Tuesday, April 9, 2019

Belajar SCUBA Diving di Kolam Renang PD Prakasa Karawang

Jujur selama ini belum pernah nyobain wisata bawah air dan merasakan sensasinya menjadi seorang penyelam, alasanya karena temen-temen maszal lebih suka naik gunung meskipun cuman wacana forever, dan kalau diajakin trip ke pantai atau pulau alasanya panas dan kurang perjuanganya, lalu apadaya masa iya mau ke pulau sendirian😟.

Latihan SCUBA Diving Murah
Dikesempatan yang mendadak ini Alhamdulillah Backpacker Karawang mengadakan Try SCUBA Diving dengan budget yang sangat ngat ngat murah, jadi saya pikir sayang kalau tidak ikutan, apalagi next trip rencana kita mau camp dan snorkling di Pulau Semak Daun.

Rencana untuk mengikuti latihan diving ini juga harus dibumbuhi dengan mini drama dulu, dimana hari sabtu, satu hari sebelumnya kunci motor beserta kunci kamar kos mendadak hilang jatuh pas lagi runing pagi, sudah bolak balik dicari disepanjang jalan teteup belum ketemu, sampai hari minggu tiba akhirnya terpaksa perjalanan dari Cikarang ke Karawang harus menggunakan transportasi umum, dimana pasti akan memakan waktu yang cukup lama dan budget yang membengkak karena biasanya kalau naik bus tarifnya suka-suka kondekturnya (dikasih uang pas bilangnya kurang, dikasih lebih gak dikembaliin), sempet mikir mau cancel saja tapi sayang dengan biaya yang sudah dikeluarkan, dan akhirnya go to Terminal Cikarang with Ojol

Harusnya waktu itu saya jangan naik bus dari terminal, tetapi langsung nunggu bus yang sudah jalan saja, tapi ahh yasudahlahh sudah terlanjur, kondisi bus yang saya tumpangi menurut saya enggak banget sihhh, selain kondisi bus yang sudah nggak karuan, jalanya juga lambat karena harus mennunggu penuh dulu, saya sampai di Stasiun Cikarang pukul 09:00 dan pukul 09:30 bus baru mau jalan, itupun masih berhenti berhenti dibeberapa titik, seperti di SGC dan pasar Lemah Abang, kan kesyeeel... emosi, pengin komplain ke supirnya tapi aaaarghhh cuman bisa melihat jam yang mulai menuju angka 10:00 waktu teori diving akan dimulai.

Bus Jurusan Cikarang - Karawang
Cikarang - Karawang

Saya turun di pertigaan Tanjung Pura dan lanjut dengan ojol lagi, dan disinipun saya harus mendrama dulu dengan kang ojolnya, dimana kang ojolnya harus muter muterin saya dulu karena dia tidak tahu persis lokasi kolam renangnya. meskipun saya sudah menggunakan GPS saya cuman bisa nurut aja sama kang ojolnya #malasdebat

Sampai di Kolam Renang PD Prakasa sekitar pukul 10:30 dan  5 menit berselang teori dasar diving baru dimulai Alhamdulillah kebagian.

Kolam Renang PD Prakasa Karawang


Teori Dasar Scuba Diving

Teori pertama yang diajarkan adalah teori snorkeling

1. Cara memasukan alat snorkeling kemulut
Saya bingung bagaimana menjelaskannya tapi intinya alat snorkelling atau selang pernapasan yang dimasukan kemulut sudah di design seuai dengan mulut manusia, cuman buat kalian yang belum terbiasa mungkin akan merasakan keanehan, yaitu mulut jadi berasa monyong, tapi ya memang begitu, jadi biasa aja dan hiraukan kemonyongan itu, karena kebanyakan hanya karena jadi monyong alat snorkelling yang buat pernapasannya hanya dimasukan setengahnya saja #katanya

2. Cara membuang air yang masuk ke masker atau kacamata snorkelling
Kacamata snorkelling bisa saja kemasukan air pada saat kita menyelam, untuk mengeluarkan air tersebut tentunya tidak mungkin kita buka karena kondisi kita sedang di dalam air (yang ada malah tambah banyak air yang masuk) tehniknya adalah membuangnya dengan hempasan hidung, tanpa harus membuka kacamata snorkelling tersebut. Dengan begitu air akan keluar.

3. Cara membuang air yang masuk ke alat snorklling
Saat kita menyelam terlalu dalam slang pernafasan kita pasti akan terisi air, untuk mengeluarkan air tersebut kita harus munculkan lagi kepermukaan dan hempaskan dengan mulut (disemprotkan pakai mulut)

4. Cara menggunakan kaki katak atau Fins
Untuk menggunakan kaki katak sama seperti pakai sepatu biasa hehehe, dan untuk mengoperasikanya saat renang kalain cukup kepakan saja atau berenang gaya bebas secara perlahan, dan kalau misalkan kalian mau berdiri kalian harus berputas berbalik arah.

Tehnik Snorkeling

Expresi kencing di Air πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…


Terori kedua : Perkenalan alat-alat Diving dan kegunaanya

a. Tabung udara untuk bernafas

b. Regulator : alat bantu pernafasan (penghubung tabung oksigen dengan mulut)

c. Gauges : alat ukur untuk mengetahui banyaknya oksigen yang tersisa dan kedalaman air, alat ini sebagai petunjuk untuk lamanya bertahan di dalam air.

d. Fins : kaki katak, untuk mempermudah dan mempecepat gerakan saat berenang

e. Weigh Belt : yaitu alat yang digunakan untuk menambah beban agar bisa penyelam bisa tenggelam.

f. BCD (Bouyancy Compensation Device) : sejenis jacket, mirip rompi yang bisi di isi udara untuk mempermudah penyelam ketika hendak naik supaya cepat mengapung.

g. Masker : (Kaca Mata)

h. Drysult : Pakaian wajib Diving

Ok gaes kurang lebih itu beberapa tehnik dasar dan peralatan yang dikenalkan ke kami, mungkin sebenarnya masih banyak tapi karena waktu yang singkat jadi dibuat sesingkat mungkin, tolong koreksinya di kolom komentar apabila ada yang keliru.

Cara memakai peralatan diving yang baik


Kolam Renang Karawang


Pengalaman Pertama Belajar Diving

Dari beberapa teori yang sudah dijelaskan pas saya praktekan ternyata susah gaes, pas nyoba snorkeling dan bernafas menggunakan mulut ternyata bener-bener perlu menggunakan tenaga paru-paru, pas awal awal saya pikir alat snorkelingnya mampet, ehh taunya ternyata saya yang belum bisa mengambil nafas dengan menggunakan mulut. Cukup lama beradaptasi dengan ini apalagi saya perokok 😭😭 tapi alhamdulillah akhirnya bisa juga, dengan kekuatan mulut, ambil nafas sebanyak banyaknya hempaskan perlahan dan ambil lagi..... tapi jujur paru-paru berperan banget dalam hal pernapasan ini.
Terus pas nyobain divingnya alhamdulillah sudah mulai bisa rileks pernapasannya, tinggal dilatih terus aja, tapi kapan lagi ya...... sepertinya perlu privat hiks hiks 

PS : Buat yang lagi cari info latihan SCUBA Diving bisa kepoin IGnya mas Hadid di @hadiddiver yang nglatih kita kemaren, jangan lupa follow IG saya juga di @mas_zennn

Terima kasih sudah membaca artikel ini, jika suka silahkan share, jika ada pesan yang mau disampaikan silahkan tulis di koment.



Hi... terima kasih sudah berkomentar
- Jangan lupa Check Notif Me. Untuk informasi balasan.

For business inquiries
zainalmutakin.pml@gmail.com
EmoticonEmoticon