Tuesday, March 22, 2016

8 Skills Kece Yang Harus Dikuasai Travelers

Hai.. hai.. hai.. kamu seorang travelers yang hobinya jalan jalan, pergi pergi ketempat yang belun kamu ketahui, kalau iya kamu harus kuasai beberapa skills di bawah ini yang bakalan gue jabarin satu persatu buat kalian berdasarkan pengalaman yang gue alami, tapi sebelumnya gue mau ngasih tau, kalau gua ini travelers yang masih awam yang belum pernah ke Papua apalagi Nepal, ya gue adalah traveler yang awamnya masih banget, karena beberapa penyebab yang membuat gue sampai sekarang masih awam. Hehehe… #ngelesterus
 Oke kalau kalian sudah tau bagaimana awamnya gue, skrg saatnya gue akan menjabarkan beberapa skills yang harus kamu kuasai berdasarkan pengalaman mbolang gue.

1. Bisa Menggunakan GPS
GPS (Global Position System) Bagi sebagian orang memang merupakan hal yang gampang dan mudah di pahami, namun bagi sebagian orang ada juga yang merasa masih kebingungan, mungkin karena tidak terbiasa dengan digital, berdasarkan pengalaman gue waktu merantau di Jakarta yang sama sekali gue belum tau apa apa waktu itu,  arah gak tau, kanan kiri gedung, jadi bingung mau jalan ke arah mana,  takut tambah nyasar, takut di palak preman dan lain sebagainya.
Tapi berkat skills gue yang sudah terbiasa dengan internet akhirnya gue bisa sesuka hati jalan jalan di Jakarta meskipun gue yang masih baru mengenal Jakarta, kuncinya adalah pede dan jangan terlihat seperti orang baru.
Terus Gimana kalau baterai hanphone kamu habis??  ya paling cari cari colokan, biasanya si mampir di warung alasan ngopi padahal mau mata celingukan cari cari colokan... hihi atau kalau kamu tidak mau ribet kamu bisa persiapan power bank.

2. Bisa Membaca Peta
Kalau di Jakarta mungkin tidak perlu menggunakan Peta, Karena notabenya masih banyak jaringan internet dimana mana, membaca Peta tidak ada bedanya sebenernya dengan GPS hanya saja GPS lebih canggih dengan bantuan perangkat digital, sedangkan peta masih manual dan kamu harus bisa mengerti sendiri karena tidak ada notification kalau kamu salah jalan,
Pengalaman kenapa belajar membaca Peta itu penting yaitu pas pertama Kali saat gue mendaki ke gunung Slamet, gue tidak begitu jeli memperhatikan Peta yang akhirnya gue kesasar dan gagal menggapai puncak, dan ini sedih banget.

3. Bisa Membaca Kompas
Tidak jauh berbeda dengan point 1 dan 2, kompas merupakan alat bantu penunjuk arah yang biasanya di gunakan untuk kegiatan survival, teknik membaca kompas berbeda dengan GPS dan Peta, kompas mempunyai rumus sendiri, untuk menggunakan kompas dalam kegiatan travelling baik di Gunung atau di hutan, kamu harus membacanya dari awal titik kamu berjalan dengan membidik target target yang bakalan menjadi tanda buat kamu, siapkan catatan untuk mencatat daily perjalanan kamu.
gue juga belum bisa membaca kompas, tapi gue pernah dapet materi kompas pas ikutan nenda bareng jalan Pendaki hehehe…

4. Ramah Tamah
Bersikap ramah menurut gue penting, apalagi buat kamu yang sering pergi pergi ke daerah asing, kalau kamu pemalau, mulai sekarang buang rasa malu itu, dan mulailah menyapa atau menegur orang yang bisa kamu tegur, tujuan kamu traveling selain berkunjung tentunya kamu butuh informasi informasi yang selengkap lengkapnya, rumah tamah akan membuatmu dapet teman baru, dan tentunya akan menghasilkan cerita baru juga.
5. Keahlian Fotografer
Fotografher, traveling satu hal yang menurut gue tidak bisa dipisahkan, antara jalan jalan dan mengabadikanya dalam sebuah foto, kamu tidak perlu minder dengan model kameramu yang mungkin masih pake kamera hanphone, tidak perlu sungkan sungkan mengambil foto sebanyak banyaknya, karena semakin kamu sering menggunakanya lama lama kamu pasti bakalan bisa menjadi fotografer yang keren untuk dirimu sendiri, selain itu kamu tidak akan merasa nyesel setelah pulang ke rumah karena kamu cuman mengambil sedikit pemandangan.
Gue sering mengalamin penyesalan saat ternyata gue hanya mengambil beberapa dokumentasi saat traveling padahal sudah datang jauh jauh, so manfaatkan moment moment travelingmu.

6. Keahlian Menulis
Menulis, Jalan Jalan, menurut gue ini penting, malah di jaman sekarang sepertinya malah sudah menjadi trand untuk seorang traveler buat membagikan ceritanya di blog, karena banyak sekali manfaatnya gengs, selain menambah jaringan pertemananmu di sosial media, kamu juga bisa bermanfaat buat para traveler lain yang sedang membutuhkan informasi, selain itu bisa menjadi bentuk untuk memperkenalkan wisata indonesia kepada dunia.. hehe
Kalau sekarang kalian belum terbiasa menulis, cobalah menulis, menulis pengalaman soal jalan jalan adalah sesuatu yang menyenangkan, dan bisa membuat bangga ketika ada yang membacanya, apalagi berkomentar.

7. Bikin Video
Haii… Pernah lihat tayangan MTMA di Trans TV, pengen dong tentunya jadi seperti mereka, nahh… buat kamu para traveler bisa mencobanya dari sekarang dengan membuat video video amatiran soal perjalanan traveling kamu, mengasikan lho… tak usah malu dengan orang sekitar karena sebenernya mereka ingin seperti kamu.
Pengalaman gue saat bikin video perjalanan yang amatiran banget juga cuman menggunakan kamera hape, gue yang masih kaku ngomong di kamera, bahasa yang belepotan, konsep yang amburadul, tidak konsisten dan lain lain, tapi itulah gue yang masih belajar, gue tidak peduli meskipun sampai sekarang video dan tulisan gue masih amburadul, masih jadi sampah di internet, tapi yang penting gue bahagia, dan yang paling membuat gue bahagia adalah ketika temen gue juga menyukainya dan mereka merasa bahagia dengan karya gue. So mulailah dari sekarang sebagai dokumentasi perjalananmu yang mungkin nantinya bisa kamu pertontonkan ke anak cucumu. Ini Lohh nak.. Ayah waktu masih kecil…ckckck

8. Memahami Bahasa Asing
Memahami bahasa asing atau bahkan mungkin bisa berbahasa asing ini penting sekali buat di kuasai oleh kamu yang hobbi traveller s, apalagi kalau kamu travelingnya sudah lintas negara, seperti ke paris, nepal dan lain sebagainya, tapi meskipun masih di wilayah indonesia skill memahami bahasa daerah setempat juga penting loh, tau sendirikan di indonesia juga terdapat banyak sekali macam bahasa, seperti bahasa jawa, sunda, madura, dan lain sebagainya, menurut gue ini lucu dan keren ketika kamu bisa berbicara dengan bahasa lokal. . . .
#nyong pan mlaku mlaku meng jogja, mbok ana sing pan melu ya hayuhh… hehehe
Contoh bahasa banyumasan… ckckck

Nah itu dia geng beberapa skill skill kece yang harus kamu bisa kalau kamu seorang travelers. hehe.. semoga bermanfaat ya.
salam #Maszal Pemalang Adventure

Wednesday, March 16, 2016

Bike To Work Yuk

Setelah kemaren gue nyritain soal nenda bareng komunitas jalan pendaki, hari ini gue  mau  nyeritain soal sepeda baru gue ??hihihi 
jadi ceritanya sekarang gue punya sepeda baru tapi second, tapi gue bangga karena gue beli dari hasil keringet gue sendiri alias gak minta sama emak gue di kampung, dan rencananya mau buat transportasi gue berangkat kerja.
Ilustrasi
Sebenernya sudah lama gue pengen beli sepeda, namun kondisi keuangan belum memungkinkan, masih ada saja kebutuhan ditiap bulanya, padahal gue belum merit…hiks hiks tapi kebutuhan gue banyak banget. Selain itu jarak antara kos ke kantor juga masih bisa dijangkau dengan berjalan kaki, jadi gue tidak terlalu memikirkanya untuk buru buru beli sepeda.

Namun berawal dari perpindahan kantor gue menjadi agak jauhan dikit dan sudah tidak bisa dijangkau lagi dengan jalan kaki, gue akhirnya jadi galau kayak habis diputusin pacar, karena akses ke jalan menuju kantor gue yang beribet banget,  harus jalan dulu ke jalan raya sekitar 1km  dilanjut naik angkot dan turun di pertigaan dan jalan lagi sekitar 500 Meteran untuk menuju kantor, oughh bisa bisa belum kerja udah capek duluan, ditambah kalau misalnya gue bangun telat..wkwkwk

Berawal dari situlah gua mutusin buat beli sepeda yang sebenernya udah punya niatan pengen punya dari dulu, dan akhirnya setelah dua hari searching searching di olx gua mendapatkan sepeda yang pantes dengan harga yang pas..  hehe tanpa menunggu lama langsung saja cari ojek buat nganterin gua CODan hehehe 

Dan Alhamdulilah setelah ketemu sama pemiliknya dan iseng nawar lagi, Deal harga boleh turun lagi dari harga yang udah gue tawar sebelumnya, Alhamdulilah rejeki anak Ganteng.. :D Terima kasih Olx.

Menurut gue berangkat kerja menggunakan Sepeda itu kece bin Keren, selain tubuh kamu sehat kamu juga secara tidak langsung ikut mendukung dalam gerakan anti polusi, gerakan melawan macet dan gerakan melindungi bumi dengan meminimalisir     penggunaan Sepeda motor, kalau tidak salah si seperti itu.. hihihi dan selain itu  berangkat kerja menggunakan sepeda juga bisa membuatmu terlihat anti mainstream dan tentunya sehat . 
Sepeda Gue hihi
Punya sepeda itu banyak sekali manfaatnya, selain bisa buat transportasi gue berangkat kerja, sepeda juga bisa buat olahraga, beli makan di warteg dan buat CFDan  di monas,  pokoknya tidak kalah kece deh sama yang pada naek motor atau mobil, justru malah yang gue rasain naik sepeda di Jakarta malah jauh lebih pede dan kyece, Gue merasa tampil beda di jalanan. . . .hehehe  yukk spedaan bareng gua… ^_^

Tuesday, March 15, 2016

PR Pendaki Syari'ah

Assalamualaikum. Wr. Wb.

Pagi gengs... salam sejahtera, semoga semuanya selalu dalam  lindungan Tuhan Yang Maha Esa, sebelumnya gue minta maaf karena hari ini mungkin agak sedikit berbeda dengan tulisan tulisan gue sebelumnya, karena hari ini gue  mau  bercerita atau mungkin bisa dibilang curcol tentang keresahan keresahan gue selama mendaki atau segala sesuatu yang berbau dengan jalan jalan yang kaitanya dengan kebesaran Tuhan Yang Maha Esa.
Foto By. Bang Ijal Japen
Jadi begini ceritanya, selama gue mendaki, gue selalu mempunyai misi agar gue bisa mengagumi ciptaan Tuhan diatas ketinggian, dan diantara keindahan keindahanya yang Dia perlihatkan, gue berharap setelah melihat itu semua gue bisa lebih mendekatkan diri pada sang pencipta Tuhan Yang Maha Esa, dan ternyata hal ini jugalah yang digembar gemborkan oleh sebagaian para pecinta alam atau para pendaki Gunung.

Tak sedikit dari mereka menuai komentar dari beberapa netizen, yang katanya Jauh jauh gunung kau daki demi melihat kebesaran Tuhan, tapi masjid yang dekat tak pernah kau singgahi, jujur saja merasa sangat tertampar dengan kata kata tersebut, maka dari itu gue sekarang menjadi resah, malu dan lain lain ketika gue bisa mencapai puncak ketinggian, berjalan beratus ratus meter tapi masjid yang jaraknya dekat gue lewatin.

selama gue melakukan perjalanan pendakian, jujur gue selalu merasa kesulitan untuk mendirikan ibadah lima waktu, dikarenakan beberapa alasan yang sebenernya bukan   alasan untuk melaksanakan sebuah kewajiban, dan alasan alasan yang biasanya sering menimpa gue ketika sedang berada di Gunung  adalah, kehujanan, pakaian kotor, lelah, capek dan sebagainya, sebagaian pendaki mungkin pernah ada yang merasakan sama kaya gue, dimana gua sudah niat banget dari rumah  saat mendaki untuk tidak meninggalkan sholat, namun ternyata niat itu dilemahkan oleh beberapa alasan klasik gue.

Iman gue memang masih sangat rendah sekali, jangankan di gunung, di rumah saja kadang subuh selalu dilewatkan.... dan ke mesjidpun jarang, dan apa inikah faktanya, ketika gue yang pernah bilang ke emak gue saat gue pamitan mau naik Gunung dengan alasan ingin beersatu dengan alam, mengagumi ciptaan Tuhan, tapi malah apa, gue malah menjauhinya dengan meninggalkan kewajibanku.

sidang jum'at yang berbahagia.... #waduhh.. 

gengs intinya kadang gue merasa keblinger,  pergi mendaki dengan alasan selain hobi juga biar bisa mengagumi ciptaan Tuhan, dan mendekatkan diri dengan berseteru dengan alam, harusnya mungkin mendaki ya mendaki saja kali ya, tidak usah bawa bawa esensi itu, karena malah gak ada gunanya ketika gue malah meninggalkan kewajiban, apalagi kalau buang sampahnya juga sembarangan... 

Gengss.. sebenernya gua malu ngomong seperti ini, tapi memang inilah keresahan keresahan yang gua alami, so gue mempersilahkan buat kalian yang mau ngejudge tulisan tulisan sampah gue. 

Monday, March 14, 2016

Ikut Nenda Bareng Jalan Pendaki (Nebar Jala)

Pagi gengs... ketemu lagi dengan gua, Travelers awam yang ngakunya pendaki tapi sampai sekarang gak punya peralatan mendaki, alias masih suka minjem... hiks. harap maklum ya gaes karena sampai sekarang gue belum  dapet penghasilan tambahan... he he he #ngeles

Hari ini gue mau cerita soal jalan pendaki ?? ya jalan Pendaki yang keren itu?? Heuu..
Berawal dari kebiasaan  gue yang merasa cuman itu itu aja, gue memutuskan untuk menyusup kesalah satu komunitas pendaki gunung, jalan pendaki namanya?? mungkin kalian sudah tidak asing dengan nama itu, Karena memang sudah sangat sangat terkenal sekali dengan tulisan tulisanya yang kece badai itu, yang akhirnya memaksa gue juga untuk berlangganan artikelnya.

Untuk bergabung dengan komunitas jalan pendaki ternyata tidak mudah gaes,  gua  harus mau ngisi formulir dulu dan beberapa alasan kenapa gue mau gabung di komunitasnya mereka, aduuhh males bin ribet banget kan, apalagi pengisianya lewat online... gimana coba kalau aku  lagi gak punya quota....??? namun dengan sedikit terbaksa akhirnya gua isi tu  formulir.

setelah gua menginformasikan kalau gua sudah ngisi itu formulir,  gua langsung dimasukin kedalam salah satu grup mereka di WA,  dan pertama kali gua masuk, gua langsung disambut meriah sama mereka yang ternyata banyak bangeeeet, ada yang panggil gue zenpak, zendok dan lain lain, gua langsung menjadi bahan ketawaan sekaligus bulian buat mereka.. hiks hiks
tapi itulah yang akhirnya membuat kami saling Kenal.... heuu heuu...

Belum sampai sejam nongkrong di grupnya jalan pendaki rasanya gue  pengen buru buru left aja, karena hape gue yang akhirnya jadi erorr, jadi korban kebiadaban mereka yang doyan sekali chat...ngobrol ngalor ngidul dari penting sampai yang tidak penting.

karena gue gak mungkin keluar begitu saja dari grup, takut gak boleh masuk lagi, akhirnya untuk sementara gua delete aja aplikasi WA di hengpone gue. hiks hiks dan hape gua kembali normal.. :) Alhamdulilah

Sehari gue ninggalin jalan pendaki,  rasanya kok kepikiran ya,ada sedikit perasaan kaya kangen gitu, ...  ya jujur aja  soalnya gabung di grup jalan pendaki  itu bisa buat ngilangin bete kalau gue lagi sendirian, hihihi… tanpa menunggu lama gue instal kembali aplikasi WA, dan alhasil hape gue erorr kembali... diserbu oleh ribuan chat yang baru pada masuk... Grrr... sepertinya pupus sudah untuk gabung di grup WAnya jalan pendaki. :(

mikir pengen beli hape baru tapi keuangan masih menjadi kendala... tapi emang dasar lagi rejekinya anak ganteng, awal tahun baru gue dikasih hape dari kantor sekaligus di ajak traveling tahun baruan di jogja uhuhuuuyy...

Singkat cerita jalan pendaki ngadain acara tahunanya yaitu nenda bareng jalan pendaki atau nebar jala,  tanpa pikir panjang gua langsung ikutan dan pasang posisi aman karna katanya kuota terbatas. dan disinilah tanggal 20 Maret 2016 pertama kalinya gua bakal ketemu sama anak anak  jalan pendaki, rasanya sebenernya malu karena gua datang seorang diri.

Dengan bantuan jasa ojek online, gue sampai di terminal kampung rambutan, lokasi meeting point sekaligus pemberangkatan, terlihat manusia manusia berkeril besar sedang berkumpul yang tanpa perlu di tanya lagi pasti anak anak jalan pendaki, dengan sedikit malu malu kucing, akhirnya gue berhasil menyapa mereka semua.. hehe

Perjalanan kemandalawangi kurang lebih memakan waktu 3 Jam, dan kami sampai dimandalawangi kira kira sekitar jam 12:00 WIB, kami langsung disambut sama Bang Acen yang punya jalan pendaki,   kami langsung menuju lokasi dan bergegas mendirikan tenda karna langit mulai gelap mendung.

Acara nebar jala di mulai dengan pengenalan kompas dan bagaimana cara membacanya sekaligus mempraktekanya, pusing tapi mengasikan pokoknya dan dilanjut malam harinya sesi perkenalan dengan penerangan seribu lilin, namun berhubung hujan acara perkenalan dengan seribu cahaya lilinya gagal.. wkwkwkwk padahal gue udah excited banget, karena gue suka cahaya lilin selain romantis juga bisa mendatangkan rupiah… #Ehh, malam akhirnya kami habiskan dengan candaan candaan kecil saja, bersama beberapa kelompok. hingga akhirnya kami ngantuk dan satu persatu kembali ke tendanya masing masing.
Bang Acen Jago Gitar Lho.
***

Dinginya pagi membangunkanku, berniat memakai sleeping bag yang gua gunain sebagai bantal dan berniat melanjutkan tidur kembali,... tapi  tiba tiba... duut... duuut.... Bangkeeeeeeeeeeee.... suara kentut bang acen yang baunya super bangkee...

Shiiit..

gua langsung ngibrit bergegas mengeluarkan kepala gue keluar tenda dengan menahan nafas dan membuang bau kentut yang masih menempel di ujung hidungku diluar.. fiii... fiii..
ternyata gue apes sekelompok dan setenda sama bang acen, kini pagiku telah di cemari oleh kentutnya...hampir saja paru paru gue jadi korban :(
dan katanya dari kemaren dia belum  ee  jadi kentutnya ada yang nyremfet ke t*eknya gitu makanya jadi bangkee... t**eeeeekkkk

dan akhirnya gue udah gak nafsu lagi untuk melanjutkan tidur, gila aja dalam tenda jadi pengap banget hahaha...
pagi.. gengs.. dan hari ini acara akan dilanjut dengan masak untuk sarapan secara bersama sama dan setelah itu bakalan dilanjut dengan perkenalan, games, dan tukar hadiah.

hehe itulah dia sedikit cerita gue di jalan pendaki. mamacih buat jalan pendaki :)
dan buat kalian yang penasaran dengan suasana sebenarnya pas nebar jala bisa lihat di vlog catatan perjalanan gue pas nebar jala di bawah ini Jangan lupa komengnya ya :)

Sarapan Bareng

Perkenalan

Belajar Kompas
Games Maju Mundur Cantik
Games Balapan Waktu
Games Estafet Tongsis :D
Games Memindahkan Air
Games Nggendong Harimau