Tuesday, June 25, 2019

Mampir ke Green Canyon dan Curug Ciomas Karawang

Ada yang baru tahu tempat ini???

Padahal setelah browsing-browsing ternyata tempat ini sudah ada sejak tahun 2015 dan perlu kalian tau gaes kalau di Karawang juga punya beberapa obyek wisata alam yang bisa kalian nikmati yang antara lain seperti, Curug Cigentis, Gunung Sanggabuana, Bukit Kembar dan Green Canyon Ciomas yang akan kita bahas hari ini.
Wisata Alam Green Canyon Karawang
Saya sendiri sudah lama pengin Explore Wisata Alam Karawang, namun karena teman-teman diajakin pada tidak mau akhirnya cita-cita tersebut belum kesampaian sampai akhirnya tiba waktunya Backpacker Karawang ngadain acara buka bersama di Panti Asuhan Al-Yunusiah Loji, tan pikir panjang saya langsung ikutan.

Setelah pulang dari Loji karena waktu masih pagi gak lucukan kalau kita yang ngakunya backpacker  masa mau langsung pulang ke rumah masing-masing, nah jadilah rencana untuk berkunjung ke wisata sekitar Loji Karawang, sebenernya saya penginnya ke Curug Cigentis wisata yang sudah lama saya pengin datengin, tapi karena kalah voting jadi ya gak mungkin saya ke Curug Cigentis seorang diri :'( jadilah kita ke Green canyon Cikarang, sedikit kaget tidak menyangka kalau di ujung kota Karawang ini ternyata memiliki Wisata Green Canyon yang bisa kalian nikmati, meskipun trecknya tidak cukup jauh namun Wisata Green Canyon Karawang ini cukup untuk membuat kita bersenang-senang atau merasakan sensasinya menyusir sungai diantara tebing perbukitan.
Serunya menyusuri sungai dengan dinding dinding bebatuan
Green Canyon Karawang terletak di perbatasan antara Karawang dan Bogor yaitu Desa Cikutamahi, Cariu, Bogor, Jawa Barat, akses untuk kesana perlu menggunakan kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat karena sepertinya tidak ada kendaraan umum yang sampai kesana.

Jika dari arah Karawang kalian lurus saja ambil arah menuju ke Loji sekitar 1 jam atau kalian bisa menggunakan GPS sebagai penunjuk arah, patokannya dari arah Karawang kalau sudah ketemu pasar Loji tinggal belok kanan saja lurus terus mengikuti penunjuk arah. Untuk titik di GPS pakai saja nama Curug Ciomas.

Pemandangan selama perjalanan pun cukup segar untuk dinikmati, melewati sedikit hutan jati dan persawahan.

Dan gaes ini pengalaman pertama saya mencoba wisata Green Canyon, jadi saya masih bingung apa yang harus saya lakukan dan ngapain aja waktu itu, apakah ada materi dasarnya, entahlah pikiranku terlalu formal banget hahaha

Sampai dilokasi kurang lebih sekitar jam 08:00 masih sepi banget, mungkin karena bulan puasa (iyalah siapa juga yang bulan puasa mau mainan air) iya juga sihhh…. saya juga sempet heran sama ketua suhu rombongan saya, kok malah ngajakinnya kesini si kan kita lagi pada puasa, ntar kalau batal bigimane….

Tapi yasudahlah sebagai anggota saya ngikut saja, harga tiket masuknya 10.000/orang tapi pas bayar cuman 8.000/orang dan untuk sewa pelampungnya 15.000/orang. parkir 5.000/motor dan 10.000/Mobil.

Pas udah mau nyebur jujur asli saya ragu banget, antara pengin, dingin, dan sedang puasa, mikir bagaimana caranya supaya air tidak sampai ketelan, dan akhirnya daripada kesitu cuman bengong kaya Quda nyeburlah sudah..... Byuuurr... airnya dingin banget, mungkin karena perut lagi kosong jadi dinginnya berasa banget.

Awalnya saya tidak menggunakan pelampung tapi karena tidak kuat berenang lama-lama karena harus melawan arus menyusuri sungai tersebut akhirnya saya sewa pelampung juga Rp. 15.000

Wisata Green Canyon adalah wisata menyusuri sungai dan yang menarik ditepi kanan dan kirinya adalah sebuah tebing tinggi berupa bebatuan yang besar dan rimbuanya pepohonan yang membuat nuansa alami, namun lama-lama berendam di air membuat badan cempat menggigil juga.

Saat kami sudah sampai ujung, kami mendengar suara gendang musik menghampiri kami, yang ternyata itu adalah suara dari air yang dimainkan oleh seorang bapak-bapak setengah tua penjaga wisata tersebut, wahhhh..... keren juga ya, bisa main gendang dengan menggunakan air.....

Lalu kamipun menyudahinya ditempat ini dan berpindah kelokasi lain, tepat di bawah terdapat sebuah aliran yang cukup tinggi atau sebut saja Curug Ciomas, yeahhh dulunya sebelum dibikin Green Canyon nama wisata ini cuman Curug Ciomas, disini kalian bisa melompat dari atas, kurang lebih sekitar 5 meter, sebenarnya pengin nyobain tapi lagi lagi saya pakai alasan takut batal puasanya wkwkwkwk.
Curug Ciomas
Sayapun turun kebawah curug dengan cara melewati tangga yang sudah disediakan fix saya cupu...😣 eh tapi dari kita yang turunya terjun cuman satu ding, yaitu ketua suhu.
Kamipun kembali bermain air dibawah curug, berfoto foto ria, membuat lingkaran ala-ala yang menurut saya ini menjijkan dan alay sekali, namun anehnya saya termasuk di dalamnya 😭😭 fix gak lagi-lagi ikutan...
Curug Ciomas Karawang

Curug Ciomas Loji Karawang


Sekitar pukul 10:30 saya menyudahinya karena badan udah sangat menggigil sekali, takut hypo :D

Fasilitas di Green Canyon Karawang

- 3. Kamar mandi dan bilas
Kalau menurut saya kamar mandinya perlu diperbaiki lagi karena masih terbuat dari kayu dan sudah kurang bagus.
- Gazebo
Ada beberapa gazebo-gazebo buat duduk-duduk
- Tempat foto-foto instagramable dengan background love yang kekinian #ea
- Tempat makan dan jajanan yang saat itu sedang tutup karena bulan puasa
- Parkir yang luas
Oke gaes jadi kurang lebihnya seperti itu, jadi gimana ada yang mau ajakin saya jalan-jalan kemana gitu, pengin deh rasanya diajak jalan #ea

Jangan lupa komen-koment ya gaes, tinggalin jejak biar saya bisa berkunjung balik ke blog kalian, share juga kalau mau hehehe 

Hi... terima kasih sudah berkomentar
- Jangan lupa Check Notif Me. Untuk informasi balasan.

For business inquiries
zainalmutakin.pml@gmail.com
EmoticonEmoticon