Saturday, July 6, 2019

Mengacu Adrenalin Via Ferrata Gunung Jimat Mendelem Belik Pemalang

Ferrata adalah teknik memanjat dengan menggunakan tangga besi yang ditancapkan dalam tebing  bebatuan, di Asia sendiri hanya dua negara yang memiliki Ferrata, yaitu di Malaysia dan Indonesia, namun di Indonesialah yang paling tertinggi pertama dan kedua, tertinggi pertama adalah Ferrata Gunung Parang Purwakarta sekitar 700Mdpl, dan yang kedua adalah Ferrata Gunung Jimat Pemalang
Via ferrata Gunung Jimat
Ferrata Gunung Jimat Pemalang benar-benar memiliki pesona yang luar biasa bagi para trevelers untuk memacu adrenalinnya. Lokasi tebingnya berada di daerah Gunung Jimat di Dusun Tampol, Desa Mendelam, Kecamatan Belik, Kabupaten Pemalang. Keberanian anda akan benar-benar diuji saat sudah mulai naik tebing ini. Banyak wisatawan yang datang hanya untuk mencoba keseruan memanjat tebing via Ferrata. Namun akan lebih seru jika anda tidak sendirian, ajaklah teman atau kekasih untuk naik tebing bersama. Bukan hanya orang dewasa, anak-anak juga diperbolehkan mencoba panjat tebing ini, minimal anak yang sudah pandai berjalan dan berani.

Dari kejauhan, Gunung Mendelem memang tampak indah dengan pepohonan hijau yang ada di sekitarnya, namun Gunung Mendelem sebenarnya adalah merupakan Gunung yang didominasi batu yang besar. Dan saat menaiki tebing yang tingginya 160 meter dari permuakaan tanah, adrenalin anda benar-benar akan teruji. Tapi tak perlu khawatir, peralatan keamanan telah disiapkan untuk memastikan pemanjatnya tidak terjatuh. Di jalur pemanjatan juga dipasangi besi yang berguna sebagai pijakan, itulah teknik via Ferrata. Gunung Mendelem didominasi oleh bebatuan sehingga teknik via Ferrata cocok diterapkan disini. Saat berada di puncak, pemandangan indah akan jelas terlihat. Oleh sebab itu sangat disarankan untuk membawa kamera untuk memotret keindahan alam yang ada di sana.
Via ferrata Pemalang

Gunung Mendelem biasa disebut juga dengan Gunung Jimat. Banyak yang menyebutkan penamaan gunung tersebut karena di daerah tersebut banyak menyimpan benda pusaka. Orang dulu meyakini ada tempat ini mampu mendatangkan kekuatan yang digunakan untuk kekuasaan.  Terdapat makam Rahiyangta Panaraban yang terdapat di puncak Gunung. Orang tersebut merupakan raja Jawa yang ada di Pemalang. Selain itu terdapat juga petilasan Damar Wulan dan Raden Patah. Ada juga batu payung yang tersusun atas batu-batu besar yang membentuk seperti goa. Konon banyak orang yang mencari pesugihan di tempat ini. Khususnya pada malam hari dimana keadaan sudah sangat sepi dan sunyi. 
Via ferrata Gunung Mendelem belik Pemalang

Obyek Wisata via Ferrata berada di Dusun Tampol, Desa Mendelem, Kecamatan Belik, Pemalang. Jalur tercepat dari pusat kota Pemalang sekitar 42 kilometer. Saat jalanan lancar, bisa ditempuh dalam waktu 1 jam. Sementara dari Purwokerto, perlu menempuh perjalanan 44 kilometer melewati daerah Purbalingga. Banyak wisatawan yang datang dari dalam maupun luar negri. Daya Tarik utamanya ialah via Ferrata yang ada di Gunung Mendalem. Suasana desa yang masih alami membuat hawa sejuk bisa dirasakan saat sampai disana. Medan yang ditempuh memang tidak mudah, sehingga para wisatawan harus mempersiapkan tenaganya sebelum datang ke sana.
Ferrata Gunung Jimat Pemalang

Transportasi Menuju via Ferrata Gunung Jimat Mendelem

Akan sangat sulit jika memutuskan menggunakan angkutan umum saat pergi ke Gunung Mendelem. Tak ada angkutan umum yang bisa mengantarkan sampai ke lokasi. Salah satu solusinya yakni menggunakan kendaraan pribadi mobil ataupun motor. Lebih disarankan untuk menggunakan motor saat kesana. Pasalnya jalur yang dilalui akan lebih cepat jika menggunakan motor. Namun jika kalian menggunakan transportasi umum kalian bisa turun di Pasar Belik dan bisa dilanjut dengan mencari jasa ojek yang mau mengantarkan anda dari Pasar Belik menuju ke Gunung Mendelem. Ini akan memudahkan anda untuk cepat sampai ke tujuan. Meski harus mengeluarkan biaya lebih untuk jasa ojek tersebut. Anda harus benar-benar berhati-hati memilih jasa ojek. Carilah mereka yang mangkal di tempat ramai seperti di terminal atau daerah dekat terminal lainnya. Sehingga keamanan anda terjamin.

Biaya Via Ferrata Gunung Jimat Mendelem Pemalang

Berlokasi di pedesaan membuat biaya masuk ke obyek wisata ini cukup terjangkau. Anda hanya dibebankan sebesar Rp. 5000 sampai Rp. 10.000/orang di akhir pekan untuk masuknya saja. Sementara jika ingin mencoba memanjat tebing, biaya yang harus dikeluarkan berkisar Rp. 40.000 hingga 100.000 per orang, tergantung panjang jalurnya. Biaya yang dikeluarkan rasanya sebanding dengan apa yang didapat. Pengalaman memanjat tebing di alam terbuka secara langsung dengan pemandangan yang indah sudah cukup membuat senang. Saat berada disana, ada banyak petugas wisata yang siap membantu anda dalam urusan wisata tentunya.
Via ferrata Pemalang

Informasi Umum Mengenai Via Ferrata Gunung Jimat Mendelem

Keamanan yang diberikan oleh petugas di sana benar-benar diperhatikan. Sebelum memanjat tebing, para wisatawan akan dipakaikan alat pengaman hingga melakukan pemanasan terlebih dahulu. Kemudian baru boleh diizinkan untuk memanjat tentunya sesuai intruksi yang telah disampaikan. Para wisatawan dipakaikan hernes kemudian cincin pengaitnya dikaitkan ke kawat seling dan tangga. Jadi selama menaiki ferrata, tak perlu khawatir soal keselamatan. Pengunjung hanya perlu menaiki tangga yang telah disediakan sehingga lebih mudah untuk sampai ke atas. Ada petugas tersendiri yang akan memandu anda saat naik ke atas. Jarak trek tangga besi yang digunakan untuk memanjat mencapai 150 meter. Kedepannya akan ditambah lagi menjadi 300 meter sehingga pengunjung bisa sampai kepuncak.

Para pengunjung juga bisa mencoba fasilitas seru lainnya seperti flaying fox, rock top dan spot selfie. Pengelola wisata setempat menjamin keamanan yang disediakan sudah berstandar internasional. Saat ini masih banyak area yang harus ditingkatkan kualitasnya. Khususnya pada bagian jalur menuju lokasi wisata tersebut. Para pengunjung harus mendaki beberapa saat sebelum sampai di area Gunung Mendelem. Tetapi kekurangan itu akan dibayar tuntas oleh keindahan yang ditawarkan Gunung Mendelem. 

Dukung Via Ferrata Pemalang di Anugerah Pesona Indonesia 2019

Hallo gaes... sedulur kabeh wis pada ngerti hurung angger wisata ferrata pemalang mlebu maring Anugerah Pesona Indonesia 2019, nahh angger urung kiye mulane tek wei ngerti, terus juh pada bareng-bareng dukung wisata Pemalang nang Anugerah Pesona Indonesia men menang, terus ngko toli tambah dikenal, tambah rame kan dadi bangga. Nah carane gampang tinggal ketik : API 7E sms ke 99386 oke pokoke aja kelalen ya dukungane. 
Salam, Ora Ngapak Ora Kepenak
Anugerah Pesona Indonesia


Disclaimer :
Mohon koreksi apabila terjadi ketidaksesuaian dalam informasi yang saya sampaikan di atas, Credit Picture By. @tamanrancah

Hi... terima kasih sudah berkomentar
- Jangan lupa Check Notif Me. Untuk informasi balasan.

For business inquiries
zainalmutakin.pml@gmail.com
EmoticonEmoticon