Curug Telu Baturaden : Rute Perjalanan dan Panorama Yang Luar Biasa

Wisata alam menjadi salah satu pilihan untuk mengisi waktu libur panjang. Namun banyaknya pilihan lokasi wisata sering membuat bingung. Jika Anda yang berasa dari Jawa Tengah atau sekitarnya, Anda bisa mencoba datang ke daerah Banyumas. Daerah ini memiliki banyak tempat wisata alam yang bisa dikunjungi, salah satunya Curug Telu atau dalam bahasa Indonesianya berarti Curug Tiga. Sesuai dengan Curug Tiga memiliki air terjun sebanyak 3 buah. Meski jika diperhatikan akan sulit melihat bagian-bagian air terjunnya. Tempat wisata ini memang masih kurang dikenal oleh banyak orang, pamornya masih kalah dengan Baturaden. Hal itu memiliki alasan karena Curug ini memang berada di kaki Gunung Slamet.
Curug Telu
Daerah di kawasan Gunung Slamet memang dikenal memiliki alam yang indah. Udara sejuk akan terasa begitu sampai ke daerah tersebut. Keadaan disekitar Curug Tiga juga masih asri, pepohonan hijaunya masih bisa dinikmati oleh siapapun. Berlibur bersama keluarga ataupun pasangan ke Curug Tiga, menjadi pilihan yang tepat untuk mengisi waktu liburan. Perlu Anda ketahui, Curug Telu ini memang tidak terlalu tinggi, hanya sekitar 10 meter saja. Pada musim kemarau, debit airnya juga tidak terlalu banyak, namun air di bawahnya masih bisa dinikmati oleh wisatawan. Seringkali curug ini juga digunakan untuk bermain air oleh anak-anak, karena memang airnya cukup segar. Banyak wisatawan juga mengabadikan momennya dengan cara berfoto selfie.
Curug Telu Baturaden

Lokasi Curug Telu Baturaden

Bagi Anda yang ingin berlibur ke Curug Tiga, lokasi wisata tersebut berada di Desa Karang Salam, Kecamatan Baturaden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Tempatnya masih berada di kawasan wisata Baturaden, jadi jika sudah pernah liburan ke wisata tersebut, tak akan sulit untuk menemukan Curug Tiga. Lokasinya bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 30 menit dari pusat kota Purwokerto. Sangat disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi jika memang datang secara rombongan. Karena arahnya mirip dengan arah menuju Baturaden, disepanjang jalan pasti ada papan petunjuk arahnya. Atau jika Anda ragu, gunakan saja aplikasi penujuk arah seperti Google Maps. Dengan aplikasi ini, Anda tak perlu khawatir bakal tersesat. Begitu sampai di sana, sangat disarankan untuk menggunakan alas kaki yang sesuai. Lokasinya yang masih berada di alam tidak bisa diprediksi keadannya. Pakai alas kaki yang memiliki permukaan bagian bawahnya kasar, untuk mencegah terpeleset.
Pemandangan Curug Tiga

Harga Tiket Masuk Curug Telu

Untuk harga tiket masuk ke Curug Tiga tergolong sangat murah. Jadi cocok banget buat Anda yang ingin mengisi waktu liburan tanpa boros-boros keluar banyak uang. Pengelola hanya membebankan biaya tiket sebesar Rp. 3000 per orangnya, dan Rp. 2000 untuk setiap kendaraan yang parkir. Dengan harga semurah ini, wisatawan sudah bisa merasakan keindahan alam yang jarang ditemui ditempat lain.
Goa di Curug Tiga

Fasilitas Curug Telu

Disetiap lokasi wisata pasti disediakan beberapa fasilitas guna membantu wisatawan dalam melakukan berbagai hal. Di Curug Tiga sendiri, pengelola menyediakan fasilitas penunjang. Meski tak selengkap ditempat lain, namun sudah cukup memudahkan wisatwan. Di Curug Tiga disediakan mushola, tempat penjualan makanan, penginapan, toilet dan sebagainya. Oleh karena itu, tak perlu khawatir bakal kesusahan ketika berlibur ke sana.

Baca Juga : Harga Tiket Masuk dan Rute Ke Curug Jenggala Baturaden

Berlibur ke lokasi yang masih asri memang cukup mengasyikan. Rasa sejuk dan ketenangan batin mungin akan dirasakan begitu sampai. Suasana seperti ini sangat sulit ditemukan ketika berada di perkotaan. Ini juga bisa digunakan untuk menghilangkan bosan dengan kehidupan setiap harinya.

Sumber Foto : Google Local Guides


Curug Telu Baturaden : Rute Perjalanan dan Panorama Yang Luar Biasa
  1. Waaaaaaa, Curug Teluuuuuuu. Duh, kapan bisa terealisasi ke sana ya. Kemarin batal nih :'

    BalasHapus