Taman Rancah : Via Ferrata Tebing Jimat Gunung Mendelem Pemalang 1050 Mdpl

Meskipun telat sebelumnya saya mau ngucapin selamat atas penghargaan Anugerah Pesona Indonesia Awards yang diperoleh Wisata Taman Rancah Pemalang yang menghadirkan Via Ferrata Tebing Jimat Bukit Mendelem yang merupakan wisata panjat tebing tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 1050 MDPL, terima kasih banyak telah mengharumkan nama Pemalang.
Taman Rancah, Via Ferrata Pemalang Gunung Mendelem
Sebagai wisata yang sudah memperoleh penghargaan, tentunya bukan lagi wisata kaleng-kaleng, maka dari itu pada kesempatan mendadak kemaren saya dan teman-teman dari Pemalang Adventure  berkunjung dan mencoba merasakan sensasinya panjat tebing dengan ketinggian 1050 MDPL ini.
Kami terpaksa harus berangkat pukul 09:00 karena harus menunggu teman-teman yang lain yang masih pada sibuk ngantar ibunya belanja ke pasar hehehe...

Alamat Taman Rancah via Ferrata Bukit Mendelem Pemalang

Taman Rancah terletak di Dusun Tampol, Desa Mendelem, Kecamatan Belik, Pemalang,  sekitar 42 kilometer dari pusat kota Pemalang

Perjalanan kami tempuh menggunakan sepeda motor kurang lebih sekitar 40 menit dari tempat kami tinggal, sampai disana kami langsung menuju ke post pendaftaran sambil basa basi nego harga lagi, kali aja masih bisa turun hehehehe berikut harga Ferrata Bukit Mendelem Pemalang.

Selain menggunakan kendaraan pribadi kalian juga bisa menggunakan transportasi umum jurusan belik atau bus jurusan Purbalingga dan turun di Pasar Belik, kemudian dilanjut dengan Ojek.

Harga Tiket Ferrata Bukit Mendelem Pemalang

Stage 1 : 50K (880 MDPL)
Stage 2 : 80K (925 MDPL)
Stage 3 : 120K (1050 MDPL Puncak Tebing)
Harga diatas berlaku untuk minimal 3 orang yang merupakan harga promo akhir tahun pas kami kesana, harga normal bisa lebih mahal 10% dari harga tersebut, namun tenang saja, karena Ferrata Pemalang sering ngadain promo-promo murah jadi staytune aja di instagramnya.

Pengalaman Via Ferrata Tebing Jimat Gunung Mendelem Pemalang

Setelah nego harga tidak berhasil akhirnya kami menyerah dan lets go pulang lagi hehe.... sebelum naik kami semua dibekali perlengkapan keamanan, berkumpul dan diberi pengarahan oleh guide yang akan menemani kita selama panjat tebing.
Persiapan sebelum Panjat Tebing Ferrata Pemalang

Intinya kita jangan sampai melepaskan karabiner selama memanjat, kesombonganmu tolong buang jauh-jauh dulu.

Kemudian kami berdoa menurut keyakinan dan kepercayaan kita masing-masing.

Pertama naik aku masih biasa aja, belum bisa menikmati malah lebih fokus ke memindahkan karabinernya hehehe... tapi karena kita rame-rame akhirnya suasana jadi pecah karena kecupuan kami masing-masing.
Track Pertama via ferrata masih santuyy
Tebing Jimat Bukit Mendelem
Wisata Pemalang, Via Ferrata Bukit Mendelem
Ferrata Bukit Mendelem
Setelah sampai stage 1 kami mulai terbiasa dan mencoba menikmati perjalanan, sambil sekali-kali ambil foto buat ria di sosial media 😀

Kami lanjut menuju stage 2, perjalanan semakin nanjak, melewati anak tangga yang terbuat dari kayu di atas ketinggian sekitar 700 Mdpl, sebenarnya sudah banyak di buat spot foto yang bagus bagus, namun kita harus keluar dari jalur, sementara guide kita sudah dapat koordinasi dari bawah kalau cuaca sebentar lagi akan hujan, so kamipun tidak bisa santai, karena akan bahaya jika kami kehujanan dalam keadaan sedang memanjat, katanya besi-besi tersebut bisa mengeluarakan aliran listrik yang cukup membahayakan, dikarenakan bebatuan di tebing Jimat ini merupakan batu jenis andesit.

Track Via ferrata PemalangTaman Rancah Via Ferrata Tebing Jimat

Pas mau naik ke Stage 3 alias Top Puncak terdengar suara adzan, pemandu kamipun menghentikan langkahnya dan menyuruh kami untuk beristirahat sebentar sampai adzan selesai.

Dari stage 1 dan 2 menurut saya disinlah track yang bikin tubuh saya hampir lemes, diketinggian sekitar 700Mdpl dan dengan kemiringan sekitar 110 derajat saya harus memanjatnya, bukan cuman saya tapi semua temen-temen saya tiba-tiba terdiam dari gurauannya,  fokus nanjak satu persatu anak tangga sambil berdoa dan memindahkan karabinanya dengan baik, karena kita terlalu berdekatan dan diposisi paling depan adalah perempuan kita jadi harus berhenti ditengah-tengah, dimana yang saya rasakan waktu itu saya harus pegang erat-erat besi yang menempel disebuah batu, tapi disisi lain saya membayangkan bagaimana seandainya jika besi yang saya pegangi lepas.
Stage 3 Via Ferrata Pemalang
Panjat Tebing Pemalang
Via Ferrata Pemalang
Puncak Ferrata Pemalang 1050 MDPL

Tapi setelah melewati itu semua kita semua merasa puas dan tertawa bahwa kita hanya makhluk kecil yang masih takut dengan kematian, sadar banyaknya maksiat yang sudah pernah kita lakukan.
Sampai di Top Puncak 1050MDPL sekitar pukul 13:00 kita diberi waktu istirahat sekitar 10 menit, dan Alhamdulillah ada yang bawa nanas madu dan jeruk, tanpa malu-malu kitapun langsung mau saat ditawarin...
Via Ferrata Top 1050 MDPL
Kabut tebal mulai berdatangan, kamipun segera turun lewat jalur petilasan gunung jimat, di beberapa titik kita harus rappeling, karena ada beberapa cewe kita cukup memakan waktu lama disitu, yang akhirnya kita jadi kehujanan diperjalanan pulang, tapi saya senang karena sedewasa ini untuk sengaja hujan hujanan itu tidak memungkinkan lagi.
Rappeling Gunung Mendelem
Sampai di pintu masuk petilasan gunung jimat kami sudah tunggu temen-temen dari basecamp, salut dengan kepeduliannya terhadap kami, rela hujan-hujanan demi agar kami cepat sampai di basecamp, padahal jika seandainya harus jalan kakipun kami tak apa, semoga tuhan membalas kebaikan kalian semua.

Baca Juga : Petualangan Misteri Gunung Mendelem

Sampai di basecamp pukul 14:00 WIB. Alhamdulillahnya kalau kemana mana saya selalu bawa pakaian ganti, meskipun kadang agak rempong tapi ketika seperti inilah gunannya hehehe.....

Tapi kasian juga sama temen-temen yang tidak bawa pakain ganti karena pasti sangat kedinginan.
Sambil nunggu hujan reda kami menikmatinya dengan segelas teh hangat dan mendoan anget.

Selain Via Ferrata Taman Rancah juga menyediakan berbagai macam sarana Outbond seperti Flying Fox, dan lain sebagainya.
So buat kamu yang ada di wilayah Pemalang harus cobain.

Wisata Adrenalin Lainnya di Pemalang
Rafting Pemalang : Pengalaman Menguji Adrenalin Yang Mengasikan

Taman Rancah : Via Ferrata Tebing Jimat Gunung Mendelem Pemalang 1050 Mdpl