke X yaitu Bebek Suwar Sawir dengan menu sajian sebagai berikut :


1. Wedang Secang
Perama tama untuk minuman pembuka  saya disuguhi segelas air putih dan secangkir wedang secang, kalau menurut saya rasanya hampir mirip seperti wedang ronde. hehehe

2. Soup Timlo
Hidangan yang kedua yang disajikan setelah menikmati wedang secang adalah soup timblo sebagai hidangan pembuka, sop timlo adalah sop jawa dengan kombinasi rasa jahe dan kecap, saya tidak bisa menceritakan rasanya seperti apa.. hihihi yang jelas enak banget aromanya.
Soup Timlo
3. Nasi bakar
Hidangan yang ketiga yang disajikan adalah nasi bakar beserta lauk lauknya yang merupakan hidangan utama yang kami pesan yang terdiri dari
- Bebek Suwar Sawir ( Sultan HB X )
- Udang Boyo Bakar
- Papri Nanas Paprika
- Tumis Rumput Laut 
Nasi Bakar, Bebek Suwar Sawir, Udang Goreng, Tumis Rumput laut dan Papri Nanas Paprika
4. Ponekook Ice Puter
Setelah kenyang menikmati ke empat suguhan di atas ternyata kita masih disuguhi makanan lagi yaitu ice puter hihihi 
Ice Puter
5. Tea / Coffe After Lunch
Setelah menikmati ice puter sebagai penyegar mulut, kita disajikan lagi minuman untuk penutup berupa tea atau coffe, nanti pelayan bale raos akan menanyakan untuk pilih tea atau coffe

Coffe
Nah itu dia gan sajian sajian yang disajikan secara bergantian saat menikmati makanan khas kesultanan mataram, selain menu di atas masih banyak lagi makanan kesukaan dari Sultan Hamengkubuwono Seperti :
1. Semur Piyik (HB IX )
Yaitu hidangan dari burung dara yang masih muda.

2. Urip Urip Gulung ( Sultan HB VII )
yaitu ikan lele fillet yang di gulung gulung kemudian di panggang dan disajikan dengan saos mangut.

3. Sanggar ( Sultan HB VIII - X )
Yaitu menu asli kraton yang dibuat dari irisan daging sapi dengan bumbu rempah kemudian dijepit dengan bilah bambu dan di panggang dengan saputan santan klapa.

4. Beer Jawa ( Sultan HB VIII )
Yaitu munuman Non Alkohol yang terbuat dari berbagai macam ramuan, seperti jahe, kayu secang, cengkih, jeruk limau dan lain lain.

Setiap hari sabtu bale raos juga katanya menyajikan musik keroncong live perfomance dan lain lain.

Bagaimana gan? sangat menarik bukan untuk mencicipi dan menikmati makanan khas kraton yang menjadi kesukaan para sultan mataram, jadi silahkan tidak usah ragu ragu kalau datang kejogja untuk menikmatinya.

Bale Raos memiliki kapasitas indor 100 Set yang terbagi menjadi dua Joglo dengan kapasitas sampai 200 seat dalam bentuk kombinasi In Door dan Out Door menuru saya yangat cocok sekali ntuk acara acara gathering dan lain sebagainya.
Dan untuk informasi dan  reservasi lebih lanjut bisa hubungi (0274) 415 550

Pengalaman saya makan di Bale Raos saya bingung mau pake sendok yang mana dulu wkwkwkwk.. semoga bermanfaat :)