Sunday, June 17, 2018

Eksotisme Air Terjun Situmurun yang Turun Langsung ke Danau Toba

Air Terjun Situmurun
sumber:cometoliketoba.com
Sudah pernah merasakan perjalanan darat menuju Sumatera Utara? Buat yang belum pernah, mungkin perlu dipertimbangkan suatu saat nanti, berbekal tiket bus dan memulai petualangan menyusuri jalanan dari ibukota menuju ‘Jakarta van Sumatera’ ini.

Sumatera Utara memang sangat lengkap. Mulai dari kota metropolis, sampai danau yang tercipta dari mega-letusan gunung purba pun ada. Iya, nama Danau Toba pasti nggak asing buat kamu, meski mungkin masih belum menyempatkan diri untuk datang ke sana. Nggak hanya mistis dengan kebudayaan masyarakat Batak Toba, keindahan alam di sekitarnya juga sangat eksotis. Bakal membuatmu betah berlama-lama di sana.
Sambil cari tiket bus menuju ke Sumatera Utara, ketahui sedikit tentang Air Terjun Situmurun.

Eksotisme Situmurun

Salah satu eksotisme alam di Danau Toba adalah Air Terjun Situmurun. Dari sekian banyak air terjun yang ada di Sumatera Utara, Situmurun menjadi satu yang punya keunikan. Air terjun ini sering disebut Air Terjun Binangalom, yang artinya dalam bahasa Batak, kurang lebih, adalah sungai yang sejuk.
Rute ke Air Terjun Situmurun
sumber:digitaloceanspaces.com
Sesuai dengan namanya, Air Terjun Situmurung memang sejuk karena airnya berasal dari pegunungan. Selain itu, kondisi alam di sekitarnya juga sangat indah. Bayangkan, menikmati sungai yang airnya terjun ke Danau Toba. Di mana lagi bisa menikmati pemandangan seperti ini kalau nggak di Danau Toba?

Tips Saat Menikmati Air Terjun Situmurun

Di Air Terjun Situmurun, kamu bisa menikmati kesegaran airnya dengan cara unik, melompat dari dinding batu, atau berenang sambil merasakan hempasan air yang terjun dari ketinggian 70 meter. Tapi sebaiknya hati-hati karena kedalaman danau yang ada di sekitar air terjun ini mencapai 500 meter, lho. Waduh, lebih dalam dari perairan Laut Jawa yang rata-rata ‘hanya’ sekitar 50 meteran. Sebaiknya memiliki skill berenang yang mumpuni sebelum terjun untuk menikmati kesegaran Air Terjun Situmurun ini.

Pesona Air Terjun Situmurun
sumber:cumacuma.org
Buat yang nggak bisa berenang? Jangan nekat. Sebaiknya resapi keindahan Situmurun dengan kegiatan lain, seperti mencari sudut terbaik untuk diabadikan, memanfaatkan suara-suara alam untuk bersemedi, atau menenangkan diri sambil mencari inspirasi. Bakalan bikin kamu puas, merasa nggak rugi sudah meluangkan waktu demi berburu tiket bus menuju Sumatera Utara dan melihat pemandangan seindah itu.

Cara Menuju Air Terjun Situmurun

Untuk mencapai Air Terjun Situmurun, dari Medan, kamu harus membeli tiket bus menuju ke Balige terlebih dahulu. Sampai sana, lanjutkan perjalanan sejauh 70 kilometer menuju Desa Binangalom, Kecamatan Lumban Julu, Kabupaten Tobasa. Kalau kesulitan menemukannya, bisa bertanya kepada petugas hotel mengenai cara atau jasa traveling apa yang bisa membawamu ke sana.
Sudah siap untuk menempuh perjalanan jauh, berbekal tiket bus menuju Sumatera Utara demi Air Terjun Situmurun?

3 komentar

Wadooh .. cakep bener air terjunnya jatuh langsung ke laut .. 👍
Kapal wisatanya juga dihias motif etnik.
Sangat menarik.

Beuuhhhhhhh juara ini air terjunnya. Tumben lihat air terjun langsung ke danau

Kuylah... sambil review busnya Traveloka hihihi :D

Hi... terima kasih sudah berkomentar
- Jangan lupa Check Notif Me. Untuk informasi balasan.

For business inquiries
zainalmutakin.pml@gmail.com
EmoticonEmoticon