7 Fakta Keindahan Kawah Putih Ciwidey Bandung yang Belum Kamu Ketahui !

Bandung Selatan dikenal memiliki destinasi wisata alam yang indah salah satunya  Kawah Putih Ciwidey. Kawah Putih Ciwidey  berada di kawasan dataran tinggi Ciwidey  tepatnya berada di  Desa Sugihmukti,Kecamatan Pasirjambu, Kabupaten Bandung,Jawa Barat.

Kawah putih  Ciwidey  memiliki luas 10 hektar dan terletak pada  ketinggian 2400meter dari permukaan laut hawanya dingin dan selalu diselimuti kabut. Berikut ulasannya 5 fakta keindahan  Kawah Putih Ciwidey di Bandung ,Jawa Barat.

1. Kawah Putih Terbentuk dari Letusan Gunung Patuha


Kawah putih adalah sebuah danau yang terbentuk dari letusan  Gunung Patuha pada abad ke-10 dan 12 ratusan tahun yang lalu, ketika itu letusan Gunung Patuha yang memiliki ketinggian  2.434 meter dari permukaan laut demikian hebat pada abad ke-10 membuat gunung ini dianggap angker.

Setiap burung  yang terbang melewati kawasan tersebut akan mati.Sejak itu kawasan gunung Patuha tidak ada yang berani mendekati kawasan ini.

Baru kemudian tahun 1837 seorang ahli bernama Dr Franz Wilhem Junghuhn berhasil mencapai puncak Gunung Patuha .Melihat danau berwarna putih dengan bau belerang yang menyengat.

Semenjak itu, tahun kawah putih Ciwidey  menjadi terkenal dikalangan wisatawan  dan pada tahun  1987pemerintah Kabupaten  Bandung selatan  menetapkan kawah putih menjadi tempat wisata.

2. Warna Air Kawah Putih Ciwidey Alami

Warna  tanah   dan air pada  kawah putih dikenal alami akibat dari pencampuran unsur belerang.
Kawah putih  memiliki kadar keasaman belerang yang tinggi membuat warna air kawah berubah-ubah sesuai kadar belerang yang ada di dalam air kawah .

3. Air Kawah Putih Ciwidey Berubah Warna

Pada waktu-waktu tertentu air kawah berubah-ubah warna .Perubahan warna air menyesuaikan kadar belerang,suhu dan cuaca di dalam air .

Seringkali air kawah berubah menjadi putih kehijauan dan warna-warna lainnya seperti hijau apel,kebiru-biruan ,coklat susu hingga berwarna putihberkabut.Warna air kawah  dipengaruhi oleh warna tebing batu yang ada didepannya ,karena pengaruh refraksi cahaya membuat.

4. Jadi Lokasi Film Heart Tahun 2006

Kawasan kawah putih yang berada pada dataran tinggi Ciwidey dikelilingi perbukitan nan hijau dan selalu diselimuti kabut .Panorama alam kawah putih Ciwidey yang  indah membuat kawasan ini seringkali dijadikan sebagai tempat alternatif  wisata hingga kerap dijadikan background fotografi, film, melukis dan juga sebagai tempat prewedding .

Salah satu film yang menjadikan kawah putih sebagai latar belakang adalah film Heart yang diperankan oleh Irwansyah, Acha Septriasa dan Nina Zubir.

5. Sunan Ibu's Sunrise Viewing point

Kawasan kawah  putih   Ciwidey memiliki spot-spot menarik salah satunya :Sunan Ibu's Sunrise Viewing point  .Sunan Ibu's Sunrise Viewing point   yang indah seringkali dijadikan tempat wisata favorit oleh kalangan wisatawan.

Sunan Ibu's Sunrise Viewing point  tempat  menarik untuk melihat keindahan kawah putih dari atas tebing .Dari tebing Sunan Ibu's Sunrise Viewing point   Kamu bisa  melakukan berbagai. kegiatan traveling mulai  selfie dengan latar belakang kawah putih  hingga menikmati sunrise atau terbitnya matahari di pagi hari.

Lokasi tebing Sunan Ibu berada ditempat yang jauh dari kawah putih dengan akses jalan yang sulit. Wisatawan ingin menuju tebing Sunan Ibu melewati 4 pos dari gerbang pintu masuk,parkiran,kawah putih ,waduk penampungan air Keuneung dan pos yang terakhir puncak Sunan Ibu .

Perjuangan menuju puncak Sunan Ibu dimulai dengan meniti anak tangga yang cukup panjang dari area parkir hingga puncak tebing Sunan Ibu.

Perjuangan menuju ke tebing Sunan Ibu terbayarkan ketika sampai ke puncak tebing Sunan Ibu's Sunrise Viewing point.Kamu bisa melihat keindahan alam sekitar Sunan Ibu's Sunrise Viewing point
yang menajubkan saat moment matahari terbit .

Dari puncak tebing Sunan Ibu melihat keindahan kawah putih dari tebing Sunan Ibu yang indah memesona

7. Wahana Dermaga Ponton

Wahana Dermaga Ponton,sebuah wahana baru yang membawa wisatawan ke tengah kawah. Dermaga Ponton terbuat dari kayu sepanjang 50 meter dan lebar 2 meter.

Wahana Dermaga Ponton salah satu spot wisata favorit di Kawah Putih Ciwidey .Wahana Dermaga Ponton seringkali dijadikan sebagai tempat untuk melihat dari dekat keindahan  kawah putih.

Wahana Dermaga Ponton berupa jembatan kayu yang menghubungkan tebing kawah dengan pulau kecil yang menyembul dan ada di tengah kawah putih. Dengan harga 10 ribu rupiah Kamu bisa menikmati indahnya kawah putih dari dermaga Ponton.

8. Skywalk Cantigi

Skywalk Cantigi menjadi salah spot wisata yang khas di kawasan kawah putih Ciwidey . Skywalk Cantigi  berupa jembatan terbuat dari kayu yang dibangun di kanan-kiri kawah.

Jembatan Skywalk Cantigi dibangun menjadi 2 yaitu: Skywalk Cantigi 1 sepanjang 150 meter dan SkywalkCantigi 2 500 meter

Dari Skywalk Cantigi ini Kamu bisa  leluasa menikmati keindahan kawasan  kawah putih yang memesona dan menajubkan 

7 Fakta Keindahan Kawah Putih Ciwidey Bandung yang Belum Kamu Ketahui !