Wednesday, March 21, 2018

Senja di Bukit Bulak Cempaka Bumijawa


Senja itu selalu romantis, senja itu selalu mengingatkan pada seseorang, dan senja itu  “Kamu” yang tak lagi sama. (zen)

Bukit Bulak Cempaka

Bukit Bulak Cempaka adalah sebuah perbukitan yang berada di Desa Cempaka Kecamatan Bumijawa Kabupaten Tegal Jawa Tengah, dan merupakan rangkaian perbukitan yang berjajar di Wilayah Bumijawa Bagian Barat. yang berbatasan dengan Kecamatan Tonjong Kabupaten Brebes.

Bukit Bulak Cempaka terbilang tidak terlalu tinggi jika dibandingkan dengan perbukitan lain yang ada di Bumijawa, ini karena letaknya yang berada di Bumijawa Bagian Barat.

Bukit Bulak Cempaka memiliki ketinggian sekitar 700 Mdpl yang di kelola oleh  pemuda sadar wisata setempat dan merupakan wisata baru yang lagi hits, yang  menawarkan pemandangan  alam dan senja yang begitu indah.
Di Bukit Bulak Cempaka terdapat beragam Spot foto dan Gardu pandang, seperti Prahu, Rumah pohon, Sayap Kupu-Kupu, Menara Bambu,  serta saung-saung untuk beristirahat.

Rute dan Transportasi
Lokasi Bukit Bulak Cempaka berjarak sekitar 8,9 Kilometer dari Pusat Kota Bumijawa, bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum.

Jika dari arah  Tegal / Slawi tinggal menuju arah ke Bumijawa melewati jalur wisata Guci. sampai di Desa Tuwel ambil kanan menuju Bumijawa. Kemudian ambil Jalan Lingkar Selatan Bumijawa. Sampai di Simpang tiga Tunas Rimba Ambil Kiri arah Bumiayu. Sampai Ketemu desa Cempaka.

Jika menggunakan transportasi umum. dari terminal Tegal menuju Slawi menggunakan Elf Tegal - Slawi - Bumiayu PP / Tegal - Purwokerto. sampai di terminal Yomani Naik lagi Elf Tujuan Bumijawa.

Sampai di Terminal Pasar Bumijawa kemudian bisa naik angkutan Gunung Bak terbuka. menuju Desa Jejeg. Sampai di Jejeg naik angkutan perbatasan Jurusan Linggapura – Bumiayu dan turun di Desa Cempaka.
Jika dari arah Purwokerto / Bumiayu, Sampai di Simpang Pasar Linggapura ambil kanan arah Bumijawa.
Naik Angkot Linggapura - Jejeg dan turun di desa Cempaka

Tiket masuk BBC sangat murah, hanya Rp. 3000/orang (free tiket u/ anak/balita) dan Rp. 2000/ motor roda 2 serta antara 3000 - 5000 utuk  roda 4 atau lebih.

Sepanjang perjalanan kalian akan melewati hutan bambu, karena di Desa ini memang di sebut Kampoeng Bamboo dan kalian akan menemukan Tuk atau mata air yang dinamakan  Mata Air Mudal atau Tuk Mudal.

Banyak keindahan yang bisa anda temui ketika berkujung ke Bukit Bulak Cempaka diantaranya adalah Golden Sunrise di pagi hari seperti di Sikunir Dieng, Sunset. serta panorama senja yang menenangkan jiwa, alam yang masih asri dan terjaga membuat anda akan di hibur oleh nyanyian alam sepeti kicau burung dan binatang lainya, Lembah yang sangat indah, Taman Bunga yang mempesona dan gardu pandang yang bermacam-macam.

View Landscape wilayah Brebes Tengah dan selatan, hamparan pesawahan, pemukiman penduduk dan rangkaian perbukitan di Perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Barat serta Warga Sekitar yang sangat ramah tamah.
Romantis

Saat berkunjung kesini jangan lupa untuk menikmati jajanan khas Desa Cempaka sambil moci-moci di gazebo-gazebo yang sudah di sediakan... Euuughhh dijamin mantappp

Selain itu anda juga bisa menikmati segar dan sejuknya Kawasan Telaga Tuk Mudal yang tidak jauh dari BBC yang mempunyai tujuh mata air asli yang pastinya bikin seger dan membuat betah berlama-lama disitu.
Anda juga bisa menginap atau bermalam di Bukit Bulak Cempaka. seperti Camping dan sebagainya. namun di Desa Cempaka yang memang sudah diresmikan sebagai Desa Wisata (Kampong Bamboo). untuk Camping disarankan di Bukit Brongkol, Bukit Mengger dan Bukit Cengis. yang lokasinya tidak jauh dari Bukit Bulak Cempaka.

Kebahagiaan, Bukit Bulak Cempaka

Senja di Bukit Bulak

Bukit Bulak Cempaka menurut saya sudah cukup komplit. dimana di lokasi bisa mendapatkan rasa kebahagiaan. akan rasa sukur bahwa inilah Keindahan Alam anugrah dari Tuhan yang harus sama-sama kita jaga, rawat dan lestarikan.

Keberadaan Desa Wisata Bukit Bulak Cempaka dan para pengunjung sangat berperan aktif dalam menigkatakn kesejahteraan masyarakat setempat, so yukk jangan sampai ketinggalan sama yang lain.


2 komentar

Hi... terima kasih sudah berkomentar
- Jangan lupa Check Notif Me. Untuk informasi balasan.

For business inquiries
zainalmutakin.pml@gmail.com
EmoticonEmoticon