Tuesday, July 9, 2019

Bukit Batu Agung Tegal – Spot Foto Antimainstream Yang Menantang Nyali

Merasa memiliki jiwa petualang dan keberanian yang tinggi, cobalah wisata ekstrem yang ada di Tegal ini. Sebuah tempat yang disebut dengan Bukit Batu Agung memiliki pesona tersendiri bagi para pengunjungnya. Medan yang menantang membuat tak semua orang berani berada di posisi ektrem ini. Rutinitas pekerjaan yang memuat kepala pusing, sekejap menghilang begitu sampai di Bukit Batu Agung Tegal. Ini juga menjadi destinasi wisata yang cocok untuk para penyuka ketinggian. Bagi mereka yang suka mendaki gunung, tempat ini juga tak kalah menantangnya. Tapi jangan khawatir, petugas telah menyediakan alat keamanan yang membuat pengunjung akan tetap aman.
Bukit batu Agung Balapulang
Foto Instagram By @Fatihzafran
Jika dilihat dari jarak dekat, Bukit Batu Agung tersusun atas batu-batu besar yang terbangun secara sendirinya. Begitu mata memandang dari puncak bukit, keindahan kota tegal akan jelas terlihat. Apalagi saat melihat gunung Slamet, pemandangan yang tak terbayangkan sebelumnya akan terwujud disini. Spot foto terbaik di tempat ini ialah di puncak bukitnya. Ketinggian bukit Batu Agung berkisar 100-200 meter yang membuat siapa saja yang mencobanya akan merinding. Meski terkenal dengan sebutan Bukit Batu Agung, masyarakat sekitar sering menyebutnya dengan Goa Lawa. Nama tersebut diambil dari bahasa Jawa yang berarti Gua Kelalawar. 

Hampir setiap akhir pekan Bukit Batu Agung ramai dikunjungi oleh wisatawan. Bukan hanya orang Tegal, masyarakat dari daerah lain seperti Banyumas, Purbalingga, Pemalang banyak yang datang karena rasa penasaran. Obyek wisata ini bisa jadi ajang seru-seruan bersama teman-teman. Pokoknya tidak ada ruginya jika berlibur ke sana. Setelah melewati kesibukan pekerjaan yang membuat stress, menikmati udara segar di Bukit Batu Agung menjadi pilihan yang tepat.
Batu Agung Balapulang Tegal

Lokasi Bukit Batu Agung

Wisatawan bisa datang ke Desa Harjowinangun, Balapulang, Tegal, Jawa Tengah untuk menikmati keindahan Bukit Batu Agung. Jika ditempuh dari pusat kota Tegal, wisatawan harus menempuk perjalanan sejauh 31 kilometer. Akan lebih cepat jika menggunakan motor untuk menuju ke sana. Sementara dari Purwokerto, jaraknya sekitar 78 kilometer jika melewati jalur utama. Posisi Tegal yang berada di utara Gunung Slamet, sedangkan Purwokerto ada di sebelah selatannya membuat wisatawan yang menggunakan jalur Purwokerto harus berputar melewati Gunung Slamet. Sementara jika dari Tegal bisa melewati Slawi hingga menuju ke lokasi. Wisatawan dari luar daerah bisa menggunakan layanan ojek online dari terminal Tegal. Bilang aja mau ke Bukit Batu Agung, pengendara ojeknya pasti sudah paham kok. Selain itu, biayanya juga tergolong murah kok ketimbang menyewa mobil sendiri.

Transportasi Menuju Bukit Batu Agung

Lokasinya yang jauh dari pusat kota membuat akses transportasinya sedikit susah. Tak ada angkutan umum yang bisa mengantarkan sampai ke jalanan dekat lokasi. Satu alternatifnya menggunakan kendaraan pribadi. Ini sangat direkomendasikan mengingat lokasinya yang sulit ditempuh membutuhkan tenaga yang lebih. Banyak rumah makan sepanjang jalan menuju ke Bukit Batu Agung. Nah saat badan sudah merasa lelah bisa sejenak beristirahat dan mengisi perut yang keroncongan. Jalanan yang berliku membuat perjalanan akan lebih cepat jika menggunakan motor. Apalagi ketika sudah berada di dekat lokasi, akses jalan akan lebih sempit. 

Biaya Masuk Bukit Batu Agung

Bukit Batu Agung dibuka untuk umum setiap hari pada pukul 8 pagi hingga 5 sore. Wisatawan harus menyiapkan uang tiket sebesar Rp.7000 per orangnya. Sementara untuk biaya parkir, wisatawan biasanya dikenakan biaya Rp. 5000. Dengan uang sekecil itu, wisatawan bisa menikmati indahnya pemandangan di sekitar bukit. Untuk menghemat pengeluaran, lebih baik membawa makanan dan minuman sendiri. Tapi jika tidak ingin repot, banyak penjual yang menyediakan makanan dan minuman untuk mengganjal perut yang lapar. Cuaca yang terik pada siang hari akan membuat wisatawan cepat kehausan. Untuk itu wisatawan disarankan untuk membawa air mineral botol saat naik ke puncak bukit.
Batu Agung Tegal
Foto Instagram By @Fatihzafran

Informasi Umum Mengenai Bukit Batu Agung

Bukit Batu Agung memiliki pemandangan yang luar biasa indah. Oleh karena itu, tempat ini sering dijadikan sebagai spot fotografi favorit bagi para fotografer. Tapi sekali lagi, hanya orang pemberani saja yang berani untuk berofoto di tempat ekstrem ini. Setiap wisatawan yang datang harus dalam keadaan sehat. Karena nantinya untuk menuju lokasi harus berjalan kaki selama 25 menit. Medan yang ditempuh juga cukup menyulitkan. Wajar saja lokasinya yang berada di kawasan gunung Slamet membuat kondisi tanahnya naik turun hingga menemui medan dengan kemiringan 90 derajat. 

Wisatawan perlu menggunakan sandal khusus mendaki atau sepatu yang memiliki alas tidak licin. Itu akan sangat membantu dalam proses perjalanan menuju ke Bukit Batu Agung.

Wisatawan tak perlu khawatir akan tersesat selama berada di Bukit Batu Agung. Terdapat petugas yang siap membantu para wisatawan untuk menikmati indahnya tempat ini. Sebagai wisatawan, jangan sungkan untuk bertanya mengenai tempat ini. Petugas dengan ramah akan menjelaskan semuanya tentang Bukit Batu Agung. Disana wisatawan juga bisa melihat gua-gua yang dipenuhi dengan kelalawar. Oleh masyarakat sekitar, gua tersebut biasa disebut dengan Goa Lawa. Saat memasuki gua tersebut, akan tercium bau menyengat akibat kotoran kelalawar.

Petugas wisata disana juga menyiapkan berbagai fasilitas yang diberikan kepada wisatawan antara lain, mushola, kamar mandi hingga penginapan. Oleh karena itu, wisatawan tak perlu khawatir akan kesusahan saat berada di sana. Wisatawan akan merasa senang dengan pemandagan dan fasilitas yang ada di Bukit Batu Agung.

Hi... terima kasih sudah berkomentar
- Jangan lupa Check Notif Me. Untuk informasi balasan.

For business inquiries
zainalmutakin.pml@gmail.com
EmoticonEmoticon