Keindahan Rute Menuju Curug Kaliputih Bumijawa Tegal

Kabupaten Tegal dikenal memiliki banyak pegunungan yang tinggi. Oleh sebab itu, daerah ini juga memiliki beberapa curug yang menjadi obyek wisata, salah satunya ialah Curug Kaliputih Bumijaya. Nama tersebut diambil dari lokasi ditemukannya curug tersebut yakni di DAS Kaliputih. Sama seperti curug pada umumnya, pepohonan yang hijau tumbuh subur mengelilingi area curug. Wisatawan bisa merasakan derasanya air secara langsung derasnya air yang mengalir. Air yang datang dari pegunungan membuatnya terlihat begitu jernih. Jika ingin merasakan segarnya air, wisatawan diperbolehkan untuk bermain air. Salah satu cara untuk menikmatinya ialah dengan duduk dibawah guyuran air yang akan memberikan efek pijatan pada orang dibawahnya. Hitung-hitung pijat gratis gitu.
Foto LG by Mita Ayu Lestari
Curug ini tak hanya dikunjungi oleh wisatawan lokal saja, seringkali ada yang datang dari luar daerah karena penasaran. Rata-rata obyek wisata ini diketahui dari media sosial seperti Instagram maupun Facebook. Banyak wisatawan yang membagikan foto-foto hasil jepretan di Curug Kaliputih Bumijawa. Pada hari minggu atau har libur, curug ini banyak didatangi oleh wisatawan. Selain ingin menikmati indahnya pemandangan, salah satu tujuan berkunjung ke sana ialah untuk berfoto. Ini sudah menjadi hal yang lumrah dilakukan wisatawan yang datang ke sebuah obyek wisata.
tracking menuju curug kaliputih
Foto By orangtegalasli
Curug Kaliputih Bumijawa tak kalah indah dibanding curug lainnya. Aliran airnya akan semakin deras saat musim hujan hingga seluruh dindingnya memercikan air. Berbeda dengan musim kemarau, sebagian dinding akan ditumbuhi oleh rerumputan. Lokasi curug jauh dari perkotaan sehingga suasana alam benar-benar akan dirasakan. Suara aliran air dan burung membuat suasana menjadi lebih tenang. Ini bisa menjadi relaksasi yang gratis karena memanfaatkan alam. Saat keadaan stress, duduk di bebatuan dekat air terjun akan menjadi hal yang mengesankan. Rasa stres yang dirasakan mungkin akan cepat menghilang lebih cepat. Curug Kaliputih Bumijawa sangat direkomendasikan untuk liburan saat berada di Tegal.
Keindahan curug kaliputih
Foto IG by Diagusfa

Lokasi Curug Kaliputih Bumijawa

Jika belum tau,Curug Kaliputih Bumijawa berada di DAS Kaliputih, Desa Guci, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah. Lokasinya masih berada di kawasan obyek wisata Guci yang terkenal dengan pemandian air panasnya. Dari pusat kota Tegal, jaraknya sekitar 41 kilometer dengan waktu tempuh satu jam. Perjalanan bisa menggunakan jalur Banjaranyar Sawi, kemudian dilanjurkan mengikuti jalan Bojong. Jika dari arah Purwokerto, wisawatan harus menempuh perjalanan sejauh 67 kilometer selama sekitar dua jam. Curug ini berdekatan dengan beberapa curug lain yang masih dalam satu kawasan. Pengunjung bisa mengexplore beberapa curug sekaligus dalam sekali liburan. Ini akan menghemat waktu sekaligus menghemat pengeluaran.


Transportasi Menuju Curug Kaliputih Bumijawa

Wisatawan bisa menggunakan angkutan umum dari Tegal dengan tujuan obyek wisata Guci. Persiapkan uang dengan nominal kecil agar lebih cepat saat turun dari kendaraan. Sama halnya jika menggunakan kendaraan pribadi. Tapi, jika menggunakan kendaraan pribadi nantinya akan lebih mudah jika ingin mampir-mampir. Perjalanan juga akan lebih cepat karena tidak perlu berganti-ganti transportasi. Perjalanan dilanjutkna dengan berjalan kaki menapaki jalanan tanah dan menyusuri aliran sungai. Wisatawan perlu berhati-hati karena jalananya masih kurang bagus. Sepanjang jalan akan menemui pemandangan indah yang hijau. Suasana sejuk juga akan dirasakan oleh wisatawan yang datang ke Curug Kaliputih.

HTM Curug Kaliputih Bumijawa

Umumnya, biaya masuk obyek wisata curug di Tegal sebesar Rp. 5000. Itu belum termasuk biaya parkir yang tidak termasuk dalam biaya masuk. Jika menggunakan mobil otomatis biaya parkir akan lebih murah jika datang dengan rombongan. Di area Curug Kaliputih juga ada beberapa penjual makanan dan minuman. Jadi persiapkan juga anggaran untuk hal ini. Uang yang dikeluarkan benar-benar akan sebanding dengan keindahan yang ditawarkan oleh Curug Kaliputih. Dengan membayar tiket masuk, juga membantu pengelola dalam mengurus obyek wisata ini. Kedepannya kualitas obyek wisata ini jelas akan meningkat. Terutama untuk fasilitas akses masuknya yang harus dibenahi agar wisatawan bisa nyaman.


Untuk pengelolaan obyek wisata ini, masyarakat sekitar berperan cukup aktif. Terdapat beberapa curug lain disekitar Curug kaliputih seperti Curug Sikunang. Perjalanan menuju ke lokasi tidak semudah jalanan di kota. Wisawatan perlu melewati persawahan kemudian menyusuri sungai dengan air yang cukup jernih. Rasa lelah tak akan dirasakan karena sepanjang jalan menuju curug terdapat pemandangan yang indah. Perjalanan akan lebih seru jika datang beramai-ramai. Apalagi bersama orang yang disukai, ini akan menjadi momen spesial. Jangan lewatkan spot-spot menarik untuk berfoto sebagai kenang-kenangan saat pulang nanti.

Perjalanan ini memerlukan tenaga yang tidak sedikit. Jadi sebelum memutuskan untuk berlibur ke Curug Kaliputih, persiapkan diri saja terlebih dahulu. Gunakan pakaian yang sesuai sehingga perjalanan akan lebih mudah. Sangat direkomendasikan untuk menggunakan sepatu sebagai alas kaki, sekaligus memakai topi untuk menghindari panas matahari. Wisatawan harus berhati-hati terutama saat berjalan di sepanjang sungai. Bebatuan mungkin akan licin dan bisa membuat kaki terpeleset. Jangan lupa untuk membawa minum karena akan sulit menemui penjual di area tersebut. Obyek wisata ini termasuk dalam obyek wisata alam. Jadi wisatawan wajib untuk menjaga alam sekitar, salah satunya dengan tidak membuang sampah sembarangan, merusak tanaman dan lain sebagainya. Curug Kaliputih Bumijawa harus dijaga agar tetap bisa dinikmati sampai kapanpun.

Keindahan Rute Menuju Curug Kaliputih Bumijawa Tegal