-->

4 Pesona Desa Kayupuring Pekalongan

Desa Kayupuring terletak di Kecamatan Petungkriyono Kabupaten Pekalongan Jawa Tengah. Wilayah Desa Kayupuring di Petungkriyono merupakan daerah pegunungan yang terletak sekitar 600 sampai 1000 meter dari permukaan laut yang sebagian besar berada di kawasan pegunungan Dieng.

Wilayah Desa Kayupuring terdiri dari Dusun Sokokembang, Dusun Tembelan, Dusun Tinalum, dan Dusun Sonokembang. Menjelajah wilayah dusun yang ada di daerah Desa Kayupuring akan disuguhi pemandangan persawahan yang hijau dan perkebunan sayuran.

Melanjutkan perjalanan menelusuri wilayah Desa Kayupuring di kanan dan kiri sepanjang perjalanan akan menjumpai kawasan hutan yang masih terjaga kelestariannya oleh masyarakat setempat yang dinamakan hutan lindung  Petungkriyono  dan hutan lindung Sokokembang.

Hutan Petungkriyono dan Hutan Sokokembang

Hutan Petungkriyono merupakan hutan tropis yang tersisa di Pulau Jawa memiliki luas 5189 hektar. Hutan Petungkriyono termasuk  KPH Pekalongan Timur. Hutan Petungkriyono memiliki wilayah yang berbukit-bukit dengan tikungan tajam.

Ketika berkunjung ke hutan Petungkriyono bakal disuguhi hutan karet, bambu, pinus, perkebunan kentang, wortel, persawahan terasering hingga binatang Owa (binatang khas sejenis kera) yang bergelantungan di pepohonan hutan.

Hutan Sokokembang merupakan hutan tropis yang berada di daerah dataran tinggi Dieng. Hutan Sokokembang terletak pada ketinggian 900-1600meter dari permukaan laut  memiliki luas 5000 hektar. Hutan Sokokembang menjadi rumah bagi sejumlah flora dan fauna yang dilindungi. Lebih dari 250 species berhabitat di hutan ini seperti macan,elang Jawa, lutung, Owa Jawa masih terjaga kelestariannya

Menelusuri wilayah desa Kayupuring ini akan disuguhi pemandangan khas pedesaan dengan deretan  hamparan sawah terasering nan hijau.
Desa Kayupuring Pekalongan
Pic : F Chrisma Wardhana
Sepanjang perjalanan menelusuri daerah Desa Kayupuring akan menjumpai kampung-kampung dengan penduduknya yang ramah dan murah senyum, juga akan menemui kampung yang letaknya di tengah hutan lindung  salah satunya Dusun Sokokembang.

Dusun Sokokembang berada di tengah hutan lindung Sokokembang. Hutan Sokokembang memiliki luas5000 hektar sebagian besar penduduk Dusun Sokokembang bekerja sebagai petani kopi.

Kopi Owa Jawa

Kopi yang tumbuh di daerah Dusun Sokokembang adalah kopi hutan kemudian terkenal dengan nama Kopi Owa Jawa atau Kopi Sokokembang

Wilayah Desa Kayupuring merupakan daerah pegunungan dan perbukitan, namun pembangunan fisik sebagai terlihat dari berbagai pembangunan fisik seperti pembuatan talud, drainase, gorong-gorong hingga pengaspalan jalan  di Dusun Tinalum dan Dusun Sokokembang berjalan cukup baik.

Sebagian besar Masyarakat  Desa Kayupuring  bekerja sebagai petani kopi. Daerah Desa Kayupuring dikenal sebagai central produsen kopi robusta  .

Berbagai jenis kopi robusta tumbuh di desa ini mulai dari kopi Petung, kopi Welo dan kopi Owa Jawa. Nama Kopi  Owa  diambil dari hewan sejenis kera yang langka bernama Owa Jawa. Hewan kera Owa Jawa hidup dan dapat dijumpai dikawasan hutan lindung.
Kopi Owa Jawa Pekalongan
Pic : Minumkopi.com

Kopi Owa dikelola oleh masyarakat Dusun Sokokembang yang dikenal dengan nama Kopi Owa Jawa, dan ketika berkunjung ke Desa Kayupuring  tidak asyik rasanya kalau tidak mampir menikmati secangkir kopi khas petungkriyono .

Kopi khas Petungkriyono merupakan jenis arabika pipika yang tumbuh  di tengah-tengah pohon aren. Ada karakter aren membuat kopi manis rasanya seperti gula aren.

Wisata Kedung Spingit / Black Canyon

Berkunjung ke Desa Kayupuring bisa memilih tujuan wisata. Ada banyak destinasi wisata alam  dijumpai di Desa Kayupuring yang ngehits beberapa diantaranya adalah wisata alam Kedung Sipingit atau terkenal dengan nama Black Canyon
Black Canyon Pekalongan
Pic : iyakan.com
Wisata alam Black Canyon menawarkan keindahan alam yang khas yaitu adreanlin. Kedung Sipingit atau Black Canyon  memiliki aliran sungai yang cukup deras dan airnya jernih. Tebing hitam besar yang berada dikanan kiri sungai membuatmu terpesona. Ketika berkunjung ke Kedung Sipingit Kamu bisa melakukan kegiatan traveling yang mengasyikan mulai dari memancing, river tubing, trekking hingga body rafting.

Curug Kawasan Petungkriyonon

Wisata alam lain yang tak kalah menarik di Desa  Kayupuring  yaitu Curug Kawasan Petungkriyonon yang berlokasi di Desa Kayupuring yang dikenal dengan seribu curug mulai Curug Cibedug, Curug Bajing hingga Curug Bulu.
Curug Bajing Pekalongan
Curug Cibedug salah satunya yang berada di Dusun Sokokembang ini keindahannya tidak bisa diragukanlagi, menariknya Curug Cibedug berada dipinggir jalan dan memiliki ketinggian sekitar 20 meter dikelilingi bebatuan dan hutan yang masih asri.

Setelah puas keliling Desa Kayupuring Kamu bisa mencoba kuliner khas Petungkriyono yaitu nasi megono yang terbuat dari cacahan nangka muda dengan bumbu kelapa muda dan lauk gorengan tempe. Belum lagi kuliner  pindang tetel hingga nasi liwet beras merah yang dapat dijumpai diwarung kecil dipinggir jalan menjadi pengalaman wisata ini menyenangkan.

4 Pesona Desa Kayupuring Pekalongan