-->

Pengalaman dan Tips Jadi EO Gathering Perusahaan Biar Bermanfaat

E Yo Whatsap my bro, seperti judul artikel di atas saya mau share tentang pengalaman saya jadi EO Gathering ditempat saya kerja. Seperti pada umumnya setiap perusahaan pasti punya acara tahunan yang dinamakan dengan Gathering guna merefresh otak setelah setahun bekerja dan biasanya sekalian dijadikan ajang penghargaan bagi-bagi bonus untuk karyawan kalau omset perusahaan melebihi target.
Nah hal-hal apa saja si yang perlu dipersiapkan sebelum mengadakan gathering? Kalau berdasarkan pengalaman saya dikantor dimulai dari permintaan karyawan yang sering nanya, kapan gathering? kapan gathering? Yang kemudian dilanjut dengan ngomong ke Bos langsung oleh pihak leader/ supervisor. Karena sudah menjadi khalayak umum bospun minta proposal untuk mengetahui detail rencana dan melihat anggarannya. Adapaun langkah-langkah sebelum membuat proposal adalah sebagai berikut :

1. Membentuk Panitia
Langkah pertama adalah meeting membentuk panitia, membuat konsep dan tema apa yang akan kita ambil supaya relate dengan kondisi perusahaan saat ini, disini akan ada  banyak masukan dari temen-temen yang lain yang cukup bikin bingung jadinya tapi sebagai calon panitia harus bisa menjadi pendengar yang baik, tetap fun dan menghargai setiap masukan yang ada, intinya jangan baper karena pasti akan ada drama.
Setelah masalah tempat, waktu dan tema berhasil disepakati kemudian dilanjut dengan menyusun budget dan lain-lain.

Berikut konsep gathering yang akan kami laksanankan :
- Family gathering
- Tema : Semangat baru, Zero Deffect 2020
- Kegiatan : Outbound, Fun Team  Building Game

Setelah semua disepakati maka baru kita susun dalam sebuah proposal kemudian kita ajukan ke atasan. Saat pengajuan proposal biasanya akan ditanya kenapa mengambil konsep ini dan efeknya buat perusahaan apa? Disitu kamu bisa mepresentasikan maksud dan tujuan konsep dari gathering tersebut.

2. Persiapan Perlengkapan
Setelah proposal disetujui langkah selanjutnya adalah mempersiapakan segala sesuatu yang diperlukan antara lain :
- Booking Lokasi 
- Pembuatan kaos seragam
- Booking kendaraan
- Booking tempat makan
- Pemberitahuan ke Supplier 
Jika budget gathering kamu pas pasan kamu bisa meminta partisipasi supplier dalam bentuk door prize atau uang tunai dan hal ini wajar dilakukan oleh sebagian banyak perusahaan.

- Pemberitahuan ke Customer
Hal ini sangat penting untuk dilakukan, minimal satu minggu sebelum pelaksanaan, tujuanya supaya tidak ada permintaan mendadak dari customer.

- Pembelian Door Prize
- Kupon Door Prize
- Banner Kegiatan

3. Persiapan Tema Gathering
Selain mempersiapkan perlengkapan-perlengkapan seperti diatas, jangan lupa juga untuk mempersiapkan tema gatheringnya, dalam hal ini selain gathering saya juga menjadikan moment ini sebagai ajang penghargaan karyawan, istilahnya Karyawan Awards, ada beberapa kategori yang saya pilih antara lain :
a. Karyawan Ter-Baik
b. Karyawan Ter-Rajin Ibadah
c. Karyawan Ter- Rajin Masuk
d. Karyawan Ter-Loyal
e. Karyawan Ter-Dedikasi
f. Karyawan Ter-Kreatif
g. DLL bisa disesuaikan dengan kondisi perusahaan

Masing-masing akan mendapat awards berupa piagam penghargaan dan uang tunai, hal ini bisa meningkatkan semangat dan memberi motivasi kepada karyawan lain.
Lalu apa yang perlu dipersiapkan untuk Karyawan Awards ini? 
- Simbolis piagam penghargaan
- Hadiah yang udah kalian siapkan dari awal
- Pembacaan nominasi dan siapa yang akan membacakan
- Semuanya harus disusun serapi mungkin, tujuannya suapaya acara bisa berjalan lancar tanpa beribet.
Pemalang Adventure : Event Organizer

Tips Jadi EO Gathering

1. Punya rencana dan gambaran kegiatan, sehingga perlengkapan bisa disusun dengan baik.
2. Komunikatif dan berani mengambil keputusan
3. Semangat dan jangan baperan
4. Sebelum sampai lokasi, untuk menambah suasana biar seru kamu bisa membuat game-game berhadiah di dalam bus, dengan pertanyaan yang ada hubunganya sama perusahaan.
5. Siapkan yel-yel perusahaan 


Pengalaman dan Tips Jadi EO Gathering Perusahaan Biar Bermanfaat
  1. terimakasih bang, ilmunya untuk menjadi eo gathering . heheh

    BalasHapus
  2. Kalau saya dulu paling booking tempat lokasi, kendaraan dan persiapan snacknya.
    Dan nantinya hanya sedekar gembira dengan musik dangdut dan pembagian hadiah

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau sekarang pembagian hadiah yang dilokasi cuman doorprize aja kang, karena pengalaman sebelumnya waktunya jadi habis cuman buat bagi doorprize

      Hapus
  3. Terima kasih atas sharingnya, artikel ini kembali mengingatkan langkah-langkah jitu dalam mempersiapkan program acara yang akan mulus dan berdampak positif bagi peserta, penyelenggara dan komunitas..

    BalasHapus