Review Negri Dongeng : Ekspedisi 7 Gunung Tertinggi Di Indonesia

Buat khalayak umum film ini mungkin kurang begitu menarik, tapi buat kalangan pendaki film ini sangat spesial dan menjadi inspiratif banget, kemunculan film negri dongengpun memperoleh banyak dukungan khususnya dari kalangan pecinta alam. Dan  agar bisa tayang di bioskop lebih lama hampir disetiap kota mengadakan Gotong Royong Nonton Bareng Negri Dongeng, agak merinding dengernya apalagi ketika saya menemukan link registrasinya dari berbagai kota.

Sebagai orang yang masih dikatakan hobi naik gunung sayapun tidak mau ketinggalan untuk ikut berpartisipasi dalam bentuk dukungan untuk menonton film dokumenter terpanjang tersebut, apalagi disetiap grup whatsapp yang saya ikuti selalu ramai dengan obrolan nobar negri dongeng, dan supaya tidak ketinggalan cerita sayapun akhirnya nonton bareng temen sependakian saya di CGV Indonesia, saya lupa kenapa akhirnya kita nonton film negri dongengnya di Bekasi, padahal saya tinggalnya di Cikarang dan temen saya di Tangerang, tapi kalau tidak salah karena waktu saya sudah pesan tiketnya duluan  yang mau nggak mau akhirnya saya harus maksa temen saya buat datang ke Bekasi hehehe


Negri dongeng adalah sebuah film dokumenter karya Anggi Frisca yang berkisah tentang 7 seneas muda Indonesia yang mendaki 7 gunung dengan berbekal 7 kamera, mereka sangat mencintai Indonesia, dan mereka ingin memperlihatkan pada dunia bahwa indonesia itu hebat, indonesia itu indah. 
Berikut 7 Gunung yang didaki dalam film Negri Dongeng.
1. Gunung Kerinci Sumatera
2. Gunung Semeru di Jawa Timur
3. Gunung Rinjani Lombok Nusa Tenggara
4. Gunung Bukit Raya Kalimantan
5. Gunung Latimojong Sulawesi
6. Gunung Binaiya Maluku
7. Gunung Jayawijaya Papua

Banyak alasan kenapa film ini wajib banget didukung, yang pertama dari segi perjuangan untuk mempersiapkan dan mengeksekusi film ini juga sangat panjang, sekitar 2 tahunan, dan selain itu dari segi pendanaan juga dilakukan dengan gotong royong, hal seperti inilah yang menurut saya sangat perlu untuk diapresiasi.

Baca Juga 7 Wisata Gunung Dekat Jakarta

Sepanjang nonton film negri dongeng scene scenenya terasa sangat natural secara tidak sadar langsung membawa imajinasi saya dalam sebuah perjalanan dimana seperti biasanya saya mendaki gunung, menyusun rencana, bercengkrama dengan warga sekitar, mendapatkan budaya baru dan lain sebagainya.

Pendakian dimulai dari Gunung kerinci gunung kerinci tidak terlalu banyak dan detail yang diulas melainkan hanya kesederhanaan dan keramahtamahan penduduknya saja, dimana mereka disambut dan boleh menginap disalah satu rumah warga sebagai pelancong, yang mungkin jarang sekali ditemui di kota-kota besar, begitupun waktu di semeru dan rinjani.

Berlanjut ke pendakian selanjutnya yaitu gunung bukit raya, disini mulai terlihat detai perjalananya, mulai dari transportasinya yang susah hingga ke track jalur pendakiannya yang masih sangat rimbun, karena sepertinya jarang sekali dilalui, ditambah dengan turunya hujan yang membuat lintah atau pacet pada keluar, diperjalanan ini kita akan mulai mengenal karakter dari para pemain, dari keberhasilan disetiap mendaki membuat saya ikut bangga dan merasakan betapa harunya ketika sudah berhasil menggapai puncak.

Ada beberapa yang menurut saya sangat disayangkan, yaitu dari segi sinematografi bisa dibilang sangat kurang... ahh tapi mungkin karena ini film yang bergenre dokumenter dengan hanya mengandalkan beberapa personil saja dan tanpa perlu scene yang diulang ulang, sebagai seorang yang pernah merencanakan bikin dokumenter mendaki gunung sendiri saya memakluminya karena mendaki gunung itu lelah, kadang apa yang sudah kita rencanakan lupa seketika. Hehehe

Berlanjut ke pendakian selanjutnya, gunung latimojong di sulawesi disini kita diperlihatkan sisi sisi pendakian yang lain dimana dasar tehnik survival perlu kita kuasai, kerjasama tim dan mengesampingkan ego masing-masing karena kita punya tujuan yang sama.

Berlanjut ke Gunung Binaiya Maluku, track perjalanan gunung disana sangat asing buat saya, sangat jauh berbeda dari gunung-gunung di Jawa, disana sepertinya jarang sekali didaki terlihat dari rinbunnya track perjalannya, di scene ini saya jadi ingat pengalaman pribadi saya ketika salah satu diantara kami harus pulang padahal baru setengah perjalanan untuk menuju puncak.


Perjalanan terahir adalah di Gunung Cartenz dan Jayawijaya, yang merupakan perjalanan terahir mereka, disini jugalah saya baru paham kenapa film ini diberi judul negri dongeng, ada satu pemandangan yang saya sendiri tidak percaya itu ada, seperti di Negri Dongeng.

Review Negri Dongeng : Ekspedisi 7 Gunung Tertinggi Di Indonesia