Lava Tour Merapi : Merinding Menelisik Sejarah Pasca Letusan Gunung Merapi

Tanah yang hancur oleh siklus alam letusan Gunung Merapi kini mulai bangkit, pertanian menjadi subur memberikan hasil bumi yang begitu melimpah, banyak mata pencaharian baru masyarakat sekitar dari dampak letusan Gunung Merapi, pemandangan indahpun mulai tampak, Merapi yang berbulan bulan dikelilingi kabut asap gelap kini memperlihatkan wajah tampannya.
Lava Tour Merapi Kaliurang
Lava Tour Merapi adalah kegiatan mengelilingi kaki Gunung Merapi dan sejarahnya pasca letusan tersebut dengan menggunakan kendaraan mobil jeep. Tercatat sudah ada sekitar 800 jeep yang beroperasi yang tergabung dalam 29 komunitas di bawah naungan asosiasi.
Pasca letusan tersebut berdampak pada keindahan alam, banyak spot-spot sejarah yang bagus dan bikin merinding yang kemudian dijadikan sebagai sarana edukasi untuk menceritakan  kembali sejarah bagaimana saat itu  masyarakat jogja berduka.


Harga Paket Lava Tour Merapi

Banyak paket Lava Tour yang ditawarkan namun karena waktu, kami memilih paket rute pendek (Short) yang meliputi Batu Alien, Bungker Kaliadem, Museum Sisa Hartaku, dan Wisata Air  Kali Kuning dengan harga 300.000/Jeep. Saya mendapat harga yang cukup murah karena dibantu sama salah satu temen yang punya Agent Tour di Jogja, so buat kamu yang pengin dapat harga murah bisa ke temen saya aja... wkwkwkwk 😅😅😅😅

Berikut rute dan harga paket yang ditawarkan oleh beberapa agent Lava Tour Merapi.

Rute Pendek (Short)

Rute yang dikunjungi : Basecamp - Museum Sisa Hartaku - Batu Alien - Bunker Kaliadem.
Lama Tour : 1,5 Jam
Harga 350.000/Jeep


Paket Rute Menengah (Medium)

Rute yang dikunjungi : Basecamp – Museum Sisa Hartaku - Batu Alien - Bunker Kaliadem – Offroad Air Kali Kuning / Petilasan Mbah Marijan 
Lama Tour : 2 Jam
Harga 450.000/Jeep


Paket Rute Panjang (long)

Rute yang dikunjungi : Basecamp - Museum Sisa Hartaku - Batu Alien - Bunker Kaliadem - Petilasan Mbah Marijan - Offroad Air Kali Kuning.
Lama Tour : 3 Jam
Harga 550.000/Jeep


Paket Sunrise

Rute yang dikunjungi : Basecamp - Bunker Kaliadem – Tebing Gendol – Batu Alien – Museum Sisa Hartaku – Offroad Air Kali Kuning
Lama Tour : 3,5 Jam
Harga 550.000/Jeep


Perjalanan Menuju Basecamp Lava Tour

Perjalanan kami mulai dari Grand Zury Hotel Jogjakarta sekitar pukul 07:30 WIB, sampai di basecamp sekitar 08:30 sebelumnya kami sudah reservasi jeep yang akan membawa kita keliling gunung Merapi, 1 jeep maksimal 4 orang.
Sampai di basecamp kita lagsung disamput sama driver-driver jeep yang sekaligus akan menjadi guide kita selama perjalanan, jasa photografer yang memanfaatkan moment inipun turut gembira menyambut kedatangan kami dengan tidak sungkan-sungkan mengabadikan perjalanan kami, meskipun kita harus menebus fotonya

Supaya lebih semangat dan kompak kamipun diberi yel-yel….
Jika mereka bilang mbah marijan kami harus jawab roso…roso..roso… 
Jika mereka bilang Jogjakarta kami harus jawab Istimewa….

Begitulah yel yelnya……😅😅😅😅😅
Jogja trip 2019 Lava Tour Merapi
Waktu terbaik untuk lava tour sebenarnya pagi sayapun merasa kesiangan tapi yasudahlah saya bisa kesini lagi dilain waktu…
Hal-hal yang perlu diperhatikan adalah dengan tetap menjaga keamanan pada diri kita sendiri, dengan berpegangan yang erat, duduk yang benar dan menggunakan masker, begitu juga untuk driver.
Sekitar pukul 09:00 kami semua langsung menaiki jeep-jeep yang akan membawa kami dan langsung melaju ke spot-spot yang sudah ditentukan.

1. Batu Alien

Rute pertama yang kami datangi adalah Batu Alien, yaitu merupakan batu besar yang tebawa lahar panas saat letusan Merapi, menurut warga sekitar batu tersebut menyerupai wajah alien, sehingga pada tahun 2011 dibentuklah spot wisata baru Batu Alien, selain mengetahui sejarah batu alien ada beberapa spot foto buatan yang bisa digunakan untuk berfoto ria.
Batu Alien dari Gunung Merapi

2. Bungker Kaliadem

Selanjutnya ke Bungker Kaliadem,  Bungker adalah bangunan pertahanan yang digunakan untuk evakuasi, namun karena ganasnya Merapi Bungker tidak mampu menahan panasnya lava dan awan panas yang dikeluarkan Merapi, relawan yang berlindung di dalam bungkerpun meninggal.
Sampai sekarang bungker kaliadem menjadi bungker yang diselimuti kisah mistis, konon katanya sering terdengar suara orang menangis dari dalam bungker kaliadem.

Sayapun penasaran dengan isi dalam bungker tersebut dan mencoba memasukinya, meskipun banyak orang tapi entahlah sekujur tubuhku langsung merinding ketika berada di dalam bungker tersebut.
Bunker kaliadem


3. Museum Sisa Hartaku

Museum sisa harta adalah sebuah rumah yang beberapa diantaranya masih tersisa pasca letusan Merapi, atap rumah ini sudah tidak ada, hanya tinggal dinding-dindingnya saja, terdapat sebuah jam yang menjadi saksi detik terjadinya letusan kala itu.
Museum inipun menjadi saksi bagaimana ganasnya awan panas Merapi, beberapa diantaranya ada kerangka hewan sapi, motor, dan dokumentasi-dokumentasi yang membuat sekujur tubuh saya merinding, betapa sedihnya saat kejadian itu….
Museum Sisa Hartaku

4. Wisata Air Kali Kuning

Spot ke empat yang sekaligus menjadi spot terakhir adalah Wisata Air Kali Kuning, dimana jeep kita melakukan offroad disebuah sungai dan melewati genangan-genangan air, cukup memacu adrenalin dan bikin nagih, disini kalian harus siap basah, dan tetap savety dengan berpegangan yang kuat.
Offroad Kalikuning

Off Road kali kuning

The Praja : Rekomendasi Makan Siang Setelah Lava Tour

Tepat jam 12:00 WIB  kita selesai, dan berdasarkan rekomendasi dari Bos, makan siang yang dekat setelah Lava Tour adalah di Raminten, namun setelah coba memastikan ternyata di Raminten punya tempat lain yaitu The Praja yang mempunyai tempat yang cukup luas dan pemandangan yang bagus, kamipun makan siang disitu, cukup rekomended kalau menurut saya, The Praja memiliki 4 lantai, dimana lantai 1 dan 2 adalah tempat belanja batik dan macam-macam oleh-oleh jogja, sedangkan 3 dan 4 adalah untuk restorannya, sangat luas dan bisa dapat pemandangan Merapi juga.

Baca Juga : BALE RAOS Mencicipi Makanan Kesukaan Sultan Mataram

Pas masuk kami langsung disambut dengan hangat, beberapa fotografer yang sepertinya memang sudah disiapkan oleh pihak cafepun turut mengabadikan kedatangan kami.
Rekomendasi rumah makan di kaliurang


Lava Tour Merapi : Merinding Menelisik Sejarah Pasca Letusan Gunung Merapi