Harga Tiket Masuk dan Rute Ke Curug Jenggala Baturaden

Akhir-akhir ini, banyak bermunculan wisata-wisata baru di daerah Banyumas, Jawa Tengah. Sebagian besar wisatanya berjenis wisata alam, salah satunya ialah Curug Jenggala Baturaden. Ini menambah pilihan wisata baru bagi masyarakat sekitar. Keindahan alam yang awalnya jarang bisa di explorasi kini sudah bisa dinikmati oleh banyak orang. Wisatawan akan disuguhkan dengan panorama alam Baturaden yang masih terjaga. Hijaunya pepohonan membuat pandangan mata lebih segar. Apalagi saat datang pada pagi hari, hawa dingin akan menyambut bagi siapa saja yang datang ke sana. Dengan adanya wisata Curug Jenggala, wisatawan kini memiliki pilihan liburan lain selain Baturaden. Liburan sekaligus di dua tempat tersebut juga bisa dilakukan, lokasi keduanya cukup dekat karena masih dalam satu kawasan.


Curug Jenggala
Wisata alam di Curug Jenggala Baturaden dibangun dengan konsep kekinian. Terdapat berbagai spot foto menarik yang bisa digunakan oleh wisatawan. Salah satunya di gardu pandang berbentuk hati yang menghadap ke air terjun. Latar belakang air terjun akan membuat foto yang dihasilkan lebih bagus. Pengelola memperbolehkan pengunjung untuk turun untuk berfoto dan merasakan segarnya air yang mengalir langsung dari gunung. Suasana alam yang indah juga cocok untuk mengungkapkan perasaan suka kepada orang yang di sukai. Curug Jenggala Baturaden selalu ramai baik saat akhir pekan maupun hari biasa. Sebagian besar dari mereka datang tidak sendiri, biasanya secara rombongan.
HTM Curug Jenggala
Awalnya Curug Jenggala bernama Curug Tempuan. Kemudian masyarakat mengubah nama tersebut dengan nama yang kini sudah dikenal luas. Masyarakat sekitar dan pihak pemerintah kini tengah serius menggarap obyek wisata ini. Berbagai perbaikan dan penambahan fasilitas tengah dilakukan, terutama pada akses masuknya. Akses menuju curug masih berupa tanah yang membuat licin saat musim hujan. Wisatawan perlu berhati-hati saat melintasi kawasan tersebut. Tapi perjuangan itu akan terbayarkan dengan indahnya pemandangan yang disajikan di Curug Jenggala. Rasa lelah seketika akan menghilang begitu merasakan segarnya air yang dingin. Terlebih bagi yang suka berfoto, ketika sampai disana rasanya tak sabar untuk mengabadikan momen itu.

Artikel Terkait : Curug Bayan : Curug terpendek di Kawasan Curug Gede (Explore Curug Baturraden)

Lokasi Curug Jenggala Baturaden
Curug Jenggala Baturaden berada di Dusun Kalipagu, Ketenger, Baturraden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Jika sebelumnya pernah berlibur ke Batuaden, untuk menemukan lokasi ini tidaklah sulit. Dari pusat kota Purwokerto berjarak satu kilometer dan bisa ditempuh selama sekitar satu jam. Untuk menemukan Curug Jenggala, wisatawan sebelumnya harus masuk ke kawasan Baturaden. Kemudian menelusuri jalan menuju Curug Bayan hingga akhirnya menemukan sebuah homestay dan jalan sempit. Terdapat papan penujuk arah yang akan menunjukan arah menuju Curug Jenggala. Jika bertemu wisatawan lain yang searah, jangan sungkan-sungkan untuk jalan bersama sehingga tidak akan tersesat.
PLTA ketengger
Transportasi Menuju Curug Jenggala
Untuk menuju ke Curug Jenggala bisa menggunakan angkutan umum jurusan Baturaden. Selain itu, akan lebih mudah jika menggunakan kendaraan pribadi baik mobil maupun motor. Berhati-hati saat mengendarai kendaraan karena jalanannya naik turun dan tidak terlalu lebar. Perjalanan tidak sepenuhnya dapat ditempuh menggunakan kendaraan. Saat sudah sampai di parkiran, perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki selama 30 menit. Kondisi jalannya yang masih berupa tanah membuat kontur tanahnya licin saat hujan. Lebih baik untuk berjalan secara perlahan saja sembari menikmati segarnya udara yang ada. Begitu sampai di lokasi, rasa lelah setelah berjalan akan hilang setelah melihat indahnya Curug Jenggala.

Artikel Terkait : Curug Penganten : Perjalanan Panjang Menuju Keindahan

Harga Tiket Masuk Curug Jenggala
Ketika memasuki kawasan Curug Jenggala, wisatawan harus membayar Rp. 5000 per orangnya. Itu belum termasuk biaya parkir, transportasi dan kebutuhan pribadi. Terdapat penjual makanan dan minuman yang banyak menjajakan jualannya di sekitar jalan menuju Curug Jenggala.  Dengan biaya semurah itu, segala fasilitas dan keindahan alam bisa dinikmati sepuasnya. Curug Jenggala dibuka untuk umum mulai pukul 07.00 WIB sampai 17.00 WIB setiap harinya. Puncak keramaiannya terjadi pada hari libur akhir pekan maupun libur nasional. Setelah sibuk bekerja, orang-orang banyak yang memilih untuk berlibur ke wisata alam Curug Jenggala.
curug jenggala
Lovepurwokerto

Informasi Umum Mengenai Curug Jenggala

Curug Jenggala Baturaden masih masuk ke dalam kawasan Perhutani KPH Banyumas Timur. Sehingga pengelolaannya juga sangat diperhatikan agar tidak merusak alam yang ada. Terdapat curug lain yang lokasinya tak jauh dari curug ini, seperti Curug Bayan, Curug Penganten, dan Curug Gedhe. Ada hal menarik mengenai Curug Jenggala, curug ini merupakan pertemuan antara dua buah sungai bernama Sungai Banjaran dan Sungai Mertelu. Hal itu membuat aliran air terjunnya cukup deras bahkan percikannya bisa dirasakan oleh wisatawan dari jarak cukup jauh. Banyak yang belum mengetahui terdapat sebuah situs bersejarah bernama Batur Semedeh. Lokasinya berada di tengah kedua sungai itu yang bertemu. Warga setempat mengartikan Curug Jenggala dengan makna Curug Ksatria Piningit.

Artikel Terkait : Curug Belot Atau Curug Nini-Nini Purwokerto

Ada beberapa tips buat yang mau berlibur ke Curug Jenggala. Dikarenakan kondisi jalannya yang masih berupa tanah, lebih baik menggunakan sepatu atau sandal dengan alas yang tidak licin. Ini akan membantu mencegah terpeleset saat berjalan. Selain itu, lebih baik membawa makanan dan minuman sendiri dari rumah, daripada harus ngantri karena ramai dengan pengunjung. Jangan lupa untuk membuang sampah pada tempatnya, mengingat kawasan ini masih masuk kedalam hutan lindung. Untuk bisa berfoto, pengunjung harus bergantian dengan wisatawan lain. Jadi ambil sebanyak-banyaknya foto karena akan banyak orang lain yang ingin berfoto juga. Curug Jenggala Baturaden menjadi surganya pecinta wisata alam.

Sumber Foto :
Foto 1 : Labib182
Foto 2 : azzamzackary
Foto 3 : alfiazn
Foto 4 : Lovepurwokerto


Note Penting : Jangan lupa bawa waterproff untuk melindungi kamera atau hp dari percikan air


Harga Tiket Masuk dan Rute Ke Curug Jenggala Baturaden