Harga Tiket Masuk dan Rute Curug Luhur Bumijawa Tegal

Tegal menjadi salah satu surga wisata alam yang ada di Jawa Tengah. Salah satunya ialah Curug Luhur Bumijawa yang kini sedang naik daun. Aliran air terjun ini terlihat deras mengingat curug ini berada di hulu sungai yang mengalir dari gunung. Maka tidak heran jika airnya sangat dingin, wisatawan bisa merasakan segarnya air yang begitu jernih sepuasnya. Alam yang masih terjaga membuat pepohohan hijau masih bisa terlihat dengan indahnya. Sensasi berbeda akan dirasakan ketika sampai di Curug Luhur Bumijawa yang indah itu. Wisatawan tak perlu pusing lagi saat liburan, tempat wisata alam ini cocok banget buat liburan bersama keluarga maupun dengan rekan-rekan.
Curug Luhur
Foto : Fahrizal Bagas
Curug Luhur Bumijawa bukan hanya dikunjungi oleh wisatawan dari Tegal saja, mereka yang berasal dari daerah lain seperti Banyumas, Purbalingga juga seringkali berlibur di tempat ini. Promosi wisata yang kurang mungkin membuat masih banyak orang yang belum mengetahui. Padahal tempat wisata ini menyimpan keindahan yang mengesankan. Saat berada di Tegal, jangan sampai melewatkan wisata yang mempesona ini. Merencanakan liburan akhir pekan bersama keluarga ke Curug Luhur Bumijawa menjadi ide yang menarik. Bukan orang dewasa saja, anak-anak juga akan merasa senang begitu sampai di kawasan curug itu. Apalagi kalo sudah bermain air, pasti akan ketagihan dan sulit disuruh pulang. Air yang bersih dan segar membuat cocok banget buat bermain air. Tetapi, orang tua juga harus menjaga betul anak-anaknya saat bermain.
pesona keindahan curug luhur
Foto : Reanaldy Ibrohim
Air terjunnya yang tinggi memberikan panorama yang indah untuk dilihat. Bagi pecinta alam, tak akan bosan jika berlibur ke Curug Luhur Bumijawa. Suasana pegunungan yang asri menjadi salah satu hal yang ditawarkan oleh curug ini. Wisatawan bisa berfoto dengan latar belakang air terjun. Selain itu, bebatuan yang berada di sekitar air terjun juga bisa dimanfaatkan untuk duduk-duduk bersantai. Curug ini juga sering dikunjungi oleh para pemudik yang melintas melalui jalur Tegal. Penat karena macet jelas akan membuat pikiran stress, nah Curug Luhur Bumijawa bisa menjadi solusi yang tepat untuk itu.
sungai dasar curug luhur bumijawa
Foto : Reanaldy Ibrohim

Lokasi Curug Luhur Bumijawa

Curug Luhur Bumijawa berada di antara dua desa yakni Desa Sokasari, Kecamatan Bumijawa dan Desa Tuwel, Kecamatan Bojong. Untuk menemukan wisata ini, bisa melalui dua jalur yaitu jalur Sokasari dimulai dari Pasar Bumijawa. Kemudian bisa juga ditempuh melalui jalur Dukuh Gandu, dengan mengawali perjalanan dari pertigaan Tuwel. Wisatawan seringkali menggunakan jalur kedua yang lebih mudah. Jalur yang diambil ialah dari pertigaan Tuwel belok ke kanan menuju Bumijawa. Setelah sampai di SMAN 1 Bojong, belok kanan lagi hingga Dukuh Kopigandu. Perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki melewati jalanan setapak dan sawah. Ini akan lebih mudah dan dekat ketimbang melalui jalur Sokasari.

Transportasi Menuju Curug Luhur Bumijawa

Perjalanan menuju Curug Luhur Bumijawa bisa ditempuh menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Jalurnya bisa mengikuti seperti yang sudah dijelaskan di atas. Jika bingung, bisa gunakan aplikasi penujuk arah yang justru akan lebih memudahkan. Suasana sepanjang jalan tak akan membosankan, apalagi ketika sudah mendekati lokasi. Bisa terlihat pegunungan dengan pepohonan yang hijau. Selain itu, mencari tau hal-hal mengenai tempat wisata yang akan dituju juga menjadi kegiatan menarik. Jadi perjalanan otomatis tidak akan membosankan dan liburan yang dijalani akan terasa lebih bermakna. Tipe jalanannya yang naik turun membuat pengendara harus lebih berhati-hati.
Penujuk arah menuju curug luhur

Tiket Masuk Curug Luhur Bumijawa

Hanya dengan Rp. 5000 per orang, wisatawan bisa menikmati indahnya Curug Luhur ini. Wisata ini dibuka mulai pukul 08.00 hingga 18.00 setiap harinya. Untuk menikmati udara yang sejuk, lebih baik untuk datang di pagi hari. Wisatawan umumnya datang berlibur pada hari libur seperti akhir pekan maupun libur nasional. Setelah stress dengan pekerjaan, menikmati indahnya pemandangan di Curug Luhur Bumijawa bisa membuat pikiran segar kembali. Wisatawan bisa mencoba sensasi dinginnya air untuk membasuh muka. 

Menurut warga sekitar, wisatawan lebih banyak datang pada hari minggu. Mereka biasanya datang tidak sendiri, ada yang mengajak teman, pacar hingga keluarga. Obyek wisata ini cocok untuk semua kalangan baik anak muda maupun dewasa. Obyek wisata ini dikelola oleh masyarakat sekitar jadi wajar jika fasilitas yang disediakan masih kurang. Setelah puas, wisatawan bisa menikmati curug lain yang tak jauh  lokasi tadi yakni Curug Pengantin. Panorama yang ada juga tak kalah indah dibanding dengan curug yang di kunjungi tadi. Keduanya masih dalam satu kawasan sehingga keindahannya pun tak akan berbeda jauh. Yang unik dari Curug Pengantin ialah terdapat dua curug yang berdekatan. Oleh karena itu, curug tersebut dinamakan dengan Curug Pengantin. Keduanya sama-sama mengalir ke tempat yang sama.
pemandangan saat menuju ke curug luhur bumijawa tegal
Foto : dian ratih
Balik lagi ke Curug Luhur, curug ini berada di kawasan pegunungan. Jalanannya yang masih berupa tanah membuat wisatawan harus berhati-hati. Disarankan untuk menggunakan sepatu atau sandal yang kuat. Untuk masalah perut jangan khawatir, banyak pedagang yang menyediakan berbagai makanan minuman. Cuaca yang dingin sangat pas untuk menikmati kopi dan mendoan yang bisa dengan mudah dibeli. Indahnya alam yang masih terjaga sampai saat ini harus tetap dijaga. Salah satunya dengan tidak membuang sampah sembarangan. Wisatawan yang berlibur ke Curug Luhur Bumijawa juga wajib melakukan hal yang sama. Jadi nantinya nuansa alam yang ada di curug ini bisa tetap bisa dinikmati oleh anak dan cucu kelak. Curug Luhur Bumijawa menjadi pilihan yang tepat untuk liburan di Tegal.

Harga Tiket Masuk dan Rute Curug Luhur Bumijawa Tegal