Pesona Aquarium Laut Alami di Pantai Kukup, Gunung Kidul, Yogyakarta

Deretan pantai-pantai cantik bisa kamu jumpai di Gunung Kidul Yogyakarta, pantai-pantai di daerah ini dikenal dengan keindahan alamnya yang istimewa diantaranya adalah Pantai Kukup yang ketika singgah kesitu kamu bakalan disuguhi pemandangan pasir putih yang bersih, kemudian pulau Jumino hingga terumbu karang dengan aquarium laut alaminya yang indah.
Pantai Kukup
Pic : Didik Riyanto
Pantai Kukup memiliki keistimewaan dibanding pantai lainnya di Gunung Kidul karena merupakan salah satu situs karts bagian Gunung Sewu. Tak heran kawasan pantai Kukup banyak dijumpai perbukitan batuan karang dan bukit batu gamping. Pantai Kukup bagian dari bentangan alam karst  kawasan konservasi geologi hingga ekosistem laut .

Terumbu karang di Pantai Kukup terjadi karena terpengaruh sedimen yang berasal dari perbukitan kapur. Selain itu tidak adanya muara sungai di sekitar pantai Kukup juga mempengaruhi kecerahan sedimen yang mengakibatkan muncullah terumbu karang dan ikan hias hingga aneka biota laut di pantai Kukup.
Pantai Kukup Gunung Kidul Jogjakarta
Pic : Iyan Haryanto

Aquarium Laut Alami

Perjalanan wisata di pantai Kukup terus dilanjutkan menuju pesisir pantai. Ketika Kamu berjalan-jalan di pesisir pantai terlihat ombak bergulung-gulung menghantam gundukan terumbu karang. Sebagian ombak tersebut terhempas menyentuh bibir pantai.

Sensasi ombak laut selatan menghantam sebagian terumbu karang yang ada di bibir pantai menjadi daya tarik tersendiri. Apalagi sebagian ombak laut tersebut terjebak dalam kubangan-kubangan karang beserta biota laut. Tidak jauh dari pesisir pantai 100 meter dari bibir pantai Kamu akan disuguhi fenomena aquarium laut alami saat air laut surut.

Lava Tour Merapi : Merinding Menelisik Sejarah Pasca Letusan Gunung Merapi

Ketika air laut di pantai Kukup surut kamu bisa melihat suatu fenomena alam yang beda dan unik, banyak ikan hias terisolasi di terumbu karang. Saat air laut pantai Kukup surut ini adalah waktunya wisatawan berburu ikan hias. Kamu juga bisa melihat keindahan bawah laut di daerah pinggir pantai. Di daerah ini banyak dijumpai aneka binatang laut, terumbu karang, ikan hias dan berbagai macam biota laut  yang indah.

Berburu Ikan Hias 

Keindahan pantai Kukup dengan terumbu karang dan ikan hias warna-warni menjadikan pantai ini tempat berburu ikan hias dan biota laut. Tidak heran begitu memasuki kawasan pantai ini banyak dijumpai pedagang yang menjajakan jaring dan ember.
Berburu ikan hias di pantai kukup
Pic : Aqilla Shafa
Kamu ingin menangkap ikan hias bisa membeli perlengkapan ini dari pedagang. Berburu ikan hias menjadi kegiatan traveling yang mengasyikan dan menjadi pengalaman yang tak terlupakan lupa waktu.

Ikan hias yang tersembunyi dibalik terumbu karang begitu indah tidak sabar rasanya ingin menangkap, karena ikan hiasnya nampak mudah ditangkap. Moment berburu ikan hias dan biota laut memang begitu  berkesan karena ikan-ikan hias yang ada di pantai Kukup ini  seringkali mengajak petak umpet diantara terumbu karang.

Ikan hias di pantai Kukup ternyata memiliki kegesitan tingkat tinggi. Tak jarang merasa gemas dan kesal sendiri karena tidak herhasil menangkapnya. Namun perlu berhati-hati adanya bulu babi atau landak laut yang durinya beracun.

Selain dapat berburu ikan hias Kamu bisa juga melihat ubur-ubur yang berenang diantara terumbu karang. Keindahan pantai Kukup dengan terumbu karang, ikan hias dan aneka biota lautnya yang indah sering disebut aquarium alam Jogja.

Gua Alami dan Ikan Hias

Lelah berburu ikan hias kamu bisa menjelajah gua alami yang didalamnya banyak ikan hias di sekitar kawasan Pantai Kukup wisatawan akan menjumpai gua- gua alami yang terbuat dari  karang. Gua alam terjadi secara alami yang berasal dari batukarang. Gua Alam yang alami ini berada di sebelah Barat Pantai Kukup.
GOA ALAMI PANTAI KUKUP
Sekitar gua banyak dihiasi rimbunan pepohonan nan hijau membuat suasana gua jadi sejuk dan asri. Gua-gua karang begitu teduh dan indah menjadikan tempat ini asyik untuk istirahat menghindar dari sengatan matahari.

Sisi lain dari gua karang yang ada di sisi Barat Pantai Kukup yang instagramable adalah adanya ikan hias yang ada di dalam gua karang. Sebagian gua- gua karang ada di Barat Pantai Kukup dan digenangi air. Dari genangan air yang membasahi gua kamu bisa asyik menjelajah gua karang.

Museum De Arca Solusi Pengen Ketemu Tokoh Idaman

Melihat keindahan ikan hias sembari melihat juga keindahan gua sambil berselfie ria dengan latar belakang pemandangan gua karang yang mempesona. Itulah sebabnya salah satu alasan banyak wisatawan yang menjadikan pantai Kukup sebagai tempat wisata favorit. Banyak wisatawan menghabiskan waktu liburan di tempat ini.


Pesona Aquarium Laut Alami di Pantai Kukup, Gunung Kidul, Yogyakarta