Bukit Tranggulasih : Rute, Tiket, dan Spot Foto Instagramable

Banyumas bukan hanya terkenal dengan obyek wisata Baturaden saja. Kini terdapat obyek wisata baru yang bisa menjadi opsi dalam mengisi waktu liburan. Bukit Tranggulasih merupakan sebuah taman wisata yang terletak di sebuah bukit di Desa Windujaya kecamatan Kedungbanteng, Banyumas. Banyak wisatawan baik dari dalam maupun luar daerah tertarik dengan panorama yang ada di sini. Hawa yang sejuk membuat siapa saja yang datang ke sana akan merasa puas. Ini bisa menjadi wisata alam yang mengasyikan untuk mengisi kegiatan positif saat liburan. Bukit Tranggulasih ini memiliki ketiggian 750 mdpl. Dari sini, pengunjung bisa melihat betapa indahnya alam yang ada di kaki gunung Slamet ini. 
Bukit Tranggulasih
Pic : @riyo_gallery
Bukit Tranggulasih ini cocok untuk tempat berkumpul komunitas, hingga liburan keluarga. Pengunjung juga bisa mendirikan tenda untuk bersantai. Jika datang di waku yang tepat, pengunjung bisa melihat indahnya sunset ataupun sunrise yang bisa terlihat jelas dari atas bukit. Itu menjadi momen berfoto paling bagus saat berada di Bukit Traggulasih. Selain itu terdapat juga spot foto lain yang menjadi favorit pengunjung seperti jembatan kayu dan frame dari kayu dan akar. Pengunjung bisa datang pada saat menjelang matahari terbit atau pada sore hari saat matahari akan tenggelam. Ini akan menjadi pengalaman yang luar biasa bagi para pengunjung.
Pic : @dolan_pwt
Pengunjung benar-benar akan dimanjakan saat berada di Bukit Tranggulasih. Apalagi bagi mereka yang memang pecinta alam. Biasanya dari kalangan anak muda melakukan camping bersama rekan-rekannya. Saat datang pada pagi hari dengan cuaca yang masih sejuk, sangat cocok untuk menikmati kopi bersama mendoan yang menjadi ciri khas kota Banyumas. Wisata ini bukan hanya cocok untuk anak muda saja, orang dewasa hingga anak kecil juga akan senang berada disana. Bukit Tranggulasih menyimpan keindahan alam yang luar biasa. Ini menjadi opsi tempat liburan lain selan Baturaden yang sudah sangat terkenal. Bersenang-senang lah saat berada di Bukit Tranggulasih, karena alam di sana akan mmebuat anda bahagia.
Gowes dan Camp ke Bukit Tranggulasih
Pic : @adhesetiawan88

Lokasi Bukit Tranggulasih

Bukit Tranggulasih sebenarnya masih masuk dalam kawasan kaki gunung Slamet. Tepatnya di Desa Windujaya kecamatan Kedungbanteng, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Sekitar 15 kilometer dari pusat kota Purwokerto dan bisa ditempuh dalam waktu 30 menit. Pengunung bisa mengambil jalur jalan raya Baturaden atau jalan raya Karangnangka jika dari arah Purwokerto. Lokasinya yang berdada di ketinggian membuat hawa disana cukup sejuk. Jadi buat pengunjung yang tidak kuat dengan hawa sejuk, bisa membawa pakaian panjang. Pengelola setempat benar-benar mengelola obyek wisata ini dengan baik sehingga pengunjung bisa nyaman berlibur.


Transportasi Menuju Bukit Tranggulasih

Lokasinya yang jauh dari pusat kota membuat akses angkutan umum menuju Bukit Tranggulasih sangat sulit. Pengunjung bisa menggunakan kendaraan pribadi untuk bisa sampai ke sana. Kebanyakan pengunjung lebih senang menggunakan motor ketimbang mobil. Akses jalan terdekat menuju Bukit Tranggulasih tergolong sempit, jadi akan sangat kesusahan jika dipaksa membawa mobil. Jika pengunjung datang dari luar kota, bisa menggunakan jasa ojek dari terminal Bulu Pitu Purwokerto menuju ke Bukit Tranggulasih. 

Harga Tiket Masuk Ke Bukit Tranggulasih

Berlibur dengan menikmati indahnya alam di Bukit Tranggulasih tidak perlu mengeluarkan banyak biaya. Tiket masuknya hanya Rp. 5000 per orangnya, ditambah biaya parkir sebesar Rp. 5000.  Saat memasuki kawasan Bukit Tranggulasih, penggunjung langsung disuguhkan dengan hijaunya pemandangan. Pengunjung akan benar-benar menghibur udara yang segar. Jika ingin bermalam, pengunjung juga bisa menyewa tenda dengan biaya Rp. 50.000 per malam. Tenda tersebut bisa digunakan oleh 3-4 orang sehingga bisa iuran untuk membayar tenda tersebut. Terdapat banyak penjual yang menjual berbagai makanan dan minuman di sana seperti mendoan, mie instan, air mineral, hingga kopi. Jadi tak perlu khawatir soal hal itu. Tetapi jika ingin berhemat, bisa membawa bekal sendiri dari rumah. Selain hemat tentu lebih sehat juga kan makanan yang dibikin sendiri.
Pic @rohmatthaulil


Informasi umum mengenai Bukit Tranggulasih

Meski obyek wisatanya berada di alam terbuka, Bukit Tranggulasih ternyata buka 24 jam loh. Jadi buat yang mau camping bareng teman-teman bisa di sini aja nih. Biasanya pengunjung yang datang dari luar kota lebih memilih untuk camping disini ketimbang harus menyewa hotel. Selain murah, pengalaman yang tak biasa seperti ini bisa juga didapatkan. Bukit Tranggulasih juga menjadi salah satu pilihan liburan bagi masyarakat Banyumas yang sedang mudik. Mereka biasanya mengajak keluarga hingga sahabat-sahabatnya yang sudah jarang bertemu ke sini. Di saat momen liburan, ada ribuan pengunjung yang datang, sementara di hari biasa hanya sekitar ratusan saja.
Sunset di Bukit Tranggulasih
Pic : @agoes_banyu_wo
Bukit Tranggulasih
Pic : @melindaov_

Bukit Tranggulasih juga menjadi lokasi favorit bagi pada offroader dan crosser untuk memacu andrenaline. Banyak jejak bekas ban motor maupun mobil yang bisa dilihat disana. Di sekitar Bukit Tranggulasih juga terdapat bukit lain diantaranya Bukit Datar, Bukit Cinta Suramenggala, Bukit Tinggi. Ketinggian ketiga bukit itu lebih rendah dibanding Bukit Tranggulasih yang berada di paling tinggi. Ketinggiannya membuat gemerlap lampu dari Purwokerto bisa jelas terlihat. Maka tidak heran jika pengunjung rela bermalam di sini untuk menikmati momen itu. Meski berada di alam, pengunjung akan tetap aman jika bercamping di sini. Lokasinya masih berdekatan dengan pemukiman warga sehingga keamanan terjamin. Selain itu, pihak panitia juga memberikan keamanan tersendiri bagi pengunjung yang datang ke Bukit Tranggulasih dan menginap di sini.

Bukit Tranggulasih : Rute, Tiket, dan Spot Foto Instagramable
  1. Harga tiketnya sangat murah sekali ya
    Wah Banyumas punya wisata baru, saya biasanya ke Baturaden

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, Baturraden memang asique .... saya 5 tahun tinggal disana.

      Delete
  2. cantik sekali tempatnya pasti betah liburan disini

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, seru camp disini bisa santai malas malasan hehehe

      Delete