Taman Bunga Seribu Cinta Spot Wisata Cantik di Muntilan Magelang

Melintas di Jalan raya Magelang-Jogyakarta  tepat di daerah perbatasan Kecamatan Salam dan Kecamatan Muntilan ada pemandangan yang indah di atas jembatan Sungai Blongkeng sebelah kiri terlihat sebuah taman bunga nan menawan yaitu Taman Seribu Cinta.

Taman Seribu Cinta Berlokasi di Dusun Daengan Desa Gulon Kecamatan Salam Kabupaten Magelang Jawa Tengah uniknya lokasi taman tidak seperti taman lainnya yang memanfaatkan lahan kosong, lokasi taman Seribu Cinta memanfaatkan area kawasan Sungai Blongkeng.

Sungai Blongkeng adalah sebuah sungai yang membelah wilayah Kecamatan Salam dan Kecamatan Muntilan di Kabupaten Magelang, jauh sebelum kawasan Sungai Blongkeng diubah menjadi taman bunga.
Taman Bunga Seribu Cinta
Langardhi
Dahulu sungai ini dikenal kumuh tempat buang sampah dan tidak terawat banyak ditemukan berbagai jenis sampah mulai sampah rumah tangga hingga pecahan kaca di sisi barat atau sisi timur Sungai Blongkeng.

Kini berkat kreatifitas dan inovasi penduduk setempat di 2017 terciptalah destinasi wisata taman bunga yang indah dan ramai dikunjungi wisatawan.

Keindahan Taman Seribu Cinta

Landscape hamparan taman berbentuk love menyambutmu ketika datang ke taman Seribu Cinta. Taman yang ditanami berbagai bunga warna-warni dan dilengkapi spot foto yang cantik dan cocok sebagai wahana wisata untuk keluarga.

Hamparan bunga krokot warna-warni mulai dari warna putih, kuning, merah menghiasi taman bunga disisi timur sungai. Media taman yang ditanami aneka warna bunga krokot sengaja dibuat bentuk love pink mendominasi kawasan ini meninggalkan kesan romantis bagi pengunjungnya. Selain tanaman krokot juga ditanami tanaman celosia tanaman talas dan beragam jenis lainnya menghiasi kawasan ini.

Hamparan warna-warni bunga krokot tersebut begitu indah terlebih ditanam diarea tebing Sungai Blongkeng, deretan bunga warna-warni jumlahnya ribuan terlihat seperti terasering kalau dilihat dari atas tebing sungai dan jembatan. Kalian juga akan menjumpai sungai yang mengalir jernih ditengah-tengah taman bunga.

Derasnya air sungai yang jernih mengalir dari bendungan yang berada di bawah jembatan, membuat nuansa gemericik air di antara warna-warni bunga sekitar taman menjadi damai.
Taman Seribu Cinta yang lokasinya di kawasan Sungai Blongkeng tidak berbahaya.Taman ini dinilai aman dari  banjir, jika musim hujan tiba air sungai hanya sampai lutut meski demikian pengunjung tetap perlu wapada menjaga keselamatan diri.

Kawasan taman bunga Seribu Cinta terbagi 2 yaitu  sisi barat sungai iconnya tulisan  welcome to Muntilan Adipura  pada papan tanggul  dengan hiasan deretan aneka warna bunga.Sisi timur sungai iconnya aneka warna bunga krokot dengan media berbentuk love. Kedua kawasan ini dihubungkan sebuah jembatan bambu.Kamu bisa melihat taman di Sungai Blongkeng dari sisi barat atau sisi timur naik jembatan bambu

Aneka Spot Wisata Menarik

Selain aneka warna bunga dan warna pink yang menghiasi taman Seribu Cinta, pihak pengelola juga terus melakukan inovasi dengan beberapa spot wisata menarik, salah satunya yaitu spot gembok cinta yang merupakan salah satu spot favorit. Kamu dapat memasang gembok dan menulis nama dan pasangan di gembok cinta yang berkesan romantis tersebut dan akan meninggalkan kenangan yang manis tak terlupakan bersama pasangan.
Gembok Cinta Kali Blongkeng
Akhmad Rosyid Farkhani
Spot lain tidak kalah menarik yaitu rumah pohon, kapal di tengah sungai, jembatan bambu  untuk menyebrang hingga gentong di tanami bunga. Gentong dibentuk seperti air yang tumpah dari gentong.

Dari beragam spot-spot wisata kamu bisa melakukan berbagai kegiatan aksi foto-foto dengan spot wisata yang ditawarkan.

Kamu juga bisa melakukan kegiatan traveling yang berbeda. Setelah usai jalan-jalan keliling taman cobalah naik kembali ke atas tebing sungai. Dari atas kamu bisa menikmati indahnya Sungai Blongkeng yang dihiasi hamparan aneka bunga warni-warni seperti terasering. Kamu bisa melihat indahnya taman  aneka bunga dari atas tebing sungai disisi barat atau sisi timur.
Kali Blongkeng
Setelah puas melihat keindahan taman aneka bunga dari atas tebing sungai, kamu juga dapat  melihat keindahan jembatan yang diatasnya dibuat taman vertikal dihiasi aneka bunga warna-warni, aneka Bunga tersebut ditanam dalam pot ukuran kecil dikaitkan pada pagar kawat setinggi 3 meter di atas jembatan.

Aneka bunga warna-warni tidak hanya membuat indah Sungai Blongkrng tapi juga memberi pesan pada wisatawan tidak membuang sampah sembarangan.

Rute Dan Lokasi Wisata Taman Bunga Seribu Cinta

Rute menuju ke taman Seribu Cinta Muntilan sangant mudah. Dari Jalur arah Magelang Jogjakarta jalan lurus sampai jembatan Sungai Blongkeng. Dari jembatan Sungai Blongkeng langsung saja lokasi taman, karena taman Seribu Cinta berada dibawah jembatan atau di area Sungai Blongkeng.

Harga Tiket Masuk Taman Seribu Cinta

Harga tiket masuk ke taman Seribu Cinta gratis dan tidak ada biaya masuk kamu hanya membayar souvenir gantungan kunci seharga Rp 2500.

Selanjutnya kamu bisa leluasa bermain disini, harga parkir roda dua Rp 3000 dan Rp 5000 biaya parkir roda empat. Itulah informasi tentang taman Seribu Cinta di Muntilan Magelang semoga bisa menjadi rekomendasi  wisata ketika berkunjung ke Magelang.

Taman Bunga Seribu Cinta Spot Wisata Cantik di Muntilan Magelang