Friday, February 12, 2016

Tips Kece Mendaki di Musim Hujan

Setelah kemaren ngetrip ke Gunung Kapur yang terletak di Desa Cibadak Ciampea Bogor Jawa Barat pas liburan imlek rasanya masih kurang kalau saya belum membagikan tips dan triknya saat kamu mendaki pas hari imlek yang sudah dengan pasti bakalan kehujanan. Grrr...
Tapi buat seorang pendaki hujan memang bukan alasan untuk mundur, tapi memang apa sih asiknya mendaki di musim hujan? Kalau menurut saya memang  ada asiknya ada enggaknya, tapi lebih banyak enggaknya hiks...
Asiknya kalau menurut saya kamu tidak merasa lelah, tidak kepanasan dan kalau kamu orangnya romantis kamu bakalan merasakan sesuatu yang awesome banget dalam diri kamu pas hujan mengguyur tubuhmu, tapi kalau kamu tipe orang yang suka galau pas hujan mengguyur tubuhmu pasti kamu bakal langsung keinget pas kamu diputusin sama mantan... hii..

Dan Gak enaknya kamu bisa bayangin sendiri, bawa carriel gede yang tidak usah pake mantel saja sudah bikin hidup kamu susah terus ditambah kamu harus pake mantel betmen, saya rasa kamu bakalan merasakan lebih susah dan beribet banget, sepatu basah, becek dan jalanan menjadi licin awas hati hati dan selain itu  kamu bisa bisa terindeksi meriang di gunung. 

Mendaki gunung merupakan kegiatan yang ekstrem bukan han hanya dimusim hujan saja, maka dari itu persiapan yang matang wajib kamun penuhi, hanya bedanya dimusim hujan cuaca akan lebih ektrem lagi, karena akan banyak kemungkinan yang terjadi disana yang berhubungan dengan kondisi tubuhmu atau dengan kondisi alam.

Jadi bagaimana teteup mau ngotot nanjak gunung di musim hujan??? Baiklah kalau begitu tapi ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan ketika teteup kekeuh mendaki gunung pas musim hujan agar kamu teteup terlihat keceh dan baik baik saja yang pertama.
A. Persiapan
  • Persiapkan mantel, kalau tidak punya bisa belilah, dan perlu diperhatikan jangan beli sembarang mantel seperti mantel plastik yang dijual gocengan di pinggir jalan, karena kamu bakalan sia sia saja, kamu tahu sendiri gunung itu rimba banyak runcing bergelantungan, saran saya belilah mantel ponco waterprof, ponco mempunyai sela dengan tubuh ketika dipakai jadi kemungkinan kamu untuk kedinginan bisa terkurangi, lain dengan jacket hujan yang langsung menempel di tubuh, pengalaman pribadi menggunakan ponco plastik murahan malah tetep kebasyahan, karena ponco plastik tidak mempunyai lebar yang panjang sehingga mudah sobek  ketika untuk menutupi carrier.
  • Jangan lupa bawa sandal, ketika sepatu yang kamu pakai basah kamu tidak mungkinkan akan memakaianya semalaman so inilah gunanya sandal, selain itu sendal juga berfungsi ketika kamu mendirikan tenda, syukur syukur kalau kamu bisa ngusahain pakai sepatu anti air, kamu bisa tanpa ragu dan bangga menginjak becekan.
  • Membawa pakaian ganti, seperti baju clana, clana dalam dan lain lain dan jangan lupa juga bungkus pakaian gantimu dengan plastik.
  • Jangan lupa bawa handuk untuk mengeringkan badan atau bisa juga kanebo, asal jangan kanebo bekas ngelap motor yang dibawa bisa bisa badanmu pada gatel gatel.
  • Kalau memungkinkan kamu juga bisa bawa toples plastik buat naruh peralatan gadget kamu, beberapa pengalaman gadget temen saya kemasukan air yang berakibat layar menjadi bercak bercak.
  • Buat kamu para cewe bawa payung juga bisa menambah kekecean kamu.

B. Saat Pendakian
Mendaki dimusim hujan memang berbeda, kamu harus punya straegi husus, memang mendaki dimusim hujan tidak mudah membuatmu lelah, tapi badai petir, longsor, kemungkinan kedinginan bisa saja terjadi maka dari itu ketika hujan datang saat perjalanan mendakimu jangan lupa untuk:
  • Berdoa menurut kepercayaan masing-masing, ini berlaku bukan saat mendaki dimusim hujan saja
  • Makan dulu sebelum mulai naik karena saat kamu kehujanan perut akan cepat lapar dan saat perut kamu dalam keadaan kosong kamu akan gemeteran.
  • Persiapkan permen atau vitamin C untuk menjaga daya tahan tubuh 
  • Jangan berhenti atau beristirahat terlalu lama.
  • Kalau kamu tahu daun pakis, petiklah dan ikatkan pada carrier kamu, ini berfungsi untk menangkal petir (kata orang tua jaman dulu)
  •  Ketika perjalanan menurut kamu sangat berbahaya karena adanya petir, lebih baik berhenti, berteduh dibawah pohon yang rindang, ingat jangan berhenti di daerah yang lapang takut petir menyambar.Ingat pulang adalah tujuan utama. 
  • Segeralah ganti baju dan  istrihat ketika sudah sampai lokasi dan minumlah yang hangat hangat supaya badan kamu tidak drop.
 
Itulah dia beberapa tips dan trikdari saya yang bisa kamu terapkan saat mendaki dimusim hujan, tips dan trik ini terinspirasi dari pengalaman pribadi kami setelah beberapa kali kami mendaki yang berujung kehujanan baik saat di perjalanan naik maupun turun, perlu diperhatikan saat kamu kehujanan dan tidak mengenakan mantel badan akan terasa menggigil sekali, pengalaman merasakan dingin yang begitu dingin saat kehujanan saat kami mendaki di gunung papandayaan, hujan turun saat kami turun, kami tidak mengenakan mantel, dan alhasil badan menggigil sekali, karena memang suhu di gunung papandayan mencapai 10 Derajat Celsius. Semoga Bermanfaat.

Wednesday, February 10, 2016

Gunung Kapur dan Misteri Gua AC Ciampea Bogor Jawa Barat

Semangat pagi gaes, tidak berasa Bulan Januari sudah berakhir padahal rasanya baru kemaren kita merayakan pesta tahun baru 2016, dan tidak berasa juga sebentar lagi tanggal 14 Februari atau yang biasa disebut hari kasih sayang... huhuhu.. namun karena saya lagi jones, saya tidak akan membahas tanggal 14 februari disini, tapi saya mau membahas soal jalan jalan saya dan team Maszal Pemalang Adventure di Gunung Kapur kemaren. Ok Cekidot...
Puncak Gunung Kapur
Gunung kapur adalah merupakan gunung batu berkapur yang terletak di Desa Cibadak, Ciampea Kabupaten Bogor Jawa Barat dengan ketinggian masih dibawah 500Mdpl, sebenernya masih belum bisa dikatakan gunung namun orang orang lebih terbiasa menyebutnya dengan sebutan gunung, mungkin karena sebutan gunung lebih gagah dari pada bukit.

Perjalanan kami mulai dari Jakarta dengan menggunakan commuter line dari stasiun Pasar Minggu menuju stasiun Bogor berangkat pagi pukul 08:15 WIB dengan biaya perjalanan 4000 ditambah jaminan  10.000, tidak sampai satu jam kami sampai di Stasiun Bogor yang kemudian kami lanjut dengan menggunakan angkot nomor 03 warna hijau jurusan  terminal Laladon (Rp. 5000/Orang).

saya sarankan disini kalian jangan asal naik nomor 03 karena ada beberapa angkot 03 yang serupa namun tidak keterminal  Laladon tapi bertanyalah dulu sebelum naik .
03 St. Bogor - Laladon
Pukul 10. 00 WIB kami sampai di terminal Laladon, dan menjalutkanya lagi dengan angkot menuju Lewiliang karena angkot jurusan lewiliang lebih dekat dari pada naik angkot jurusan ciampea yang katanya lebih jauh, saya tidak tau pasti angkot nomernya berapa, tapi kami sarankan agar tanya dulu angkot jurusan lewiliang yang kemudian kamu turun di perumahan cibadak. Karena berdasarkan pengalaman kami di terminal laladon banyak calo calo yang menyesatkan, jadi kamu juga harus kekeuh dan memastikan mana angkot jurusan lewiliang (Rp. 5000/Orang).
Terminal Laladon - Lewiliang
Kurang lebih satu jam kami sampai di perumahan cibadak (Dramaga Pratama), disini disebalah kanan jalan ada sebuah gang menuju SMA 1 Ciampea, namun sebelum kami melewati jalan tersebut kami sempatkan makan siang dirumah padang dulu sembari mengisi batrai hanphone yang hampir habis dan menunggu waktu dhuhur datang karena kami merasa tanggung jika langsung naik ke gunung kapur.

Setelah selesai makan tepat pukul 12:00 WIB kami kembali melanjutkan perjalanan kami  melewati jalan ke SMA 1 Ciampea, tak lupa kami sempatkan untuk sholat duhur terlebuh dulu di masjid ciampea “Alhamdulilah” setelah selesai kami kembali berjalan terus sampai bertemu dengan SMA 1 Ciampea dan disinilah titik awal jalur pendakian gunung kapur dimulai.
SMA N 1 Ciampea
Menurut saya Gunung kapur juga memiliki keindahan dan  kerimbunan tersendiri,  dimana  ketika saya dan team Maszal  Adventure memasuki kawasan  Gunung kapur,  kami  Langsung  dikejukan dengan rimbun dan hijaunya hutan jati yang indah nan  rapi, dan tanpa komando dari siapapun kami langsung saja mengabadikan keindahan tersebut dengan bergai foto ala ala cekrek cekrek cekrek... 
Kawasan Gunung Kapur
Kami terus berjalan sambil riang gembira terlihat juga ramai para pecinta alam lain yang sedang melakukan camping ground, ternyata Gunung kapur  ini sudah ramai banyak dikunjungi, tak Lama kami berjalan kami berjumpai dengan sebuah pertigaan, disinilah post pendaftaran simaksi gunung kapur, menurut saya simaksi gunung kapur tergolong mahal dengan tarif 10.000 orang, mungkin karena wisata gunung kapur belum dibuka secara resmi oleh pemerintah setempat. 
Pos Simaksi
Setelah mendapat simaksi, kami disarankan untuk mengambil jalur sebelah kanan, menurut saya track gunung kapur lumayan asik dan  enak untuk nanjak, namun sayang ketinggian yang hanya kurang dari  500 Meter membuat kami tidak merasa puas, lagi asik asiknya ngetrack... ehh.. udah sampai puncak.. hhhh..
di puncak Gunung kapur  juga masih terdapat  warung kecil yang nyediain air, so buat kamu tak perlu takut kehabisan air, sesampainya di atas, kami tidak langsung menuju ke puncak utama gunung kapur, karena masih terlihat segrombolan dedek dedek gemes yang lagi pada selfih selfih disana membuat kami enggan untuk mendekatinya, selain itu  hujan juga mendadak turun dengan derasnya, dan terpaksa kami ikut ngiup  di  warung  tersebut sambil memesan segelas kopai :)

Hampir satu jam hujan turun, tanpa menunggu hujan sampai reda banget kami langsung bergegas menuju gua, yes gan di gunung kapur juga terdapat sebuah gua, dan untuk menuju ke  gua tersebut kira kira memakan waktu sekitar setengah jam, dan jalan untuk menuju ke gua menurut saya sangat asik dan hutan banget, bisa mengobati ketidakpuasan saya terhadap track awal tadi yang lagi asik asiknya jalan eh...udah sampai. 

Setelah sampai di gua, ada beberapa hal yang membuat saya bertanya tanya tentang seperti apa dan bagaimana history dari gua AC tersebut, gua AC memang terlihat menyeramkan, dan kalau mau menyusurinya sepertinya harus orang yang sudah profesional, sebelum kami ke gua memang kami sempat ngobrol sama mas mas penjaga warung, yang dia bilang katanya kalau pengen tahu tentang gua tersebut boleh boleh saja asal jangan sampai salah orang, yang artinya jangan sampai kami dapat informasi yang salah mengenai gua tersebut karena berdasarkan mas mas tadi banyak orang yang sok tau soal gua tersebut. 
Gua AC
Team Maszal Adventure
Disekitaran gua tersebut juga masih terdapat jejak jejak seperti ada sebuah bangunan, seperti adaanya bak pemandian, namun yang kembali menjadi pertanyaan adalah bak mandi tersebut adalah bak mandi kekinian atau modern yang logikanya berati kalaupun ada bangunan harusnya bangunan itu belum lama, dan harusnya jejaknya juga masih harus jelas, tidak rimbun seperti yang sekarang.

Selain itu suasana yang adem juga hening juga membuat saya semakin penasaran, apakah disini ada sebuah makam?? Terlihat bunga bungaan yang biasa saya lihat dipemakaman meyakinkanku kalau sebenernya ini adalah pemakaman, apalagi setelah melihat seperti batu panjang yang berdiri seperti batu nisan, memang jujur kurasakan ada energi positif yang sangat kental disekitar gua batu AC tersebut, karena katanya juga setiap malam jumat ada yang berkunjung kesitu untuk tujuan lain. 
Bukti Pernah ada Pembangunan
Batu Seperti Batu Nisan
Hujan kembali turun, spontan kami merasa kebingungan takut kebasyahan hehe.. tapi untungnya kita mendapi sebuah batu yang bisa untuk tempat berteduh namun lama lama kami kebasyahan juga, dan segera mengenakan mantel meskipun sudah basyah... dan lanjut kembali menuju puncak gunung kapur, cucuran hujan dari langit membuat kami tak merasakan lelah justru malah menyegarkan tubuh kami yang sedikit kelelahan, tapi jujur gua memang kangen hjan hujanan seperti ini 
Kehujanan Itu Asik
Saya seneng banget setelah hampir sampai di gunung kapur ternyata sebagian dedek dedek gemesnya sudah pada pergi karena hujan, dan pengunjungnya juga jadi tidak banyak banget, yes... jujur saya tidak suka gunung yang banyak pengnjungnya karena saya naik gunung untuk mencari kesunyian... hehehe
Tips buat kamu yang mau ke gunung kapur jangan lupa bawa sarung tangan karena batu kapur ini sangat tajam tajam sekali.



Gunung kapur menawarkan keindahan kota bogor dan gagahnya gunung pangrango, yang bisa kamu lihat dari atasnya, selain itu yang saya suka dari gunung kapur selain hutanya masih rimbun juga masih terdapat banyak monyet monyetnya yang berkeliaran lohh... tapi monyet monyet itu bakalan keluar kalau sudah sore hari ya dimana para pengnjung sudah mulai tidak ada, mereka semua pada mendekat seperti minta makan, namun jangan sekali kali kamu kasih mereka makan, karena sekali kamu ngasih dia makan kamu akan di kejar kejar terus sama banyak monyet monyet... hehehe
Monyet Gunung Kapur
Hari sudah semakin sore, kami segera mendirikan tenda untuk bermalam  menikmati gemerlapnya kota Bogor diatas gunung kapur, namun pembekalan air kami ternyata hampir habis, aqua di warung juga sudah habis, namun emang dasar rejekinya anak ganteng kami dikasih sedrigen air sama ibu ibu pemilik warung tersebut, wahh kami beruntung banget, sempat kami ingin membayarnya saja tapi si ibu tetep kekeuh tidak mau.... baiklah terima kasih banyak bu.... ^_^
God Night
Gunung Kapur Malam Hari
Dingin pagi membangunkanku, segera tanpa cuci muka karena memang sudah tidak ada air saya langsung bergegas berburu sunset di gunung kapur, namun karena hanphone yang tersisa tingggal hanphone gua yang kameranya blur alhasil jadinya seperti ini... :(
Sunset Gunung Kapur
Kami mengahiri perjalanan kami sekitar pukul 08:00 WIB See U Gunung Kapur, tak lupa kami pamitan dan berucap terima kasih sama ibu yang sudah memberikan drigen airnya ke kita,
OTW Pulang
Setelah sampai di singapure (sisi gunung kapur) saya berenti disebuah pondokan sambil bergantian dari kita bersih bersih kaki yang kotor karena tanah, disini saya bertemu sama seorang bapak bapak yang kemudian saya ajak ngobrol soal gua AC, dan katanya berdasarkan informasi yang saya dapat di area gua AC dulunya memang seperti mau di buat sebuah bangunan, dan dulunya juga terdapat beberapa patung di situ, sebenernya saya pengen tahu banyak soal gua AC namun hanya segitu si bapak memberikan kami informasi dan akhirnya kami pamit dan berlalu menuju Jakarta Again... dan
Wawancara Dengan Penduduk Singapur
See U Next Trip Gaes... Jangan lupa di tunggu komentarnya yah... semoga bermanfaat dan menjadi bahan referensi trip kalian. Oh iya jangan lupa cek video blognya juga disini


Peta Lokasi


Nb.  Sebenernya kami waktu itu rencana turun dipertigaan warung borong berdasarkan info yang kami dapet namun, setelah bertanya langsung saat di terminal laladon katanya lebih dekat dan mudah kalau turun di perumahan cibadak.
Oya buat kalian barang kali ada yang butuh contact person penjaga post gunung kapur ni saya bawakan buat kalian di catet ya 0857 7406 8071 (Pak Ace), 0857 7159 6866 (Pak Muse)

Salam
Maszal Pemalang Adventure

Thursday, February 4, 2016

Tips dan Susahnya Berburu Tiket Liburan

Sistem pembelian tiket sekarang memang sudah canggih, tidak seperti dulu yang harus bersusah susah payah datang ke stasiun dan ngantri berjam jam kaya ngantri sembako hanya demi sebuah tiket liburan, atau buat mudik, namun sekarang tinggal nongkrong di kamar sambil ngopi juga bisa pesan tiket buat liburan, bayarnya juga bisa pakai mobile Banking, Enak bukan hidup di jaman sekarang semuanya memang sudah pakai digital jadi lebih mudah bertransaksi dimanapun.

Tapi sistem memang sudah bagus namun ada kelebihan pasti ada kekurangan dan ada kelebihan pasti menambah minatnya konsumen untuk menggunakan jasa layanan yang mempunyai kelebihan tersebut, dan oleh karena itu bayangan kita yang tadinya bisa dengan mudah memesan tiket untuk keperluan liburan atau mudik menjadi semakin susyaaaahh, dikarenakan banyak juga ternyata yang mengantri sambil ngopi di depan laptop untuk berburu tiket liburan.
Wah ada Libur Panjang
Oleh karena itu, karena banyaknya para pemburu tiket liburan yang mau masuk ke situs KAI maka server menjadi down. Dan kita tidak bisa masuk ke situs KAI untuk memesan tiket, rasanya campur aduk gemeteran ketika sudah di tunggu berjam jam ternyata malah tidak bisa masuk, coba masuk lagi, masuk lagi dan masuk lagi teteap gak tembus.. hiks

Notifikasinya Jadual Tidak Tersedia
Seperti yang saya alami juga sama seperti di atas, namun hal ini bukan sistemnya yang down melainkan tidak tampilnya ketersediaan kereta pada rute yang saya pilih, padahal jelas jelas saya pesan tiket pada jam 00:00 WIB untuk 3 bulan kedepan, bagaimana bisa itu terjadi, saya coba  tunggu sampai jam 02:00 WIB masih tetep tidak bisa tampil sampai akhirnya saya melambaikan tangan tanda menyerah dan terlelap tidur...

OMG Besok saya harus kerja.... 

Tapi buat kamu yang juga merasa kesal sebelum tidur boleh kok cuap cuap dulu di Tweeternya KAI @KAI212 mengenai layanan PT. Kereta Api Indonesia
Twitter : @KAI121
Twitter : @KAI121
Pukul 05: 00 WIB saya terbangun dari tidur, dengan mata yang masih ngantuk berat saya langsung ambil hanphone dan coba mengeceknya lagi, namun kata sama masih kudapati. . . *bang iwan nyanyi*
Pukul 07:00 WIB saya berangkat ke kantor, seperti biasa saya berangkat berjalan kaki, dengan alasan biar sehat, padahal memang gak punya motor hii...

Sepanjang jalan berangkat ke kantor saya selalu tidak lepas dari mendengarkan radio di hanphone, dan sambil iseng, sesekali saya buka tu situs KAI, namun masih sama lagi, 07:15 Ditengah perjalanan saya buka lagi dan cesss... sederetan kereta dari Eksekutif sampai yang Ekonomi bermunculan, saya langsung girang jingkrak jingkrak  waktu itu tanpa peduli ada yang nglihatin... :D

Namun sayang sungguh sayang waktu itu keadaan saya masih dalam perjalanan dan hanya menggunakan jaringan hanphone, tidak sempat saya untuk menulis formulir pemesanan tiket melalui hanphone karena ribet, saya langsung bergerak mempercepat laju jalan saya agar sampai di kantor, pintu gerbang berhasil saya lewati, langsung masuk ruangan, dan nyalakan komputer dan Alhamdulilah masih ada sisa kursi, meskipun tidak dapat tempat di paling pojok deket kaca... hehehe

Jadi menurut saya tipsnya untuk mendapatkan tiket liburan adalah :
1.    Berdo'a
2.   Bergadang di depan monitor itu memang perlu, untuk memastikan bisa atau tidaknya memesan tiket di    jam 00:00
3.    Gunakan koneksi internet yang kenceng
4.    Persipakan identitas diri kamu di notepad atau word supaya cepat dalam mengisi data diri.
5.   Ketika kamu masih belum berhasil memesan juga atau terdapat down dan lain sebagainya. coba kamu cek dipagi harinya sekitar jam 6 waktu orang orang sibuk berangkat ke kantor.
6.  Kalau kedapatan sudah penuh coba pesan di agen agen penjual tiket atau datang langsung ke Stasiun hari itu juga.
7. Semoga sukses. Semangaat... !!
Berikut tips dan trik saya dalam berburu tiket kereta buat liburan atau mudik. selamat mencoba. ^_^

Update ... !
Buat kamu pengguna Bank Mandiri bisa juga melakukan pembayaran tiket kereta melaui SMS Banking yaitu dengan cara kirim sms BYR (spasi) Kode Ref (spasi) Kode Pembayaran kirim ke 3355.
Contoh BYR KAI 1 9985076XXX Kirim ke 3355, setelah itu nanti kamu bakalan dapat sms konfirmasi untuk mengirimkan nomer ke 2 dan ke 5 PIN Mandiri kamu.

Buat yang belum mendaftarkan sms bankingnya bisa datang ke kantor bank Mandiri terdekat, atau melaui ATM, terima kasih semoga bermanfaat.